10+ Makanan Ikan Mujair (Alami+Buatan) Supaya Cepat Besar/Panen

3 min read

Makanan Ikan Mujair

Ikan Mujair, siapa yang tidak mengenalnya. Merupakan jenis ikan air tawar yang banyak dikonsumsi oleh masyarakat terutama untuk olahan ikan goreng, ikan bakar, sup, dan lainnya. Ikan Mujair memiliki ciri daging yang enak dan gurih. Selain itu Harga Ikan Mujair ini juga terjangkau. Populasi ikan mujair ini cukup banyak, hampir diseluruh perairan Indonesia. Makanan ikan mujair ini juga cukup mudah untuk didapatkan dengan harga murah.

Selain untuk konsumsi pribadi, ikan ini juga bisa dijadikan komoditas yang bisa dijual belikan di pasar. Bagi Anda yang senang dengan budidaya ikan, jenis ikan mujair ini cocok untuk Anda budidayakan. Pertumbuhan ikan ini cukup cepat dibandingkan jenis ikan yang lainnya. Selain pemeliharaan yang benar juga didukung dengan makanan ikan mujair biar cepat besar sehingga ikan akan lebih cepat untuk dipanen.

Apa saja makanan bagi ikan mujair ? Berikut rangkuman Jurnal Manajemen terkait makanan ikan mujair :

Makanan Ikan Mujair

Sepintas ikan ini memang mirip dengan ikan nila, bahkan banyak yang mengira bahwa ikan mujair ini sama dengan ikan nila. Bagi Anda yang berbisnis dengan Budidaya Ikan Mujair ini patut untuk mengetahui apa saja makanan untuk ikan mujair yang cocok agar cepat besar dan bisa segera dipanen. Makanan ikan mujair ini cukup mudah didapat dan banyak dihasilkan dari alam.

1. Lumut

Makanan ikan yang paling mudah didapatkan adalah lumut. Jenis tanaman ini banyak sekali dijumpai di kolam ikan dan juga beberapa tempat yang lembab. Bagi orang yang hobi memancing, lumut ini banyak digunakan sebagai umpan. Kolam ikan yang Anda miliki akan secara alami ditumbuhi oleh lumut sehingga Anda tidak perlu lagi mencari lumut untuk makanan ikan mujair.

2. Kangkung

Tahukah Anda bahwa sayuran yang sering dimasak menjadi tumis lezat ini adalah makanan baik untuk ikan mujair agar bisa cepat besar. Kandungan gizi yang ada dalam kangkung ini cukup merangsang pertumbuhan ikan mujair. Selain mudah didapat, kangkung ini juga memiliki harga yang murah. Anda tidak perlu khawatir dengan pengeluaran untuk pakan ikan mujair Anda.

3. Dedak

Dedak ini mengandung banyak karbohidrat. Fungsi karbohidrat pada dedak sebagai makanan ikan mujair adalah untuk mempercepat pertumbuhan ikan. Makanan ini cocok diberikan untuk ikan yang masih kecil atau anakan ikan. Dengan pemberian dedak secara teratur akan membuat ikan menjadi cepat besar. Harga dedak juga cukup murah dan banyak tersedia di warung-warung.

4. Daun Talas

Adakah yang pernah memakan daun talas. Sejenis tanaman dengan daun yang berukuran lebar. Umbi talas biasanya dibuat untuk keripik, sedangkan batang dan daunnya dibuat aneka jenis masakan. Ternyata daun talas ini bisa digunakan sebagai alternatif makanan untuk ikan mujair agar cepat besar. Pohon talas ini juga mudah didapatkan karena tumbuh liar di sekitar sungai dan kebun.

5. Cacing Tanah

Makanan ikan mujair yang lainnya adalah cacing tanah. Kandungan lemak dan protein yang terdapat pada cacing tanah sangat baik untuk pertumbuhan ikan mujair agar cepat besar. Cacing tanah selama ini banyak dipergunakan ketika akan memancing, padahal Anda bisa menggunakan cacing tanah sebagai makanan tambahan untuk ikan mujair tersebut.

6. Artemia

Artemia ini adalah sejenis hewan air yang memiliki ukuran sangat kecil. Jenis ini sangat cocok untuk digunakan sebagai pakan bagi anak ikan mujair. Kandungan lemak dan protein dalam artemia ini membuat anakan ikan mujair menjadi lebih cepat pertumbuhannya. Selain itu ukuran artemia yang sangat kecil cocok untuk makanan bagi benih ikan yang baru saja menetas.

7. Cacing Sutra

Cacing sutra juga merupakan sejenis hewan yang memiliki ukuran kecil. Jenis makanan ini diperuntukkan bagi anakan ikan yang masih kecil. Cacing sutra ini baik untuk merangsang pertumbuhan anak ikan mujair agar lebih cepat besar karena mengandung banyak protein yang sangat dibutuhkan tubuh ikan.

8. Nasi

Apabila Anda memiliki kolam ikan mujair atau budidaya ikan mujair, ada makanan ikan yang sangat mudah untuk Anda dapatkan. Manfaatkan nasi sisa yang tidak dimakan untuk diberikan kepada ikan mujair. Seperti yang telah Anda ketahui, nasi adalah sumber makanan yang mengandung tinggi karbohidrat sehingga cocok untuk ikan mujair agar bisa berkembang dengan cepat.

9. Pelet Ikan

Jenis makanan kimia yang satu ini pasti sudah banyak diketahui oleh orang-orang. Pelet ikan ini mengandung banyak protein dan tinggi karbohidrat. Namun perlu Anda ketahui, pelet ikan ini memiliki beberapa tingkatan kualitas. Pastikan Anda memilih pelet ikan yang memiliki kualitas baik sehingga pertumbuhan ikan mujair menjadi lebih cepat dan baik.

10. Zolla Pinnata

Adalah sejenis tanaman paku air yang memiliki warna hijau dan biasanya hidup terapung di air. Ukurannya cukup kecil hanya sekitar 1-4 cm. Ciri khususnya adalah tanaman ini memiliki bentuk segitiga atau kotak dan banyak berkembang di sawah atau kolam. Kadar protein yang terkandung didalamnya adalah 31% sehingga banyak digunakan untuk budidaya ikan mujair secara organik.

 

Baca Juga : Pakan/Makanan Ikan Patin Supaya Cepat Besar dan Cepat Panen

 

Kandungan Zat Gizi Pada Ikan Mujair

Dengan banyaknya orang yang melakukan usaha budidaya ikan mujair ini tentunya ada manfaat yang didapat dari ikan mujair sehingga banyak diminati oleh konsumen. Hal ini tidak terlepas dari zat gizi yang terkandung dalam jenis ikan ini. Sebagai ikan konsumsi memang usia pemeliharaannya tidak terlalu panjang untuk segera dipanen. Berikut adalah kandungan nutrisi yang ada didalam ikan mujair tersebut:

  • Asam lemak omega 3 atau asam lemak tak jenuh yang berguna untuk membantu menurunkan kadar trigliserida dan dan juga mengurangi peradangan akibat lemak jahat dalam tubuh. Banyak yang beranggapan bahwa ikan mujair ini bagus dikonsumsi oleh orang yang memiliki penyakit jantung untuk membantu menjaga kondisi jantung.
  • Asam lemak omega 6 yang merupakan salah satu jenis asam lemak penting untuk bisa membantu menjaga kadar kolesterol dalam darah. Asam lemak ini juga membantu sel-sel otot agar bisa merespon hormon insulin dalam darah bagi penderita diabetes. Dengan kandungan asam lemak omega 6 ini ikan mujair aman untuk dikonsumsi oleh para diabetisi dalam menu harian mereka.
  • Protein dalam ikan mujair akan membantu Anda untuk menurunkan berat badan. Selain itu protein juga berguna untuk memperbaiki jaringan tubuh, mengalirkan oksigen dalam darah ke seluruh tubuh, membantu menyeimbangkan hormon, dan memperkuat otot tulang dan tubuh. Protein dalam tubuh juga dibutuhkan untuk mencerna makanan sehingga proses pencernaan menjadi lancar.
  • Kalsium yang terkandung pada satu potong ikan mujair adalah sebesar 12 miligram. Kalsium ini mampu untuk membantu tulang menjadi kuat. Selain itu kalsium juga dibutuhkan untuk membantu proses pembekuan darah.
  • Selenium yang terkandung dalam ikan mujair ini sekitar 47 mikrogram. Kegunaan dari selenium ini adalah untuk membantu sistim kekebalan dalam tubuh dan juga sistim reproduksi agar dapat bekerja secara optimal. Selain itu selenium juga membantu kinerja kelenjar tiroid dalam tubuh.

Baca Juga : 11 Manfaat Ikan Mujair Bagi Kesehatan Tubuh dan Ibu Hamil