10+ Manfaat Ikan Patin Bagi Kesehatan Tubuh, Ibu Hamil, Bayi/Balita

5 min read

Manfaat Ikan Patin

Ikan patin merupakan kerabat dekat dari ikan lele. Ikan bernama ilmiah Pangasius ini bisa dikonsumsi sebagai menu hidangan yang lezat dan bercita rasa khas pelengkap nasi. Selain enak disantap, ternyata ikan ini juga memiliki seguang manfaat yang baik bagi tubuh. Manfaat Ikan Patin yang baik bagi kesehatan tersebut ternyata karena adaya berbagai kandungan gizi dalam ikan air tawar tersebut.

Ikan patin mengandung begitu banyak mineral, vitamin dan protein yang lebih banyak dibanding ikan air tawar lainnya. Tidak heran jika ikan ini laris manis di pasaran. Lantas, kira-kira apa sajakah manfaat ikan patin bagi kesehatan tubuh Anda? Simak ulasan Jurnal Manajemen mengenai manfaat ikan patin berikut ini :

Artikel Terkait
Umpan Ikan Patin
Budidaya Ikan Patin
Makanan Ikan Patin

Manfaat Ikan Patin bagi Kesehatan Tubuh

manfaat bawal bagi kesehatan
manfaat patin bagi kesehatan | sumber : mediakita.co

Ikan patin memiliki bentuk fisik yang panjang dengan warna tubuh putih perak serta punggung berwarna kebiruan. Ikan air tawar yang jika dimasak memiliki cita rasa gurih dan lembut tersebut diketahui memiliki begitu banyak manfaat bagi kesehatan. Manfaat ikan patin bagi tubuh manusia dapat Anda simak di antaranya sebagai berikut.

1. Mengurangi kolesterol

Kadar kolesterol tinggi dalam tubuh tentu akan menyebabkan penyakit jantung. Ketika penyakit jantung kambuh, maka jantung tidak dapat mengalirkan darah ke otak dengan baik. Hal ini tentu dapat memicu penyakit stroke. Untuk itu, Anda harus mengurangi kadar kolesterol dalam tubuh dengan mengonsumsi ikan patin.

Kandungan lemak jenuh yang ada dalam ikan ini diyakini ampuh untuk mengurangi kadar kolesterol jahat dalam tubuh. Hal ini dikarenakan bahwa ikan bercita rasa enak tersebut merupakan salah satu jenis ikan yang rendah kolesterol. Seratus gram ikan ini saja hanya mengandung kolesterol sebanyak 21 hingga 30 gram. Jadi, sudah selayaknya Anda segera mengonsumsi ikan satu ini.

2. Membantu pembentukan otot tubuh

Ikan patin merupakan salah satu jenis ikan yang kaya akan protein. Kandungan protein dalam ikan ini  diketahui mujarab untuk membentuk, menambah massa, mengencangkan serta memperkuat otot tubuh.

Di samping mampu membentuk otot tubuh, manfaat ikan patin lainnya adalah dapat membantu menjaga kekebalan sistem imun. Dengan demikian, daya tahan tubuh akan semakin kuat dan menjadi kebal terhadap segala macam penyakit. Jangan lupa juga untuk menyeimbangkannya dengan rutin berolahraga, ya!

3. Menjaga kesehatan gigi dan tulang

Tidak hanya sekadar mempunyai kandungan protein saja, ikan patin ternyata juga memiliki kandungan fosfor serta kalsium tinggi. Fosfor dan kalsium merupakan zat gizi yang sangat bagus bagi kesehatan tubuh. Fungsi primer yang ada dalam fosfor dan kalsium bagi tubuh ialah guna menjaga kesehatan serta memperkuat gigi dan tulang.

Kandungan kedua zat tersebut juga diketahui ampuh untuk mengurangi risiko pengeroposan tulang sejak dini. Jadi, salah satu langkah untuk menjaga kesehatan tulang Anda ialah dengan rutin mengonsumsi ikan patin.

