Mengenal Manajemen Perusahaan : Pengertian, Fungsi, dan Strategi

3 min read

manajemen perusahaan

Manajemen bukanlah istilah yang asing di dalam kehidupan sehari-hari. Hampir di setiap aspek kehidupan manusia terdapat manajemen untuk mengelola aspek tersebut dengan baik serta efektif. Tidak terkecuali di dalam perusahaan. Di dalam perusahaan terdapat manajemen yang dikenal dengan nama manajemen perusahaan. Secara umum, pengertian manajemen perusahaan merupakan struktur atau hierarki yang ada di dalam perusahaan untuk mengatur dan mengelola perusahaan tersebut agar beroperasi sesuai dengan visi dan misi yang sudah ditetapkan oleh perusahaan. Adanya manajemen strategi perusahaan memberikan kontribusi yang besar dalam mencapai target yang diharapkan oleh perusahaan.

 

Pengertian Manajemen Perusahaan dari Beberapa Ahli Manajemen

Ada banyak ahli di bidang manajemen yang mengemukakah pendapatnya terkait pengertian dari manajemen perusahaan. Sebut saja Wilson yang menyatakan manajemen perusahaan adalah seperangkat tindakan yang sistematis yang dilakukan oleh orang-orang yang berada di dalam perusahaan. Tujuan dari tindakan ini adalah untuk memenuhi sasaran perusahaan.

Definisi manajemen dalam perusahaan tidak ada berbeda jauh dengan definisi manajemen perusahaan yang diungkapkan oleh Stoner. Stoner menyatakan bahwa manajemen di dalam suatu perusahaan meliputi perencanaan, pengorganisasian, dan pengendalian. Selain itu, di dalam manajemen perusahaan terdapat unsur pimpinan yang bertugas memimpin proses perencanaan, pengorganisasian, dan pengendalian yang terjadi di dalam perusahaan.

 

Baca Juga : Pengertian Koordinasi Dalam Manajemen Organisasi

 

Pada tahun 1997, George Robert Terry mengungkapkan pendapatnya tentang manajemen perusahaan yang merupakan rangkaian proses yang dilakukan oleh sumber daya manusia dan sumber daya lain yang ada di dalam perusahaan untuk mencapai sasaran perusahaan. Menurut Terry, ada empat proses manajemen perusahaan untuk mewujudkan sasaran perusahaan antara lain: perencanaan, penggerakan, pengorganisasian, dan pengawasan.

 

Tujuan Manajemen Perusahaan 

Seperti yang sudah dijelaskan dalam makalah manajemen perusahaan bahwa manajemen perusahaan merupakan serangkaian proses atau tindakan yang dilakukan untuk mencapai target atau sasaran perusahaan. Setiap sistem manajemen perusahaan memiliki tujuan masing-masing. Berikut ini adalah tujuan manajemen perusahaan secara terperinci.

  1. Membuat Rencana Perusahaan

Fungsi manajemen dalam perusahaan yang pertama adalah membuat rencana untuk setiap tindakan yang akan dilakukan oleh perusahaan. Rencana merupakan aspek yang penting bagi setiap perusahaan. Manajemen perusahaan yang baik selalu dilandasi dengan perencanaan yang matang serta terperinci. Rencana perusahaan harus dibuat dengan menentukan target, alokasi dana, Standar Operasional Prosedur, urutan tindakan, pemanfaatan unsur manajemen dan tenggat waktu. Dalam membuat rencana perusahaan perlu mencantumkan risiko atau tantangan yang mungkin dihadapi di waktu yang akan datang serta solusi untuk menghindari dan mengatasi hal-hal yang tidak diinginkan. Selain itu, perusahaan dengan manajemen yang tertata selalu membuat lebih dari satu rencana perusahaan sehingga perusahaan tidak akan terpuruk jika rencana perusahaan tidak berjalan sesuai dengan ekspektasi.

Artikel Terkait
Pengertian Perencanaan Manajemen Dalam Organisasi
Pengertian dan Proses Perencanaan Strategis Perusahaan
  1. Menyusun Kegiatan Perusahaan

Setelah merancang rencana perusahaan secara matang dan terperinci, pihak manajemen perusahaan harus menyusun kegiatan apa saja yang akan dilakukan demi merealisasikan rencana kegiatan perusahaan yang sudah dirancang. Adanya susunan kegiatan perusahaan menjadikan rencana perusahaan terealisasi secara Efektif dan Efisien.

Pihak manajemen perusahaan bisa merancang struktur organisasi untuk memudahkan pembagian kerja. Setiap jabatan yang ada di dalam struktur organisasi harus diberi deskripsi pekerjaan agar mereka bisa menjalankan tugas sesuai dengan hak dan tanggung jawab yang diemban. Sehingga, tujuan perusahaan bisa tercapai sesuai dengan target yang sudah ditetapkan.

Pihak yang menyusun kegiatan perusahaan harus bisa membangun hubungan yang profesional dan harmonis antara orang-orang yang terlibat di dalam struktur organisasi perusahaan.

