Pengertian Hak dan Kewajiban : Pengertian & Contohnya

5 min read

Perbedaan Hak dan Kewajiban Title

Perbedaan Hak dan Kewajiban Serta Pengertiannya

Sebagai warga negara kita semua memiliki berbagai hak dan kewajiban. Hak dan kewajiban adalah saling terkait erat dan tidak dapat dipisahkan satu sama lain bagaikan dua sisi mata uang dan keduanya berjalan berdampingan.

Jika kita memiliki hak, maka kita juga memiliki kewajiban yang menyesuaikan. Apabila negara memberikan hak untuk hidup kepada warga negara, maka negara juga memberlakukan kewajiban warganya untuk menghormati kehidupan orang lain. Jika Anda memiliki hak untuk bekerja dan menghasilkan, maka kewajiban Anda adalah mengakui juga hak orang lain untuk bekerja.

Kita harus mengetahui serta memahami hak dan kewajiban sebagai warga negara. Memahami semua aturan dan regulasi yang diberikan oleh pemerintah dapat membantu setiap warga negara dalam menyelesaikan kewajiban mereka terhadap negara. Kita harus memahami hak-hak kita untuk kesejahteraan dan kebebasan kita sendiri di negara serta melayani masyarakat dan negara.

Untuk menikmati hak-hak sepenuhnya, orang harus melakukan kewajiban mereka terhadap negara dengan baik karena hak dan kewajiban terkait satu sama lain. Ketika kita mendapatkan hak, kewajiban kita juga meningkat menuju kesejahteraan individu dan sosial. Keduanya tidak dapat dipisahkan dan vital menyangkut kemakmuran negara.

Lalu apa sih pengertian hak warga negara dan juga pengertian kewajiban warga negara ?  Apa perbedaan keduanya ? Berikut ini Jurnal Manajemen akan membahas mengenai pengertian hak warga negara, pengertian kewajiban warga Negara serta Perbedaan Hak dan Kewajiban warga negara.

Pengertian Hak Dan Kewajiban Warga Negara

Hak dan kewajiban merupakan suatu hal yang terikat satu sama lain, sehingga dalam praktiknya harus dijalankan dengan seimbang. Hak merupakan segala sesuatu yang mutlak dan pantas untuk didapatkan oleh seseorang sebagai anggota warga negara.

Sedangkan kewajiban warga negara adalah hal apapun yang dianggap sebagai suatu keharusan untuk dilaksanakan oleh individu sebagai warga negara dalam rangka mendapatkan pengakuan hak yang pantas untuk didapatkan.

Jika hak dan kewajiban tidak berjalan seimbang dalam praktik kehidupan, maka akan terjadi suatu ketimpangan yang akan menimbulkan gejolak masyarakat dalam pelaksanaan kehidupan individu baik dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, maupun bernegara.

Pengertian Hak

Secara etimologi hak adalah segala sesuatu yang harus didapatkan oleh setiap orang yang telah ada sejak lahir bahkan sebelum lahir. Namun secara umum hak dianggap sebagai tuntutan (claim) yang sah, yang dibenarkan  (justified ) dan dibuat seseorang, maupun sekelompk orang terhadap orang atau kelompok lain atas objek tertentu sebagai miliknya.

Sedangkan pengertian hak menurut para ahli adalah sebagai berikut :

  • Menurut KBBI, hak adalah berkaitan dengan sesuatu hal yang benar, kepunyaan, milik, kewenangan maupun kekuasaan untuk melakukan suatu perbuatan karena telah ditetapkan oleh undang-undang, aturan, dan sebagainya, atau kekuasaan yang benar atas sesuatu, derajat atau martabat.
  • Menurut Prof. Dr Notonegoro, Hak adalah kuasa untuk menerima atau melakukan suatu yang semestinya diterima atau dilakukan melulu oleh pihak tertentu dan tidak dapat oleh pihak lain manapun juga yang pada prinsipnya dapat dituntut secara paksa olehnya.

Dapat disimpulkan bahwa hak adalah segala sesuatu yang harus di dapatkan oleh setiap orang yang telah ada sejak lahir bahkan sebelum lahir menjadi suatu peran yang bersifat fakultatif artinya boleh dilaksanakan atau tidak dilaksanakan.  Atas dasar itu, orang yang mempunyai hak dibenarkan, dan bertindak sah dan wajar bila menuntut orang lain menghormati kepemilikannya atas suatu objek.

Pengertian Kewajiban

Secara etimologi kewajiban artinya sesuatu yang harus dilakukan dengan penuh rasa tanggung jawab.

Sedangkan pengertian kewajiban menurut dari para ahli adalah sebagai berikut :

  • Menurut KBBI, kewajiban adalah sesuatu yang wajib dilaksanakan, keharusan sesuatu hal yang harus dilaksanakan
  • Menurut Prof. Dr Notonegoro, kewajiban berasal dari kata wajib. Wajib adalah beban untuk memberikan sesuatu yang semestinya dibiarkan atau diberikan oleh pihak tertentu yang tidak dapat oleh pihak lain manapun yang pada prinsipnya dapat dituntut secara paksa oleh yang berkepentingan. Kewajiban adalah sesuatu yang harus dilakukan.

Hak dan kewajiban saling berhadapan dan berdampingan serta mempunyai hubungan yang berkaitan erat, karena di dalam hak terdapat kewajiban agar tidak melanggar hak orang lain dan tidak menyalahgunakan haknya.

Konsep Hak dan Kewajiban Warga Negara

Pengertian hak  warga negara adalah kuasa untuk melakukan atau menerima sesuatu yang seharusnya diterima atau bisa dikatakan sebagai hal yang selalu dilakukan yang tidak boleh dirampas oleh orang lain, baik secara paksa maupun tidak.

Sedangkan pengertian kewajiban warga negara adalah segala sesuatu yang harus dilakukan seseorang demi mendapatkan hak atau wewenang, baik karena hukum, kebutuhan atau tugas.

Bisa jadi kewajiban merupakan hal yang harus kita lakukan karena sudah mendapatkan hak tergantung situasinya. Sebagai warga negara kita wajib melaksanakan peran sesuai kemampuan masing-masing agar mendapatkan hak kita sebagai warga negara yang baik.

Contoh hak warga negara Indonesia

  • Setiap orang berhak atas penghidupan dan pekerjaan yang layak.
  • Setiap orang berhak untuk memilih, memeluk dan menjalankan agama dan kepercayaan masing-masing.
  • Setiap orang berhak yang sama dalam kemerdekaan berserikat, berkumpul, menyampaikan pendapat secara lisan dan tulisan sesuai undang-undang yang berlaku.
  • Setiap orang berhak melanjutkan keturunan melalui perkawinan dan membentuk keluarga
  • Setiap orang berhak memenuhi kebutuhan dasarnya.
  • Setiap orang berhak mendapatkan jaminan, pengakuan, perlindungan, dan kepastian hukum serta kedudukan yang sama di depan hukum.
  • Setiap orang berhak untuk bekerja serta mendapatkan imbalan dan perlakuan yang adil dan layak dalam hubungan kerja
  • Berhak mendapatkan pendidikan, ilmu pengetahuan dan teknologi, seni dan budaya demi meningkatkan kualitas hidupnya dan demi kesejahteraan hidup manusia
  • Setiap orang berhak mendapatkan jaminan sosial sehingga memungkinkan pengembangan dirinya secara utuh sebagai manusia yang bermartabat.
  • Setiap orang berhak menyatakan pikiran dan sikap sesuai hati nuraninya.
  • Setiap orang berhak memperoleh informasi untuk mengembangkan pribadi dan lingkungan sosialnya.
  • Setiap orang berhak atas perlindungan diri pribadi, keluarga, kehormatan martabat, dan harta benda yang berada di bawah kekuasaannya

Contoh kewajiban warga negara Indonesia

  • Wajib berperan serta dalam upaya membela dan mempertahankan kedaulatan negara Indonesia dari serangan musuh.
  • Wajib membayar pajak yang telah ditetapkan oleh pemerintah, baik pemerintah pusat maupun pemerintah daerah.
  • Mentaati dan menjunjung tinggi tanpa terkecuali dasar negara, hukum dan pemerintahan, serta dijalankan dengan sebaik-baiknya.
  • Taat, patuh dan tunduk terhadap semua aturan dan hukum yang berlaku di wilayah negara Indonesia.
  • Wajib menghormati hak asasi orang lain.

Hak dan Kewajiban Warga Negara terhadap Pemerintah

Dalam hubungan antara pemerintah dan warga negara juga terdapat hak dan kewajiban. Pemerintah dipilih dan didukung warga negaranya melalui wakil-wakilnya, oleh karena itu pemerintah mempunyai kewajiban untuk meningkatkan kesejahteraan dan kemakmuran seluruh warga negara. Pemerintah juga wajib mengakui dan melindungi hak-hak warga negara. Pengakuan dan perlindungan terhadap warga negara dicantumkan dalam undang-undang dasar.

Hak sebagai warga negara antara lain adalah hak untuk mendapatkan kehidupan yang layak, mendapatkan pendidikan, mendapat perlindungan dari rasa takut, memperoleh pelayanan kesehatan, atau ikut serta dalam kegiatan politik. Selain itu warga negara juga mepunyai kewajiban yang harus dipenuhi, antara lain mematuhi hukum, menjaga persatuan, dan menjaga ketertiban.

Perbedaan Hak dan Kewajiban

Perbedaan Hak dan Kewajiban
1. Berdasarkan Sifatnya

Hak bersifat istimewa, personal dan tidak universal. Sehingga ada istilah hak istimewa yang diperoleh seseorang karena posisi atau perannya dalam masyarakat dan organisasi, hak istimewa orangtua kepada anaknya, hak istimewa sekolah kepada anak didiknya dan lain sebagainya.

Sedangkan kewajiban bersifat harus dilakukan, baik karena hukum, peraturan, kebijakan, budaya, kebutuhan, atau karena tugas, sehingga bersifat mengikat, meski dalam beberapa situasi dan kondisi bisa lebih fleksibel.

2. Berdasarkan Fungsinya

Hak mempunyai fungsi sebagai sebuah imbalan atau hadiah atas kewajiban yang dilakukan seseorang. Meskipun ada jenis hak yang didapatkan tanpa perlu melakukan kewajiban, seperti  hak untuk hidup, hak untuk mendapatkan fasilitas tertentu dan sebagainya.

Sedangkan kewajiban mempunyai fungsi sebagai sesuatu atau tugas yang harus dilakukan atau dikatakan. Saat kewajiban ini sudah ditunaikan maka pelakunya akan mendapatkan atau memiliki sejumlah hak.

3. Berdasarkan Target Yang Dituju

Hak ditujukan untuk diri sendiri atau perorangan. Sementara kewajiban ketika dilakukan maka sebagian besar ditujukan untuk orang lain dan akan mempengaruhi orang di sekitarnya. Saat kewajiban ditunaikan maka tidak hanya menguntungkan diri sendiri namun juga menguntungkan orang lain.

4. Berdasarkan Koneksinya Kepada Masyarakat

Hak artinya adalah segala sesuatu yang bisa didapatkan dari masyarakat. Sedangkan kewajiban adalah segala sesuatu yang dilakukan untuk kepentingan masyarakat. Dalam kehidupan bermasyarakat, hak bersifat lebih personal sedangkan kewajiban bersifat lebih sosial.

5. Berdasarkan Perbedaan Dari Segi Hukum

Dari segi hukum hak bisa dipertahankan atau ditantang di pengadilan, dan bisa dijadikan senjata untuk mempertahankan diri. Sebaliknya dengan kewajiban, tidak bisa dipertahankan atau ditantang di pengadilan, karena ketika seseorang lalai dengan kewajibannya maka tidak bisa didebat di depan hukum dan akan mendapatkan sejumlah sanksi.

Contoh penerapan hak dan kewajiban warga negara dalam kehidupan sehari-hari :

  • Seseorang mempunyai hak untuk mempunyai rumah dan tinggal di suatu kawasan atau daerah tertentu serta mendapatkan perlakuan yg sama dengan warga lainnya. Selain itu dia juga punya kewajiban mentaati peraturan yang telah disepakati oleh warga di kawasan tersebut.
  • Sebagai seorang karyawan mempunyai kewajiban, salah satunya adalah datang ke kantor tepat waktu sehingga tidak terlambat. Bekerja sesuai dengan tugas dan tanggung jawab pekerjaannya sehingga memberikan kontribusi terhadap perusahaan. Selain itu karyawan juga berhak mendapatkan gaji karena sudah melakukan pekerjaannya dengan baik.

Hak warga negara adalah segala sesuatu yang pantas dan mutlak untuk didapatkan oleh individu sebagai anggota warga negara sejak masih berada dalam kandungan. Pada umumnya hak didapat dengan cara diperjuangkan melalui pertanggungjawaban atas kewajiban.

Sedangkan kewajiban warga negara merupakan suatu hal yang tidak boleh ditinggalkan oleh warga negara dalam kehidupan bermasyarkat, berbangsa dan bernegara. Kewajiban warga negara dapat pula diartikan sebagai suatu sikap atau tindakan yang harus diperbuat oleh seseorang warga negara sesuai keistimewaan yang ada pada warga lainnya.

Hak dan kewajiban harus berjalan sejajar untuk mencapai keseimbangan, di mana ada hak di sana pasti ada kewajiban yang harus ada secara bersamaan.