Segala Hal Mengenai Kartu Kredit dan Reviewnya

6 min read

kartu kredit

Jika anda merupakan pribadi yang dinamis, suka belanja pastilah anda memerlukan hal yang simple dan cepat dalam melakukan transaksi pembayaran. Nah di dunia modern yang kita tinggali saat ini salah satu cara transaksi pembayaran yang praktis adalah dengan menggunakan kartu kredit.

Banyak yang bertanya mengenai kegunaan dan cara memperoleh kartu ini. Tidak sedikit pula yang masih bingung dalam menentukan jenis kartu kredit terbaik yang harus mereka miliki.

Pada kesempatan kali ini Jurnal Manajemen akan membahas secara mendetail mengenai kartu kredit. Berikut ulasannya :

Sejarah Kartu Kredit

Kartu kredit adalah salah satu alat pembayaran yang biasa dilakukan oleh masyarakat sekarang ini. Kartu ini bukanlah barang yang baru, karena di Amerika sana, kartu jenis ini sudah ada sejak beratus tahun yang lalu. Sejarah dari kartu ini bermula pada masyarakat Amerika yang melakukan pembayaran pada saat belanja menggunakan sebuah kartu yang dinamakan kartu member.

Kemudian pada tahun 1946, sistem pembayaran kredit dicanangkan oleh perbankan di Amerka Serikat. Lalu, pada tahun 1960 barulah kartu kredit diterbitkan oleh beberapa perbankan yang ada di Amerika sana. Di Indonesia sendiri baru ada kartu kredit pada tahun 1990 karena melihat peluang yang besar di Indonesia perihal kartu jenis kredit ini.

Untuk sekarang, penggunaan kartu kredit sudah melimpah. Berbagai bank yang ada di Indonesia memberikan kemudahan kepada nasabahnya untuk bisa membuat kartu ini dengan mudah. Adanya kartu kredit memang memudahkan masyarakat Indonesia sendiri dalam pembayaran.

Jadi, jika Anda kemungkinan belum bisa membayar suatu barang, dengan menggunakan kartu ini, bank akan membayarnya terlebih dahulu dan Anda bisa melunasi pembayaran tersebut dengan cara dicicil. Namun, perlu Anda ketahui, kartu ini mempunyai masa limit, jadi Anda tidak bisa untuk melakukan transaksi dengan jumlah yang cukup banyak. Lebih baik Anda menggunakan kartu kredit sesuai dengan penghasilan Anda selama sebulan.

Penggunaan Kartu Kredit

Sebenarnya sistem kartu ini hampir sama dengan sistem kredit uang yang bisa dilakukan kapanpun dan di manapun. Bahkan sekarang juga bisa menggunakan kartu kredit online yang bisa dilakukan dengan smartphone Anda. Jadi, apabila Anda tidak membawa kartu, dengan aplikasi yang ada di smartphone Anda bisa membayar belanjaan yang Anda beli. Namun, Anda sebagai nasabah harus tahu diri dalam bertransaksi.

Meski mudah penggunaannya, jika Anda terlalu sering melakukan transaksi akan berdampak pada suku bunga. Biasanya kartu kredit di beberapa bank akan memberikan bunga yang cukup tinggi dalam sekali Anda bertransaksi. Untuk itulah Anda perlu memakainya dengan bijak dan sesuai kebutuhan yang penting-penting saja. Jika Anda berminat untuk membuat, silakan pilih bank yang Anda percayai.

Cara Membuat Kartu Kredit

Cara buat kartu kredit di Indonesia sebenarnya cukup mudah dan dapat dilakukan dengan proses yang cukup cepat. Jika Anda memang sudah yakin untuk membuat kartu tersebut, pilihlah bank yang paling Anda percayai dan memberikan bunga yang cukup ringan. Untuk tahap awal, berikut adalah syarat apply kartu kredit, yaitu :

  1. Jenis kelamin pria atau wanita
  2. Untuk kartu utama biasanya harus berumur minimal 21 tahun sedangkan maksimal umur 65 tahun
  3. Untuk kartu tambahan, minimal umur 17 tahun dan maksimal 65 tahun
  4. Mengisi formulir permohonan yang sudah disiapkan oleh bank
  5. Copy slip gaji bulanan
  6. Copy rekening 3 bulan terakhir
  7. Copy identitas diri asli. Anda bisa menunjukkan fotocopy KTP Anda.
  8. Copy NPWP

Syarat-syarat tersebut harus ada ketika Anda ingin mengajukan pembuatan kartu tersebut. Jika syarat tersebut ada yang kurang, Anda tidak bisa untuk mendaftarnya. Setelah melakukan pendaftaran tersebut, nantinya akan diproses dan Anda akan mendapatkan kartu serta nomor kartu kredit.

Masing-masing bank memiliki keunggulan dan penawaran masing-masing untuk menarik para calon nasabah untuk bisa membuat kartu ini. Sebagai masyarakat yang cerdas, sebelum mendaftar Anda harus tahu lebih jauh beberapa keunggulan yang dihadirkan bank tersebut jika membuat kartu ini. Bank yang menjadi kepercayaan banyak masyarakat Indonesia memang ada beberapa, tinggal Anda yang menentukan mau yang mana.

Berbagai Fitur Kartu Kredit

Bagi anda yang belum atau baru akan membuat akrtu kredit tentunya akan bingung di awal. Pertanyaan mengenai “kartu kredit apa yang paling baik?” pasti muncul di benak anda.

Sebenarnya memilih kartu kredit tidak terlalu sulit. Hal pertama yang harus dijawab terlebih dahulu adalah “apa kegunaan kartu kredit tersebut bagi anda !?”. Apakah kartu kredit dipergunakan untuk keperluan bisnis atau traveling ? lebih sering keluar makan di restoran atau belanja bahan bulanan ? dan sebagainya.

Kenapa harus mengetahui kebutuhan ? karena pada setiap kartu kredit memiliki pelayanan khusus sesuai dengan kebutuhan anda. Sebagai contoh jika anda suka liburan maka pilihlah kartu kredit travel. Kemudian jika anda suka makan bersama keluarga di restoran berarti anda lebih sesuai dengan kartu kredit dining dibandingkan dengan kartu kredit cashback untuk belanja bulanan di supermarket.

Paling tidak ada 9 fitur yang ditawarkan oleh kartu kredit. Diantaranya adalah sebagai berikut :

Welcome Bonus Dining Cashback
Reward Travel No Fee
Premium Gasoline First Card

Kriteria dan Pertimbangan Memilih Kartu Kredit

Selain memilih kartu kredit berdasarkan fiturnya anda juga perlu pertimbangan lainnya. Jika anda masih kebingungan juga mencari kartu kredit apa yang akan anda pilih. Maka paling tidak ada 3 kriteria yang harus anda ketahui jika akan membuat kartu kredit. Beberapa kriteria tersebut diantaranya :

  1. Menawarkan syarat penghasilan yang terjangkau
  2. Menyediakan berbagai promo dan diskon bagi pelanggannya
  3. Memberikan poin reward dan airmiles atau salah satu dari keduanya karena penggunaan secara berkala

Dari ketiga syarat tersebut maka untuk spesifikasi selanjutnya anda bisa mencocokannya dengan tawaran kartu kredit di Bank-Bank yang anda percayai.

Selain kriteria yang telah disebutkan maka ada beberapa hal yang perlu menjadi pertimbangan sebelum benar-benar memilih kartu kredit. Setidaknya ada 7 hal yang menjadi pertimbangan sebelumnya yaitu :

  1. Pelajari biaya apa saja yang dikenakan (suku bunga)
  2. Kenali sistem dan operasional pelayanan pelanggannya
  3. Pahami luas dari jangkauan jaringan
  4. Pastikan memiliki tingkat keamanan tinggi
  5. Bank penerbit harus memiliki kredibilitas tinggi
  6. Pilih jenis kartu kredit sesuai dengan kebutuhan
  7. Memilih kartu kredit yang sesuai dengan kemampuan

Review Kartu Kredit di Indonesia

Sebenarnya apa saja jenis kartu kredit yang banyak digunakan orang ? Pada kesempatan kali ini Jurnal Manajemen mencoba untuk memberikan review tentang penawaran kartu kredit dari beberapa bank yang ada di Indonesia. Berikut selengkapnya :

Keunggulan Kartu Kredit BCA

Sejak dulu, bank BCA memang sudah melunvurkan kartu kreditnya dengan beberapa keunggulan yang dihadirkan setiap periode. Kartu ini menjadi alat pembayaran non tunai yang menjadi favorit nasabah bank BCA ataupun yang bukan dengan ketentuan yang berlaku. Untuk bisa apply di bank ini, syaratnya sama pada umumnya. Keunggulan kartu kredit dari bank ini cukup menarik. Dari segi kalangan pengguna memang tidak terbatas, karena untuk non nasabah pun bisa membuat kartu tersebut dengan ketentuan yang telah diterbitkan oleh bank.

Kemudian, untuk segi jaringannya, ada kurang lebih 1200 kantor cabang bank BCA yang tersebar di Indonesia sehingga masyarakat akan mudah jika ingin mendapatkan pelayanan dari bank tersebut. Untuk pelayanan dari bank BCA juga 7×24 jam. Jadi, Anda jangan khawatir jika kartu Anda mengalami masalah di jam-jam yang bukan jam kerja karena akan tetap dilayani setiap nasabah yang ingin melaporkan masalah.

Untuk suku bunganya sendiri, BCA menerpakan suku bunga yang sudah sesuai dengan Bank Indonesia yaitu, 2,95%. Dan itu masih ada jenis kartu yang suku bunganya lebih kecil dari ketentuan pihak BI. Anda juga bisa mendapatkan promo kartu kredit BCA jika Anda sering bertransaksi.

Beberapa jenis kartu kredit yang dikeluarkan oleh BCA beserta biaya tahunannya adalah sebagai berikut :

Nama Kartu Kredit BCA Biaya Tahunan
BCA Visa Batman Rp 125.000
BCA Black Visa Rp 450.000
Bukopin Mastercad Gold Rp 125.000
BCA Black Mastercard Rp 450.000
BCA Card Gold Rp 125.000
BCA Card Platinum Batik Rp 120.000
BCA Mastercard Platinum Rp 125.000
BCA Visa Platinum Rp 450.000
BCA Indomaret Rp 125.000
BCA Mastercard Gold Rp 125.000
BCA Matahari Card Rp 125.000
BCA Visa Gold Rp 125.000
BCA Mastercard MC2 Rp 125.000
kartu kredit BCA
kartu kredit BCA

Keunggulan Kartu Kredit BRI

BRI adalah bank yang sangat dekat dengan rakyat kecil karena bunganya selalu paling rendah. Di bank ini juga menerbitkan kartu kredit BRI yang akan memberikan kemudahan-kemudahan untuk para nasabahnya. Di bank BRI sendiri, jenis kartu kredit yang diedarkan ada 5, yaitu BRI Touch, Easy Card, Commercial Card, Premium Card, JCB Platinum. Dari kelimanya memilki keunggulan tersendiri bagi pemegangnya. Jika Anda masih bingung mau memilih jenis kartu apa, mintalah saran dari customer service untuk memilihkannya. Biasanya jika baru pertama buat, akan ditawari dengan kartu jenis BRI Touch. Berikut adalah jenis kartu kredit BRI beserta biaya tahunannya :

Nama Kartu Kredit BRI Biaya Tahunan
BRI Touch Visa Gold Gratis
BRI Easy Card Rp 250.000
BRI Wonderful Indonesia Rp 300.000
BRI JCP Platinum Rp 300.000
BRI Mastercard Platinum Rp 600.000
BRI World Access Rp 1.000.000
kartu kredit BRI
kartu kredit BRI

Keunggulan Kartu Kredit Mandiri

Bank Mandiri adalah bank yang besar di Indonesia. Perkembangan bank ini memang cukup pesat dan menarik banyak nasabah karena pelayanannya yang cukup bagus. Untuk pembuatan kartu kredit, bank Mandiri memang juaranya. Untuk mendaftar pembuatan kartu tersebut, syaratnya sama pada umumnya, tapi ditambah dengan forocopy STP dan surat izin praktik untuk yang bekerja di bidang profesi,  kemudian juga menyerahkan fotocopy akte perusahaan. Untuk jenis kartunya bermacam-macam, Anda bisa memilih sesuai dengan kebutuhan Anda sendiri. Bank Mandiri akan meberikan limit sebesar 2 hingga 3 kali lipat dari total pengasilan Anda selama sebulan.

Berikut penawaran kartu kredit yang disediakan oleh Bank Mandiri :

Nama Kartu Kredit Bank Mandiri Biaya Tahunan
Mandiri Corporate Card Rp 350.000
Mandiri Distribution Card Rp 500.000
Mandiri Every Day Card Rp 180.000
Mandiri Fengshui Card Rp 600.000
Mandiri Gold Card Rp 324.000
Mandiri Golf Card Gold Rp 500.000
Mandiri Golf Card Platinum Rp 600.000
Mandiri HA IPB Rp 450.000
Mandiri Hypermart Card Gold Rp 250.000
Mandiri IBI Card Rp 342.000
Mandiri Platinum Card Rp 600.000
Mandiri Skyz Card Rp 300.000
kartu kredit Mandiri
kartu kredit Mandiri

Keunggulan Kartu Kredit Bank Mega

Kartu kredit bank Mega sangat diperuntukkan untuk ibu-ibu yang gemar berbelanja kebutuhan sehari-hari di supermarket. Bank Mega memang telah bekerjasama dengan supermarket verupa Carfeur dan Transmart untuk memudahkan mereka berbelanja kebutuhan sehari-hari tanpa uang tunai. Dapatkan pula keuntungan yang Anda peroleh jika membuat kartu kredit dari bank ini. Keunggulan tersebut contohnya saja berupa potongan 10 persen setiap belanja di kedua supermarket tersebut dan membayarnya dengan kartu kredit dari bank Mega. Ukuran bunganya juga tidak terlalu besar, sehingga orang yang berpenghasilan kecil, bisa mengimbangi bunganya. Ada beberapa jenis kartu kredit bank Mega yang bisa Anda pilih :

Nama Kartu Kredit Bank Mega Biaya Tahunan
Mega Gold Card Rp 400.000
Mega Travel Card Rp 1.000.000
Mega Platinum Card Rp 750.000
Mega Barca Card Rp 400.000
Metro Mega Card Rp 300.000
kartu kredit Bank Mega
kartu kredit Bank Mega

Penutup

Selain dari Bank yang disebut di atas masih terdapat banyak lagi bank yang mengeluarkan kartu kredit. Pada dasarnya kartu kredit memiliki fitur masing-masing seperti yang sudah disebutkan. Setiap fitur disesuaikan dengan kegunaan. Oleh karena itu sebelum anda berkeinginan memiliki kartu kredit sebaiknya pertimbangkan masak-masak apakah anda benar-benar memerlukannya. Jika iya maka jenis apa yang sesuai dengan kebutuhan anda.