Pembangunan Ekonomi : Pengertian, Tujuan, Indikator, Teori, Contoh, Dll

8 min read

Pembangunan Ekonomi

Banyak yang belum mengetahui, mengenai pembangunan ekonomi secara lebih jelasnya. Dalam hal ini, topik mengenai pembangunan dalam ekonomi sendiri juga sudah sering dibahas di berbagai kesempatan yang ada. Pembangunan di bidang ekonomi, merupakan suatu proses ekonomi yang memiliki tujuan tersendiri. Tujuan pertumbuhan dan pembangunan ekonomi, untuk dapat meningkatkan pendapatan.

Hal ini juga yang akan memberikan peningkatakan pendapatan, yang dimiliki oleh penduduk atau masyarakat yang ada di sebuah Negara dengan jangka panjangnya. Hal ini juga disertai dengan berbagai perubahan fundamental dan juga struktur dalam ekonomi dan pemerataan untuk pendapatan penduduk. Berikut ini adalah penjelasan lengkap Jurnal Manajemen mengenai pertumbuhan dalam ekonomi.

 

Baca Juga : Sistem Ekonomi Islam (Syariah) : Prinsip, Hukum, Tujuan, Dll

 

Pengertian Pembangunan ekonomi

Pembangunan Ekonomi adalah serangkaian proses yang mana di lakukan, untuk dapat meningkatkan kesejahteraan untuk ekonomi dalam suatu Negara. Wikipedia sendiri juga menjelaskan, bahwa pembangunan yang di lakukan di bidang ekonomi adalah suatu proses dalam ekonomi, yang memiliki tujuan untuk memberikan perubahan masyarakat baik di bidang teknologi atau bahkan kelembagaan.

Secara singkatnya, apa yang dimaksud dengan pembangunan ekonomi? Banyak juga yang mengartikan bahwa pembangunan di bidang ekonomi juga dilakukan sebagai usaha untuk dapat meningkatkan kesejahteraan yang dimiliki ekonomi di suatu Negara yang ada. Pembangunan di bidang ekonomi ini memiliki peranan yang penting untuk Negara, dilakukan untuk menghindari adanya kesenjangan sosial.

Saat ini juga semakin banyak kesenjangan sosial yang terjadi, bahkan tidak lepas dari adanya pertumbuhan dalam suatu ekonomi. pengertian lain dari pembangunan dalam ekonomi, adalah usaha yang memang sengaja dilakukan untuk dapat meningkatkan pendapatan keseluruhan dan juga pendapatan perkapital dengan dilakukannya perhitungan mengenai pertambahan penduduk.

Bahkan bukan hanya itu saja, dilakukan juga berbagai perubahan yang memang mendasar dan juga struktur ekonomi dalam suatu Negara hingga dilakukannya pemerataan untuk pendapatan yang dimiliki penduduknya. Maka dari itu, sangat penting untuk berfokus pada pembangunan dalam bidang ekonomi untuk memunculkan kesejahteraan baik Negara dan masyarakatnya.

Tujuan Pembangunan ekonomi

  1. Untuk bisa meningkatkan kualitas dalam ekonomi yang dimiliki masyarakat. Hal ini juga berlaku dengan pemerataan pendapatan yang dimiliki oleh masyarakat.
  2. Meningkatkan kualitas hidup yang dimiliki masyarakat seperti memenuhi seluruh kebutuhan pokoknya, yaitu sandang, papan, pangan, kesehatan, bagaimana mendapatkan perlindungan akan keamanan baik dari sesama dan juga pemerintah.
  3. Dapat memperluas untuk pemenuhan berbagai distribusi untuk berbagai kebutuhan pokok.
  4. Untuk dapat meningkatkan berbagai kesempatan dan peluang kerja, hingga menambah berbagai bidang-bidang kerja yang mana dapat menampung atau menyerap banyak tenaga kerja.
  5. Untuk dapat memperbaiki dan meningkatkan kemajuan mutu pendidikan, agar dapat meningkatkan kualitas sumber daya manusianya.
  6. Agar dapat meningkatkan hal-hal yang menjadi pemahaman masyarakat terhadap berbagai budaya dan juga nilai-nilai. Hal ini juga termasuk bagaimana nilai sosial, agama dan juga kultur agar tidak mudah dalam pengaruh dengan masuknya budaya lainnya yang mana tidak sesuai dengan norma yang ada yang dianut dalam suatu Negara.
  7. Menghindari kemungkinan dari terjadinya inflasi.
  8. Dapat memperluas, bagaimana adanya berbagai pilihan-pilihan ekonomi yang dimiliki oleh sosial pada setiap orangnya. Hal ini juga terkait dengan bangsa yang mana dilakukan secara keseluruhan. Salah satu contohnya seperti kebebasan dari sikap ketergantungan, yang mana tidak hanya mencakup Negara sendiri namun juga Negara orang lain.

