Berbagai Manfaat Ikan Lele Bagi Kesehatan Terlengkap

5 min read

manfaat ikan lele

Ikan lele merupakan salah satu ikan yang menjadi kesukaan masyarakat di Indonesia. Hal itu karena ikan lele merupakan jenis ikan yang mudah sekali dibudidayakan sehingga masyarakat dapat dengan sangat mudah untuk mendapatkannya. Dengan segala kemudahan yang ada dalam ikan lele, ternyata manfaat ikan lele ini begitu banyak bagi kesehatan kita.

Apa saja manfaat ikan lele bagi kesehatan ? Kali ini Jurnal Manajemen akan mengupas tuntas berbagai manfaat mengkonsumsi ikan lele. Berikut ulasannya :

Keunggulan Gizi Ikan Lele

Kandungan gizi pada ikan lele memiliki beberapa keunggulan dibandingkan dengan kandungan pada daging hewan yang lain. Keunggulan yang paling penting yaitu kandungan gizi yang terdapat pada lele mudah diserap dan dicerna secara optimal. Dari mulai janin sampai dengan lansia dapat menikmati dan mencerna gizi ikan lele ini.

Selain itu asam amino yang terdapat dalam lele juga merupakan suatu keunggulan. Tidak tanggung-tanggung lele mengandung semua unsur dari asam amino termasuk dengan asam amino esensial 8. Salah satu asam amino tersebut adalah leusin dan juga lisin. Kedua hal tersebut merupakan asam amino esensial yang berfungsi penting untuk pertumbuhan dan juga pembentukan protein otot Anda.

Keunggulan selanjutnya yaitu lele mengandung banyak asam lemak omega 3. Zat ini merupakan zat gizi yang sangat bermanfaat pada perkembangan dan pertumbuhan sel otak. Dengan asupan omega 3 yang cukup, maka sel otak anak di bawah usia 12 tahun dapat berkembang sangat pesat sehingga anak akan tumbuh menjadi anak yang cerdas dan juga sehat.

Selain itu ikan lele juga mengandung lemak tak jenuh yang banyak sehingga baik untuk kesehatan jantung dan pembuluh darah Anda. Ikan lele juga memiliki beberapa stok vitamin yang banyak. Beberapa diantaranya adalah vitamin A yang sangat bermanfaat untuk kesehatan kulit serta mata dan juga vitamin B1 yang bermanfaat untuk mengurangi risiko penyakit saraf.

Untuk memperoleh segala manfaat ini tentu saja harus memperhatikan aspek budidaya khususnya pada pemberian pakan ikan lele ataupun umpan ikan lele yang diberikan.

kandungan ikan lele
kandungan ikan lele

 

Baca Juga : Pedoman Lengkap Budidaya Ikan Lele Menguntungkan

 

Manfaat Ikan Lele Bagi Kesehatan Kita

Setelah mengetahui berbagai macam keunggulan gizi yang ada pada lele, tentu semua gizi tersebut sangat bermanfaat bagi kita. Manfaat ikan lele bagi manusia tentu sangat banyak dari mulai manfaat untuk janin, hingga manfaat yang diperoleh untuk pada lansia. Berikut ini merupakan beberapa manfaat yang diperoleh dari mengkonsumsi ikan lele bagi kesehatan Anda.

  1. Memiliki kadar lemak dan kalori yang rendah

Manfaat ikan lele untuk kesehatan yang pertama yaitu daging ikan lele memiliki kadar lemak dan kalori yang rendah. Kalori yang terkandung dalam 100 gram ikan lele hanya berada sekitar 122 kalori sedangkan kandungan lemaknya hanya 6,1 gram lemak saja. Meskipun demikian, Anda tetap harus memperhatikan jumlah konsumsi dan cara mengolahnya agar kalori dan kadar lemak dapat terjaga.

  1. Memiliki protein lengkap

Selain memiliki kalori dan kadar lemak yang begitu rendah, ikan lele juga mengandung protein yang cukup tinggi sebanyak 15,6 gram pada tiap ekornya. Protein yang tinggi tersebut dapat memenuhi kebutuhan asam amino dalam tubuh Anda. Selain itu, protein juga membantu Anda dalam membangun massa otot. Protein pada ikan lele juga dikenal mampu membantu meningkatkan kekebalan Anda.

  1. Rendah merkuri

Tidak seperti ikan pada umumnya kandungan merkuri pada daging ikan lele termasuk dalam kategori rendah. Akan tetapi hal tersebut tidak lantas membuat Anda aman mengkonsumsi lele dalam jumlah yang terlalu banyak. Lebih baik konsumsi ikan lele Anda dibatasi dan kombinasikan dengan menu makan yang lain karena meskipun sedikit, jika terlalu banyak dikonsumsi merkuri pada lele akan menumpuk banyak.

  1. Mengandung asam lemak sehat

Perlu Anda ketahui bahwa dengan rutin mengkonsumsi lele merupakan cara untuk meningkatkan asam lemak omega 3 dan juga omega-6 dalam tubuh Anda. Pada ikan lele terdapat kandungan 220 mg asam lemak omega-3 dan 875 mg asam lemak omega-6. Nutrisi tersebut merupakan nutrisi yang memiliki peranan positif untuk kesehatan jantung Anda.

Manfaat ikan lele bagi ibu hamil

manfaat ikan lele bagi ibu hamil
manfaat ikan lele bagi ibu hamil | source : ig @kalomofoto
  1. Lele sebagai sumber protein

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya bahwa lele mengandung protein yang cukup tinggi. Pada protein ikan lele ini terdapat juga asam amino esensial lisin, metionin, dan juga leusin. Ketiga elemen yang terdapat dalam protein tersebut memiliki fungsi untuk proses pertumbuhan anak, membangun dan juga dalam pembentukan otot. Sehingga dapat membantu menjaga kesehatan calon bayi yang sedang dikandung.

  1. Banyak fosfor

Manfaat ikan lele untuk ibu hamil selanjutnya adalah karena terdapatnya kandungan fosfor yang banyak dalam daging ikan lele. Kandungan tersebut mencapai 168 mg/100 mg. Fosfor sendiri memiliki manfaat untuk penguatan, sumber energi dalam lemak, dan lain-lain. Sedangkan untuk ibu hamil, fosfor memiliki manfaat dalam membentuk dan menguatkan tulang pada janin.

  1. Kesehatan kardiovaskular

Manfaat dari ikan lele berikutnya adalah membantu menjaga kesehatan kardiovaskular Anda. Dalam ikan lele perbandingan potasium dan natriumnya mencapai 24,5 : 1. Hal tersebut membuat ikan lele sangat baik untuk kardiovaskular dan arteri Anda. Dengan begitu kesehatan ibu hamil pada saat masa kehamilan akan menjadi lebih baik terutama pada kardio dan juga arterinya.

  1. Rendah lemak

Seperti yang telah dijelaskan pada bagian sebelumnya, ikan lele merupakan ikan dengan kandungan lemak yang rendah. Lemak yang terdapat dalam lele ini adalah lemak sederhana atau trigliserida netral. Pada ikan lele, lemak sederhana itu dapat banyak Anda temukan pada bagian perut terutama di bagian hati ikan lele dan juga bagian bawah tubuhnya.

  1. Banyak omega 3

Manfaat berikutnya ikan lele untuk kehamilan adalah karena pada ikan lele terdapat banyak sekali kandungan omega 3. Omega 3 sendiri memiliki banyak sekali manfaat bagi kesehatan kita apa lagi untuk ibu hamil. Pada ibu hamil peran omega 3 sangat penting terutama untuk membantu pertumbuhan otak, mata, dan juga saraf pada janin.

Manfaat ikan lele untuk bayi

manfaat ikan lele untuk bayi
manfaat ikan lele untuk bayi | source : ig @osobliwamama

Selain bermanfaat pada saat kehamilan, manfaat ikan lele juga bisa dirasakan pada saat bayi telah lahir. Pada saat bayi memasuki usia 6-9 bulan, bayi sudah boleh mengkonsumsi makanan pendamping ASI. Makanan pendamping ini haruslah makanan yang bergizi bagi bayi. Salah satu makanan bergizi tersebut adalah ikan termasuk ikan lele.

Kandungan omega 3 yang banyak dalam ikan lele dapat membantu perkembangan otak serta meningkatkan kemampuan kognitif bayi Anda. Selain omega 3 juga masih banyak nutrisi yang terdapat dalam ikan lele yang sangat berguna untuk perkembangan bayi. Terlebih manfaat ikan lele untuk bayi usia 9 bulan dapat menjaga tumbuh dan perkembangan bayi ke tahap selanjutnya.

Selain berbagai nutrisi tersebut, rasa gurih yang terdapat dalam ikan lele dapat membantu menambah rasa makanan bayi yang cenderung hambar. Dalam mengolah lele sebagai makanan pendamping, Anda bisa mengukus lele dan kemudian dicampurkan ke bubur bayi Anda.

Pada awal memberikan makanan pendamping ASI, Anda perlu membuat teksturnya lembut. Hal tersebut bisa dilakukan dengan cara menyaring bubut Anda yang telah dicampur dengan daging ikan lele. Sejalan dengan pertumbuhan bayi Anda, pengolahan daging ikan lele sebagai pendamping asi dapat menggunakan tekstur kasar seperti dipotong kecil atau dijadikan abon.

