Ragam Jenis Makanan Ikan Louhan Biar Jenong Berkualitas

5 min read

makanan ikan louhan

Sebagaimana diketahui bahwa ikan louhan merupakan ikan hias yang mempunyai warna cantik dengan ciri khas jenong besar di kepalanya. Semakin cantik warnanya dan semakin besar jenongnya maka akan dianggap sebagai ikan louhan yang berkualitas, sehingga harganyapun akan semakin mahal.

Setiap pecinta ikan louhan pasti menginginkan ikannya mempunyai penampilan yang cantik dan menarik, baik dilihat dari warna tubuhnya maupun ukuran dan bentuk jenongnya. Dalam pemeliharaan maupun budidaya ikan louhan, pemberian makanan dengan nutrisi yang tepat sangat berpengaruh terhadap penampilan ikan louhan tersebut.

Ikan louhan merupakan ikan karnivora dengan selera makan yang tinggi. Pemberian makanan perlu dilakukan dua atau tiga kali sehari agar tetap sehat. Yang terbaik adalah memberi makanan yang bervariasi untuk memastikan bahwa semua kebutuhan nutrisinya terpenuhi.

Seperti kebanyakan ikan pada umumnya, kecerahan warna ikan louhan maupun ukuran jenongnya juga dipengaruhi oleh makanan yang mereka makan.

Oleh karena pentingnya aspek pakan atau makanan ikan louhan ini maka Jurnal Manajemen akan membahas secara lengkap mengenai makanan ikan louhan. Pembahasan selengkapnya simak para artikel berikut :

 

Baca Juga : Berbagai Jenis Ikan Louhan Lokal & Import

 

Fungsi Makanan Pada Ikan Louhan

Ikan louhan memenuhi kebutuhan energinya dari makanan, baik makanan alami maupun makanan buatan.  Namun, makanan tidak hanya berfungsi untuk memenuhi kebutuhan energi bagi ikan louhan. Seperti pada ikan-ikan lainnya, beberapa fungsi makanan bagi pertumbuhan dan perkembangan ikan louhan antara lain :

  1. Meningkatkan Sistem Ketahanan Tubuh

Pada dasarnya, ikan louhan yang memperoleh kecukupan makanan dengan kualitas dan kuantitas yang sesuai akan mengalami pertumbuhan yang baik dan tidak mudah terserang penyakit. Makanan yang dikonsumsi akan membantu terciptanya sistem ketahanan tubuh pada ikan louhan. Sistem ketahanan tubuh terhadap serangan penyakit sangat dipengaruhi oleh sistem hormonal. Sedangkan mekanisme sistem hormonal sangat dipengaruhi oleh kualitas makanan yang dikonsumsi.

Dengan demikian, apabila makanan yang dikonsumsi berkualitas baik, maka sistem hormonal juga akan berjalan dengan baik sehingga akan terbentuk sistem ketahanan tubuh yang baik pula.

  1. Sebagai Pembentuk Warna Tubuh

Salah satu fungsi makanan bagi ikan louhan adalah sebagai pembentuk warna tubuh atau pigmen. Ikan louhan yang diberi makanan dengan kandungan pigmen yang proporsional akan memiliki warna tubuh yang lebih cerah dan tajam.

  1. Untuk Mempercepat Reproduksi

Fungsi lain dari makanan ikan louhan adalah untuk membantu mempercepat proses pematangan reproduksi. Makanan yang baik akan menunjang kerja organ tubuh sehingga dapat bekerja lebih baik, termasuk sistem hormon reproduksi.

  1. Untuk Perbaikan Metabolisme Lemak

Ikan louhan sebagaimana ikan pada umumnya lebih mudah mencerna protein untuk memenuhi kebutuhan energinya daripada mencerna lemak atau karbohidrat. Kondisi ini kurang menguntungkan, karena sebaiknya protein diperuntukkan bagi pertumbuhan, sedangkan kebutuhan energi diperoleh dari lemak dan karbohidrat.

Beberapa upaya telah dilakukan untuk membuat pakan buatan yang dapat meningkatkan kemampuan ikan louhan dalam mencerna lemak dan karbohidrat, sehingga energi yang terkandung di dalamnya dapat dimanfaatkan.

Jenis Makanan Ikan Louhan

Pemberian makanan adalah poin penting dalam merawat ikan louhan, sehingga bisa tumbuh dan berkembang dengan baik serta memiliki penampilan yang cantik dan menarik. Memberi makan ikan louhan merupakan kegiatan yang menyenangkan. Ketika ingin memberi makan ikan louhan, kita harus mengetahui tentang porsi yang tepat, karena jika  berlebihan bisa membuat ikan louhan stres bahkan mati atau membuat air terlihat kotor.

Ada banyak jenis makanan ikan louhan yang sering dicari para pecinta ikan louhan. Setiap ikan louhan akan memiliki makanan yang berbeda-beda, tergantung jenis dan ukurannya.

Berdasarkan asalnya, makanan ikan louhan dibagi menjadi dua jenis, yaitu makanan alami dan makanan buatan. Makanan buatan dibagi menjadi dua, yaitu buatan pabrik dan buatan sendiri.  Sedangkan makanan ikan louhan yang banyak dicari para pecinta ikan louhan adalah makanan ikan louhan biar cepat jenong, makanan ikan louhan untuk warna merah dan makanan ikan louhan supaya cepat besar.

Berikut ini adalah penjelasan tentang makanan ikan louhan agar cepat jenong terlengkap.

  1. Makanan Alami

Ada banyak makanan ikan louhan biar jenong yang bersifat alami, antara lain udang, ikan kecil, cacing, kelabang dan jangkrik. Keempat makanan alami ini sangat mudah didapat, harganya murah dan memiliki fungsi masing-masing. 

Cacing tanah dan ikan kecil

Kandungan protein dan lemak yang terkandung dalam ikan kecil dan cacing tanah sangat tinggi, sehingga sangat baik untuk pertumbuhan jenong dan mencerahkan warna ikan louhan.

Udang

Jenis pakan berupa udang merupakan salah satu makanan ikan louhan alami yang berfungsi agar jenong cepat besar dan mempercantik warna pada ikan louhan. Di dalam udang memiliki kandungan beta karoten yang dapat mempercepat pertumbuhan jenong ikan louhan dan mencerahkan warna ikan louhan secara maksimal.

Udang juga mengandung astaxanthin yang kaya akan antioksidan dan pigmen merah. Untuk menghasilkan warna yang cemerlang pada ikan louhan, astaxanthin adalah unsur yang esensial.

 Jangkrik

Seperti pakan ikan lainnya. jangkrik adalah makanan ikan louhan yang mudah didapatkan dengan kandungan protein yang tinggi. Jangkrik berguna untuk mempercantik warna dan merangsang pertumbuhan sirip ikan louhan. Pemberian makanan jangkrik pada ikan louhan jangan terlalu sering, cukup diberikan 2 ekor jangkrik dalam 1 hari.

Kelabang

Selain untuk memperbesar jenong ikan louhan dan mempercantik warna ikan louhan, kelabang sangat bermanfaat untuk mencerahkan corak warna memunculkan mutiara pada sisik ikan louhan.

Artikel Terkait
1. Ikan Louhan Kamfa
2. Ikan Louhan SRD
3. Ikan Louhan Cencu
  1. Makanan Buatan

Selain pakan alami sebagai makanan louhan terdapapat makanan ikan louhan biar jenong yang mudah dan tidak ribet adalah makanan buatan, baik buatan pabrik maupun racikan sendiri. Makanan buatan ini biasanya berbentuk pelet.

Saat ini sudah banyak dijual makanan ikan louhan buatan pabrik. Pelet tersebut biasanya diberi label sebagai makanan ikan louhan super red. Semakin mahal harganya, maka akan sangat nampak jelas fungsinya sebagai makanan ikan louhan biar jenong. Berikut ini berbagai jenis pelet ikan louhan super red biar jenong yang baik dan berkualitas beserta harganya.

Pelet Akari Super Red Louhan

gambar Pelet Akari Super Red Louhan
gambar Pelet Akari Super Red Louhan | source : bukalapak

Pelet Akari Super Red Louhan merupakan pakan ikan louhan yang mengandung protein tinggi untuk pertumbuhan ikan dan memperbesar ukuran jenong ikan louhan. Kandungan astaxanthin dalam pelet ini berfungsi untuk mencemerlangkan warna merah dan spirulina untuk memaksimalkan sisik metalik pada ikan louhan.

Selain itu juga mengandung garlic dan vitamin C untuk sistem imunitas tubuh yang sehat dan anti stress. Harga pelet Akari Super Red Louhan di toko online sekitar Rp 35.000 untuk ukuran 100 gr.

Pelet Yukari Super Red

gambar Pelet Yukari Super Red
gambar Pelet Yukari Super Red | source : bukalapak

Pelet ini sangat baik untuk ikan louhan, khususnya louhan super red dragon karena mengandung mengandung astaxanthin dan probiotik untuk mencerahkan warna pada ikan

Harga pelet ikan Yukari Super Red di toko online untuk ukuran 300 gr sekitar Rp 120.000.

Pelet Okiko Platinum Head Huncher

gambar Pelet Okiko Platinum Head Huncher
gambar Pelet Okiko Platinum Head Huncher | source : tokopedia

Pelet Okiko Platinum sangat baik untuk mendorong dan menstimulasi pertumbuhan jenong ikan louhan. Pelet ini mengandung protein tinggi dan spirulina yang dapat membantu pertumbuhan ikan louhan dengan cepat dan mendorong kepala ikan agar lebih jenong. Harga pelet Okiko Platinum di toko online untuk ukuran 100 gr sekitar Rp  35.000.

