10 Alasan Utama Anda Memilih Jurusan Manajemen Bisnis

3 min read

Manajemen Bisnis

Mengapa Harus Memilih Jurusan Manajemen Bisnis ?

Menggapai pendidikan tinggi tentu menjadi impian bagi banyak generasi muda.Apalagi mengingat sekarang ini sangat penting sekali pendidikan untuk dapat memutuskan tali rantai kemiskinan untuk mendapatkan kehidupan yang lebih baik. Sekarang ini telah banyak universitas yang terbuka untuk semua kalangan dan daerah, bahkan tidak sedikit pula yang memberikan beasiswa agar Anda dapat melanjutkan sekolah tanpa harus terbebani biaya.Namun ternyata terdapat salah satu pemikiran yang terkadang mengganjal. Hal ini berkaitan dengan jurusan apa yang harus dipilih saat masuk dunia kuliah.

Kuliah atau perguruan tinggi tentunya memiliki beragam pilihan jurusan mulai dari Sosial dan Politik, Sains, Ilmu Budaya, hingga Ilmu Hukum. Namun terdapat salah satu jurusan yang sampai sekarang selalu diminati karena tentu saja karena prospek kerja dalam bidang ini sangatlah tinggi. Apalagi kalau bukan jurusan manajemen bisnis yang biasanya tergabung ke dalam fakultas Ekonomi. Ilmu Manajemen bisnis ini tergolong sangat luas, dan memang sangat dibutuhkan para pakar dalam ilmu ini untuk masuk ke dalam organisasi ataupun perusahaan yang berkualitas.

10 Alasan Anda Harus Memilih Manajemen Bisnis Sebagai Jurusan Pilihan Utama

Tidak semua ilmu Manajemen Bisnis masuk ke dalam Fakultas Ekonomi, beberapa bahkan telah memiliki fakultas sendiri yaitu Fakultas Manajemen Bisnis. Tentu saja hal tersebut karena jurusan ini telah dapat berdiri sendiri dengan peminat yang semakin bertambah. Namun apakah Anda masih belum yakin dengan pilihan jurusan ini?mungkin saja 10 alasan ini akan menjawab kegundahan Anda.

  • Pentingnya Ilmu Manajerial

Anda harus tahu terlebih dahulu pengertian manajemen bisnis secara keseluruhan. Anda akan menemukan bahwa sistem manajerial selalu dibutuhkan dalam setiap aspek. Anda akan diberikan materi manajemen bisnis baik dalam tingkat kecil maupun skala besar seperti perusahaan. Anda tentunya akan mengetahui segala hal tentang pengelolaan perusahaan beserta manusia yang ada di dalamnya atau SDM.

  • Sesuai Bagi Yang Berjiwa Entrepreneur

Apabila Anda suka dengan dunia enterpreneur, maka kuliah manajemen bisnis akan menjadi ilmu yang sangat bermanfaat. Ilmu di dalamnya memang akan mengembangkan jiwa enterpreneur Anda menjadi lebih baik bahkan Anda akan menjadi siap dalam menjadi manajer atau seorang wirausahawan.

  • Aplikatif Dalam Mencapai Tujuan Hidup

Setiap orang bahkan Anda pasti selalu memiliki tujuan. Ilmu manajemen akan sangat membantu Anda dalam mengatur setiap waktu dan langkah yang akan Anda ambil. Tentu saja dengan manajemen tersebut, tujuan Anda akan semakin mudah untuk tercapai.

  • Prospek Kerja Terbuka Lebar

Alasan mayoritas orang dalam memilih kuliah jurusan manajemen bisnis, tentu saja karena prospek kerja manajemen bisnis sangatlah luas. Apabila Anda lulus dari perkuliahan, dan bahkan mendapatkan nilai yang membanggakan, peluang kerja akan terbuka dengan luas. Lulusan manajemen memiliki peluang lebih besar karena setiap perusahaan atau usaha akan membutuhkan seseorang yang dapat mengatur seluruh bagian personalia bahkan beragam acara, dan semua itu dipelajari dalam manajemen bisnis.

  • Sebagai Bekal Menjalankan Organisasi/Perusahaan

Anda harus tahu bahwa lulusan dari manajemen terkenal sebagai seseorang yang mempunyai kemampuan organisasi yang bagus. Apabila Anda mendapatkan ilmu tersebut selama masa perkuliahan, Anda jangan khawatir karena kemampuan organisasi seperti kerjasama dan manajemen waktu yang baik akan menjadi nilai tambah saat mencari pekerjaan.

  • Ilmu Aplikatif dan Banyak Diperlukan di Berbagai Perusahaan

Mata kuliah manajemen bisnis sangatlah beragam, hal inilah yang membuat lulusannya dapat memilih bidang yang disukai. Tidak hanya yang berkaitan dengan perhitungan, Anda dapat masuk ke dalam proyek atau organisasi yang mengelola administrasi, keuangan, dan lain sebagainya. Segala usaha yang dapat mengasah kemampuan manajemen, dapat Anda masukkan sebagai prospek pekerjaan Anda.

  • Mempersiapkan Untuk Menjadi Manajer

Apabila Anda masuk ke dalam jurusan ini, Anda dapat menjadi seorang pengendali dalam sebuah perusahaan. Manajemen bisnis adalah sebuah ilmu yang mempelajari tentang empat fungsi dari manajemen. Seluruh perusahaan menggunakan teori tersebut sebagai landasan dalam menjalankan setiap program. Anda yang sudah memiliki pengetahuan lebih akan selangkah lebih maju dibandingkan lulusan dari jurusan lain.

  • Pilihan Kerja Sangat Luas

Terdapat banyak bidang yang dapat Anda pelajari mulai dari manajemen operasional, keuangan, SDM, pemasaran, bahkan tentu saja manajemen bisnis syariah yang sekarang ini sudah semakin berkembang. Anda dapat memasuki segala bidang tersebut saat mencari lowongan dalam dunia pekerjaan setelah lulus.

  • Terdiri Dari Hard dan Soft Skill

Biasanya, jurusan manajemen tidak hanya menerapkan teori, namun juga praktek. Hal tersebut akan mengasah kemampuan soft skill yang juga sangat berguna selain untuk dunia kerja, namun juga dalam melakukan interaksi dengan orang lain. Apalagi untuk Anda yang memiliki passion di dunia wirausaha, hal ini akan sangat cocok untuk Anda membangun kemampuan menjadi lebih baik dan tentunya hingga melakukan aksi nyata menjadi wirausahawan sukses sesungguhnya.

  • Banyak CEO Yang Mengambil Jurusan Manajemen Bisnis

Hal yang masih menjadi alasan tentu saja jalan Anda ke masa depan dalam dunia kerja akan mudah jika Anda melakukannya dengan sungguh-sungguh. Peluang Anda untuk menjadi CEO atau bos sebuah perusahaan akan terbuka apalagi jika Anda memiliki kinerja yang bagus dalam sebuah perusahaan. Pengetahuan dan praktek yang bagus akan membuat Anda dapat mengatasi setiap rintangan atau masalah yang ada di dalam perusahaan dan akhirnya membuka jalan sukses dalam dunia kerja Anda.

Bagaimana? Apakah 10 alasan di atas membantu Anda untuk membuang kegundahan dalam memilih jurusan manajemen bisnis? Pastikan bahwa Anda telah menemukan jawaban yang tepat dan segera memilih universitas yang memiliki jurusan tersebut dan tentunya dengan akreditasi yang sesuai. Beberapa universitas secara terbuka telah memberikan persyaratan yang dibutuhkan, bahkan telah memberikan rincian materi pembelajaran apa saja yang akan diberikan agar Anda dapat melihatnya secara lebih jelas dan mulai tertarik untuk memilih jurusan tersebut.

Apa Saja Yang Harus Dipersiapkan Untuk Masuk Dalam Jurusan Manajemen Bisnis?

Banyak hal yang harus mulai Anda persiapkan untuk menjadi mahasiswa manajemen bisnis. Hal yang paling utama tentu saja melakukan persiapan ujian atau tes masuk dalam beberapa universitas ternama.Banyak sekali materi yang harus Anda persiapkan dengan baik, agar mendapatkan hasil yang diinginkan. Selain itu, mencari tahu lebih jauh tentang syarat dan potensi masuk akan sangat berguna. Sebagai contohnya saja apabila Anda ingin masuk jurusan manajemen bisnis ITS, maka tidak ada salahnya untuk mengunjungi website resmi dan mulai merancang cara agar masuk ke dalam institut tersebut.

Apabila Anda sudah berhasil dan diterima menjadi mahasiswa manajemen bisnis, jangan sampai Anda terlena.Anda harus mulai belajar giat untuk mendapatkan hasil yang sesuai. Salah satu contohnya tentu saja dengan mencari makalah manajemen bisnis  atau buku manajemen bisnis  untuk belajar lebih dini dibandingkan dengan yang lain. Pastikan juga jika Anda sudah menjadi mahasiswa manajemen, selalu cemari setiap materi kuliah manajemen bisnis dan pelajari dengan sungguh-sungguh. Setiap hal yang Anda dapatkan selama kuliah akan menjadi pembelajaran dini sebelum Anda masuk ke dunia kerja yang sesungguhnya. Apabila Anda memanfaatkan waktu dengan baik, Anda akan mendapatkan capaian yang sesuai dengan harapan.

One Reply to “10 Alasan Utama Anda Memilih Jurusan Manajemen Bisnis”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *