Cara Membuat Kolam Koi Lengkap dengan Filterisasi dan Contoh Model

8 min read

kolam koi

Penggemar ikan koi pastinya ingin memberikan yang terbaik untuk ikan peliharaan agar dapat tumbuh sehat dan berkembang dengan baik. Salah satu cara yang bisa Anda lakukan untuk memastikan ikan merasa nyaman adalah dengan membuat kolam ikan yang memadai. Cara pembuatan kolam untuk koi ternyata tidak terlalu sulit, apalagi jika Anda mengetahui dasar-dasarnya.

Pada dasarnya, koi bisa tumbuh dengan baik di berbagai jenis kolam. Anda bisa menempatkannya pada kolam berlapis terpal atau semen. Yang terpenting adalah kolam selalu dalam keadaan bersih dan air yang digunakan tidak tercemar bahan kimia. Selebihnya, ikan koi koleksi Anda bisa tumbuh dengan baik dengan perawatan standar.

Untuk memastikan air kolam tetap bersih, Anda perlu memasang filter. Alat ini berfungsi untuk menyaring air sebelum masuk ke kolam. Dengan filter tersebut, air menjadi bersih dan layak digunakan untuk ikan peliharaan Anda. Kabar baiknya, Anda bisa membuat filter sederhana di rumah sehingga bisa menghemat biaya pembelian filter.

Sebelum membahas cara membuat filter kolam ikan koi, alangkah lebih baik jika Anda mengetahui cara pembuatan kolam terlebih dahulu. Hal ini dikarenakan filter tidak akan berfungsi maksimal jika desain kolam tidak sesuai standar. Dengan mengetahui cara pembuatan kolam yang baik beserta hal-hal penting untuk diperhatikan, Anda bisa memastikan bahwa ikan bisa tumbuh dan berkembang dengan baik.

 

Baca Juga : 10 Jenis Ikan Koi Termahal di Dunia

 

Hal yang Perlu Diperhatikan dalam Pembuatan Kolam Ikan

Dapat dikatakan bahwa membuat kolam untuk ikan koi adalah perkara yang gampang-gampang susah. Jika membuat secara sembarangan, bisa dipastikan kolam tidak akan berfungsi dengan baik dan ikan koi peliharaan Anda bisa jadi tidak betah berada di dalamnya. Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk mengetahui beberapa aspek penting sebelum membuat kolam.

Faktor-faktor yang perlu mendapat perhatian cukup beragam, mulai dari hal yang cukup sedehana seperti pemilihan lokasi dan ukuran hingga hal yang rumit seperti pengaturan pH air. Berbagai faktor tersebut memang terbilang penting, terutama jika Anda ingin serius dalam merawat ikan hias jenis koi sehingga peliharaan Anda bisa tumbuh dengan baik.

Meskipun terdengar rumit, Anda tidak perlu cemas karena semuanya menjadi lebih mudah jika Anda sudah menjalaninya. Buatlah kolam koi sederhana sesuai standar dengan memperhatikan hal berikut ini:

  1. Pemilihan lokasi

Sebelum memutuskan untuk membangun sebuah kolam untuk ikan koi, pertama-tama Anda harus menentukan lokasi pembuatan. Mungkin terdengar sepele, tapi pemilihan lokasi memegang peranan yang sangat besar untuk hasil akhirnya. Berdasarkan lokasinya, anda bisa membuat kolam koi di luar ruangan maupun di dalam ruangan.

Baik kolam ikan koi dalam rumah maupun luar rumah, kolam membutuhkan sinar matahari yang cukup. Dengan memperhatikan kecukupan sinar matahari yang diterima oleh ikan, maka ikan koi Anda akan tumbuh dengan baik dan tidak mudah terserang penyakit. Pilih lokasi yang mendapatkan sinar matahari, namun tidak terlalu panas karena hal ini juga tidak baik untuk ikan.

Sebaliknya, kolam yang tidak mendapatkan intensitas cahaya yang cukup akan mudah ditumbuhi oleh ganggang dan lumut. Tentu saja kedua hal tersebut tidak baik untuk perkembangan ikan karena air kolam menjadi lebih cepat kotor dan perkembangan ikan pun akan terganggu.

Jika Anda berencana untuk membuat kolam ikan koi minimalis di dalam ruangan, pastikan kolam mendapat pancaran sinar matahari minimal 3 jam per hari. Apabila tidak memungkinkan untuk mendapatkan sinar matahari, Anda bisa mengakalinya dengan memasang lampu pijar untuk menggantikan sinar matahari. Cara tersebut cukup efektif untuk menjaga ikan koi tetap sehat.

  1. Sistem filtrasi

filtrasi kolam koi
filtrasi kolam koi | source : gilakoi.com

Sistem filtrasi merupakan aspek penting dalam pembuatan kolam koi. Susunan filter kolam koi yang tepat dapat memastikan ikan mendapat pasokan oksigen yang cukup untuk keberlangsungan hidup. Karena kotoran ikan mengandung amonia yang bersifat racun bagi ikan, maka dibutuhkan sistem filtrasi untuk membuang amonia tersebut dan menggantinya dengan oksigen yang bermanfaat untuk ikan.

Untuk memberikan sistem filtrasi yang memadai, Anda bisa memilih satu di antara dua jenis filter. Jenis yang pertama adalah filter mekanik yang mampu mengalirkan air ke dalam wadah. Wadah tersebut berisi berbagai media penyaring seperti keriki, pasir, busa, kapas, dan lain sebagainya. Media penyaring tersebut berfungsi untuk membersihkan air dan memperkaya kandungan oksigen di dalamnya.

Jenis yang kedua adalah filter biologis, yaitu penempatan makhluk hidup yang mampu menguraikan kotoran yang dikeluarkan oleh ikan. Anda dapat memilih beberapa jenis tanaman yang dapat berfungsi sebagai filter seperti paying-payungan, melati air, dan enceng gondok. Namun pastikan jumlah tanaman tersebut tidak berlebihan sehingga menutupi permukaan air dan menghalangi cahaya matahari.

Sebuah alat bernama skimmer juga bisa Anda masukkan ke dalam kolam. Skimmer kolam koi berfungsi untuk menyaring kotoran yang ada di permukaan kolam, seperti daun dan kotoran lainnya. Pemasangan skimmer sangat bermanfaat untuk menjaga agar permukaan kolam tetap dalam kondisi bersih sehingga tidak menghalangi cahaya matahari.

  1. Desain

desain kolam koi
desain kolam koi | source : koi-s.id

Dalam membuat kolam sederhana untuk ikan koi, desain juga menjadi hal yang penting untuk diperhatikan. Secara umum terdapat tiga bentuk kolam yang lazim digunakan untuk koi, yaitu lingkaran, persegi, dan elips. Meskipun demikian, Anda bebas membuat desain kolam sesuai keinginan. Pemilihan desain yang tepat mampu menambah estetika pada hunian Anda.

Sebagai contoh, kolam persegi terlihat lebih formal dan cocok digunakan untuk berbagai gaya rumah. Kolam koi minimalis juga bisa didesain dalam bentuk persegi dengan sedikit modifikasi. Sedangkan kolam berbentuk elips memberikan kesan mewah, informal, namun elegan. Desain kolam seperti ini banyak digunakan untuk kolam dalam ruangan.

  1. Ukuran

Anda harus mengetahui ukuran ideal sebuah kolam yang akan digunakan untuk ikan koi. Hal ini bertujuan untuk memberikan ruang bagi ikan untuk berenang bebas dalam kolam, apalagi jika Anda memelihara cukup banyak ikan dalam satu kolam. Selain itu, ukuran yang tepat juga mampu memberikan manfaat dari segi estetika.

Dalam menentukan ukuran, Anda juga perlu mempertimbangkan luas lokasi, bentuk yang diinginkan dan jumlah ikan. Tentu saja akan tidak perlu membuat kolam dengan ukuran yang terlalu lebar jika hanya memiliki lahan kecil di pekarangan rumah. Atau, Anda juga tidak boleh membuat kolam yang terlalu kecil jika memelihara puluhan ikan koi besar dalam satu kolam.