  1. Memimpin Setiap Kegiatan Perusahaan

Manajemen perusahaan tidak akan lengkap tanpa ada Pemimpin, yaitu manajer. Manajer memiliki peran yang penting dalam terlaksanakannya rencana yang ditetapkan perusahaan. Manajer memiliki tugas untuk memimpin setiap kegiatan yang dilaksanakan oleh perusahaan serta mengarahkan orang-orang yang berada di dalam struktur organisasi agar melaksanakan tugasnya dengan baik dan benar.

Tugas yang dilakukan oleh manajer meliputi mengambil keputusan di dalam perusahaan, memilih orang yang bekerja di dalam perusahaan, berkomunikasi dengan para pekerja, memberikan arahan atau motivasi kepada para pekerja, mengembangkan kemampuan pekerja, dan melakukan evaluasi terhadap kinerja oleh para pekerja.

  1. Mengawasi Kegiatan Perusahaan

Peran manajemen dalam perusahaan yang lain adalah melakukan Pengendalian dan Pengawasan terhadap setiap kegiatan yang dilakukan oleh perusahaan. Pengendalian dan pengawasan yang dilakukan oleh manajer bertujuan untuk mengukur progres realisasi rencana perusahaan, mengetahui kesalahan yang terjadi selama proses realisasi rencana perusahaan, dan menentukan solusi untuk memperbaiki kesalahan tersebut.

makalah manajemen perusahaan

Struktur Organisasi Manajemen Perusahaan

Contoh manajemen perusahaan yang baik harus memiliki struktur organisasi atau jabatan untuk menjalakan setiap aspek di dalam manajemen perusahaan. Setidaknya di dalam sebuah perusahaan harus memiliki struktur manajemen perusahaan seperti di bawah ini.

  • Manajemen Risiko Perusahaan

Manajemen risiko perusahaan atau firm risk management merupakan bagian dari manajemen perusahaan yang memiliki peran penting dalam mengurusi risiko atau masalah yang terjadi di dalam perusahaan. Divisi ini memiliki kontribusi yang besar dalam mengurangi risiko yang bisa membahayakan kestabilan perusahaan.

  • Keuangan

Setiap manajemen perusahaan memiliki divisi keuangan atau Finance. Tugas utama dari divisi keuangan adalah untuk menentukan anggaran dana untuk membiayai rencana perusahaan, membuat laporan pengeluaran dan pemasukan keuangan perusahaan, serta melakukan pengawasan terhadap penggunaan dana perusahaan.

  • Manajemen Risiko Pasar

Manajemen perusahaan yang baik harus memiliki divisi yang bertugas untuk mengelola risiko yang terjadi di pasar. Risiko di pasar bisa timbul akibat kegiatan yang dilakukan oleh perusahaan. Manajemen risiko pasar memiliki peran penting dalam menentukan tindakan yang bisa meningkatkan jumlah keuntungan perusahaan.

 

Baca Juga : Siklus Akuntansi Perusahaan Dagang

 

  • Internal Audit

Internal Audit merupakan bagian dari struktur organisasi di dalam perusahaan yang berperan untuk melakukan peninjauan terhadap setiap kegiatan yang dilakukan oleh perusahaan. Pengawasan yang dilakukan oleh internal audit meliputi seluruh divisi yang ada di dalam perusahaan, terutama manajemen risiko dan keuangan (dalam bentuk laporan keuangan). Internal audit memiliki hubungan yang erat dengan pimpinan perusahaan karena mereka mengawasi berjalannya perusahaan.

  • Manajemen Strategi

Seperti yang sudah dijelaskan di atas bahwa perusahaan harus membuat rencana untuk mewujudkan target mereka. Oleh karena itu, di dalam manajemen perusahaan harus memiliki manajemen strategi. Divisi ini berfungsi untuk menentukan rencana perusahaan serta mengambil setiap keputusan perusahaan. Selain itu, manajemen perusahaan memiliki peran penting dalam analisis peluang pasar agar perusahaan bisa memperoleh keuntungan sebesar-besarnya.

  • Compliance

Compliance adalah bagian dari manajemen perusahaan memiliki tugas untuk melakukan identifikasi setiap tindakan yang dilakukan oleh pekerja serta mengawasi kinerja para pekerja. Divisi ini memiliki tugas untuk memberikan bimbingan kepada pekerja yang melakukan kesalahan atau pelanggaran selama mewujudkan rencana perusahaan.

  • Manajemen Sumber Daya Manusia

Setiap perusahaan membutuhkan HRD atau manajemen sumber daya manusia. Divisi ini memiliki tanggung jawab pada pengelolaan pekerja yang ada di perusahaan. Tugas-tugas yang dilakukan oleh divisi ini meliputi perekrutan tenaga kerja, pengawasan tenaga kerja, serta pengembangan kemampuan tenaga kerja.

 

Baca Juga : 10+ Peluang Usaha Yang Menjanjikan Modal Kecil & Tips Menjalankannya

2 Replies to “Mengenal Manajemen Perusahaan : Pengertian, Fungsi, dan Strategi”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *