Pasar Monopoli : Pengertian, Ciri-Ciri, Struktur, Contoh, Dll

6 min read

Pasar Monopoli

Maraknya isu tudingan monopoli pasar saat ini membuat Anda tidak seharusnya berdiam diri tanpa memiliki pengetahuan lebih dalam terkait pasar monopoli tersebut. Bahkan kabarnya, monopoli pasar tersebut bisa memperlemah industri yang ada. Lantas, apa sebenarnya yang dimaksud dengan monopoli pasar tersebut?

Pada artikel Jurnal Manajemen kali ini akan membahas secara lengkap mengenai pasar persaingan monopoli. Mulai dari definisi, jenisnya, karakteristik, hingga contoh pasar monopoli itu sendiri. Pembahasan selengkapnya simak ulasan berikut ini : 

 

Baca Juga : Jenis Jenis Pasar Beserta Contohnya | Pengertian, Ciri, Klasifikasi, Dll

 

Pengertian Pasar Monopoli

Apa yang dimaksud dengan monopoly market? Apa definisi monopoly market? Kedua pertanyaan tentang pasar monopolistik tersebut merupakan pertanyaan yang paling sering ditanyakan apabila Anda hendak mempelajari pasar persaingan tidak sempurna khususnya kajian monopoly market tersebut.

Pengertian Pasar Monopoli sebenarnya ialah sebuah pasar yang mana tengah mengalami suatu kondisi apabila seluruh penawaran terhadap jenis barang pada pasar dikuasai oleh seorang penjual atau sejumlah penjual tertentu. Secara singkat pasar ini dapat didefinisikan sebagai pasar yang hanya mempunyai satu penjual atau produsen saja, namun memiliki begitu banyak pembeli.

Jika diusut secara sejarah, pasar persaingan monopoli sebenarnya berasal dari bahasa Yunani yakni monos yang berarti satu dan polein yang berarti menjual. Jadi, penentu harga dalam pasar ini adalah seorang penjual atau yang sering disebut sebagai monopolis. Monopolis dapat menentukan harga barang (harga monopoli) yang dijual dengan cara menambah maupun mengurangi jumlah barang yang disediakan di pasar tersebut.

Pasar persaingan monopoli sebenarnya berada dalam lingkungan pasar persaingan yang tidak sempurna. Pasar persaingan monopoli tergolong dalam salah satu jenis pasar persaingan yang tidak sempurna tersebut. Jadi, pasar persaingan monopoli sebenarnya merupakan suatu bentuk pasar yang tidak terorganisir secara sempurna.

Jenis Jenis Pasar Monopoli

Pasar persaingan monopoli terdiri atas beberapa jenis. Adapun jenis-jenis dari pasar persaingan monopoli tersebut di antaranya sebagai berikut.

1. Pasar persaingan monopoli berdasarkan hukum yang berlaku

Pasar persaingan monopoli berdasarkan hukum yang berlaku merupakan sebuah bentuk monopoly market yang dibentuk oleh negara untuk cabang-cabang produksi penting tertentu bagi negara serta dapat menguasai sebuah hajat hidup orang banyak.

2. Pasar persaingan monopoli berdasarkan sifat alamiah

Pasar persaingan monopoli berdasarkan sifat alamiah merupakan sebuah bentuk monopoly market yang lahir serta mengalami perkembangan secara natural atau alami karena didukung sebuah iklim dan lingkungan hidup tertentu.

3. Pasar persaingan monopoli berdasarkan lisensi

Pasar persaingan monopoli berdasarkan lisensi adalah sebuah wujud monopoly market yang telah mendapatkan izin atas penggunaan hak kekayaan intelektual secara resmi. Adapun contoh dari monopoly market berdasarkan lisensi atau hak kekayaan intelektual di antaranya ialah sebagai berikut.

  • Hak cipta yaitu sebuah hak istimewa atau hak eksklusif pencipta untuk mengatur penggunaan atas suatu karya yang diciptakan.
  • Hak paten yakni sebuah hak istimewa atau hak eksklusif penemu atas penemuannya pada bidang teknologi guna jangka waktu tertentu.
  • Hak merek adalah suatu hak khusus atau hak eksklusif pemilik merek terdaftar guna menggunakan sendiri merek tersebut atau mengizinkan pihak lain yang tidak terlibat sekalipun untuk memakainya dalam kurun waktu tertentu (yang telah disepakati).

4. Pasar persaingan monopoli berdasarkan efisiensi kerja

Pasar persaingan monopoli berdasarkan efisiensi kerja merupakan sebuah wujud monopoly market yang dinilai berdasarkan kemampuan suatu perusahaan dalam hal melakukan produksi barang atau jasa yang memiliki kualitas serta dibutuhkan oleh masyarakat guna dapat membuat perusahaan tersebut menjadi produsen tunggal yang menguasai suatu Pangsa Pasar.

5. Pasar persaingan monopoli berdasarkan bahan baku

Pasar persaingan monopoli berdasarkan bahan baku adalah salah satu bentuk monopoly market yang mana penguasaan suatu bahan baku oleh suatu perusahaan tertentu. Dalam hal ini, bahan baku tersebut akan menjadi begitu susah ditemukan oleh perusahaan lain yang tidak menguasai bahan baku tersebut.

6. Pasar persaingan monopoli berdasarkan penguasaan teknologi serta tenaga ahli

Pasar persaingan monopoli berdasarkan penguasaan teknologi serta tenaga ahli tercipta karena suatu perusahaan telah berhasil menguasai bentuk teknologi serta tenaga ahli pada bidang tertentu yang ada. Dengan demikian akan membuat perusahaan lainnya merasa kesulitan untuk menyetarai perusahaan yang melakukan monopoly market tersebut.

Sebagai contoh nyata dari pasar persaingan monopoli berdasarkan penguasaan teknologi serta tenaga ahli ialah perusahaan Microsoft, yang mana memiliki seluruh teknologi dan tenaga ahli yang mumpuni pada bidang tersebut.

7. Pasar persaingan monopoli berdasarkan sudut pandang masyarakat luas

Pasar persaingan monopoli berdasarkan sudut pandang masyarakat luas disinyalir sebagai suatu bentuk pasar persaingan monopoli yang menguasai seluruh kepercayaan masyarakat luas. Masyarakat yang percaya pada suatu produk perusahaan tersebut, maka senantiasa akan lebih memilih produk yang dihasilkan oleh perusahaan tersebut dibanding produk serupa yang dihasilkan oleh perusahaan lainnya.

Masyarakat luas senantiasa memandang perusahaan tersebut sebagai pencipta produk yang berkualitas baik, unik, bermafaat serta selalu memberikan pelayanan yang baik.

Dampak Pasar Monopoli

Seiring perkembangan waktu, pasar persaingan monopoli memberikan berbagai dampak bagi masyarakat luas baik itu berupa dampak positif dan dampak negatif. Adapun dampak-dampak tersebut di antaranya ialah sebagai berikut.

1. Dampak positif

  • Mampu memotivasi penggunaan serta memberikan inovasi baru maupun teknologi. Hal ini dengan tujuan agar biaya per unit dapat ditekan sehingga dapat meningkatkan laba atau keuntungan perusahaan.
  • Dapat meningkatkan produksi barang secara massal serta meningkatkan produktivitas, yang mana status selaku pemegang monopoli tetap dapat dipertahankan.
  • Membuat kesejahteraan karyawan menjadi relatif lebih baik.
  • Aktivitas maupun kreativitas pada bagian penelitian dan pengembangan perusahaan menjadi lebih diperhatikan lagi.

2. Dampak negatif

  • Tidak adanya pemerataan terhadap distribusi pendapatan.
  • Adanya kemungkinan harga yang ditetapkan tidak ada dalam tingkat yang rendah.
  • Masyarakat tidak memiliki banyak alternatif pilihan untuk mengonsumsi barang, produk maupun jasa yang diperjualbelikan tersebut.
  • Memproduksi suatu barang output pada tingkatan yang lebih rendah daripada output kompetitif.
  • Adanya eksploitasi monopolis terhadap pemilik faktor produksi dari konsumen.
  • Produsen barang, produk dan jasa dalam pasar persaingan monopoli memperoleh keuntungan lebih.
  • Produsen barang, produk dan jasa dalam pasar persaingan monopoli ketika memberikan layanan yang buruk maka dikhawatirkan tidak akan memberikan reaksi.
  • Produsen barang, produk dan jasa dalam pasar persaingan monopoli bisa melakukan eksploitasi terhadap pembeli dan pemilik faktor produksi.

 

Baca Juga : Pasar Persaingan Sempurna | Pengertian, Ciri, Struktur, Contoh, Dll

 

Ciri Ciri Pasar Monopoli

Pasar monopoli memiliki beberapa karakteristik pasar monopoli atau ciri-ciri khusus yang membuatnya berbeda dari pasar-pasar lainnya. Adapun ciri ciri pasar monopolistik atau pasar persaingan monopoli  di antaranya ialah sebagai berikut.

  1. Ciri pasar monopoli pertama ialah hanya terdapat satu penjual yang berperan sebagai monopolis. Pada pasar persaingan monopoli terdapat satu saja penjual yang berperan sebagai pengambil keputusan harga (ini yang dimaksud dengan sistem monopoli).
  2. Pada pasar persaingan monopoli terdapat hanya satu saja penjual dan tidak ada penjual lain yang mampu menyainginya.
  3. Pada pasar persaingan monopoli terdapat satu saja jenis barang yang diperjualbelikan.
  4. Pedagang lain dalam pasar persaingan monopoli tidak dapat masuk dikarenakan adanya suatu hambatan dengan undang-undang atau adanya sebuah teknik yang jauh lebih canggih dan berwenang.
  5. Dalam pasar persaingan tidak sempurna tersebut, tidak terdapat campur tangan pemerintah dalam hal penentuan harga.
  6. Pada pasar persaingan monopoli tidak memiliki barang pengganti atau barang substitusi yang serupa, tidak seperti pada pasar persaingan yang sempurna.
  7. Pasar persaingan monopoli pada hakikatnya merupakan sebuah industri satu perusahaan saja.
  8. Pada pasar persaingan monopoli itu sendiri, tidak memungkinkan untuk perusahaan lain dapat masuk ke dalamnya.
  9. Pasar persaingan monopoli dapat mempengaruhi penentuan harga secara mutlak.
  10. Dalam pasar persaingan tidak sempurna ini, promosi atau pengiklanan sudah tidak diperlukan lagi.

Struktur Pasar Monopoli

Sebagaimana sebuah bangunan, pasar persaingan monopoli juga terdiri atas beberapa struktur yang menyusunnya. Adapun struktur pasar monopoli di antaranya sebagai berikut.

  1. Produsen atau perusahaan monopoli memiliki suatu sumber daya tetentu yang tidak dimiliki oleh kompetitor lain.
  2. Produsen atau perusahaan monopoli umumnya menikmati skala ekonomi bahkan hingga ke tingkat produksi yang begitu tinggi.
  3. Monopoli senantiasa berkembang melalui undang-undang yakni pemerintah yang selaku pemberi hak monopoli bagi perusahaan yang bersangkutan tersebut.
  4. Terdapat keseimbangan jangka pendek dari sisi perusahaan monopoli tersebut. Jadi, perusahaan atau produsen monopoli senantiasa haru menyeimbangkan MR dengan MC agar mencapai laba maksimum.
  5. Terdapat keseimbangan jangka panjang dari sisi produsen atau perusahaan monopoli. Hal ini berlaku apabila selama jangka pendek perusahaan atau produsen tersebut telah mendapatkan laba maksimum.
  6. Perusahaan atau produsen monopoli dapat memaksimalkan profit dengan melakukan beberapa hal sebagai berikut :
  • Diskriminasi harga atau menjual produk serupa dengan harga berbeda pada pasar yang berbeda pula.
  • Menjual produk yang identik dan harga yang sama dari pabrik yang berbeda-beda.
  • Perusahaan atau produsen monopoli bisa menggunakan input yang serupa dengan output yang berbeda.
  1. Pemerintah turut serta dalam perkembangan pasar persaingan monopoli.

Kelebihan Pasar Monopoli

Sebagaimana jenis pasar yang tergolong dalam pasar persaingan yang tidak sempurna lainnya, pasar persaingan monopoli atau pasar monopolistik senantiasa memiliki kelebihan tersendiri. Adapun kelebihan-kelebihan yang dimiliki oleh pasar persaingan monopoli  itu sendiri di antaranya ialah sebagai berikut.

  1. Pasar persaingan monopoli senantiasa akan memberikan inovasi untuk dapat terus bertahan seiring berjalannya waktu. Hal ini demi menghilangkan rasa khawatir apabila ada competitor yang menyainginya. Maka demi menarik calon pembeli, produsen dalam pasar persaingan monopoli tersebut senantiasa melakukan inovasi pada produk yang dihasilkan.
  2. Pasar persaingan monopoli senantiasa dapat melakukan sebuah penelitian serta melakukan perkembangan terhadap produk-produknya.
  3. Pasar persaingan monopoli senantiasa bisa meningkatkan daya saing apabila diperoleh karena adanya kemampuan efisiensi terkait produk tersebut.
  4. Pasar persaingan monopoli senantiasa dapat dengan mudah mengontrol banyak orang apabila monopoly market tersebut dilakukan oleh negara.
  5. Produsen barang yang bergelut di pasar persaingan monopoli memiliki peluang kompetisi yang kecil. Dengan demikian, tentu akan menghemat pengeluaran dana Pemasaran Produk atau barang yang diperjualbelikan tersebut. Keuntungan lainnya ialah dapat membuat produsen menjadi lebih fokus untuk melakukan inovasi produk.
  6. Produsen atau perusahaan yang memproduksi barang atau produk dalam pasar persaingan monopoli senantiasa memiliki hak cipta maupun hak paten. Dengan demikian, maka produk tersebut tidak dapat diakui oleh competitor yang lain. Dengan kepemilikan hak cipta tersebut, maka produsen akan merasa berkuasa di dalam pasar persaingan monopoli tersebut.

Kelemahan Pasar Monopoli

Di samping mempunyai begitu banyak kelebihan, monopoly market juga memiliki beberapa kekurangan. Kekurangan-kekurangan yang dimiliki oleh Pasar persaingan monopoli di antaranya ialah sebagai berikut.

  1. Terdapat ketidakadilan pada sistem pasar persaingan monopoli karena keuntungan akan banyak dinikmati oleh produsen saja.
  2. Pasar persaingan monopoli dinilai tidak efisien dalam segi biaya produksi. Hal ini dikarenakan sebuah perusahaan monopoli tidak memanfaatkan secara penuh penghematan biaya produksi atau yang sering disebut sebagai pemicu keborosan.
  3. Terdapat keberatan dari sudut pandang konsumen karena merasa diwajibkan untuk membeli barang dengan harga yang cukup tinggi.
  4. Terdapat unsur eksploitasi terhadap konsumen serta pada beberapa faktor produksi.
  5. Konsumen tidak memiliki pilihan lain terhadap produk yang dipasarkan tersebut.
  6. Terjadinya pemborosan bagi penjual selaku distributor. Hal ini terjadi ketika stok barang yang diproduksi tidak kunjung dibeli. Belum lagi tuntutan kondisi yang mengharuskan segera melakukan inovasi. Maka hal inilah yang menjadikan pemborosan tersebut terjadi.

Contoh Pasar Monopoli

Untuk memperjalas pengetahuan Anda terkait pasar monopoli, ada baiknya Anda menyimak informasi terkait contoh dari jenis pasar persaingan tidak sempurna tersebut. Adapun contoh pasar monopoli di Indonesia di antaranya ialah sebagai berikut.

1. Pasar persaingan monopoli murni atau pure monopoly market

Pasar persaingan monopoli murni adalah jenis pasar persaingan monopoli yang cukup ekstrim. Adapun contoh pasar monopolistik atau pasar persaingan monopoli dengan sifat murni di antaranya Perusahaan Listrik Negara (PLN), PT. Kereta Api Indonesia (KAI) dan Perusahaan Air Minum (PAM).

2. Pasar persaingan mendekati monopoli atau near monopoly market

Pasar persaingan mendekati monopoli atau near monopoly market merupakan sebuah pasar yang mana di dalamnya terdapat hanya satu pengusaha atau satu produsen saja. Adapun contoh dari pasar persaingan yang mendekati monopoli adalah penjual sayur yang menjajakan dagangannya dari satu kawasan ke kawasan lainnya.

Demi memperjelas pengetahuan Anda khususnya tentang pasar persaingan monopoli, ada baiknya Anda membaca makalah pasar monopoli/makalah pasar monopolistik. Anda bisa memperolehnya di berbagai macam perpustakaan pada kajian ilmu ekonomi.