Ukuran juga berkaitan dengan kedalaman. Idealnya, kedalaman kolam ikan koi adalah 1 meter untuk ikan koi dengan ukuran kurang dari 30 cm. Jika ikan koi Anda sudah berukuran antara 30 hingga 40 cm, maka kedalaman idealnya adalah 1 – 1.5 meter. Untuk ikan koi yang lebih besar lagi, maka kedalaman kolam ideal adalah 1.5 meter.

  1. Volume dan pH air

Yang sering dilupakan oleh pemilik kolam koi adalah volume serta pH air. Volume air ditentukan oleh populasi ikan dan ukuran kolam. Sebuah kolam yang dihuni ikan koi berukuran besar membutuhkan volume air yang lebih banyak agar pasokan oksigen tercukupi. Selain itu, pH air juga perlu dicek secara berkala.

Idealnya, pH air untuk ikan koi adalah 7 yang mana mengindikasikan pH netral. Lebih dari itu, berarti air mengandung amonia dan bersifat racun bagi ikan. Sebaliknya, pH kurang dari 7 juga tidak baik untuk perkembangan ikan.

Artikel Terkait Artikel Terkait
Panduan Lengkap Cara Budidaya Ikan Koi di Kolam & Aquarium 20+ Jenis Ikan Koi Beserta Gambar dan Harganya

Cara Membuat Kolam Ikan Koi

Setelah mengetahui berbagai aspek penting yang perlu diperhatikan dalam pembuatan kolam koi, kini Anda telah siap untuk proses eksekusi. Berikut ini beberapa langkah yang harus Anda lakukan untuk membuat kolam ikan, baik dalam ruangan maupun luar ruangan.

  1. Persiapan alat dan bahan

Tahap pertama, siapkan alat dan bahan yang dibutuhkan. Setelah memiliki konsep desain kolam, Anda perlu mempersiapkan berbagai alat seperti sekop, cangkul, meteran, waterpass, dan berbagai keperluan lain yang mungkin Anda butuhkan.

Sedangkan bahan yang dibutuhkan antara lain semen, batu bata, pasir, batu, dan cat dinding. Anda mungkin membutuhkan beberapa bahan lain sesuai dengan desain kolam yang diinginkan. Contohnya, Anda mungkin perlu mempersiapkan tanaman jika ingin menghiasi kolam koi dengan tanaman. Atau, siapkan hiasan agar kolam Anda terlihat semakin cantik.

Dalam tahap persiapan pembuatan kolam ikan koi minimalis depan rumah, Anda juga perlu memperhatikan tekstur dan kontur tanah. Misalnya jika halaman Anda mempunyai tekstur cenderung berbatu, mungkin Anda membutuhkan perlengkapan lain untuk mempermudah proses penggalian.

  1. Proses pembuatan

Untuk memulai proses pembuatan, buatlah galian kolam dengan ukuran, bentuk, dan kedalaman sesuai dengan keinginan Anda. Setelah lubang galian terbentuk, ambil batu-bata dan tata di sekitar dinding kolam. Rekatkan dengan adonan semen dan pasir yang telah dibuat sebelumnya. Lakukan dengan rapi agar kolam Anda terlihat lebih cantik.

Setelah selesai membuat dinding kolam, buatlah adonan semen untuk melapisi dinding kolam sehingga tidak bocor. Anda juga bisa menggunakan pelapis khusus tahan air demi memastikan air tidak merembes melalui dinding. Gunakan cat pelapis khusus dinding kolam yang aman untuk ikan.

Cat kolam koi umumnya berwarna hitam agar ikan koi dapat terlihat lebih jelas ketika berenang di dalam air. Namun, Anda juga bisa memilih cat dengan warna lain sesuai dengan keinginan. Sebagai pilihan lain, dinding kolam juga dapat dilapisi dengan keramik sehingga terlihat lebih bersih. Jika Anda memilih opsi ini, Anda tidak perlu lagi menggunakan lapisan cat.

  1. Finishing

Yang termasuk tahap finishing adalah penyempurnaan kolam ikan. Tahapan ini lebih bersifat tambahan dan tidak harus Anda kerjakan untuk kolam di rumah Anda. Beberapa hal yang bisa Anda lakukan dalam tahapan ini adalah pemasangan hiasan dan lampu serta pernak-pernik lainnya.

Cara Membuat Filter Kolam Koi Sederhana

filter kolam koi buatan sendiri
filter kolam koi buatan sendiri | source : bigislandboy.blogspot.com

Salah satu hal penting yang tidak boleh terlewat ketika Anda membuat kolam koi adalah filter. Kolam yang kotor membuat ikan koi tidak merasa nyaman sehingga menyebabkan stress dan mudah terserang penyakit. Oleh karena itu, Anda harus memastikan kolam ikan tersebut cukup sehat sehingga ikan koi yang menghuni juga tumbuh sehat.

Filter berfungsi untuk menjaga agar kolam tetap bersih dan mempunyai kandungan oksigen yang mencukupi untuk kehidupan ikan. Sebenarnya Anda juga bisa memelihara ikan koi tanpa filter, dengan catatan kolam harus dikuras secara rutin, minimal 1 minggu sekali. Tentu saja hal ini sangat merepotkan, apalagi di tengah kesibukan Anda.

Demi kenyamanan Anda dan kesehatan ikan, maka diperlukan pemasangan filter agar air kolam tetap jernih meskipun tidak dikuras. Untuk Anda yang gemar berkreasi, filter kolam koi buatan sendiri bisa menjadi ide menarik untuk mengisi waktu luang. Jangan khawatir, pembuatan filter tidak terlalu sulit jika Anda telah mempersiapkan seluruh alat dan bahan.

filter kolam koi
filter kolam koi | source : ujungaspal.com

Untuk membuat filter di rumah, Anda perlu mempersiapkan beberapa alat dan bahan seperti pompa air, wadah, pasir silika, ferrolite, karbon aktif, batu zeolit, dan kapas filter. Bahan-bahan mulai dari pasir silika hingga kapas filter berfungsi untuk menyaring air kotor sehingga air kembali bersih untuk dialirkan ke kolam. Sedangkan pompa kolam koi berfungsi untuk menyedot air dari kolam dan mengalirkannya kembali.

Setelah mempersiapkan alat dan bahan, ikuti beberapa langkah mudah di bawah ini untuk membuat filter sederhana:

  1. Pembersihan

membersihkan kolam koi
membersihkan kolam koi | source : shutterstock

Pada tahap ini, Anda perlu membersihkan bahan-bahan yang digunakan. Wadah kosong harus benar-benar bersih sehingga air yang tertampung tidak terkontaminasi oleh kotoran. Saat membersihkan, disarankan untuk menggunakan alkohol agar wadah benar-benar bersih dan higienis. Bilas beberapa kali kemudian keringkan sebelum dipakai.

Selain wadah, Anda juga perlu membersihkan batu zeolit. Anda mungkin membeli batu ini dalam kondisi kotor sehingga harus dibersihkan dengan benar agar tidak mencemari air.

  1. Pembuatan

Cara membuat filter kolam ikan koi cukup mudah. Pertama-tama, letakkan kapas filter pada lapisan paling bawah sebagai penyaring terakhir sebelum air masuk ke kolam. Setelah kapas, letakkan batu zeolit yang berukuran besar. Susun batu dengan benar agar menutupi seluruh permukaan. Di atas batu zeolit, letakkan kembali kapas filter yang lebih tipis.

Pada lapisan selanjutnya, letakkan karbon aktif dan ratakan hingga menutupi seluruh permukaan kapas filter. Setelah merata, letakkan kembali kapas filter sebagai pemisah dengan penjernih lainnya. Lapisan selanjutnya, letakkan ferrolite kemudian tutup kembali dengan kapas filter. Terakhir, taruh pasir silika hingga seluruh permukaan kapas tertutupi. Lapisi lagi dengan kapas filter.

