Pasar Persaingan Sempurna | Pengertian, Ciri, Struktur, Contoh, Dll

6 min read

Pasar Persaingan Sempurna

Anda tentu banyak menjumpai berbagai macam pasar di sekitar Anda. Sejatinya pasar bukan hanya sekadar tempat menjual barang saja, melainkan juga ada yang dinamakan pasar keuangan. Salah satu jenis pasar yang yang dikategorikan sebagai tempat menjual barang ialah pasar persaingan sempurna.

Di pasar persaingan yang sempurna tersebut terdapat begitu banyak barang yang dijual oleh banyak penjual itu sendiri dengan barang yang dijual tersebut serupa atau sama. Apabila Anda memasuki pasar persaingan yang sempurna tersebut, maka Anda akan banyak menemukan begitu banyak barang yang identik dan membuat Anda kebingungan. Lantas, hanya sebatas itu sajakah pengertian pasar tersebut ?

Pada pembahasan Jurnal Manajemen kali ini akan mengupas tuntas mengenai pasar persaingan sempurna. Pentingnya pembahasan kali ini merupakan kelanjutan dari pembahasan materi Jenis-Jenis Pasar sebelumnya. Untuk informasi selengkapnya, simak ulasan berikut ini :

 

Baca Juga : Pangsa Pasar : Pengertian, Cara Menghitung & Strategi Meningkatkannya

 

Pengertian Pasar Persaingan Sempurna

Pertanyaan tentang pasar persaingan sempurna paling umum ialah terkait definisi pasar persaingan sempurna. Apakah yang dimaksud dengan pasar persaingan yang sempurna atau perfect competition market tersebut?

Pasar Persaingan Sempurna atau Perfect Competition Market adalah pasar yang di dalamnya terdapat begitu banyak penjual, yang mana menjual begitu banyak barang serupa dan cenderung identik antara satu dengan yang lainnya. Barang-barang yang dijual di pasar tersebut merupakan barang-barang yang banyak dibutuhkan oleh masyarakat luas.

Adapun barang-barang yang biasa dijual pada pasar persaingan yang sempurna tersebut di antaranya beras, gandum, kentang, roti dan aneka barang kebutuhan pokok lainnya. Akan tetapi, selain menjual berbagai macam barang kebutuhan pokok, pasar persaingan yang sempurna tersebut juga menjual berbagai macam barang di luar kebutuhan pokok.

Adapun barang-barang yang dijual di pasar persaingan yang sempurna tersebut di luar barang-barang kebutuhan pokok di antaranya kain, batik, gerabah, segala macam kerajinan keramik hingga barang pecah belah.

Di pasar persaingan yang sempurna tersebut, Anda akan banyak menjumpai barang-barang serupa sehingga membuat Anda seolah-olah tengah berada di dalam pabrik barang itu sendiri. Belum lagi di pasar persaingan yang sempurna tersebut, Anda bisa membeli barang-barang yang dijual dengan harga yang relatif murah bahkan jauh dari harga yang ada di tempat lain.

Secara umum, pasar persaingan yang sempurna tersebut merupakan struktur pasar yang mana jumlah barang yang dijual, penjual dan pembeli yang ada begitu banyak. Kesemuanya terlibat dalam transaksi jual beli yang homogen (karena barang yang dijual identik). Jadi, bisa dikatakan bahwa pasar persaingan yang sempurna tersebut merupakan pasar persaingan murni.

Ciri Ciri Pasar Persaingan Sempurna

Tahukah Anda bahwa pasar persaingan yang sempurna tersebut merupakan pasar tunggal yang mempunyai ciri khusus dan cenderung berbeda dari pasar-pasar lainnya. Tidak sulit untuk menemukan pasar persaingan tersebut di sekitar Anda karena sebenarnya pasar tersebut hanya menjual barang yang identik satu sama lainnya saja. Adapun ciri-ciri pasar persaingan sempurna di antaranya sebagai berikut.

1. Pasar persaingan yang sempurna terdiri atas banyak penjual dan pembeli

Ciri pasar persaingan sempurna yang membedakan pasar persaingan yang sempurna dengan pasar-pasar lainnya yaitu pasar persaingan yang sempurna tersebut terdiri atas begitu banyak penjual dan pembeli. Di pasar tersebut, Anda akan menjumpai begitu banyak penjual yang menjual barang dagangannya dan begitu banyak pembeli yang ingin membeli barang-barang yang dijual pada pasar tersebut.

Penjual dan pembeli yang ada di pasar persaingan murni tersebut merupakan dua pelaku ekonomi yang memberikan pengaruh begitu besar pada pasar tersebut. Hal ini dikarenakan penentuan harga barang di pasar persaingan murni tersebut disepakati oleh kedua belah pihak yakni penjual dan pembeli itu sendiri berdasarkan kekuatan interaksi keduanya.

Interaksi yang dilakukan oleh kedua pelaku ekonomi dalam pasar persaingan murni tersebut dianggap sebagai penerima harga (price taker), yang mana membuat harga barang-barang yang dijual di pasar persaingan murni tersebut bersifat datum. Apakah yang dimaksud dengan datum?

Datum ialah sebuah istilah yang digunakan dalam kamus ekonomi khususnya pada kajian pasar yang didefinisikan sebagai harga tetap yang mana berapapun jumlah barangnya, maka harganya tetap. Jadi, tidak ada istilah membeli banyak barang akan mendapatkan harga yang lebih murah di pasar persaingan murni ini.

2. Pasar persaingan yang sempurna memiliki kebebasan guna membuka dan menutup usaha

Karakteristik selanjutnya yang membedakan pasar persaingan yang sempurna ini dengan pasar lainnya ialah berdasarkan kepemilikan kebebasan guna membuka maupun menutup usaha dagang.

Free entry dan free exit yang dimaksudkan dari ciri khusus pasar persaingan yang sempurna tersebut ialah bahwa tidak ada hambatan apabila suatu pemilik usaha dagang ingin memulai bisnis baru yang dianggap lebih menguntungkan atau menutup usahanya yang dianggap membawa kerugian. Karakteristik free entry dan free exit ini tentu tidak dapat Anda temukan di pasar lainnya.

Karakteristik kebebasan dalam hal membuka dan menutup usaha dagang tersebut merupakan suatu hal yang sebenarnya hanya dapat dirasakan oleh produsen atau penjual saja. Jadi, konsumen pun tidak mengetahuinya. Akan tetapi, hal ini tetap menjadikan pasar persaingan murni ini menjadi pasar yang cukup istimewa.

3. Pasar persaingan yang sempurna memiliki jenis barang yang bersifat homogen

Karakteristik berikutnya dari pasar persaingan yang sempurna ialah barang yang dijual di pasar tersebut bersifat homogen atau terdiri atas jenis yang serupa. Jadi, pasar persaingan yang sempurna ini merupakan pasar yang sangat sempurna guna mencari alternatif barang yang serupa. Anda bisa membandingkan harga barang tersebut dengan harga barang penjual lainnya.

Apabila Anda ingin mencari barang pengganti atau subtitusi, maka Anda akan menemukan barang yang benar-benar mirip dengan barang yang Anda cari baik itu dari segi bentuk hingga kualitas barang tersebut sekalipun.

4. Pasar persaingan yang sempurna terdiri atas penjual dan pembeli yang berpengetahuan

Karakteristik selanjutnya yang membedakan antara pasar persaingan yang sempurna dengan pasar lainnya ialah pasar tersebut terdiri atas banyak penjual dan pembeli yang berpengatahuan tentang barang yang diperjualbelikan. Jadi, baik itu penjual maupun pembeli keduanya sama-sama mengenal baik tentang barang yang diperjualbelikan tersebut.

Dengan kata lain kedua pelaku ekonomi dalam pasar persaingan yang sempurna tersebut sama-sama tidak dapat memberikan pengaruh satu dengan lainnya. Hal ini mengakibatkan efek keseluruhan sumber daya yang digunakan sepenuhnya guna menghasilkan keuntungan yang maksimal.

Di samping itu, tidak ada produsen atau penjual yang menjual barang dagangannya dengan harga lebih rendah dari harga pasar. Tidak ada konsumen atau pembeli yang membeli barang dagangan tersebut dengan harga yang jauh lebih tinggi dari harga pasar yang berlaku di pasaran.

5. Pasar persaingan yang sempurna memiliki mobilitas sumber ekonomi yang sempurna

Ciri khusus selanjutnya yang dimiliki oleh pasar persaingan yang sempurna ialah terdapat pada mobilitas atau perpindahan sumber ekonomi yang begitu lancar dan sempurna. Anda tidak akan menjumpai kesulitan sedikitpun terkait barang yang Anda butuhkan di pasar ini. Jadi, pasar persaingan murni ini merupakan pasar yang tepat bagi Anda untuk memulai bisnis khususnya pelaku bisnis baru.

6. Pada pasar persaingan yang sempurna tersebut tidak ada campur tangan pemerintah

Karakteristik selanjutnya dari pasar persaingan yang sempurna ialah tidak ada campur tangan pemerintah secara langsung layaknya pasar-pasar lainnya.

Alih-alih demikian, peran pemerintah dalam pasar persaingan yang sempurna ini ialah untuk membantu mengawasi jalannya roda perekonomian agar selaras dengan kepentingan masyarakat dan tidak membiarkan adanya kerusuhan yang dapat merugikan salah satu pihak.

Dengan mengetahui ciri-ciri tersebut, maka Anda diharapkan bisa menjawab pertanyaan terkait ciri-ciri pasar persaingan yang sempurna tersebut seperti sebutkan ciri ciri pasar persaingan sempurna.

 

Baca Juga : Pengertian Riset Pasar : Jenis-Jenis dan Contoh Riset Pasar

 

Struktur Pasar Persaingan Sempurna

Seperti halnya sebuah bangunan, pasar persaingan yang sempurna juga memiliki struktur penyusunnya. Adapun struktur pasar persaingan sempurna di antaranya sebagai berikut.

  1. Adanya jumlah dan distribusi penjual.
  2. Adanya jumlah dan distribusi pembeli.
  3. Adanya diferensiasi produk atau barang.
  4. Adanya halangan untuk memasuki pasar.
  5. Adanya struktur biaya.
  6. Terdapat integrasi vertikal.
  7. Adanya konglomerasi.

Kelebihan dan Kekurangan Pasar Persaingan Sempurna

Pasar persaingan yang sempurna memiliki beberapa kelebihan dan kekurangan layaknya pasar-pasar lainnya. Adapun kelebihan maupun kekurangan pasar persaingan sempurna di anataranya dapat dijelaskan sebagai berikut.

1. Kelebihan pasar persaingan sempurna

  • Tidak ada informasi yang meleset antara penjual dan pembeli karena keduanya sama-sama memiliki pengetahuan yang sempurna terkait informasi produk atau barang yang dperjualbelikan di pasar persaingan yang sempurna tersebut.
  • Tidak ada hambatan guna memasuki pasar persaingan sempurna tersebut yang menyebabkan perusahaan tidak dapat memperoleh kekuatan dalam hal memonopoli pasar.
  • Pasar persaingan yang sempurna menawarkan keuntungan bagi konsumen atau pembeli serta demi kesejahteraan ekonomi.
  • Bagi penjual barang di pasar tersebut tidak perlu susah payah untuk mengeluarkan uang guna mengiklankan barang tersebut. Hal ini karena produk barang tersebut bersifat homogen. Di samping itu, pengetahuan yang baik terkait barang yang diperjualbelikan tersebut oleh penjual dan pembeli membuat penjual tidak perlu mengiklankan barang tersebut.
  • Pasar persaingan yang sempurna tersebut memiliki tingkat efisiensi produksi yang mampu terdorong dengan baik. Produsen tersebut juga akan mampu meningkatkan mutu produk yang dijualnya. Hal tersebut sesuai dengan formulasi F ( harga) = MC (marjin biaya) dan MC (marjin biaya) = ATC (rata-rata total biaya).

2. Kekurangan pasar persaingan yang sempurna

  • Dikarenakan barang yang dijual di pasar persaingan yang sempurna tersebut merupakan barang homogen, maka konsumen akan merasa terbatasi dalam hal pembelian produk barang di luar barang yang homogen tersebut.
  • Terdapat kesulitan dalam hal memasarkan produk yang memiliki brand atau merek kecil atau merek yang tidak berada dalam daftar produk yang bersifat homogeny tersebut.
  • Pasar persaingan yang sempurna tersebut sebenarnya membatasi produsen untuk mengembangkan produknya karena sudah terlalu puas dan nyaman untuk menghasilkan barang yang bersifat homogeny tersebut.

Contoh Soal Pasar Persaingan Sempurna

Adapun contoh soal pasar persaingan sempurna berdasarkan uraian kelebihan maupun kekurangan pasar tersebut di antaranya sebagai berikut.

Pada pasar persaingan yang sempurna, biaya produksi yang harus dikeluarkan oleh seorang penjual ialah C=50+Q2. Penjual tersebut beroperasi pada tingkat harga Rp.10,00. Berapakah jumlah barang yang harus diproduksi oleh penjual tersebut agar dapat mencapai laba maksimal?

Jawaban: MR=MC , 10=2Q maka Q=5. Maka untuk mencapai laba maksimal penjual tersebut akan memproduksi barang sebanyak 5 buah.

Jika Anda ingin mempelajari soal-soal lebih lanjut terkait pasar persaingan yang sempurna tersebut, ada baiknya untuk mencarinya di makalah pasar persaingan sempurna.

Contoh Pasar Persaingan Sempurna

Untuk memperjelas pengetahuan Anda terkait pasar persaingan yang sempurna, maka ada baiknya Dengan menyimak informasi terkait contoh pasar baik itu pasar persaingan yang sempurna maupun yang tidak sempurna, diharapkan Anda bisa membedakan kedua jenis pasar tersebut dengan baik.  Adapun informasi seputar contoh pasar persaingan sempurna dan tidak sempurna berikut ini.

1. Contoh pasar persaingan yang sempurna di Indonesia

  • Pasar beras.
  • Pasar sayur, contohnya pasar sayur Cepogo di Boyolali dan pasar sayur Bangunsari Dolopo di Madiun.
  • Pasar buah, contohnya pasar buah Berastagi di Sumatera Utara, pasar buah 88 di Pekanbaru, pasar buah Klaten dan pasar buah Kaliwiro di Wonosobo.
  • Pasar gandum, biasanya terdapat di daerah Timur Indonesia.
  • Pasar kentang.
  • Pasar modal (bursa efek)

2. Contoh pasar persaingan tidak sempurna di Indonesia

  • Pasar Monopoli, contohnya pada Perusahaan Listrik Negara (PLN), Telkom Indonesia dan Perusahaan Minyak dan Gas Bumi.
  • Pasar monopolistik, contohnya pasar perabotan rumah tangga, pasar pakaian, pasar makanan kemasan dan pasar aneka minuman rasa-rasa.
  • Pasar Oligopoli, contohnya pasar industri rokok, pasar industri sabun, pasar industri baja dan pasar industri pasta gigi.
  • Pasar monopsoni.
  • Pasar oligopsoni.