Indikator Keberhasilan Pembangunan ekonomi

Indikator pembangunan ekonomi atau yang sering disebut sebagai tolak ukur dalam pembangunan di bidang ekonomi adalah didasarkan oleh bagaimana indikator yang memang harus dipenuhi oleh suatu Negara tersebut. Dalam hal ini, indikator yang juga menjadi faktor keberhasilan dalam suatu Negara menjalankan proses untuk pembangunan ekonomi. Indikator keberhasilan tersebut, dapat berupa ekonomi dan sosial.

Indikator ekonomi yang dijadikan dasar dalam keberhasilan sebuah pembanguann yang ada di dalam ekonomi, adalah bagaimana sebuah pertumbuhan dalam ekonomi memiliki proses adanya kenaikan dari output perkapita yang mana terjadi dalam kurun waktu yang mana lama. Hal ini juga berpengaruh dengan adanya peningkatan untuk produk nasional bruto perkapita.

Sedangkan, jika membicarakan indikator sosial yang juga menjadi salah satu indikator keberhasilan pembangunan di bidang ekonomi meliputi bagaimana indeksi dari pembangunan yang ada dan juga sumber daya manusianya. Hal ini juga merupakan harapan hidup, pendidikan dan juga bagaimana standar hidup yang layak. Selain itu indeks mutu hidup juga menjadi salah satu hal nya.

Perbedaan Pertumbuhan Ekonomi dan Pembangunan ekonomi Secara Umum

Dalam hal ini, untuk Pertumbuhan Ekonomi sendiri lebih mengrah pada bagaimana kapasitas barang dan juga jasa dalam produksi, yang mana dibandingkan dari satu periode ke periode lainnya. Berbeda dengan pertumbuhan dalam bidang ekonomi, namun pembangunan di ekonomi sendiri juga lebih mengacu kepada bagaimana sebuah bangsa dapat mensejahterakan kehidupan ekonomi, politik dan lainnya.

Perbedaan pertumbuhan dan pembangunan ekonomi tentunya sangat berbeda, karena kedua hal ini juga merupakan konsep yang berbeda dan pastinya memiliki peranan yang penting. Keduanya juga merupakan indikator dari bagaimana kesehatan ekonomi. Keduanya juga ikut untuk menunjukkan, sejauh mana baik dan buruknya ekonomi yang sudah dilakukan. Namun keduanya tetap memiliki peranan berbeda.

Untuk pertumbuhan dalam ekonomi sendiri, lebih mengacu bagaimana kapasitas yang dimiliki oleh barang dan juga jasa dalam produksi. Hal ini juga dilakukan, untuk dapat melihat bagaimana produksi yang dihasilkan, lebih banyak atau bahkan lebih sedikit dari seharusnya di masa depan. Hal ini juga yang dapat diperkirakan akan tumbuh dan menghasilkan ekonomi yang sehat.

Di sisi lain, untuk pembangunan dalam ekonomi sendiri juga memiliki sesuatu yang lain. Hal ini juga tentunya mengacu pada proses bagaimana untuk dapat memperbaiki kesejahteraan dalam bidang ekonomi dan juga politik, hingga sosial masyarakatnya. Kedua hal mengenai pertumbuhan dan juga pembangunan dalam ekonomi, merupakan hal yang kerap dibahas dan menjadi masalah lingkungan.