Manfaat Ikan Lele Untuk Ibu Menyusui

contoh Manfaat Ikan Lele Untuk Ibu Menyusui
contoh Manfaat Ikan Lele Untuk Ibu Menyusui | source : amaniessentials.blogspot.com

Setelah sebelumnya dibahas manfaat bagi ibu hamil tentu membuat Anda bertanya apa manfaat ikan lele untuk ibu yang sedang menyusui? Untuk ibu yang sedang menyusui. Kandungan lemak DHA atau docosahexaenoic pada daging lele sangat bagus untuk ibu yang sedang menyusui. Pada kandungan tersebut sangat berguna untuk membantu perkembangan dan juga sistem saraf pada bayi yang sedang disusui.

Kandungan protein, lemak dan juga kalori yang rendah merupakan salah satu daya tarik kenapa ikan ini begitu menjadi favorit. Selain manfaat ikan lele untuk anak, ikan ini juga bermanfaat bagi ibu menyusui yang sangat membutuhkan banyak sekali nutrisi harian agar asi yang dapat berjalan lancar dan penuh dengan berbagai nutrisi pendukung pertumbuhan si bayi.

Manfaat Ikan Lele Untuk Kesuburan Pria

gambar manfaat ikan lele untuk kesuburan pria
gambar manfaat ikan lele untuk kesuburan pria | source : medicalnewstoday.com

Ikan lele memang ikan yang memiliki berbagai manfaat untuk manusia dari mulai ibu hamil, janin, anak-anak, hingga orang dewasa. Jika sebelumnya telah dibahas manfaat bagi ibu hamil dan janin, berikut ini akan dibahas manfaat dari ikan lele bagi orang dewasa terutama dalam masalah kesuburan para laki-laki yang sering kali menjadi masalah.

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya bahwa ikan lele merupakan ikan yang memiliki kandungan nutrisi yang sangat lengkap. Salah satunya adalah ikan lele merupakan salah satu sumber protein yang baik dalam tubuh. Kandungan protein yang ada dalam ikan terutama ikan lele mengandung banyak sekali omega 3 di dalamnya.

Omega 3 merupakan salah satu nutrisi yang baik bagi kesuburan. Dengan mengkonsumsi omega 3 yang banyak dapat menjaga kesuburan Anda. Ditambah dengan mengkonsumsi zinc yang memiliki manfaat untuk kesehatan dan kelincahan sperma tentu akan membuat kualitas kesuburan kaum pria menjadi lebih bagus dan berkualitas.

Artikel Terkait Artikel Terkait
Harga Ikan Lele Per Kg di Pasaran Harga Bibit Ikan Lele

Hal Yang Harus Diperhatikan Dalam Mengkonsumsi Ikan Lele

  1. Daging lele meskipun kadarnya rendah tetapi tetap terdapat merkuri di dalamnya. Terlalu banyak mengkonsumsinya maka akan semakin menumpuk juga kada merkuri dalam tubuh Anda. Seperti yang Anda ketahui bahwa merkuri sendiri merupakan suatu zat yang tidak baik bagi tubuh karena dengan menumpuknya banyak merkuri di tubuh akan membuat kesehatan Anda terganggu.
  2. Selain memiliki kadar merkuri daging ikan lele juga berpotensi terdapat bakteri. Habitat ikan lele yang tinggal di tempat yang memiliki air keruh dan juga berlumpur, secara tidak langsung membuat ikan lele ini sangat berpotensi untuk terkena berbagai macam bakteri. Oleh karena itu, mengkonsumsi ikan lele ini tidak boleh terlalu berlebihan agar potensi terpapar bakteri pada tubuh Anda berkurang.
  3. Mengkonsumsi ikan lele secara berlebihan dapat menyebabkan seseorang terkena hipertiroid. Hal tersebut karena kebanyakan para peternak lele menggunakan kotoran hewan sebagai makanan alternatif lele. Sehingga lama-kelamaan dapat meningkatkan kadar tiroid dalam tubuh. Sebaiknya mengkonsumsi lele ini dilakukan secara berkala untuk menghindari kelebihan kadar tiroid dalam tubuh.
  4. Meningkatkan risiko penyakit jantung. Hal tersebut bisa terjadi apabila Anda sering mengkonsumsi olahan ikan lele yang digoreng. Cara pemasakan dengan digoreng tentu memiliki banyak sekali kekurangannya salah satunya akan mempengaruhi kesehatan arteri jantung Anda. Cara yang paling aman adalah mengolah ikan lele dengan cara di rebus, bakar, kukus, atau di panggang.