Anda bisa memilih desain filter kolam koi sesuai dengan keinginan. Untuk filter buatan rumah ini, Anda dapat menata lapisan penyaring pada sebuah wadah berukuran besar sehingga memuat lebih banyak penyaring. Pastikan setiap lapisan menutupi permukaan secara merata agar air dapat tersaring dengan lebih sempurna.

 

Baca Juga : Daftar Harga Ikan Koi Lokal & Import 

 

Inspirasi Model Kolam Ikan

Tertarik untuk membuat kolam untuk ikan koi Anda? Mungkin sedikit sulit bagi Anda untuk menentukan desain yang tepat. Wajar saja, ada berbagai macam ide yang bisa Anda terapkan untuk memperoleh tampilan kolam yang cantik tapi juga sesuai untuk ikan agar bisa berkembang dengan baik. Tidak perlu khawatir, di sini Anda akan menemukan berbagai inspirasi model untuk kolam koi di rumah Anda.

Pada dasarnya, terdapat begitu banyak model kolam ikan yang bisa diterapkan di rumah Anda, baik luar ruangan maupun dalam ruangan. Berikut ini inspirasi kolam yang layak untuk dipertimbangkan jika Anda berencana untuk membuat kolam ikan di rumah:

  1. Kolam minimalis

desain kolam koi minimalis
desain kolam koi minimalis | source : Ig @inspirasirumahkuu

Mengusung gaya minimalis, kolam untuk ikan koi yang satu ini terlihat sangat nyaman dan indah untuk dipandang. Kolam ikan berbentuk bujur sangkar, yang kemudian dibagi menjadi empat bagian. Buat lubang pada masing-masing sebagai kolam ikan, dan sisakan satu untuk tempat duduk. Kolam minimalis ini cocok untuk menyempurnakan halaman belakang rumah Anda.

Untuk menambah kesan alami, Anda bisa menambahkan hiasan yang juga berfungsi sebagai filter air. Anda bisa bersantai di sore hari sambil menikmati secangkir kopi dan mendengarkan suara air yang bergemericik. Lengkapi dengan berbagai tanaman di pinggir kolam atau batu alam.

  1. Kolam dengan jembatan

model kolam koi
model kolam koi | shutterstock

Tidak perlu cemas jika Anda tidak mempunyai lahan yang luas di halaman belakang. Ubah seluruh halaman Anda menjadi kolam agar ikan koi Anda dapat berenang dengan bebas. Untuk menikmati kesejukan area sekitar kolam, pasang jembatan kayu yang langsung terhubung dengan pintu rumah. Anda bisa berjalan-jalan di sekitar kolam dan menyaksikan ikan koi yang berenang dengan bahagia.

Sebagai pelengkap, Anda bisa menambahkan berbagai tanaman di sekitar kolam. Selain mempercantik area kolam, tanaman juga dapat memberikan nuansa alami serta menyegarkan udara di sekitar kolam. Desain kolam yang satu ini cocok untuk menyegarkan pikiran dan hati Anda.

  1. Kolam pedesaan

desain kolam koi pedesaan
desain kolam koi pedesaan | source : shutterstock

Bawa konsep pedesaan di halaman belakang rumah Anda. Konsep kolam ikan koi yang satu ini mengadopsi alam pedesaan dengan sungai yang dipenuhi dengan batu dan pepohonan. Anda bisa membuat aliran air bertingkat dengan air terjun pada bagian atas yang mengalirkan air langsung ke kolam. Tambahkan bebatuan alam di sekitar kolam dan pepohonan sehingga terlihat seperti suasana pedesaan.

Demikian informasi mengenai kolam ikan koi yang dapat Jurnal Manajemen bagikan. Semoga bermanfaat dan dapat diaplikasikan. Silahkan bagikan artikel ini agar memberikan dampak manfaat yang lebih luas. Terima kasih.

2 Replies to “Cara Membuat Kolam Koi Lengkap dengan Filterisasi dan Contoh…”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *