Berbagai Contoh Kwitansi Pembayaran Disertai Formatnya

4 min read

kwitansi

Banyak diantara kita sudah pernah atau bahkan sering mendengar istilah kwitansi. Atau justru sudah pernah membuat kwitansi sendiri, khususnya bagi yang sering melakukan transaksi jual beli.

Sebenarnya yang benar itu kuitansi atau kwitansi ?  Kata kuitansi merupakan bentuk baku yang ditemukan dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), di mana pengucapan dan penulisannya sesuai dengan kaidah yang dibakukan (standar). Sedangkan kwitansi, meskipun bukan kata baku tapi  merupakan variasi yang sering digunakan. Sehingga untuk selanjutnya dalam materi ini akan digunakan kata kwitansi.

Konsep Kwitansi sebenarnya sudah ada sejak sekitar 3200 SM di era Mesopotamia Kuno.  Kwitansi tertua yang pernah ditemukan adalah berupa sepotong tanah liat dengan ukuran sekitar satu inci kali setengah inci tebal satu inci berhuruf paku yang mencantumkan pakaian beserta harganya.

kwitansi kuno
kuitansi kuno | source : s3-us-west-2.amazonaws.com

Contoh kuitansi  di Indonesia yang dibuat tahun 1902 pada jaman Belanda ditemukan di Semarang :

kwitansi kuno Indonesia
kuitansi kuno Indonesia | source : http://1.bp.blogspot.com

Penggunaan kwitansi menggunakan kertas saat ini semakin berkurang karena semakin banyak bisnis yang menggunakan kwitansi digital sebagai bukti pembayaran.

Beberapa Pengertian Kwitansi

Pada dasarnya, pengertian kwitansi adalah bukti yang menunjukkan transaksi penerimaan sejumlah uang untuk pembayaran sesuatu, dibuat dan ditandatangani oleh pihak penerima uang  dan diserahkan kepada pihak yang telah melakukan pembayaran.

Kwitansi merupakan pengakuan tertulis bahwa sejumlah uang tertentu telah diterima, yang sering berisi perincian atas pembayaran dan transaksi.

Pengertian lain : Kwitansi adalah surat bukti yang menyatakan telah terjadinya penyerahan sejumlah uang, dan ditandatangani oleh penerima uang yang tertulis pada surat tersebut, kemudian bukti tersebut diserahkan kepada pihak yang telah membayar uang tersebut.

Kwitansi berupa surat / dokumen yang digunakan sebagai tanda bukti bahwa telah terjadi suatu transaksi penerimaan sejumlah uang dari pemberi uang kepada penerima uang, yang dilengkapi dengan tujuan dari pembayaran atau transaksi tersebut serta tempat dan tanggal terjadinya transaksi. Adakalnya untuk beberapa transaksi yang menggunakan bukti kwitansi, dalam pendatanganannya diwajibkan menggunakan meterai untuk memperkuat legalitas dari kwitansi yang dibuat.

Kwitansi biasanya terdiri dua bagian, bagian pertama (sebelah kanan) diberikan kepada pihak yang membayar sebagai bukti catatan pengeluaran uang, sedangkan bagian kedua (bonggol kwitansi) diberikan kepada pihak yang menerima uang sebagai bukti catatan penerimaan uang.

Ciri-Ciri Kwitansi

Kwitansi sebagai bukti pembayaran sangat penting khususnya dalam dunia perdagangan yang diperlukan dalam transaksi jual beli pembayaran suatu barang atau jasa. Dalam membuat kwitansi pembayaran,  setiap perusahaan atau lembaga bisa menggunakan kwitansi yang mempunyai ciri kas tersendiri, misalnya penggunan logo dari perusahaan atau lembaga tersebut.

Adapun ciri-ciri dari kwitansi secara umum antara lain adalah sebagai berikut :

  1. Kwitansi terbagi menjadi 2 bagian, yaitu bagian sebelah kiri yang disebut dengan sub kwitansi (bonggol kwitansi), digunakan sebagai bukti pegangan bagi penerima uang. Dan bagian sebelah kanan yang akan diberikan kepada yang menyerahkan atau membayar sejumlah uang.
  2. Kwitansi bisa dibuat rangkap, dimana bagian paling atas atau bagian yang aslinya diberikan kepada yang menyerahkan atau membayar sejumlah uang dan bagian bawah digunakan sebagai arsip bagi yang menerima sejumlah uang tersebut.
  3. Memuat informasi tentang transaksi yang dilakukan, antara lain adalah jumlah uang yang diserahkan atau dibayarkan, nama lengkap yang menyerahkan sejumlah uang, tempat dan tanggal penyerahan uang, nama lengkap dan tanda tangan penerima. Juga bisa ditambahkan logo dan alamat perusahaan atau lembaga.

Format Kwitansi

Ada beberapa bentuk dan contoh kwitansi pembayaran yang sering kita jumpai dalam transaksi jual beli. Tetapi pada umumnya kwitansi yang digunakan dalam pembayaran mempunyai format yang terdiri dari komponen sebagai berikut  :

  • Nomor kwitansi, yaitu berfungsi untuk membedakan antara kwitansi satu dengan kwitansi lainnya. Atau juga berfungsi mengurutkan kwitansi sesuai dengan nomor tersebut. Penomoran dapat dibuat dengan memakai urutan angka atau dengan huruf sesuai keinginan.
  • Nama lengkap seseorang atau perusahaan / lembaga yang akan menyerahkan atau membayar sejumlah uang dalam transaksi tersebut.
  • Jumlah uang yang akan dibayarkan atau diserahkan, yang nominalnya ditulis dengan kombinasi antara angka dan huruf.
  • Tujuan pembayaran, yang menjelaskan untuk apa transaksi tersebut dilakukan.
  • Tempat dan tanggal terjadinya transaksi pembayaran pada saat itu.
  • Nama lengkap seseorang yang akan menerima pembayaran sejumlah uang dalam transaksi, yang bisa dilengkapi dengan jabatannya dalam suatu perusahaan / lembaga. Nantinya orang tersebut juga akan di mintai tanda tangannya.
  • Cap atau stempel suatu perusahaan / lembaga yang akan menerima pembayaran sejumlah uang dalam transaksi.
  • Jika memakai meterai, tanda tangan harus mengenai meterai yang ditempelkan pada kwitansi tersebut.

Manfaat Kwitansi

Dari beberapa penjelasan di atas dapat disimpulkan bahwa kwitansi mempunyai fungsi dan manfaat sebagai pengakuan tertulis suatu transaksi dan merupakan tanda bukti transaksi penyerahan sejumlah uang yang sah.

Dalam membuat sebuah kwitansi,  ada beberapa hal yang perlu diperhatikan, terutama dalam cara menulis kwitansi atau cara mengisi kwitansi yang nantinya akan digunakan sebagai bukti suatu transaksi, antara lain adalah sebagai berikut :

  • Hindari menandatangani kwitansi kosong.
  • Saat menulis penjelasan atau uraian pembayaran sebaiknya berikanlah tanda akhir pada tulisan tersebut. Hal ini bertujuan supaya penjelasan pada kwitansi tersebut tidak dapat ditambahkan dengan penjelasan lain, yang kemunginkan tidak sesuai kesepatakan dan berpotensi dapat merugikan.
  • Nama orang yang akan menerima sejumlah uang ditulis secara lengkap dan tepat.
  • Penulisan tempat dan tanggal pembuatan kwitansi dibuat berdekatan dengan tanda tangan orang yang akan menerima sejumlah uang.
  • Apabila dalam pembuatan kwitansi diwajibkan menggunakan meterai, maka tanda tangan penerima harus mengenai meterai yang ditempelkan.
  • Harus bisa membedakan antara kwitansi dengan nota jual beli.

KWITANSI BERMATERAI

Sebagai dokumen atau surat yang digunakan untuk tanda bukti transaksi pembayaran, kwitansi sangat penting perannya. Terlebih jika digunakan untuk transaksi dengan nominal besar. Dengan adanya kwitansi, maka akan mempunyai kekuatan hukum dari transaksi pembayaran tersebut. Penggunaan meterai dalam kwitansi merupakan alasan untuk lebih menambah  kekuatan hukum dari transaksi tersebut.

Dalam kwitansi bermeterai, bisa digunakan meterai 3000 atau 6000. Ketentuan penggunaan meterai berbeda-beda sesuai dengan transaksi pembayaran yang dilakukan. Adapun penggunaan materai yang sesuai dengan ketentuan Menteri Keuangan adalah sebagai berikut :

  • Untuk transaksi dengan nominal kecil, yaitu kurang dari Rp 250.000 tidak perlu menggunakan meterai.
  • Transaksi dengan nominal antara Rp 250.000 sampai dengan Rp 1.000.000 menggunakan meterai 3000.
  • Transaksi dengan nominal lebih dari Rp1.000.000 maka meterai yang digunakan adalah meterai 6000.

Kwitansi yang telah diisi lengkap sesuai tanggal dan lokasinya serta tujuan pembayaran akan ditandatangani. Setelah di tandatangani oleh penerima maka akan diserahkan kepada pihak yang membayar sejumlah uang tersebut

Contoh Kwitansi Pembayaran

 Ada banyak macam contoh kwitansi pembayaran, seperti kwitansi jual beli motor, kwitansi jual beli tanah, kwitansi jual beli rumah, kwitansi pembayaran sewa rumah, kwitansi pembayaran rumah sakit, kwitansi pembayaran uang sekolah, dan lain-lain.

Berikut ini beberapa contoh dan gambar kwitansi :

contoh kwitansi kosong
contoh kwitansi kosong | source : i.ytimg.com
kwitansi bermaterai
kwitansi bermaterai | source : http://sulutpos.com
Contoh kwitansi jual beli motor
Contoh kwitansi jual beli motor | source : akamaized.net
Contoh kwitansi jual beli tanah
Gambar Contoh kwitansi jual beli tanah | source : lombokpost.net
Contoh kwitansi jual beli rumah
Contoh kwitansi jual beli rumah | source : s4.bukalapak.com

Demikian penjelasan artikel Jurnal Manajemen mengenai kwitansi. Semoga informasi yang kami berikan bisa memberikan banyak manfaat bagi para pembaca sekalian. Jangan lupa share/bagikan artikel ini agar menambah kebermanfaatannya.