Pakan Ayam Bangkok Agar Cepat Besar Pada Setiap Tingkatan Umur

3 min read

pakan ayam bangkok

Pakan Ayam Bangkok Berdasarkan Umur Agar Cepat Tumbuh Besar

Seperti beternak unggas pada umumnya, pakan ayam menjadi faktor yang sangat penting dalam Beternak Ayam Bangkok. Berikanlah pakan ayam bangkok yang tepat baik dari jenis pakan maupun waktu pemberiannya agar ayam yang dihasilkan adalah ayam yang sehat, tangguh, dan kuat.

Pada setiap tahap pertumbuhan ayam bangkok, kebutuhan nutrisinya tidaklah sama. Terdapat rentang usia ketika ayam bangkok membutuhkan zat lemak atau protein di saat usia tertentu. Pemberian pakan tergantung pada umurnya sehingga Anda harus memberikan beragam pakan sesuai umur. Berikut ulasan Jurnal Manajemen mengenai pemberian makanan ayam bangkok secara bertahap berdasarkan usia ayam.

Artikel Terkait Artikel Terkait
Ayam Bangkok Asli Ayam Bangkok Juara
Kandang Ayam Bangkok Harga Ayam Bangkok

Pakan Ayam Bangkok Umur 2 Hari Sampai 2 Minggu

Memberikan pakan di waktu yang tepat merupakan salah satu cara merawat ayam bangkok yang benar. Anakan Ayam Bangkok mulai bisa diberi pakan saat berusia dua hari, sedangkan sebelumnya Anda cukup memberinya air minum dan sesekali diberi campuran vitamin.

Makanan yang diberikan harus bertekstur halus karena pada usia ini ayam masih sangat kecil dan lemah. Anak ayam belum bisa menelan makanan yang ukurannya besar karena masih belajar untuk mematuk. Protein dan lemak merupakan zat gizi yang paling dibutuhkan ayam bangkok pada usia ini.

Oleh karena itu, pakan ayam pedaging merupakan jenis pakan yang bagus untuk diberikan. Karena ukuran dan aromanya yang pas sangat disukai anak ayam selain kandungan lemak dan proteinnya yang tinggi. Berikut informasi mengenai pakan ayam bangkok agar cepat besar.

Pakan Ayam Bangkok untuk Usia 2 Minggu sampai 1 Bulan

1. Pakan ayam bangkok umur 2 minggu sampai 1 bulan

Keterampillan anak ayam bangkok saat menginjak usia 2 minggu sudah semakin baik. Bahkan ia sudah mulai mencari makanannya sendiri di lingkungan sekitar. Makanan yang berukuran agak besar pun sudah sanggup dilahapnya.

Kebutuhan nutrisi anak ayam di usia ini pun juga berubah. Kandungan lemak pada pakan ayam harus dikurangi untuk menjaga agar pertumbuhannya tetap normal. Kombinasi pakan penting dilakukan untuk memenuhi kebutuhan nutrisi ayam bangkok untuk tumbuh dengan optimal dan tidak kekurangan gizi di masa pertumbuhan. Di usia ini, komposisi zat gizi yang disarankan adalah  sebagai berikut.

  1. Serat 6%
  2. Protein 20%
  3. Lemak 3%

Buatlah pakan dari bahan-bahan berikut ini dengan perbandingan 3:2:1

  1. Bekatul
  2. Jagung
  3. Tepung ikan

Namun, mencampur secara manual pakan ayam membuat nilai gizi tidak bisa diukur secara akurat. Sehingga kandungan nilai gizinya bisa berubah-ubah. Oleh sebab itu, banyak peternak menggunakan pakan khusus untuk memastikan komposisi nutrisinya sesuai dengan kebutuhan anak ayam.

Gambar HI-PRO-VITE 591
Gambar HI-PRO-VITE 591

Contoh pakan tersebut ialah HI-PRO-VITE 591, kandungan gizi dalam pakan ini sudah diukur secara cermat dan seimbang Karena merupakan buatan pabrik.

Pakan Ayam Bangkok Umur 1 Sampai 3 Bulan

Anak ayam sudah mulai dilepas atau diumbar ketika rentang usia ini. Namun karena masih rentan terhadap penyakit, hal tersebut harus dibatasi. Pengumbarana bisa dilakukan paling lama 1 jam saat berusia 1 bulan, dan maksimal 2 jam ketika berusia 2 bulan.

Masa pengumbaran pada anak ayam sangat penting dilakukan apalagi jika Anda memelihara Ayam Bangkok Jenis Birma yang terkenal lincah, aktif, dan cekatan. Ayam akan menjadi malas bergerak jika selalu dikurung.

Makanan khusus yang memiliki kode tertentu mulai bisa Anda berikan tepat ketika usia ini. Berikut kode pada pakan yang digunakan menunjukkan tahapan usia anak ayam yaitu sebagai berikut :

Pakan Ayam umur 1 - 3 bulan
Pakan Ayam umur 1 – 3 bulan
  1. Untuk anak ayam usia 1 bulan kode pakan 591
  2. Untuk anak ayam usia 2 bulan kode pakan 592
  3. Untuk anak ayam usia 3 bulan kode pakan 593

Sebagian peternak memberikan kyojin atau pakan ayam raksasa agar ayam cepat gemuk. Pemberian pakan tersebut idealnya dilakukan ketika ayam masih berumur 2 bulan.

Nutrisi  yang terkandung pakan ini antara lain protein, lemak, kalsium karena merupakan campuran serbuk enzim dan bahan nutrisi yang bermanfaat untuk pertumbuhan anak ayam. Pakan ini banyak digunakan para peternak ayam “shamo” di negeri sakura sana. 

Pakan Ayam Bangkok Umur 3 Sampai 5 Bulan

Unggas muda akan semakin aktif mencari makan sendiri, banyak bergerak, berlari-lari, ketika memasuki usia ini. Bahkan Ayam Bangkok Super akan melakukan “tarung-tarungan” hingga berjam-jam. Kebutuhan energinya pun semakin besar sehingga pakan yang diberikan pun harus lebih diperhatikan.

Pakan Ayam umur 3-5 bulan
Pakan Ayam umur 3-5 bulan

Pakan ayam bangkok umur 3 bulan yang paling baik adalah jenis khusus dengan kode 593. Sedangkan pakan ayam bangkok umur 4 bulan diberikan dengan kode 594. Gunakanlah pakan butiran dengan kode 594 dicampur beras merah untuk pakan ayam bangkok umur 5 bulan.

Suplemen tambahan pun bisa diberikan pada ayam yaitu berupa kalsium dan vitamin B kompleks agar ayam cepat tumbuh besar.  Selain itu, manfaat lain yang bisa didapat adalah bulu dan tulangan ayam bisa tumbuh dengan maksimal.

Artikel Terkait
Jenis Ayam Bangkok
Ayam Bangkok F1
Jamu Ayam Bangkok

Pakan Ayam Bangkok Umur 6 Sampai 8 Bulan

Ayam yang sudah tergolong dewasa adalah yang sudah mencapai usia 6 bulan. Tepatnya di usia 7 bulan, makanan yang dibutuhkan ayam adalah berupa pakan ayam bangkok dewasa yang mengandung protein agar dapat membentk otot dan tubuh yang kuat.

Pada usia ini, beras merah merupakan jenis pakan ayam bangkok yang bagus diberikan. Beras merah juga sebagai pengganti voer dan makanan yang diproduksi pabrik untuk ayam. Namun, sesekali voer masih bisa diberikan agar bulu-bulu ayam tumbuh dengan sempurna.

Perlu diingat bahwa ayam dewasa sudah bisa diberi pakan yang beragam karena sistem pencernaannya yang sudah lebih kuat. Agar gizinya terpenuhi dengan seimbang dan ayam tidak bosan merupakan manfaat perlunya variasi dalam pemberian pakan. Pemberian pakan harus secara ideal dan tidak boleh terus menerus karena dapat menyebabkan kelebihan nutrisi terhadap zat tertentu.

Variasi pakan yang bisa diberikan pada ayam antara lain nasi, beras merah, dan voer dengan nomor kode yang lebih tinggi. Anda bisa memberikan jenis pakan tersebut pada ayam bangkok secara bergantian jenis atau bisa juga dicampur dalam bentuk pakan kering maupun basah.

Ayam bangkok betina sudah mulai bisa menghasilkan telur pada usia ini. Sehingga menjadi saat yang tepat apabila Anda ingin mengembangbiakkan ayam. Selain itu, agar cepat bertelur Anda bisa memberikan pakan khusus.

Cara Membuat Pakan Ayam Bangkok

Langkah-langkah atau cara membuat Pakan Ayam Bangkok khusus tersebut ialah  sebagai berikut.

  1. Campurkan beberapa jenis pakan yaitu pakan pabrikan, bekatul, nasi aking.
  2. Campuran tersebut dilakukan dengan perbandingan 1:2:1 dan beri sedikit air.
  3. Anda bisa menambahkan suplemen ke dalam minuman untuk indukan ayam.
  4. Pakan fermentasi bisa menjadi alternatif untuk menghemat biaya.
  5. Pakan untuk proses fermentasi antara lain yaitu bekatul/dedak, suplemen probiotik, gula pasir, dan air. Bahan-bahan tersebut dimasukkan ke dalam wadah, lalu ditutup dan difermentasikan selama 5 hari.