Pelet Tetra Louhan

Jenis Pakan pelet Tetra Louhan juga merupakan makanan yang baik untuk pertumbuhan jenong ikan louhan serta memerahkan warna ikan louhan. Pelet ini dilengkapi dgn ekstrak vitamin E untuk merangsang pigmen warna ikan louhan. Dengan kandungan nutrisi yg disesuaikan khusus untuk ikan louhan, pelet ini sangat baik untuk mempertajam warna ikan, mempertegas corak marking, dan membantu pertumbuhan jenong ikan louhan agar tumbuh lebih maksimal.

Harga Tetra Louhan adalah sekitar Rp 75.000 untuk ukuran 86 gr isi 250 ml.

Pelet Tetra Louhan
Pelet Tetra Louhan | source : tokopedia

Makanan ikan louhan biar jenong buatan sendiri merupakan makanan louhan yang diracik sendiri. Meskipun agak rumit dalam pembuatannya, makanan racikan ini sangat bermanfaat untuk mempercepat pertumbuhan jenong ikan louhan.

Bahan yang dibutuhkan adalah cacing tanah, cacing beku, wortel, bayam dan hati sapi. Semua bahan tersebut dicampur dan dihaluskan sampai merata dan halus. Gunakan air hangat dan agar-agar sebagai perekat.

Setelah bahan-bahan tercampur rata, buatlah bulatan-bulatan kecil membentuk seperti pelet dan jemur hingga kering. Sesudah kering maka makanan ikan louhan biar jenong buatan sendiri siap digunakan.  Pemberian pelet racikan sendiri ini bisa dilakukan tiga kali dalam sehari.

 

Baca Juga : Daftar Harga Ikan Louhan Semua Jenis Terbaru 

 

Tips dalam memberi makanan ikan louhan agar cepat jenong

Pertumbuhan jenong ikan louhan bergantung pada beberapa faktor berbeda. Tetapi makanan adalah faktor yang berpengaruh besar terhadap pertumbuhan kepala dan jenong. Berikut ini beberapa tips dalam memberikan makanan ikan louhan agar cepat jenong.

Memberikan makanan dengan rutin

Jangan lupa untuk memberi makanan dengan rutin, setidaknya dua kali sehari. Berikan makanan di pagi dan sore hari. Hindari untuk memberi makanan jangkrik yang berlebihan. Pemberian makanan jangkrik yang berlebihan bisa menjadikan warna ikan louhan berubah menjadi gelap. Pastikan jika memberi makan jangkrik, bagian kaki serta kepalanya sudah dihilangkan.

Memberi makanan yang mengandung banyak lemak

Kandungan lemak serta protein juga harus ada di dalam diet atau makanan ikan louhan. Lemak dan protein bisa merangsang pertumbuhan jenong ikan louhan. Sumber terbaik untuk bisa mendapatkan kandungan lemak dan protein yang tinggi, yaitu dengan memberikan makanan dari kombinasi hati sapi, cacing tanah, cacing beku, bayam, wortel dan air hangat serta agar-agar sebagai perekat.  Semua bahan tersebut kemudian dicampur dan dihaluskan menjadi satu dan dibuat seperti pelet.

Memberikan pelet

Pelet bisa merangsang  ikan louhan biar cepat jenong. Pakan buatan pabrik ini dapat dikombinasikan dengan makanan alami agar bisa membuat jenong ikan louhan besar dan elastis. Pemberian pelet biasanya kombinasikan dengan beberapa bahan berkualitas.

Memberi makanan yang mengandung beta karoten

Makanan ikan louhan untuk warna yang bagus haruslah makanan yang banyak mengandung betakaroten. Dengan memberikan makanan yang kaya akan kandungan betakaroten, bisa membuat warna ikan louhan menjadi semakin cerah. Makanan yang memiliki kandungan betakaroten bisa kita buat sendiri.

Memberi makanan yang memiliki kandungan protein tinggi

Supaya ikan louhan cepat membesar, maka sebaiknya memberikan makanan yang memiliki kandungan protein tinggi. Kadar protein dalam makanan yang harus berikan setidaknya 45% hingga 60%. Jangan lupa juga untuk memperhatikan kadar lemak serta kandungan mineral lainnya.

Demikian penjelasan mengenai makanan ikan louhan, jenis jenisnya dan fungsinya untuk memaksimalkan agar cepat jenong, mencerahkan dan mempertajam warna merah serta  mempercepat pertumbuhan ikan louhan secara keseluruhan.

Terima kasih.