Gaya Kepemimpinan Transformasional

3 min read

Kepemimpinan Transformasional

Gaya Kepemimpinan Transformasional, Sebuah Ulasan Singkat

Organisasi mutlak ada di masyarakat. Sebagai makhluk sosial, kita tidak akan lepas dari masalah interaksi dengan sesama manusia. Interaksi ini interpersonal saja tidak cukup untuk menjalankan roda dunia, perlu adanya suatu organisasi yang dijalankan bersama dengan satu pimpinan yang memegang kendali.

Konsep kepemimpinan adalah konsep yang selalu mengikuti saat kita membicarakan Manajemen dalam organisasi. Kepemimpinan memegang peranan penting bagi suatu organisasi karena pemimpin memegang kendali utama dalam sebuah organisasi layaknya ujung tombak.

Hal ini membuat kepemimpinan yang baik dan benar dibutuhkan untuk membuat organisasi dapat meraih tujuan yang dimimpikannya. Ada banyak tipe kepemimpinan yang ada, salah satunya adalah jenis kepemimpinan transformasional. Ulasan kali ini membahas mengenai kepemimpinan jenis transformasional mulai dari pengertian sampai berbagai hal yang mempengaruhinya.

Pengertian Kepemimpinan Tipe Transformasional

Teori kepemimpinan transformasional dikemukakan pertama oleh James Mcgregor Burns. Gaya kepemimpinan transformasional adalah gaya kepemimpinan yang mengubah (transform) nilai anggota secara personal sehingga dapat digunakan sebagai pendukung atau suport dari visi dan gol yang ingin dicapai oleh organisasi yang kita jalankan.

Hal ini dilakukan dengan memberikan lingkungan yang mendukung bagi pembentukan hubungan antar anggota dan dengan memberikan kepercayaan pada anggota sehingga visi yang ingin dicapai dapat diketahui dengan jelas oleh anggota organisasi tersebut.

Model kepemimpinan transformasional ini juga dimaknai oleh Bernard Bass sebagai sebuah kepemimpinan dan kinerja yang berada di luar ekspektasi. Selain itu, pendapat juga diutarakan oleh Tracy dan Hinkin yang menyebutkan bahwa pengertian kepemimpinan transformasional adalah proses dari kegiatan mempengaruhi untuk mendapatkan perubahan utama dalam sikap dan asumsi anggota organisasi serta membangun komitmen dengan anggota organisasi dengan misi atau tujuan yang ingin dicapai.

Ciri Kepemimpinan Tipe Transformasional

Teori kepemimpinan transformasional lengkap memang harus didapatkan dari kajian yang mendalam. Namun, jika ingin mengetahui konteksnya secara garis besar, kita dapat ketahui bahwa yang disebut dengan pemimpin tipe transformasional adalah pemimpin yang dapat mengubah suatu situasi dalam organisasi dengan kemampuan yang bisa dia lakukan serta dapat membicarakan tujuan dari perubahan yang dia lakukan dengan acuan yang jelas, yaitu nilai kebebasan, kesamaan, dan keadilan.

Pemimpin dengan tipe kepemimpinan ini memiliki kemampuan untuk membuat para bawahan atau pengikutnya untuk dapat melihat tujuan organisasi yang ingin dicapai dengan jelas sehingga mampu menyingkirkan kepentingan pribadinya dibawah kepentingan organisasi. Dengan komitmen, motivasi, serta kepercayaan bawahan yang tinggi, pencapaian tujuan organisasi akan lebih fokus sehingga tujuan bisa dicapai dengan lebih cepat.

Perbaikan dalam tubuh organisasi menjadi hal yang dilakukan oleh pemimpin dengan gaya kepemimpinan ini. Lalu, kapan seorang pemimpin dikatakan sebagai pemimpin yang memiliki gaya transfomasional? Tentunya jika dia memenuhi atau sesuai dengan indikator yang ada. Adapun indikator kepemimpinan transformasional adalah sebagai berikut.

  1. Memiliki kemampuan menstimuli atau merangsang semangat pengikut atau anggotanya untuk memandang pekerjaan yang harus mereka lakukan dari sudut pandang yang berbeda sehingga mendapatkan pandangan baru dan meningkatkan semangat untuk mengerjakan pekerjaan tersebut.
  2. Mempunyai kemampuan untuk menurunkan apa yang menjadi visi serta misi dari organisasi kepada anggota organisasi yang dipimpinnya.
  3. Mampu mengembangkan stakeholder serta para pengikutnya dengan tingkat potensi yang meningkat lebih tinggi.
  4. Memiliki kemampuan untuk melakukan motivasi kepada kolega serta para anggotanya untuk dapat melihat kepentingan masing-masing, sehingga kepentingan tersebut dapat bermanfaat bagi apa yang dibutuhkan oleh organisasi.

Komponen Kepemimpinan Tipe Transformasional

Karakteristik dari tipe kepemimpinan ini dapat dilihat dari bagaimana cara pemimpin menjalankan kepemimpinannya. Berdasarkan penelitian Devana dan Tichy, pemimpin dengan tipe transformasional akan memandang dirinya sebagai agent of change yang mendorong pemimpin memiliki keberanian dan mampu mengambil risiko (tentu dengan manajemen risiko yang baik).

Pemimpin tipe ini juga memiliki kepercayaan kepada orang-orang, memiliki kemampuan yang mumpuni dalam mengatasi sesuatu yang kompleks, ambigu, serta tidak pasti. Pemimpin jenis ini juga merupakan pemimpin yang memiliki sikap visioner dan memiliki kemauan untuk terus belajar dan memperbaiki diri.

Contoh kepemimpinan transformasional dapat kita temukan mulai dari organisasi perusahaan yang bersifat ekonomi, sampai dengan organisasi yang bersifat politis. Anda bisa mengamati banyaknya pemimpin organisasi atau kelompok yang ada di sekitar Anda, adakah yang memiliki ciri layaknya pemimpin transformasional. Bicara mengenai ciri, tentunya tidak akan lepas dari komponennya. Berikut adalah beberapa komponen kepemimpinan dengan gaya transformatif.

  • Karisma

Kepemimpinan transformasional adalah kepemimpinan yang memiliki karisma di dalamnya. Komponen pertama dan utama dari gaya kepemimpinan satu ini adalah karisa. Pemimpin yang memiliki gaya kepemimpinan tipe transformatif memiliki karisma yang kuat sehingga mampu disegani oleh sesama koleganya serta oleh para pengikutnya. Sebagai pemimpin, karisma yang tinggi sangat diperlukan agar mampu menangani berabagai masalah dan memberikan dorongan positif pada anggotanya. Karisma yang tinggi akan mempermudah pimpinan dalam mempengaruhi anggota dalam organisasi sehingga memperoleh loyalitas serta kecintaan dari para anggotanya. Lalu, seperti apa sih karisma seorang pemimpin? Karisma seorang pemimpin dapat ditandai dengan percaya diri yang tinggi sebagai pemimpin, memiliki idealisme yang kuat, serta memiliki keyakinan yang matang dan kuat sehingga anggota organisasi merasa mantap mengikuti arahan dari pimpinannya.

  • Pertimbangan individu

Dalam makalah kepemimpinan transformasional pasti sering disebutkan bahwa perilaku atau sikap yang ditunjukkan pemimpin dengan tipe ini adalah lebih mementingkan pertimbangan tiap individu anggotanya. Pemimpin akan memiliki sikap yang bersahabat dengan anggotanya tanpa batasan, pemimpin akan sangat percaya kepada anggotanya sehingga anggota pun merasanya nyaman dan percaya dengan pimpinannya. Kedekatan dengan pimpinan tidak membuat anggota menyepelekan pimpinan, justru hal tersebut membuat anggota menghormati pimpinannya. Hubungan yang hangat akan terjalin di dalam organisasi yang dipimpin oleh pemimpin dengan gaya ini.

  • Pembangkit intelektual

Pimpinan yang memiliki sikap kepemimpinan tipe transformasional akan memiliki kemampuan sebagai pembangkit atau stimuli intelektual dari para anggotanya. Hal yang dimaksud dengan stimuli intelektual adalah kemampuan untuk menciptakan, mengelaborasikan, serta menafsirkan suatu permasalahan yang muncul di lingkungan organisasi. Pimpinan akan mampu mengajak para bawahannya untuk memikirkan jalan keluar suatu masalah dengan benar. Selain itu juga mampu berpikir secara profesional dalam bekerja memecahkan masalah. Inovasi serta pengembangan ide baik dari pimpinan maupun dari anggota akan lebih banyak sehingga organisasi dapat dibangun lebih maju lagi.

Nah, itu tadi sedikit ulasan mengenai kepemimpinan dengan gaya transformasional sebagai salah satu pengetahuan yang dapat Anda jadikan bacaan ringan. Untuk lebih jelas mengenai teori kepemimpinan ini, mencari jurnal kepemimpinan transformasional akan sangat membantu. Ada banyak publikasi ilmiah dari banyak peneliti nasional dan internasional yang mengamati sistem kepemimpinan ini. Kepemimpinan transformasional dan transaksional yang kerap dibandingkan dapat Anda pelajari dari studi kasus yang ada. Dengan demikian, Anda akan lebih paham dalam mempelajari berbagai tipe kepemimpinan, khususnya tipe transformasional ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *