Desain Kandang Ayam Joper Sesuai Umur dan Cara Membuatnya

7 min read

kandang ayam joper

Kandang Ayam Joper untuk Hasil Ternak yang Menguntungkan

Ayam joper merupakan ayam berkualitas baik dari hasil persilangan antara ayam petelur betina dengan ayam bangkok jantan. Untuk dijadikan ayam pedaging, ternyata ayam ini cukup potensial untuk dikembangkan. Ayam joper tidak memerlukan modal dan lahan yang banyak dalam pemeliharaannya bahkan hanya membutuhkan waktu 60 hari untuk panen. Sebelum mulai beternak, Kandang Ayam Joper merupakan hal yang terpenting untuk disiapkan.

Seperti apa cara membuat kandang ayam joper yang ideal ? Berikut ulasan Jurnal Manajemen mengenai kandang ayam joper :

Artikel Terkait
Pakan Ayam Joper
Harga Ayam Joper

Pembuatan Kandang Ayam Joper yang Benar

kerangka kandang ayam joper
kerangka kandang ayam joper | sumber : solusiternak.id

Sebuah kandang yang akan dibuat harus disesuaikan dengan jumlah populasi dan jenis ayam yang diternakkan. Sistem postal merupakan sistem yang digunakan dalam pembuatan kandang ayam joper. Pada sistem postal memungkinkan pembuatan kandang ayam tanpa area untuk pengumbaran sehingga dengan beralaskan litter, ayam akan selalu berada di dalam kandang.

Sistem portal memiliki beberapa keunggulan diantaranya adalah menghemat tempat, biaya, dan tenaga dalam pemeliharaannya. Dalam membuat kandang ayam kampung super (joper) terdapat beberapa hal yang perlu diperhatikan agar ayam yang dihasilkan mendatangkan keuntungan yang maksimal.

1. Arah Kandang

Dalam pembuatan kandang ayam joper ini, hal pertama yang harus Anda perhatikan adalah arah kandang itu sendiri. Kandang sebaiknya diarahkan ke timur atau barat, hal tersebut dilakukan agar sinar matahari langsung bisa masuk ke dalamnya dengan optimal.

Sinar matahari sangat ideal untuk menjaga kesehatan ayam joper. Tulang ayam akan terjaga metabolisme kalsiumnya karena paparan sinar matahari langsung yang ia terima.

Terdapat sebuah penelitian yang mengungkapkan bahwa ayam yang dihadapkan ke arah timur akan lebih baik kesehatannya dibanding yang dihadapkan ke arah barat. Hal tersebut karena di pagi hari sinar matahari lebih menyehatkan dan bisa membuat metabolisme kalsium menjadi lancar dibanding sinar matahari di sore hari yang tidak terlalu berefek terhadap metabolisme kalsium.

Selain alasan tersebut, pagi hari merupakan saat yang tepat untuk keadaan udara yang masih sangat segar sehingga bisa menurunkan risiko ayam joper terkena penyakit.

2. Letak Kandang

skema kandang joper
skema kandang joper | sumber : solusiternak.id

Letak dari kandang ayam joper juga harus diperhatikan selain arah kandangnya. Anda bisa menempatkan kandang dengan radius 100 meter dari pemukiman warga yang padat. Hal tersebut untuk mencegah penularan penyakit pada ayam ke manusia.

Selain alasan kesehatan, peletakan kandang dengan jarak tersebut bisa mencegah penduduk merasa ketidaknyamanan akibat limbah yang dihasilkan dari Beternak Ayam Joper. Letak kandang yang jauh dari pemukiman warga pun bisa untuk mencegah gangguan suara yang dikeluarkan hewan ternak, sehingga bisa mengganggu lingkungan sekitarnya.

Perlu diingat pula bahwa memilih tempat untuk kandang ayam joper sebaiknya dekat dengan sumber air. Hal tersebut akan akan lebih mempermudah Anda untuk membersihkan kandang dan memberi minum ayam ternak.

3. Akses Menuju Kandang

Akses menuju kandang ayam joper perlu diperhatikan ketika Anda menentukan letak atau lokasi dari kandang. Pastinya hal yang sangat dinantikan dalam beternak hewan adalah keuntungan besar yang dinanti-nanti. Pemasaran ayam joper akan lebih mudah dilakukan apabila akses transportasi oleh kendaraan bisa lebih mudah untuk dicapai. Dengan kemudahan akses tempat, para konsumen dan pengepul dapat meninjau langsung lokasi ternak ayam joper Anda.

