Desain dan Model Kandang Ayam Beserta Gambarnya [Recommended]

4 min read

Model Kandang ayam

Mengenal Berbagai Model Kandang Ayam

Penggunaan kandang untuk merawat dan beternak ayam sangat dibutuhkan dan hukumnya pun wajib. Ayam tidak bisa dipelihara dengan menyediakan lahan kosong saja, atau dipelihara di dalam ruangan. Bentuk kandang juga harus disesuaikan dengan jenis ayam dan aktivitasnya. Seperti model kandang ayam untuk ayam petelur yang tidak mungkin disamakan dengan ayam hias.

Selain memberi fungsi sebagai tempat tinggal, kandang bisa mempengaruhi kondisi tumbuh kembang ayam itu sendiri. Dengan memberi kandang yang memenuhi kebutuhan, proses ternak dan panen ayam akan berjalan lebih lancar. Seperti apa desain dan Model Kandang Ayam yang sesuai ? Berikut informasi Jurnal Manajemen :

Artikel Terkait
Kandang Ayam Joper
Kandang Ayam Bangkok

Desain Kandang Ayam

Bentuk desain kandang ayam yang beragam ini lebih kepada menyesuaikan bahan dan material utama yang digunakan. Lalu penyesuaian terhadap kebutuhan yang pada setiap ayam membutuhkan desain kandang berbeda-beda. Misalnya pada ayam broiler sebagai salah satu jenis ayam konsumsi masyarakat sehari-hari. Proses ternak dan panen harus diusahakan lancar, serta cepat.

Hal ini agar mampu memenuhi permintaan masyarakat yang tinggi dan tidak henti. Bagi para peternak ayam pasti sudah hafal bagaimana bentuk kandang ayam untuk jenis ayam broiler yang memenuhi standar dan kebutuhan.

Tetapi bila Anda merupakan pemula dan baru saja terjun ke dunia ternak ayam, Anda bisa mengenal beberapa desain kandang ayam yang umum digunakan para peternak, maupun pecinta ayam. Modelnya ini bisa mengikuti aktivitas seperti apa yang ayam-ayam akan lakukan. Bila aktif beternak, maka Anda harus membangun minimal tiga macam kandang.

Terdiri dari kandang untuk ayam indukan atau ayam dewasa, kandang khusus ayam usia kecil, dan kandang tempat menyimpan telur-telur yang dihangatkan. Begitu pun bila ingin memelihara ayam petarung, bila jumlahnya lebih dari satu, Anda pasti membutuhkan lebih dari satu kandang karena jenis ayam petarung tidak memungkinkan untuk tinggal di satu kandang yang sama.

Model Kandang Ayam Minimalis

Model Kandang ayam minimalis
Model Kandang ayam minimalis | sumber : design-milk.com

Dari segi tampilan, beberapa model kandang ini bisa dibuat sedemikian rupa. Bahkan hingga terlihat mewah layaknya rumah tempat tinggal manusia. Seperti tipe kandang close house yang sering dibuat lebih minimalis diikuti fasilitas memadai. Model kandang ayam broiler minimalis tipe close house lebih banyak diterapkan di negara-negara maju yang memiliki keterbatasan lahan hijau.

Sementara di Indonesia, model kandang ayam yang banyak diterapkan ialah tipe open house. Keberadaan lahan hijau yang mudah untuk didapatkan dan didukung suhu udara serta cuaca yang mampu mendukung aktivitas ternak ayam secara lebih alami membuat banyak masyarakat Indonesia terjun beternak ayam.

Baik ayam broiler maupun jenis ayam lainnya yang dirasa menghasilkan dan mendatangkan banyak keuntungan. Ditambah daya konsumsi terhadap ayam yang cukup tinggi. Model kandang dengan tema minimalis tetap bisa dieksekusi pada kandang open house, tetapi tentu penataaannya harus ekstra.

Model Kandang Ayam Sederhana

model kandang ayam sederhana
gambar kandang ayam sederhana | sumber : desig.kristinejaynephotography.com

Jika Anda pemula dan baru terjun memelihara ayam di rumah, ada beberapa model kandang sederhana yang banyak dipilih pecinta ayam. Seperti kandang berbahan dasar bambu. Untuk mendapatkan bambu memang tidak mudah, tetapi tidak juga sulit. Kandang berbahan dasar bambu memakan biaya cukup terjangkau disertai bisa diandalkan karena cukup tahan lama.

Contohnya untuk di rumah-rumah. Kandang sederhana dari bambu yang berbentuk kotak atau pun kurungan dirasa masih aman. Kandang seperti ini pun tidak hanya untuk ayam, sering juga digunakan untuk kandang hewan lainnya yang dirasa tidak bisa dipelihara di dalam ruangan seperti marmut dan kelinci.

Untuk kandang ayam petarung atau hias, kandang sederhana yang hanya muat menampung satu ayam saja bisa menjadi pilihan terbaik. Model kandang ayam bangkok salah satunya, Anda bisa memilih kandang bambu lipat sebagai pilihan kandang sederhana dengan harga terjangkau. Atau Anda bisa menggunakan kandang kurung bambu tanpa alas agar kaki ayam petarung bangkok lebih kuat.

Beberapa Contoh Model Kandang Ayam

Berikut ada beberapa contoh model kandang dengan berbagai bentuk:

1. Model Kandang Kurungan Bambu

Kandang AYam Kurung
Kandang AYam Kurung | sumber : 123rf.com

Model kandang seperti ini menjadi model yang sangat umum dan biasa digunakan di rumah-rumah. Kekurangannya kandang kurung bisa saja terbuka, baik karena ayam yang terlalu aktif di dalamnya, atau tidak sengaja terdorong, dan penyebab lainnya.

Dari segi harga cukup terjangkau sekitar Rp 150.000 saja. Kandang kurung banyak digunakan juga ketika ingin menjemur ayam di pagi hari setelah ayam dimandikan.

2. Kandang Lipat Bambu

Gambar Kandang Ayam Lipat dari Bambu
Gambar Kandang Ayam Lipat dari Bambu | sumber : bukalapak.com

Kandang ini tergolong kandang sederhana yang praktis. Karena bisa dibongkar pasang. Anda hanya tinggal membangunnya dalam bentuk kubus. Maka tidak heran bila Model Kandang Ayam dari Bambu lipat ini bisa ditemui di berbagai toko online. Harganya pun masih termasuk terjangkau. Hanya saja terbatas pada ukuran.

3. Kandang Rumah Panggung

Gambar Kandang ayam panggung
Gambar Kandang ayam panggung | sumber : steemit.com

Berikutnya ialah model kandang yang disebut rumah panggung. Sama seperti rumah panggung yang dihuni manusia, kandang rumah panggung pun memiliki bentuk serupa panggung dengan adanya kaki-kaki di bawahnya sebagai pijakan kandang. Biasanya desain kandang seperti ini digunakan agar ayam tidak terkena tanah atau tidak terkena genangan air.

4. Kandang Baterai Tanpa Sekat

Kandang Ayam Petelur Baterai
Kandang Ayam Petelur Baterai | sumber : pinterest

Model keempat yang banyak digunakan ialah kandang dengan tipe baterai. Kandang ini menjadi kandang tanpa sekat yang banyak digunakan sebagai tempat tinggal ayam-ayam bibit atau ayam kecil. Karena mampu menampung jumlah banyak meski ukurannya tidak terlalu besar.

Kandang baterai tanpa sekat ini bisa dibangun dengan skala besar yang dilengkapi berbagai peralatan yang lebih lengkap. Khususnya untuk ayam ternakan seperti ayam broiler dan ayam kampung.

5. Model Kandang Ayam Petelur

kandang ayam petelur
kandang ayam petelur | sumber : Ig @ramdanfarm

Contoh model kandang selanjutnya, ada model kandang ayam khusus petelur. Sesuai sebutannya, kandang ini didesain untuk digunakan para ayam petelur yang aktif bertelur. Kerangkanya dibuat agar telur-telur yang dihasilkan bisa langsung terpisah dengan induknya sehingga akan lebih mudah untuk diambil.

6. Kandang Ayam Broiler

Desain kandang ayam broiler
Desain kandang ayam broiler

Kandang Ayam Jenis Broiler menerapkan model yang tergantung pada kebutuhan dan keterbatasan peternak. Seperti yang sudah dijelaskan di atas, negara maju umumnya beternak ayam broiler menggunakan kandang tipe close house yang biasanya kandang bertingkat dan menumpuk.

Sedangkan untuk negara berkembang dan memiliki banyak lahan, Model Kandang Ayam Potong broiler tipe open house lebih banyak diterapkan. Kandang ayam jenis broiler ini fokus membuat ayam tumbuh dengan sempurna untuk menghasilkan daging ayam berkualitas super yang nantinya dikonsumsi oleh masyarakat.

7. Kandang Ayam Modern

kandang ayam potong modern
kandang ayam potong modern

Terakhir, model kandang ayam yang saat ini mulai banyak digunakan ialah model modern yang tentu dari segi kebersihan lebih terjaga. Selain itu juga peralatannya lebih modern. Model kandang ayam seperti ini juga biasanya tidak dekat dengan lingkungan tempat tinggal masyarakat umum.

Sehingga tidak menimbulkan polusi udara. Ayam ternak yang dihasilkan pun jumlahnya bisa lebih banyak. Tetapi tentu akan memakan biaya sedikit lebih mahal dibandingkan beternak dengan kandang dan peralatan sederhana.