Poin-Pon Perbedaan Pembangunan ekonomi dan Pertumbuhan Ekonomi

Pembangunan ekonomi

  1. Untuk pembangunan dalam ekonomi, memiliki arti bahwa proses dimana sebuah bangsa ikut untuk menyejahterakan berbagai aspek seperti ekonomi, politik hingga bagaimana sosial dan juga keadaan masyarakatnya.
  2. Konsep yang digunakan oleh pembangunan dalam ekonomi, adalah bagaimana menggunakan konsep yang lebih normatif. Konsep ini juga berlaku dalam konteks yang memiliki rasa moralitas seseorang.
  3. Dalam perencanaan pembangunan dalam ekonomi, aspek yang digunakan juga cukup banyak. Salah satu aspek dari sekian banyak aspek yang ada, adalah pertumbuhan di bidang ekonomi.
  4. Sebuah pembangunan dalam ekonomi, merupakan peristiwa yang mana menyebabkan perubahan yang berlangsung secara terus menerus dan nantinya akan menghasilkan perubahan untuk ekonomi yang lebih luas.
  5. Pembangunan untuk ekonomi sendiri merupakan hal yang pasti terjadi saat adanya pertumbuhan ekonomi. Dalam hal ini memiliki arti yang berbeda, namun saling memiliki keterkaitan.
  6. Hasil yang dimiliki oleh pembangunan di ekonomi, merupakan hasil yang banyak, namun memang terjadi banyak perbaikan dari sisi kelembagaan dan juga pengetahuuan terhadap teknik yang begitu isgnifikan.
  7. Pada pembangunan di bidang ekonomi ini, yang harus ditingkatkan adalah kualitas yang dimiliki oleh hasil produksi bukan hanya jumlah dari barang produksi tersebut.
  8. Pada pembangunan dalam ekonomi ini, akan dilihat dan diperhatikan PDB yang dimilikinya denga kemajuan IPTEK yang ada dan sedang berkembang saat ini.

Pertumbuhan Ekonomi

  1. Pertumbuhan ekonomi merupakan salah satu kenaikan yang dimiliki oleh nilai dimana pasar barang dan juga jasa, yang disesuaikan dengan kenaikan atau inflasi. Inflasi ini merupakan suatu hal yang memang dihasilkan oleh ekonomi yang ada dari waktu ke waktu.
  2. Konsep yang dimiliki oleh pertumbuhan ekonomi ini berbeda dengan pembangunan di dalam ekonomi yang lebih normative, namun melainkan menggunakan konsep yang lebih sempit.
  3. Untuk aspek yang dimiliki oleh pertumbuhan di ekonomi ini, adalah aspek pembangunan di dalam ekonomi.
  4. Pertumbuhan ekonomi merupakan salah satu proses dari produk, yang mana merupakan perhitungan per kapita yang terus mengalami perkembangan dalam jangka waktu yang cukup lama.
  5. Hasil yang mana di dapatkan dengan adanya pertumbuhan di ekonomi, merupakan hasil yang dinilai lebih banyak dan juga meluas. Dalam hal ini juga menimbulkan banyak keuntungan untuk Negara.
  6. Untuk pertumbuhan ekonomi sendiri, terjadi sebuah peningkatan yang signifikan yang mana berpengaruh terhadap barang dan juga jasa.
  7. Pada pertumbuhan ekonomi, tidak bertanggungjawab atau berfokus pada kenaikan atau penurunan PDB yang ada dengan kemajuan IPTEK layaknya pembanguann pada ekonomi.

Contoh Pembangunan ekonomi

Untuk pembangunan dalam ekonomi tentunya juga memiliki perencanaan pembangunan ekonomi, yang mana juga dijadikan sebagai contoh dalam pembangunan pada suatu ekonomi. Berikut adalah contoh dari pembangunan di ekonomi:

1. Infrastruktur

Merupakan suatu layanan yang mendasar, dimana merupakan tujuan untuk dapat meningkatkan bagaimana efisiensi yang dimiliki ekonomi.

2. Pendidikan

Contoh pembangunan di ekonomi, yang merupakan dalam bagian pendidikan adalah lembaga sistem, alat dan juga fasilitas yang mana sudah mendukung semua perolehan dari pengetahuan dan juga keterampilan yang ada.

3. Kesehatan dan Kebugaran

Bagaimana perawatan dalam kesehatan yang mana seperti rumah sakit dan juga berbagai program kesehatan yang ada. Disini diadakannya program olahraga setelah sekolah, juga merupakan bentuk dari pembangunan di ekonomi.

4. Keadilan

Sistem hukum yang memang terbuka dan juga adil, yang disediakan oleh penegak hukum. Dalam hal ini badan administrative berikut dengan pengadilan dan juga sistem lainnya seperti adanya hak asasi manusia. Keadilan juga merupakan kunci dari sistem yang dimiliki oleh peradilan dan dianggap tidak menghambar yang ada di dalam perkembangan di ekonomi.

