Manfaat Ikan Bandeng Untuk Kesehatan Tubuh, Ibu Hamil dan Bayi

4 min read

Manfaat Ikan Bandeng

Konsumsi ikan sudah sejak lama dikenal dapat memberikan manfaat bagi tubuh. Jenis-jenis ikan yang dikenal memberikan berbagai manfaat meliputi ikan lele, patin, nila, tongkol, dan bandeng. Manfaat ikan bandeng juga tidak kalah banyak dibandingkan jenis ikan lainnya.

Ikan bandeng juga banyak dimanfaatkan menjadi berbagai olahan, mulai dari bandeng presto hingga nasi bungkus. Manfaat Ikan Bandeng didapat dari beragam nutrisi yang terkandung di dalamnya. Tentu  saja nutrisi-nutrisi ini akan memberikan dampak positif bagi tubuh apabila daging ikan bandeng diolah dengan cara yang tepat.

Apa saja kandungan dan manfaat ikan bandeng ini ? Berikut rangkuman Jurnal Manajemen mengenai manfaat ikan bandeng :

Artikel Terkait Artikel Terkait
Karakteristik Ikan Bandeng Umpan Ikan Bandeng
Budidaya Ikan Bandeng Harga Ikan Bandeng

Kandungan Nutrisi dalam Ikan Bandeng

Tidak berbeda dari jenis ikan lainnya, ikan bandeng memiliki segudang nutrisi yang berguna bagi tubuh. Kandungan nutrisi yang terdapat pada ikan dengan nama latin Chanos chanos ini antara lain:

  1. Energi
  2. Kalsium
  3. Phosphor
  4. Zat besi
  5. Natrium
  6. Kalium
  7. Vitamin A, B1, B2, dan C
  8. Asam lemak omega-3 dan omega-6

Manfaat Ikan Bandeng untuk Kesehatan

manfaat bawal bagi kesehatan
manfaat bandeng bagi kesehatan | sumber : mediakita.co

Kandungan nutrisi yang beragam pada ikan bandeng berguna untuk menjaga kesehatan tubuh. Manfaat ikan bandeng bagi ibu hamil juga tidak kalah banyak sehingga menjadikan ikan bandeng salah satu jenis ikan yang cocok dikonsumsi pada saat hamil supaya janin dapat tumbuh dan berkembang dengan sempurna. Manfaat ikan bandeng bagi kesehatan antara lain:

 1. Meningkatkan daya tahan tubuh

Daya tahan tubuh penting untuk dijaga terlebih pada saat musim hujan dimana penyakit rentan menyerang. Vitamin dan zat besi merupakan nutrisi penting untuk menjaga daya tahan tubuh. Kedua nutrisi ini terkandung dalam ikan bandeng.

Melalui konsumsi ikan bandeng secara berkala, dapat membantu Anda menjaga daya tahan tubuh sehingga Anda menjadi tidak mudah sakit. Anda bisa mengonsumsi ikan ini baik dengan cara dikukus maupun digoreng.

2. Menjaga kesehatan tulang dan gigi

Beberapa nutrisi yang diperlukan untuk menjaga kesehatan tulang dan gigi adalah vitamin D, fosfor, dan tentu saja kalsium. Ketiga nutrisi ini juga terkandung dalam ikan bandeng, sehingga konsumsi ikan bandeng dapat membantu Anda memelihara kesehatan tulang dan gigi.

Tetapi tentu Anda perlu rutin untuk menjaga kesehatan gigi dengan cara lain seperti menyikat gigi 2 kali sehari, menghindari makanan manis, dan periksa gigi minimal 6 bulan sekali. Selain itu, untuk menjaga kesehatan tulang, selain dengan konsumsi ikan bandeng, Anda perlu untuk rajin berolahraga dan minum susu berkalsium tinggi.

3. Sumber energi

Kandungan energi dalam ikan bandeng menjadikan jenis ikan ini cocok untuk dijadikan sumber energi. Dalam 100 gram daging ikan bandeng, terkandung 123 kalori yang cukup untuk dijadikan bahan metabolisme tubuh untuk menjalankan aktivitas sehari-hari.

4. Menjaga kesehatan mata

Selain mengandung 123 kalori dalam setiap 100 gram daging, ikan bandeng juga mengandung 45 mikogram vitamin A. Sudah bukan rahasia lagi jika vitamin A merupakan jenis vitamin yang bermanfaat bagi kesehatan mata sehingga konsumsi ikan bandeng secara teratur dapat membantu Anda menjaga kesehatan mata.

5. Mencegah penyakit artritis

Artritis atau radang sendi merupakan penyakit tulang yang disebabkan oleh kurangnya asupan asam lemak omega-3 pada tubuh sehingga terjadi peradangan pada sendi. Namun, ikan bandeng bisa Anda jadikan sebagai alternatif untuk mencegah terjadinya penyakit artritis atau radang sendi.

Kandungan omega-3 yang cukup tinggi pada daging ikan bandeng bisa membantu Anda mencegah peradangan pada sendi. Selain itu, kadar lemak tak jenuh pada daging ikan bandeng juga berguna untuk mencegah terjadinya penimbunan lemak jahat dalam tubuh.

6. Menyehatkan jantung

Manfaat ikan bandeng lainnya terkait kandungan lemak tak jenuh adalah menyehatkan jantung. Konsumsi ikan bandeng secara rutin dapat mencegah terjadinya penyakit jantung koroner yang disebabkan timbunan lemak pada pembuluh darah yang mengakibatkan aliran darah menjadi tidak lancar.

Kandungan lemak tersebut meliputi omega-3, omega-6, DHA, dan EPA. Jenis asam lemak tersebut berguna untuk menurunkan kemungkinan terjadinya penggumpalan pada pembuluh darah sehingga aliran darah menjadi lebih lancar.

7. Menjaga kadar kolesterol dalam darah

Kandungan lemak esensial dalam daging ikan bandeng tidak dapat terlepas dari kolesterol. Kadar asam lemak esensial dalam ikan bandeng berguna untuk menjaga supaya kadar kolesterol jahat atau LDL tetap rendah atau masih dalam tingkat yang tidak membahayakan. Hal ini sangat berkaitan erat dengan kesehatan jantung dan pencegahan stroke.

8. Mencegah kerusakan ginjal

Salah satu penyebab terjadinya kerusakan ginjal adalah kerja ginjal yang terlalu keras yang dapat menyebabkan penumpukan racun maupun zat yang tidak diperlukan tubuh sehingga membentuk batu ginjal. Hal ini dapat dicegah dengan mengonsumsi ikan bandeng secara teratur karena kandungan vitamin B12 didalamnya dapat memperlancar proses ekskresi sehingga kerja ginjal tidak terlalu berat.

9. Meningkatkan fungsi otak

Kandungan asam lemak esensial yang berguna bagi tubuh yaitu omega-3 juga memberikan dampak positif bagi kesehatan otak. Omega-3 dapat berguna untuk mencegah penuaan sel otak, menjaga kesehatan membrane sel otak, dan memfasilitasi ruang antar sel-sel otak.

Selain omega-3, vitamin yang terkandung dalam daging ikan bandeng juga berguna untuk menjaga kesehatan otak, diantaranya adalah vitamin B6 dan B12. Vitamin B6 berguna untuk menurunkan kadar homosistein yang berkaitan dengan Alzheimer dan gangguan ingatan lainnya.

Sedangkan vitamin B12 berguna untuk menjaga fungsi otak dengan mencegah terjadinya kehilangan memori. Vitamin B12 berperan dalam produksi serotonin yang berguna untuk mengatur suasana hati.

10. Mengatasi anemia

Anemia merupakan salah satu penyakit yang dapat dicegah dengan rutin mengonsumsi ikan bandeng. Manfaat ikan bandeng bagi anemia didapat dari vitamin B12. Selain berperan dalam menjaga kesehatan otak, vitamin ini juga berperan dalam produksi sel darah merah.

Kadar vitamin B12 yang cukup dalam darah membuat tubuh dapat memproduksi sel darah merah sehingga transport oksigen serta karbon dioksida menjadi lebih lancar sehingga tubuh tidak mudah mengalami kelelahan.

Artikel Terkait Artikel Terkait
Manfaat Ikan Bawal Manfaat Ikan Nila
Manfaat Ikan Gurame Manfaat Ikan Lele
Manfaat Ikan Patin Manfaat Ikan Mujair

Manfaat Ikan Bandeng untuk Ibu Hamil

manfaat bawal bagi ibu hamil
manfaat bandeng bagi ibu hamil | sumber : hellosehat.com

Kebutuhan nutrisi pada saat periode hamil dan menyusui bisa dibilang dua kali lipat kebutuhan saat tidak hamil. Selain itu, nutrisi yang didapat juga harus seimbang supaya janin atau bayi bisa berkembang secara optimal.

Manfaat ikan bandeng untuk bayi juga cukup banyak jadi ikan bandeng bisa dijadikan salah satu alternatif menu makanan bagi ibu hamil dan menyusui. Beragam manfaat dari ikan bandeng untuk bayi didapat dari nutrisi yang terkandung dalam ikan bandeng seperti omega-3 dan vitamin B12.

 1. Menjaga kesehatan janin

Kandungan omega-3 dikenal memberikan manfaat bagi kesehatan janin. Salah satu sumber omega-3 adalah ikan bandeng. Ikan jenis ini cocok bagi ibu hamil karena memberikan asupan asam lemak esensial yaitu omega-3 dalam jumlah yang banyak sehingga cukup untuk memenuhi kebutuhan omega-3 bagi janin.

Omega-3 erat kaitannya dengan kecerdasan, kemampuan berkomunikasi, dan menurunkan kemungkinan terjadinya penyakit mental. Selain omega-3, vitamin B12 juga berperan untuk mencegah bayi lahir cacat dan membuat otak janin berkembang dengan sempurna serta menjaga perkembangan sistem syaraf.

Kandungan omega-3 juga berguna untuk meningkatkan kekebalan tubuh pada bayi. Anda bisa memberikan ikan bandeng sebagai makanan pendamping ASI yang sebelumnya bisa Anda konsultasikan terlebih dahulu kepada dokter. Kekebalan tubuh bayi masih sangat rentan sehingga dengan konsumsi ikan bandeng, bayi jadi lebih kuat dan mencegah penyakit masuk.

2. Mencegah stress sebelum melahirkan

Stress saat hamil dan sebelum melahirkan merupakan hal yang cukup lumrah terjadi pada ibu hamil. Ketakutan menghadapi persalinan dan ketidakseimbangan hormon menjadi pemicu timbulnya stress bagi ibu hamil. Melalui konsumsi ikan bandeng, ibu hami dapat menurunkan tingkat stress yang timbul.

Kadar asam lemak esensial omega-3 berperan untuk mencegah stress dan membuat ibu hamil menjadi lebih relaks. Stress pada ibu hamil juga memungkinkan terjadinya keguguran sehingga melalui konsumsi ikan bandeng dapat berguna untuk mencegah terjadinya keguguran yang disebabkan oleh stress yang dialami ibu hamil.

3. Mencegah persalinan premature

Selain menjaga kesehatan janin dan mencegah stress sebelum persalinan, omega-3 juga berguna untuk mencegah kelahiran secara prematur sehingga bayi dapat lahir dengan normal dan organ tubuh telah berkembang secara sempurna sebelum lahir.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *