20+ Contoh Kebutuhan Primer dan Penjelasannya (TERLENGKAP)

7 min read

kebutuhan primer

Dalam kehidupan sehari-hari kita sering mendapat nasehat agar bisa membedakan antara mana yang merupakan suatu kebutuhan dan mana yang hanya sebatas keinginan. Idealnya kita harus mengutamakan untuk memenuhi kebutuhan-kebutuhan yang paling mendesak lebih dahulu sebelum memikirkan kebutuhan selanjutnya.

Pada kenyataannya manusia harus bisa memenuhi segala kebutuhannya untuk kelangsungan hidupnya. Baik kebutuhan sandang, pangan, papan maupun kebutuhan lainnya, demi memuaskan kebutuhan hidupnya untuk mencapai suatu tingkat kemakmuran atau kesejahteraan. Baik itu kebutuhan jasmani maupun kebutuhan jasmani.

Kebutuhan Manusia Tidak Terbatas

Kebutuhan setiap manusia pada umumnya beragam, tidak terbatas dan selalu berkembang dari hari ke hari. Hal ini sesuai dengan sifat manusia yang tidak pernah puas dengan apa yang telah diperolehnya. Perkembangan jaman yang diiringi perkembangan teknologi mempengaruhi perubahan kebutuhan manusia yang semakin beragam. Sebagai contoh adalah koneksi internet yang saat ini merupakan kebutuhan hampir setiap orang, padahal dahulu tidak dibutuhkan. Atau contoh lainnya adalah kebutuhan akan make up yang sudah menjadi kebutuhan primer wanita. 

Di satu sisi kebutuhan manusia bersifat tidak terbatas, sementara sumber daya untuk memenuhi kebutuhan manusia bersifat terbatas jumlahnya. Sumber daya yang ada jumlahnya kurang atau tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan manusia yang selalu meningkat, tidak terbatas, beraneka ragam dan berlangsung terus-menerus. Hal ini tidak sebanding dengan ketersediaan sumber daya yang terbatas. Terbatas, dalam arti tidak cukup dibandingkan dengan semakin banyaknya kebutuhan manusia dan harus ada pengorbanan untuk memperolehnya.

Cara Memenuhi Kebutuhan Manusia

Untuk memenuhi kebutuhan manusia yang semakin banyak dan tidak terbatas dapat dilakukan dengan dua cara, yaitu melakukan tindakan ekonomi baik secara individu maupun berkelompok dalam masyarakat atau lingkungannya dan membuat skala prioritas untuk memenuhi kebutuhannya.

Dalam aktivitas hidupnya, manusia harus mampu mengutamakan kebutuhan hidup yang dianggap paling penting atau mendesak dibandingkan dengan kebutuhan-kebutuhan lainnya. Setelah kebutuhan yang paling mendesak terpenuhi, maka baru dipikirkan untuk memenuhi kebutuhan-kebutuhan lainya. Oleh karena itu, perlu disusun skala prioritas berdasarkan tingkat kebutuhan mana yang perlu didahulukan atau diutamakan. Sebagai contoh kebutuhan akan pangan lebih mendesak daripada kebutuhan akan papan.

gambar kebutuhan primer
gambar kebutuhan primer

Skala prioritas kebutuhan adalah daftar berbagai macam kebutuhan seseorang yang disusun berdasarkan tingkat kebutuhannya dan disesuaikan dengan budget, mulai dari yang paling penting atau mendesak sampai kebutuhan yang bisa ditunda pemenuhannya. Prinsipnya adalah mendahulukan kebutuhan daripada keinginan.

Menyusun skala prioritas kebutuhan sangat membantu seseorang dalam mengelola keuangannya. Jika seseorang bisa mengelola keuangannya dengan baik, maka bisa memaksimalkan alokasi pendapatan, membantu mencegah perilaku hidup konsumtif dan sekaligus bisa menganalisisnya apabila ada kesalahan-kesalahan dalam pengelolaan keuangan, sehingga bisa membantu merencanakan masa depan dengan lebih baik.

Menentukan Skala Prioritas Kebutuhan

Cara yang digunakan dalam menentukan skala prioritas kebutuhan tiap orang juga berbeda-beda. Ada beberapa hal yang perlu dipertimbangan dalam menentukan skala prioritas, antara lain tingkat urgensi, kesempatan yang dimiliki, pertimbangan masa depan, kemampuan diri, pertimbangan dalam berbelanja dan lain sebagainya.

Dalam mengelola keuangan agar sesuai dengan skala prioritas, kita biasanya membuat anggaran keluarga. Dengan membuat anggaran keluarga, maka kita akan bisa mengetahui perkiraan jumlah pemasukan dan pengeluaran dalam satu periode waktu. Anggaran keluarga bermanfaat dalam perencanaan dan pengawasan anggaran, sarana komunikasi bagi setiap anggota keluarga, dan sebagai pedoman penggunaan uang.

Anggaran keluarga penting karena beberapa alasan berikut ini :

  • Membantu dalam membuat keputusan tentang pengeluaran
  • Membantu untuk membelanjakan uang untuk sesuatu yang benar-benar dibutuhkan
  • Mencegah pengeluaran yang sia-sia
  • Membantu menganalisa tentang bagaimana membelanjakan uang
  • Mencegah pembelian barang-barang yang tidak direncanakan
  • Membantu melatih anak-anak dalam penggunaan uang secara bijaksana

Jenis Jenis Kebutuhan

Berdasarkan tingkat kepentingan atau intensitasnya, kebutuhan manusia dapat dikelompokkan menjadi kebutuhan primer, kebutuhan sekunder, dan kebutuhan tersier.  Dari bermacam macam kebutuhan manusia tersebut, terdapat satu kebutuhan yang wajib dipenuhi karena merupakan kebutuhan pokok manusia, sehingga harus berjuang keras untuk mendapatkannya. Sebaliknya ada juga kebutuhan yang ingin dipenuhi manusia tetapi bersifat sebagai pelengkap saja, sehingga bukan menjadi prioritas utama dari kebutuhan manusia.

Sebelum membahas secara khusus tentang pengertian kebutuhan primer, berikut ini adalah penjelasan dari ketiga macam kebutuhan manusia menurut intensitasnya, yaitu kebutuhan primer sekunder tersier. Tidak lupa contoh dan gambar kebutuhan primer sekunder dan tersier.

Pengertian Kebutuhan Primer dan Contohnya

Secara umum, arti Kebutuhan Primer adalah kebutuhan pokok / utama yang mutlak harus dipenuhi untuk mempertahankan kelangsungan hidup manusia. Kebutuhan primer merupakan kebutuhan pertama yang wajib dipenuhi dan tidak bisa ditawar. Artinya bila kebutuhan ini tidak bisa terpenuhi maka manusia akan mengalami kesulitan, karena kelangsungan hidupnya akan terganggu. Itulah sebabnya mengapa kebutuhan ini juga disebut dengan kebutuhan dasar manusia, di mana manusia akan berusaha sekuat tenaga untuk memenuhi kebutuhan primer.

Contoh kebutuhan primer yaitu sandang, pangan, dan papan.  Namun, seiring dengan perkembangan jaman yang diiringi perkembangan teknologi, kini kebutuhan akan kesehatan dan pendidikan dianggap sebagai kebutuhan primer. Di mana semua orang butuh sehat dan pendidikan untuk hidup yang layak.

gambar kebutuhan primer dan contohnya

gambar kebutuhan primer dan contohnya

Pengertian Kebutuhan Sekunder dan Contohnya

Kebutuhan sekunder adalah kebutuhan manusia yang dipenuhi setelah kebutuhan primer terpenuhi. Kebutuhan sekunder merupakan kebutuhan pelengkap atau pendukung kebutuhan primer. Karena sifatnya hanya sebagai pelengkap/pendukung, maka kebutuhan sekunder masing-masing orang akan berbeda-beda. Dan jika tidak dipenuhi pun tidak akan menganggu kelangsungan hidup manusia.

Kebutuhan sekunder ini dipengaruhi oleh beberapa faktor, antara lain :

  • Lingkungan tempat tinggal
  • Psikologi atau gaya hidup
  • Tradisi yang berlaku.

Contoh kebutuhan sekunder  antara lain perabot rumah tangga, televisi, kulkas, mesin cuci, sepeda motor, tas, sepatu, alat tulis, meja, kursi, alat olah raga, dan masih banyak lagi.

kebutuhan sekunder
kebutuhan sekunder

Pengertian Kebutuhan Tersier dan Contohnya

Kebutuhan tersier adalah kebutuhan yang akan dipenuhi setelah kebutuhan primer dan sekunder terpenuhi dengan baik. Kebutuhan tersier berkaitan dengan status sosial orang-orang yang memiliki satus ekonomi menengah ke atas atau orang-orang kaya berpenghasilan tinggi, biasanya untuk memenuhi kebutuhan akan barang mewah yang bersifat prestisius dalam rangka menyalurkan hobinya.

Sehingga  tidak semua orang bisa memenuhi kebutuhan tersiernya dan jika tidak terpenuhi pun tidak akan mempengaruhi kelangsungan hidup manusia.

Contoh  kebutuhan tersier antara lain kebutuhan mobil mewah, rumah mewah, perhiasan, dan masih banyak lagi.

kebutuhan tersier
kebutuhan tersier

Dalam perkembangannya, contoh kebutuhan primer sekunder tersier bagi setiap orang bisa berbeda-beda, yang dipengaruhi kondisi ekonomi, kondisi sosial budaya maupun tingkat pendidikannya. Sebagai contoh, suatu barang bagi seseorang adalah dianggap sebagai kebutuhan tersier, tetapi untuk orang lain dengan kondisi ekonomi lebih mapan dan status sosial lebih tinggi maka barang tersebut dianggap sebagai kebutuhan sekunder.

Ciri-Ciri Kebutuhan Primer

 Secara garis besar kebutuhan primer memiliki ciri-ciri, antara lain :

  1. Bersifat kebutuhan pokok / dasar
  2. Wajib dipenuhi
  3. Jika tidak terpenuhi, akan mengganggu kelangsungan hidup

Berdasarkan ciri-ciri tersebut, berikut ini beberapa contoh kebutuhan primer lengkap dengan gambar :

  1. Sandang (Pakaian)

Seperti yang sudah diketahui bahwa sandang atau pakaian merupakan kebutuhan primer yang pertama. Sandang / pakaian berfungsi untuk menutupi sekaligus melindungi bagian tubuh manusia dari panas, dingin dan sengatan sinar matahari serta gangguan binatang. Selain itu sandang / pakaian juga dapat menunjukkan ciri kebudayaan suatu masyarakat tertentu.

Meskipun tanpa sandang / pakaian manusia masih bisa bertahan hidup, tetapi jika tidak mengenakan pakaian, maka umumnya seseorang akan mudah terserang penyakit karena pengaruh cuaca panas atau dingin. Selain itu jika tidak mengenakan pakaian, maka seseorang akan dianggap menyalahi aturan norma dalam masyarakat.

gambar kebutuhan primer sandang
gambar kebutuhan primer sandang

Seiring dengan berjalannya waktu, seseorang menggunakan pakaian tidak hanya melihat fungsinya, tetapi juga berdasarkan tingkat kenyamanan dan status sosial yang mereka miliki. Apalagi dengan semakin maraknya media sosial saat ini, seseorang akan merasa bangga menggunakan pakaian dengan merek tertentu. Ada sebagian orang yang membeli pakaian mahal bermerek karena merasa lebih nyaman digunakan daripada pakaian murah, tetapi ada juga yang membeli pakaian mahal bermerek karena meletakkan kebanggaan di atas kenyamanan.

  1. Pangan (Makanan dan Minuman)

Sebenarnya kebutuhan akan pangan (makanan dan minuman) lebih urgen bagi manusia jika dibandingkan dengan kebutuhan akan sandang (pakaian). Setiap makhluk hidup termasuk manusia membutuhkan makanan dan minuman untuk bertahan hidup. Sehingga pangan (makanan dan minuman) merupakan kebutuhan pokok paling utama yang harus dipenuhi oleh manusia.

gambar kebutuhan primer pangan
gambar kebutuhan primer pangan

Makanan dan minuman akan memberikan asupan gizi bagi tubuh untuk bisa tetap menjalankan fungsinya. Namun kondisi saat ini, mulai banyak orang yang tidak memperhatikan dan mempedulikan kandungan gizi dalam mengkonsumsi makanannya, terutama setelah banyak beredar makanan instan dan junk food, dengan komposisi nutrisi yang tidak seimbang.

  1. Papan (Tempat Tinggal)

Tempat tinggal yang dimaksud di sini biasanya berupa rumah, yang berfungsi untuk tempat berlindung dan berteduh dari panasnya matahari dan derasnya hujan, serta untuk mendapatkan kenyamanan saat tinggal dalam rumah tersebut.

gambar kebutuhan primer papan
gambar kebutuhan primer papan

Seiring berjalannya waktu, rumah juga digunakan sebagai tempat untuk tempat berkumpul bersama keluarga dan sahabat. Bahkan saat ini banyak orang yang menggunakan rumah tinggal sekaligus sebagai tempat kerja. Memang manusia masih bisa bertahan hidup tanpa tempat tinggal, namun tanpa tempat tinggal manusia tidak dapat berlindung, berteduh dan merasa nyaman.

Seseorang tidak harus membeli rumah untuk memenuhi kebutuhan akan papan, karena bisa saja dengan cara mengontrak rumah, tinggal di rumah orang tua, atau tinggal di rumah saudara. Hal ini disebabkan karena harga properti yang semakin mahal, sehingga membuat banyak orang tidak mampu membeli tempat tinggal sesuai keinginan mereka.

Ketiga contoh kebutuhan primer di atas merupakan kelompok besar kebutuhan primer yang harus dipenuhi sebelum memenuhi kebutuhan-kebutuhan lainnya. Seiring dengan perkembangan jaman,

ada beberapa kebutuhan primer lain yang harus dipenuhi sesuai dengan standar kebutuhan tiap-tiap orang, antara lain :

  1. Kesehatan

Untuk dapat memenuhi kebutuhan dasarnya, seseorang harus melakukan upaya ekonomi. Untuk itu dibutuhkan kesehatan yang bisa menunjang peran seseorang dalam aktivitasnya melakukan upaya tersebut. Jika kondisi tubuh tidak sehat, maka seseorang akan kesulitan dalam memenuhi kebutuhan hidupnya yang akhirnya bisa mengganggu kelangsungan hidupnya.

kesehatan
kesehatan

Sehingga peran pemerintah dalam memberikan jaminan kesehatan bagi masyarakat merupakan keharusan, dengan cara menyediakan dan memperbaiki semua sarana dan prasarana yang memadai untuk menunjang kesehatan masyarakat.

  1. Pendidikan

Selain harus sehat dalam aktivtasnya untuk memenuhi kebutuhan dasarnya, manusia juga harus mempunyai pendidikan (ilmu) untuk meraihnya, sehingga tidak boleh diabaikan. Seseorang wajib mendapatkan pendidikan yang layak, bisa dalam bentuk pendidikan formal maupun pendidikan informal.

kebutuhan pendidikan
kebutuhan pendidikan

Pendidikan memiliki peran penting dalam aktivitas manusia untuk memenuhi kebutuhan-kebutuhannya. Dengan ilmu yang dimilikinya, sangat berguna bagi seseorang untuk menjalani perannya dalam persaingan global di bidang ekonomi yang semakin hari semakin meningkat dan berkembang. Seseorang yang mempunyai pendidikan atau ilmu yang lebih baik  pada umumnya memiliki kualitas hidup yang lebih baik pula.

Hirarki Kebutuhan Manusia Menurut Teori Abraham Maslow

Contoh-contoh kebutuhan primer di atas merupakan kebutuhan dasar manusia yang sangat penting untuk dipenuhi. Hal ini sesuai dengan teori Abraham Maslow yang menyatakan bahwa orang termotivasi untuk memenuhi kebutuhan tertentu dan bahwa beberapa kebutuhan lebih diutamakan daripada kebutuhan yang lain. Kebutuhan manusia yang paling mendasar adalah untuk bertahan hidup secara fisik, dan ini akan menjadi hal pertama yang memotivasi perilaku kita. Setelah level itu dipenuhi, level selanjutnya adalah pemenuhan kebutuhan lainnya.

Abraham Maslow mendefinisikan daftar kebutuhan manusia yang sekarang disebut sebagai Hierarki Kebutuhan Manusia. Dalam hierarki kebutuhan manusia, semua manusia memiliki lima tingkat kebutuhan dasar untuk dipenuhi, yaitu :

  1. Kebutuhan Fisiologis

Ini adalah kebutuhan yang pertama dan paling mendasar dari semua kebutuhan yang berkaitan dengan kelangsungan hidup manusia, seperti kebutuhan akan makanan, minuman, tempat tinggal, tidur dan oksigen. Jika kebutuhan ini tidak terpenuhi, tubuh manusia tidak dapat berfungsi secara optimal. Kebutuhan fisiologis yang paling penting karena semua kebutuhan lain menjadi sekunder sampai kebutuhan ini terpenuhi.

  1. Kebutuhan akan Keamanan Dan Perlindungan

Setelah kebutuhan fisik dipenuhi secara teratur, tingkat kebutuhan manusia selanjutnya adalah keselamatan dan keamanan fisik. Ini adalah kebutuhan untuk merasa aman dari bahaya dan ancaman pribadi. Mencakup perlindungan dari keamanan, ketertiban, hukum, stabilitas dan kebebasan dari rasa takut.

  1. Kebutuhan Cinta Dan Rasa Memiliki

Mencakup kebutuhan akan hubungan interpersonal yang memotivasi perilaku seseorang, seperti kebutuhan akan kasih sayang dan cinta, rasa untuk saling memiliki dan dimiliki, persahabatan, keintiman, kepercayaan.

  1. Kebutuhan Harga Diri

Ini disebut kebutuhan akan pengakuan dan penghargaan, berupa rasa ingin dihormati,  pengakuan, perhatian dan penghargaan dari orang lain.

  1. Kebutuhan Aktualisasi Diri

Apapun potensi yang dimilikinya, manusia harus mengaktualisasikannya dalam rangka berkontribusi kepada orang lain atau lingkungannya untuk  mewujudkan potensi pribadi, pemenuhan diri, mencari pertumbuhan pribadi dan pengalaman tertinggi.

Penting untuk dicatat bahwa model lima tingkat hierarki kebutuhan manusia telah dikembangkan dan dimodifikasi, yang mencakup juga kebutuhan kognitif, kebutuhan estetika dan kebutuhan transendensi.

  1. Kebutuhan Kognitif

Berkaitan dengan pengetahuan dan pemahaman, keingintahuan, eksplorasi, kebutuhan akan makna dan prediktabilitas.

  1. Kebutuhan Estetika

Berkaitan dengan penghargaan dan pencarian kecantikan, keseimbangan, bentuk, dll. 

  1. Kebutuhan Transendensi

Berkaitan dengan motivasi seseorang oleh nilai-nilai yang melampaui diri pribadinya, misalnya pengalaman mistis dan pengalaman tertentu dengan alam, pengalaman estetika, pengalaman seksual, pelayanan kepada orang lain, pengejaran ilmu pengetahuan, keyakinan agama dan lain sebagainya.

teori kebutuhan maslow
teori kebutuhan maslow

Dalam prakteknya, tingkat kebutuhan manusia mungkin tidak sesuai dengan urutan yang ada dalam tingkat hierarki kebutuhan Maslow. Namun yang pasti adalah ada hal-hal yang dibutuhkan manusia, dan pemenuhan kebutuhan manusia ini menjadi sumber motivasi seseorang.

Demikian materi mengenai kebutuhan primer dan penjelasan lengkap, juga contoh kebutuhan primer menurut intensitasnya. Semoga materi dari Jurnal Manajemen tersebut bermanfaat bagi pembaca sekalian. Jangan lupa share agar semakin banyak menebar kebermanfaatan.