4. Penyaluran Limbah

Anda perlu memastikan limbah dapat tersalur dengan baik dalam pembuatan sebuah kandang ayam joper. Hal tersebut dilakukan agar tidak terjadi genangan air dan kotoran ayam yang menumpuk.

Hal tersebut bila dibiarkan akan mudah menimbulkan berbagai macam penyakit bagi ayam joper sehingga sangat berbahaya bahkan manusia pun bisa terkena efek tertularnya penyakit. Untuk menampung seluruh kotoran ayam tersebut dibutuhkan saluran dan tempat yang terkumpul jadi satu.

Keuntungan lain pun bisa Anda peroleh jika menyediakan tempat penyaluran limbah, yaitu kotoran ayam bisa digunakan sebagai pupuk kandang atau pupuk alami yang bisa digunakan sendiri maupun dijual ke orang lain.

5. Ukuran Kandang

Anda bisa menyesuaikan sendiri ukuran kandang ayam joper dengan berapa modal yang Anda punya. Selain itu, pertimbangan penyesuaian ukuran kandang terhadap pekarangan yang tersedia pun harus diperhatikan.

Terdapat dua jenis kandang dalam beternak ayam joper, yaitu kandang box dan kandang pembesaran. Kandang box diperuntukkan untuk merawat anakan ayam joper berumur 1-3 minggu. Sedangkan kandang pembesaran diperuntukkan sebagai tempat merawat ayam berumur 3-8 minggu.

Ukuran kandang box yang ideal adalah sebesar q meter persegi yang diperuntukkan anakan ayam sebanyak 70 ekor atau DOC dalam kandang. Selain itu, dalam kandang box juga perlu diperhatikan kehangatan suhunya sebesar 30 sampai 32 derajat celcius.

Anda harus memindahkan anakan ayam joper ke kandang pembesaran ketika umurnya menginjak 21 hari. 100 ekor ayam joper bisa ditampung dalam sebuah kandang pembesaran berukuran 13 meter persegi.

6. Konstruksi Bangunan Kandang Ayam

Mengenai biaya pembuatan kandang ayam joper,Anda tidak perlu khawatir karena harus membeli berbagai macam bahan konstruksi yang menguras kantong. Untuk membuat kandang ayam joper ini bisa dibilang terjangkau dan mudah untuk didapatkan sehingga akan menghemat pengeluaran Anda.

Meskipun demikian, Anda tetap harus mengusahakan penggunaan bahan yang bermutu sehingga konstruksi bangunannya bisa dibuat kokoh, kuat, dan tahan lama untuk beternak.

Beberapa bahan bisa Anda jadikan pilihan untuk membuat kandang ayam joper ini, antara lain: besi, bambu, kayu, baja ringan, dan kawat.

Dari bahan-bahan yang disebutkan di atas, jika Anda ingin menggunakan bahan yang paling mudah didapat, paling murah, dan tahan hingga beberapa tahun dengan pemakaian norma, Anda bisa menggunakan bahan kawat untuk kandang ayam joper.

7. Atap Kandang

Kandang ayam joper khususnya pada bagian atap, ada baiknya tidak menggunakan bahan yang bisa membuat panas suhu udara di dalamnya, misalnya saja membuat kandang beratapkan seng.

Kualitas dari ayam joper akan sangat terpengaruh oleh suhu pada kandang. Tingkat produktivitas ayam akan menurun jika suhunya terlalu tinggi sehingga ia tidak nyaman karena kepanasan.

Selain itu, saat turun hujan di atas atap tidak akan mengeluarkan suara bising yang dapat membuat ayam mengalami stress. Oleh karena itu, sebisa mungkin Anda memilih bahan atap yang nyaman digunakan dan tidak mengganggu produktivitas ayam joper. Untuk membuat bagian atap kandang, Anda dapat menggunakan asbes, terpal, dan rumbai.

8. Dinding dan Lantai Kandang Ayam

Anyaman bambu dan triplek bisa Anda gunakan untuk membuat dinding kandang ayam joper. Keuntungannya adalah bahan tersebut bisa tahan dalam waktu yang lama dan kokoh untuk kandang. Selain itu, bahan tersebut cenderung mudah didapat dan harganya pun tidak menguras kantong.

Anda dapat menggunakan tanah yang dipadatkan untuk membuat lantai kandang atau bisa juga dari semen. Usahakan untuk membuat lantai lebih tinggi dari sekitarnya, hal tersebut untuk mempermudah proses sanitasi kandang.

Lantai kandang atau alas kandang ayam joper dibutuhkan rongga-rongga atau serapan air yang berfungsi agar lantai tidak becek dan selalu kering. Lantai yang lembab dapat menimbulkan berbagai macam penyakit yang bisa menyerang ayam joper.

 

Baca Juga : Cara Budidaya Ayam Joper (Jawa Super) Paling Menguntungkan !!!

 

Kandang Ayam Joper Berdasarkan Umurnya

Proses pemeliharaan ayam kampung super (joper) memang tidak bisa lepas dari kandang yang digunakan. Kandang yang dibuat dengan benar memegang peranan yang cukup penting dalam beternak ayam joper. Kandang berfungsi sebagai tempat berkembang dan tumbuhnya hewan ternak serta tempat berteduh dari guyuran air hujan dan teriknya sinar matahari.

Dalam menentukan lokasi kandang ayam ada beberapa poin yang harus Anda perhatikan yaitu :

  • Jauhkan kandang dari padatnya pemukiman penduduk. Setidaknya beri jarak 100-500 meter dari pemukiman terdekat.
  • Pastikan letak kandang ayam cukup mendapatkan sinar matahari. Sinar matahari yang cukup akan membuat kandang selalu dalam kondisi kering sehingga jamur pun enggan untuk tumbuh di kandang. Anda bisa membuat agar kandang menghadap ke arah timur agar di pagi hari ayam bisa mendapat sinar matahari yang menyehatkan.
  • Jangan biarkan suhu di sekitar kandang terlalu panas atau terlalu dingin. Usahakan agar kandang selalu bersuhu normal yaitu sekitar 25 sampai 32 derajat celcius.
  • Pastikan agar kandang memiliki sirkulasi udara yang baik agar ayam dapat menghirup udara yang segar masuk ke kandang.
  • Usahakan agar lokasi kandang mendapat akses yang lancar. Hal tersebut berguna untuk proses mengangkut DOC menjadi lebih mudah untuk masuk ke kandang serta mempermudah hasil panen ayam dan pakan untuk ternak.

Kandang Ayam Joper Periode Starter (Umur 1 Sampai 2 Minggu)

kandang ayam joper 100 ekor
kandang ayam joper 100 ekor | sumber : solusiternak.id

DOC biasanya ditempatkan dalam boks yang memiliki pemanas buatan di dalamnya. Fungsi dari pemanas buatan adalah sebagai penghangat untuk anakan ayam joper. Untuk anakan ayam yang masih baru menetas, bulunya belum tumbuh dengan sempurna sehingga memerlukan pengganti kehangatan dari induknya. Pengganti penghangatan itulah sebagai fungsi dari lampu pemanas.

Anda dapat meletakkan beberapa lampu dengan kekuatan 5 sampai 10 watt dalam sebuah kandang. Bibit Joper yang bisa ditampung dalam kandang starter (ukuran 2 x 2 x 0,4 m) ialah sebanyak 100 ekor. Sedangkan ukuran kandang ayam joper 50 ekor adalah 1 x 1 x 0,2 meter.

Anda bisa mengetahui apakah lampu yang digunakan di kandang sudah sesuai atau tidak dengan melihat anakan ayam jopernya.

  • Anakan ayam joper masih merasa kedinginan apabila mereka berkumpul di dekat lampu. Oleh karena itu perlu tambahan lampu yang diletakkan di dalam kandang dengan kekuatan watt yang lebih besar.
  • Anakan ayam joper kemungkinan merasa kepanasan apabila mereka menjauh dari posisi lampu sehingga Anda perlu mengganti lampu dengan daya yang lebih rendah.
  • Anakan ayam joper merasa telah cukup hangat apabila mereka mengambil posisi secara merata di seluruh area kandang. Itu artinya, kandang sudah memiliki suhu yang cukup ideal untuk proses tumbuh dan berkembangnya anakan ayam.

Kandang Ayam Joper Periode Grower (Umur 2 Minggu – Sudah Bisa Dipanen)

Anda bisa menggunakan beberapa bahan untuk membuat kandang pembesaran. Bahan-bahan tersebut antara lain: papan, semen, dan bambu. Bentuk kandang pembesaran pada dasarnya tergantung dari tujuan pemeliharaan ayam joper. Kandang pembesaran yang bisa Anda gunakan untuk ayam petelur, ayam pedaging, dan ayam yang akan dikawinkan tentu saja berbeda bentuknya.

Anda bisa menggunakan kandang postal litter jika memelihara ayam joper dalam jumlah banyak. Selain itu, bisa juga menggunakan kandang cage/panggung. Untuk memelihara ayam dengan semi intensif, Anda bisa menggunakan kandang setengah terbuka.

Jika Anda ingin hasil yang lebih baik, pemeliharaan secara intensif dan kandang yang digunakan adalah berupa kandang cage atau postal litter yang merupakan kandang ayam joper modern.

Kandang Postal

kandang ayam joper sistem postal
kandang ayam joper sistem postal | sumber : hobiternak.com

Ayam yang sudah berumur lebih dari dua minggu biasanya ditempatkan ke dalam kandang postal sebagai kandang pembesaran atau kandang ayam joper umbaran. Untuk populasi 100 ekor, Anda bisa menggunakan kandang dengan ukuran 5m x 3m, dan tinggi kandang sekitar 3 m. tentunya jika populasinya bertambah misalkan  ukuran kandang ayam joper 1000 ekor pun berbeda.

Fungsi diberi ketinggian sampai 3 m adalah agar ayam tidak merasa kepanasan karena jaraknya dengan atap lumayan jauh.

Anda bisa menggunakan beberapa bahan sebagai lantai kandang misalnya serbuk gergaji, sekam padi, dan kapur. Gunakanlah bahan-bahan tersebut pada lantai kandang dengan ketebalan 5 sampai 10 cm. Agar sekam tetap dalam kondisi lembab, Anda bisa melakukan pembalikan sekam setiap hari sebanyak 3 sampai 4 kali. Anda juga bisa membolak balik sekam karena bahannya mudah basah disebabkan oleh kotoran ayam dan air yang seringkali tumpah.

Kandang Ayam Kampung Super (Joper) Sistem Postal

Berdasarkan kelompok umur, kandang postal terdiri dari beberapa blok yang dibuat, untuk menyesuaikan kapasitas ayam yang dipelihara, sekam juga bisa sedikit digeser. Modal untuk membuat kandang ini cenderung lebih terjangkau karena merupakan salah satu kandang ayam joper sederhana.

Kandang Panggung Atau Kandang Ayam Joper Tingkat

Ukuran kandang joper panggung atau disebut pada dasarnya sama dengan ukuran kandang postal litter. Perbedaanya terdapat pada lantai kandang. Sesuai dengan naarmanya, kandang ini lantainya tidak menyentuh tanah secara langsung.

Lantai dan tanah berjarak sekitar 1 sampai 1,5 meter, dan memiliki ketinggian sekitar 1,5 sampai 1,6 meter. Kandang panggung terbuat dari bambu yang dibilah masing-masing sebesar 1,5 sampai 2 cm. Ukuran tersebut dapat membuat udara bebas masuk ke kandang, namun bisa Anda tutup dengan plastic di malam hari agar ayam tidak merasa kedinginan atau mengalami masuk angin.

Kandang panggung pada dasarnya cukup mudah dibersihkan dan tidak menguras kantong dalam proses pembuatannya. Namun Anda perlu melakukan kontrol secara terus menerus terhadap kondisi lantai karena beresiko roboh.

Perlengkapan Kandang

Agar proses pemeliharaan menjadi lebih mudah, maka Anda perlu memperhatikan peralatan kandang yang diperlukan. Berikut merupakan peralatan kandang joper yang dibutuhkan untuk beternak.

1. Tempat Makan dan Minum

Usahakan agar kedua benda tersebut terbuat dari bahan plastic, bambu, atau seng. Sebaiknya Anda menghindari penggunaan peralatan yang mudah berkarat karena berbahaya jika sampai termakan. Sebaiknya menggunakan bahan dari plastic yang tidak mudah ditumbuhi jamur dan tahan air.

2. Alat Penerangan

Bagi ayam starter, penerangan lampu merupakan perlengkapan yang penting untuk menghangatkan tubuh.

3. Alat Kebersihan

Sapu lidi merupakan benda wajib yang digunakan untuk membersihkan kandang. Dalam proses beternak, peralatan untuk sanitasi kandang cukup penting keberadaannya. Kondisi kandang yang kotor bisa menyebabkan sumber penyakit sehingga tidak baik untuk ayam joper.

Bahkan keberadaan alat kebersihan ini sangat penting mulai dari awal proses beternak sampai proses panen. Bobot ayam joper bisa mencapai 0,8 ons sampai 1 kilogram ketika memasuki usia 6 minggu. Harga yang ditawarkan pun bisa cukup kompetitif dengan pertumbuhan yang cepat.