4. Menambah dan memperkuat kinerja otak

Tahukah Anda bahwa bukan hanya ikan salmon saja yang bagus untuk otak. Ikan patin juga memiliki kandungan zat yang tidak kalah bagusnya untuk otak. Selain mempunyai kandungan protein, fosfor dan kalsium, ikan patin juga mempunyai kandungan omega-3 dan omega-6 tinggi.

Kandungan zat omega-3 dan omega-6 dalam ikan patin sangat bagus dalam memperlancar kinerja otak. Kandungan zat tersebut senantiasa ampuh untuk menambah serta memperkuat sistem otak dalam melakukan pekerjaannya. Tidak heran jika jenis ikan air tawar ini begitu banyak digemari.

5. Menambah fungsi sel darah putih

Anda tentu sangat paham bahwa sel darah putih mempunyai fungsi yang sangat penting bagi kelangsungan hidup. Sel darah putih atau leukosit berperan penting guna melawan penyakit. Leukosit akan memperkebal ketahanan tubuh Anda dari segala macam ancaman penyakit. Bisa Anda bayangkan betapa mengerikannya jika sel darah putih Anda tidak bisa berfungsi dengan baik.

Maka dari itu, dengan mengonsumsi ikan patin tentu akan menambah fungsi leukosit dalam tubuh Anda. Leukosit akan bekerja dengan baik dalam melawan bibit penyakit yang mengancam tubuh Anda apabila mengonsumsi ikan ini.

6. Mengaktifkan fungsi kelenjar pineal

Barangkali Anda masih belum memahami apa yang dimaksud dengan kelenjar pineal. Kelenjar pineal merupakan suatu organ endokrin yang berukuran kecil yang terletak di otak manusia. Organ penting dalam otak besar manusia ini berfungsi untuk menghasilkan hormon melatonin. Hormon tersebut sangat penting dalam mengatur pola tidur.

Bagi Anda yang mengalami pola tidur kurang baik, maka bisa coba mengonsumsi ikan patin. Zat yang terkandung dalam ikan ini akan mampu untuk mengaktifkan fungsi kelenjar pineal dengan baik sehingga Anda bisa tidur dengan nyenyak.

7. Mengatur secara baik kandungan elektrolit pada tubuh

Tahukah Anda bahwa tubuh juga memerlukan elektrolit. Yang dinamakan dengan zat elektrolit merupakan salah satu mineral dengan fungsi membawa muatan fosfat, kalium, natrium, magnesium, klorida, listrik dan kalsium.

Ikan patin merupakan salah satu dari sekian jenis ikan yang berfungsi baik dalam menjaga kandungan elektrolit tubuh. Maka dari itu, tidak ada salahnya bagi Anda untuk rutin mengonsumsi ikan satu ini.

Manfaat Ikan Patin bagi Ibu Hamil

manfaat bawal bagi ibu hamil
manfaat ikan patin bagi ibu hamil | sumber : hellosehat.com

Menu masakan ikan patin tentu sangat mudah Anda jumpai dalam rumah makan Padang. Biasanya menu ikan tersebut akan dimasak dengan bumbu kuning dan santan khas masakan Padang yang bercita rasa enak luar biasa. Membayangkannya saja sudah membuat ngiler, bukan?

Ikan air tawar tersebut diketahui memiliki begitu banyak kandungan zat gizi yang bagus untuk kesehatan tubuh. Namun, tahukah Anda bahwa ikan patin juga bagus dikonsumsi oleh ibu hamil. Tidak ada larangan bagi ibu hamil untuk mengonsumsi menu serba ikan ini. Jangan khawatir, ikan patin sudah dipastikan aman dikonsumsi untuk ibu hamil.

Apabila Anda sedang hamil dan ingin mengonsumsi ikan patin, maka hal tersebut bisa memberikan beragam manfaat yang bagus bagi Anda. Manfaat ikan patin yang diperuntukkan bagi ibu hamil sangat manjur untuk membantu perkembangan bayi terutama dalam pmbentukan sel otak janin. Adapun rincian manfaat ikan patin untuk ibu hamil di antaranya sebagai berikut.

1. Menambah daya ingat

Bagi Anda yang sedang hamil, tentu sering mengalami problematika terkait daya ingat. Misalnya, sering lupa. Maka dari itu ada baiknya agar rutin mengonsumsi ikan patin. Kandungan asam lemak seperti omega-3 sangat ampuh untuk membantu meningkatkan daya ingat bagi wanita yang sedang hamil. Anda bisa mengolah ikan ini dengan beragam masakan andalan sebagai menu makan harian.

2. Mengurangi risiko kelahiran prematur

Apabila Anda rutin mengonsumsi ikan patin, maka hal tersebut bisa mengurangi risiko terhadap kelahiran prematur. Pernyataan tersebut bahkan sudah dibuktikan dan diutarakan dari sebuah studi ilmiah dalam What to Expect. Jadi, tidak ada salahnya jika Anda rutin mengonsumsi ikan yang berbentuk panjang ini. Dengan kata lain, hal ini dapat dikatakan sebagai salah satu manfaat ikan patin untuk bayi.

3. Membantu tumbuh kembang janin

Selain bagus untuk daya ingat, kandungan zat omega-3 yang terdapat dalam ikan patin juga diketahui ampuh dalam membantu tumbuh kembang janin. Ikan ini dapat membantu perkembangan bayi khsususnya dalam pembentukan sel otak janin.

Dengan manfaat baik dari ikan patin tersebut, tentu Anda tidak perlu khawatir untuk mengonsumsinya. Bukan ikan ini yang harus Anda hindari untuk dikonsumsi saat hamil, melainkan tujuh jenis ikan lainnya. Ikan-ikan yang perlu dihindari tersebut di antaranya tilefish, ikan hiu, swordfish, ikan tuna, ikan marlin, ikan sarden dan orange roughy.

Artikel Terkait Artikel Terkait
Manfaat Ikan Bawal Manfaat Ikan Nila
Manfaat Ikan Gurame Manfaat Ikan Lele
Manfaat Ikan Mujair Manfaat Ikan Bandeng

Manfaat Ikan Patin untuk Balita

Manfaat Ikan Patin untuk balita
Manfaat Ikan Patin untuk balita | sumber : gulalives.co

Banyak studi telah membuktikan betapa bermanfaatnya ikan patin bagi kesehatan tubuh. Hal ini dikarenakan adanya begitu banyak kandungan zat gizi dalam satu ekor ikan tersebut. Misalnya, protein, kalsium, fosfor, kalori, lemak, sodium, kalium, vitamin B12, vitamin E, omega-3 dan -6.

Selain bagus dikonsumsi oleh orang biasa dan ibu hamil, ikan bercita rasa gurih ini juga sangat bagus dikonsumsi oleh anak-anak. Hal tersebut tidak lain karena adanya kandungan zat gizi yang ada dalam ikan air tawar tersebut, khususnya kandungan asam lemak essensial atau omega-3.

Omega-3 diyakini sangat bagus bagi kesehatan tubuh dan otak balita. Kandungan zat tersebut dipercaya ampuh untuk mendukung kecerdasan otak serta memperkuat sistem kekebalan tubuh balita. Kadar zat yang dikenal sebagai DHA ini mencapai 5,45%.

Di samping kandungan asam lemak essensial dalam ikan patin, kandungan protein juga bermanfaat bagi balita. Kandungan 159 gram protein dalam satu ekor ikan ini sangat baik bagi pertumbuhan sel-sel tubuh balita. Terlebih lagi balita senantiasa tumbuh dan berkembang. Selain itu, ikan ini juga sangat bagus untuk menjaga tubuh balita agar tetap sehat.

Dengan segala kebaikan dari kandungan gizi ikan air tawar tersebut, maka ikan ini begitu layak dijadikan sebagah menu masakan harian. Terlebih lagi jika Anda memiliki anak balita, manfaat ikan patin sangat baik dalam mendukung kecerdasan otak, memperkuat sistem imun hingga menjaga tubuh agar tetap sehat. Selain itu, kandungan gizi ikan ini juga sangat bagus untuk pertumbuhan gigi dan tulang balita.