5. Keamanan

Keamanan merupakan salah satu sistem, dimana membuat semua orang akan merasa hidup dengan aman di lingkunan manapun. Bahkan bukan hanya aman, melainkan juga stabil termasuk ke dalam bidang-bidang yang dapat mencegah terjadinya kejahatan, bencana dan masih banyak lagi.

6. Hak asasi manusia

Merupakan suatu prinsip dan juga kerangka kerja, yang mana menjamin seluruh hak asasi manusia dengan berbagai bentuknya. Hal ini juga yang membuat banyak orang bebas untuk mengejar kebahagiaann yang dimilikinya.

7. Perlindungan Konsumen

Untuk dapat mengatur seluruh kualitas yang dimiliki, baik persyaratan komersial dan juga keamanan untuk produk dan berbagai layanan yang ada. Dapat dicontohkan seperti sistem yang mana dapat memastikan bahwa produk makanan dan minuman, aman dan sehat untuk dikonsumsi.

8. Persaingan yang sehat

Badan yang juga memastikan persaingan secara bebas, untuk dapat mencegah agar menghindari praktik anti persaingan yang juga menghambat bagaimana efisiensi pasar.

9. Pasar

Dalam hal ini pasar juga merupakan sekuritas untuk aset, barang dan juga jasa yang adli, efisien dan juga cair.

10. Keuangan

Sebuah isntitusi dan juga sistem keuangan, yang mana stabil, terkemuka dan juga efisien. Dalam hal ini dapat dicontohkan seperti suatu Negara yang memudahkan masyarakatnya untuk mendapatkan sebuah pinjaman ketika anda juga kemungkinan besar akan membayarnya kembali.

 

Baca Juga : Penjelasan Kebijakan Moneter Terlengkap

 

Teori Pembangunan ekonomi

1. Faktor ekonomi

Ada beberapa hal teori, yang juga merupakan faktor yang dapat memengaruhi pembangunan dalam ekonomi. Dalam hal ini, seperti bagaimana adanya sumber daya manusia, sumber daya alam, keahlian dan juga kewirausahaan. Apa yang dimaksud dengan pembangunan dalam ekonomi adalah, dimana suatu faktor seperti sumber daya manusia dapat menentukan keberhasilan.

Dalam hal ini sumber daya manusia, merupakan salah satu penentu untuk pembangunan nasional yang dilihat dari kualitas dan juga kuantitas sebuah produk. Untuk sumber daya alam sendiri, meliputi kesuburan tanah, bagaimana keadaan dalam iklim cuaca, hasil dari laut dan juga bagaimana hasil tambang. Hal ini juga memengaruhi bagaimana pertumbuhan industry suatu Negara.

Untuk wirausaha, yang mana merupakan keahlian yang memang sangat dibutuhkan untuk dapat mengelola bahan mentah dari hasil alam agar dapat menjadi suatu hal yang memiliki nilai.

2. Faktor non ekonomi

Memang tidak memiliki hubungan dengan adanya sumber daya dan juga keahlian, namun dalam hal ini juga dapat memengaruhi bagaimana pertumbuhan ekonomi yang dimiliki oleh suatu Negara. Faktor yang dimiliki atau teori dari pembangunan di ekonomi ini meliputi bagaimana kultur sosial masyarakat yang juga meliputi Negara, kelembagaan, dan juga sistem berkembang.

Dampak Positif Pembangunan ekonomi

  1. Seperti yang diketahui, bahwa definisi pembangunan ekonomi sendiri baik untuk masyarakat maka hal ini juga dapat meningkatkan dan juga memberikan kelancaran untuk proses dari pertumbuhan ekonomi yang dimiliki oleh sebuah Negara.
  2. Selain itu, pembangunan dalam ekonomi juga dapat membantu untuk mengurangi adanya pengangguran. Dilakukan dengan meningkatkan jumlah lapangan kerja yang ada, yang nantinya akan memiliki pengaruh terhadap pendapatan nasional.
  3. Menjadi Negara yang lebih beragam, dengan memiliki Kegiatan Ekonomi yang beragam.
  4. Menjadi suatu hal yang dapat meningkatkan kualitas sumber daya manusia, hal ini dikarenakan adanya tuntutan pendidikan dan juga teknologi.
  5. Dengan dilakukannya pembangunan di ekonomi, tentunya hal ini akan membantu berbagai kegiatan ekonomi yang ada akan berjalan lebih lancar bahkan mampu untuk dapat mempercepat pertumbuhan dari ekonomi itu sendiri.
  6. Dengan adanya pembangunan di ekonomi, dalam hal ini akan selalu menuntut meningkatkan kualitas dari sumber daya manusia. Sehingga dapat memungkinkan berbagai ilmu pengetahuan dan juga teknologi yang ada, semakin berkembang dengan pesatnya. Tentunya secara langsung akan meningkatkan kesejahteraan yang dimiliki oleh masyarakat.

Dampak Negatif Pembangunan ekonomi

  1. Memang untuk pembangunan dalam ekonomi sendiri, adalah suatu hal yang tidak direncanakan. Oleh karena itu, hal ini juga yang membuat banyak hal terjadi seperti salah satunya terjadinya kerusakan lingkungan hidup.
  2. Pembangunan yang dilakukan dalam bidang ekonomi sendiri, memang seringkali berorientasi pada pembangunan sebuah infrastruktur dan juga industry yang mana dapat membuat semakin berkurangnya lahan untuk pertanian dan juga lahan hijau yang ada di suatu Negara.
  3. Seringkalinya terjadi atau bahkan membuat tersingkirnya habitat alam, hal ini baik pada hayati atau bahkan hewani sekalipun.
  4. Terjadinya banyak pencemaran, seperti pencemaran air, udara, dan juga tanah yang memang disebabkan oleh ketidakdisiplinnya manusia.

Strategi Pembangunan ekonomi

Seperti yang sudah banyak orang ketahui, bahwa salah satu tujuan yang sangat penting dalam dilakukannya pembangunan dalam bidang ekonomi yang sedang berkembang salah satunya Indonesia adalah untuk dapat meningkatkan bagaimana laju pertumbuhan dari ekonomi itu sendiri. Untuk itu, maka pertumbuhan juga diperlukan agar dapat meningkatkan bagaimana laju dari modal yang dibentuk.

Dengan pembentukan sebuah modal sendiri, dapat dilakukan dengan meningkatkan pendapatan yang ada, rutin dalam menabung atau membuat tabungan dan melakukan investasi. Untuk Indonesia sendiri, untuk meningkatkan laju dari pertumbuhan modal ini tentunya memiliki beberapa kendala. Hal ini yang harus dijadikan sebagai strategi untuk pembangunan dalam ekonomi.

Salah satu kendala yang ditemukan dan menjadi strategi dari pembangunan di ekonomi ini, adalah bagaimana menghadapi kemiskinan masyarakat di Indonesia. Hal ini juga terjadi akibat tabunganyang rendah namun diimbangi dengan tingkat pendapatan yang rendah. Untuk itu strategi yang di lakukan adalah dengan meningkatkan pendapatan, dan meningkatkan sumber daya manusia yang berkualitas.

Masalah Pembangunan ekonomi

Memang dalam praktiknya sendiri, pembangunan dalam ekonomi juga memiliki masalah yang mana dapat menghambat setiap proses yang akan dilakukannya. Hal ini juga merupakan salah satu hal yang wajar, mengingat bahwa masalah juga dapat timbul kapan saja baik dari sisi internal atau bahkan dari sisi eksternal. Masalah yang akan terjadi dalam pembangunan di ekonomi, adalah:

  1. Adanya nantinya dualism dalam ekonomi. Tentunya hal ini dapat terjadi, dengan adanya kesenjangan dari industry yang mana hanya berfokus dan berorientasi di perkotaan saja.
  2. Dalam hal ini masih adanya kebudayaan, yang mana tidak memiliki sifat yang ekonomis seperti dengan adat yang memang tidak mendukung sumber daya manusia secara utuh dan juga penuh. Bahkan dalam hal ini, taraf hidup yang dimilikinya juga seperti memiliki status sosial penduduk, kebiasaan yang memang secara turun menurun dan juga menjadi hambatan yang filosofis.
  3. Masih banyaknya dan mudahnya ditemukan pengangguran, dikarenakan memang tingginya tingkat kelahiran yang ada.
  4. Pendapatan yang mana tidak memiliki terdistribusi yang merata.