Modal dan Desain Kandang Ayam Broiler [Konstruksi dan Peralatannya]

4 min read

Kandang Ayam Broiler

Aspek Membangun Kandang Ayam Broiler

Memiliki usaha ternak ayam menjadi sebuah pilihan yang banyak digeluti oleh masyarakat di Indonesia. Terlebih permintaan ayam sebagai bahan makanan sehari-hari pun tergolong tinggi. Selain mendatangkan keuntungan, ternak ayam juga banyak dijadikan lahan investasi sekaligus hobi. Untuk itu dibutuhkan kandang ayam broiler jika Anda ingin terjun ke bidang ternak satu ini.

Terdapat beberapa jenis ayam yang umum dikonsumsi masyarakat. Salah satunya ayam broiler yang dirasa paling memenuhi kebutuhan. Anda baru ingin terjun beternak ayam broiler? Ulasan Jurnal Manajemen seputar model kandang beserta aspeknya di bawah ini bisa dijadikan referensi serta ide untuk membangun kandang ayam.

Artikel Terkait
Kandang Ayam Bambu
Desain dan Model Kandang Ayam

Desain Kandang Ayam Broiler

Meski sekilas desain kandang untuk ayam di peternakan terlihat serupa, tetapi sebenarnya ada desain-desain khusus yang disesuaikan kebutuhan dalam beternak ayam. Desain ini disertai konstruksi dan aspek pembangunan kandang yang diterapkan agar kegiatan beternak menjadi maksimal, serta sesuai standar. Apalagi ayam broiler merupakan ayam ternak untuk konsumsi sehari-hari.

Desain kandang ayam broiler
Desain kandang ayam broiler | sumber : detiksumsel.com

Ada tiga hal utama yang harus dipertimbangkan dan diperhatikan ketika ingin membangun kandang untuk ayam broiler, yaitu:

a. Jumlah Ayam yang Akan Dipelihara

Paling pertama tentunya harus memperhatikan jumlah ayam yang akan diternakan. Ketika membangun sebuah kandang, harus melalui perhitungan apakah nantinya kandang cukup diisi oleh ayam-ayam ternakan Anda. Apakah nanti jumlah ayam akan bertambah yang mana membutuhkan ukuran kandang ayam broiler yang lebih besar lagi.

b. Sesuaikan Luas Lahan

Hal ini terkadang menjadi salah satu permasalahan ketika ingin membangun kandang untuk ayam ternak. Keterbatasan lahan memang bisa saja menjadi masalah yang menghampiri. Maka dari itu disarankan dari awal sudah menghitung ketersediaan lahan yang ada.

c. Perhatikan Usia Ayam

Berikutnya ialah dengan perhatikan usia ayam. Masing-masing ayam harus dirawat dengan cara berbeda, tergantung pada usianya. Untuk anak ayam yang juga menjadi bibit wajib dipisahkan dengan induk ayam dan ayam-ayam yang beranjak besar. Begitupun ketika masih berupa telur.

Tipe Kandang Ayam Broiler

Sementara itu kandang ayam jenis broiler ini memiliki dua ragam tipe yang berupa tipe close house dan tipe open house. Sesuai dengan namanya, keduanya bisa dibedakan dari bentuk kandang. Lebih jelasnya sebagai berikut:

1. Close House

kandang ayam potong close house
kandang ayam potong close house

Tipe kandang ayam broiler close house lebih banyak digunakan oleh para peternak di negara maju. Kandang tipe ini termasuk dalam kategori kandang modern yang bersifat intensif. Jumlah ayam yang diternakan pun sangat banyak, mencapai puluhan ribu ekor. Kandang ini memang tertutup yang dilengkapi material dan konstruksi pas.

Sehingga ayam-ayam tetap bisa diternakan sesuai, hingga menghasilkan ayam broiler layak konsumsi. Karena tertutup, udara yang mengalir dari maupun ke dalam ruangan lebih terbatas. Ini membuat tipe kandang close house dirasa cukup bersih, khususnya terhadap lingkungan sekitarnya.

2. Open House

kandang ayam terbuka
gambar kandang ayam terbuka | sumber : bisnisonlineusaharumahan.com

Kebalikan dari close house, tipe kandang open house ini merupakan kandang terbuka dan banyak diterapkan di negara-negara berkembang. Seperti di Indonesia. Sirkulasi udaranya memang jauh lebih baik dan membuat proses ternak jadi lebih baik pula. Jumlah ayam ternak dengan kandang tipe ini tumbuh lebih alami dan dari segi kualitasnya pun tergolong lebih baik.

Kekurangannya ialah bila kandang open house dibangun di lingkungan yang dekat dengan tempat tinggal penduduk, maka akan menimbulkan pencemaran udara yang mana akan muncul bau tidak sedap dan mengganggu kenyamanan warga sekitar.

Peralatan Kandang Ayam Broiler

Tidak hanya kandangnya, tetapi ada beberapa peralatan wajib yang harus disediakan oleh para peternak. Peralatan peratama berupa litter. Alat ini merupakan alas yang biasanya harus ada di sebuah kandang ayam jenis broiler. Bukan sekadar alas, litter juga akan membantu memaksimalkan proses ternak. Ketebalannya sekitar 10 hingga 15 centimeter.

Alat ini harus memiliki daya serap yang baik, tidak berbau, tidak berdebu, dan kering. Biasanya litter dibuat dengan bahan jerami, sekam padi, serutan kayu, atau rumput kering. Peternak harus mengganti litter secara rutin dengan menyesuaikan kebutuhan misalnya untuk sekali pakai atau pemakaian yang lebih lama. Litter yang kotor dan kurang diperhatikan akan menimbulkan penyakit bagi ayam.

Peralatan lainnya yang wajib ada ialah pemanas atau disebut brooder. Pemanas ini penting adanya agar ayam-ayam tetap merasa hangat, apalagi bila suhu udara tidak stabil dan cenderung dingin. Biasanya ayam broiler tidak tahan suhu yang terlalu dingin. Khusus untuk anak-anak ayam yang mudah mati ketika menghadapi suhu dingin. Bentuk pemanas ini bisa apa saja.

Ada sebagian yang mengandalkan kotak tungku berisi tumpukan kayu bakar pada kandang ayam broiler sederhana berbentuk kotak. Ada juga yang menggunakan pemanas mesin yang menggunakan listrik. Alat ketiga yang harus ada adalah tempat pakan dan minum. Tempat menaruh pakan dan minum harus terhindar dari karat atau anti karat agar tidak mudah rusak akibat kotoran dari ayam  itu sendiri.

 

Baca Juga : Cara Membuat Kandang Ayam Potong : Model, Ukuran, Biaya, Contoh

 

Konstruksi Kandang Ayam Broiler

Dalam pembangunan atau pembuatan kandang ayam ternak, dibutuhkan pematangan konstruksi yang memenuhi standar kandang ayam jenis broiler. Karena di Indonesia sebagian besar kandang berjeni open house, berikut konstruksi kandang yang terbuka dilihat dari bagian-perbagiannya.

1. Bagian Atap

Atap Kandang Ayam
Atap Kandang Ayam

Untuk bagian atap, wajib sekali membuat atap yang mampu menyalurkan udara dan cahaya dengan baik. Tujuannya agar pergantian udara dan pembuangan udara beracun seperti NH3 dan H2S lebih maksimal. Bahan yang digunakan di antaranya asbes, seng, ijuk, genting, atau pun alumunium foil.

Semua disesuaikan kebutuhan dengan memperhatikan suhu, kelembapan, serta budget pembangunan kandang. Besar kemiringan atap yang disarankan antara 30 sampai 45 derajat. Hampir sama dengan atap rumah tempat tinggal.

2. Bagian Dinding

dinding kandang ayam
dinding kandang ayam

Lanjut ke bagian dinding kandang, rata-rata dibangun dengan tinggi sekitar 1,8 meter (khusus kandang postal). Lalu tinggi 2 meter (khusus kandang besar) dengan tambahan dinding atas setinggi 1,7 meter. Dinding ini didasari tiang yang berbahan dasar bambu, cor, ataupun kayu. Sementara sisinya bisa berupa bambu atau kawat.

3. Perhitungan Lebar Kandang

Lebar kandang ayam

Konstruksi ketiga mengenai perhitungan lebar untuk kandang.Disarankan lebar kandang tidak lebih dari 8 meter untuk tipe kandang ayam broiler modern besar. Luasnya kandang ini harus diikuti dengan sistem drainase yang baik. Sebenarnya untuk lebar atau luas ini bisa disesuaikan dengan skala kegiatan ternak milik Anda.

Begitu pun dengan menyesuaikan jumlah ayam yang diternak. Jika masih sedikit atau skala masih menengah ke bawah, lebar dan luas kandang bisa diatur lebih kecil agar lebih mudah dalam merawat ayam-ayam milik Anda.

4. Pemberian Jarak Antar Kandang

Berikutnya, perlu diperhatikan mengenai jarak antar kandang. Seperti yang sudah disebutkan di atas, ayam ternak lebih baik dipisahkan sesuai kelompok usianya masing-masing. Sehingga tentu Anda tidak hanya membangun satu kandang saja.

Jarak antar kandang disarankan kurang lebih sekitar 5 sampai 8 meter. Biarkan space antar kandang lowong atau tanpa ditutup tanaman apa pun agar sirkulasinya baik. Jarak ini juga bisa mengurangi risiko yang tidak diharapkan. Contohnya ketika di satu kandang ayam terserang penyakit menular, nantinya bisa menghambat penyebaran penyakit ke kandang lainnya.

5. Arah Kandang

Konstruksi untuk kandang ini pun harus pertimbangkan arah kandang. Lebih baik buat kandang mengarah dari barat ke timur. Hal ini untuk memastikan sinar matahari alami masuk secara sempurna. Sebab bila diarahkan dari selatan ke utara atau sebaliknya, cahaya matahari yang masuk bisa berlebihan, menimbulkan suhu panas yang berlebihan juga.

6. Kepadatan Kandang

"<yoastmark

Untuk kepadatan ayam wajib dipertimbangkan. Perhitungan untuk membangun kandang ini bisa dengan target ternak ayam ukuran besar tingkat kepadatannya maksimal 6 – 7 ekor per-meter kubik. Untuk ukuran sedang maksimal berisi 8 ekor per-meter kubik. Serta ukuran kecil maksimal 9 – 12 ekor per-meter kubik.

Memulai Beternak dan Menyiapkan Kandang Ayam Broiler

Sudah matang ingin terjun menjadi peternak ayam broiler? Beternak ayam saat ini memang menjadi salah satu ide bisnis yang cukup menjanjikan. Namun tidak bisa sembarangan untuk dilakukan. Karena terdapat beberapa risiko menghantui Anda. Beternak ayam broiler harus telaten dan disiplin. Selain modalnya pun tidak sedikit, Anda harus pastikan perawatan ayam ternak secara intensif.

beternak ayam broiler

Ayam broiler termasuk jenis ayam yang mudah mengalami stress dan terserang penyakit. Salah satu cara agar ternak ayam ini lancar ialah dengan menyediakan kandang yang tepat. Lengkapi peralatan yang dibutuhkan, minimal Anda harus bisa memastikan ayam dapat diternakan dengan cara yang benar. Anda bisa memilih bibit ayam atau anakan yang berkualitas untuk menghasilkan panen memuaskan.

Pilih Model Kandang Ayam Broiler yang dirasa paling sesuai dan mampu memberi fasilitas terbaik bagi ayam-ayam Anda. Kualitas kandang ikut berperan besar bagi keberlangsungan bisnis peternakan ayam broiler Anda. Jangan lupa juga dengan kualitas pakan dan minuman yang diberikan.