Berbagai Desain/Model Kandang Ayam Bangkok dan Cara Membuatnya

5 min read

Kandang Ayam bangkok

Membuat Kandang Ayam Bangkok Yang Sederhana Dan Nyaman

Ayam bangkok merupakan salah satu jenis ayam laga/petarung yang paling banyak diminati. Kini para pecinta ayam tidak hanya memelihara ayamnya saja, untuk dijadikan petarung. Tapi juga dibudiyakan agar ayam-ayam ini menghasilkan para petarung yang hebat. Untuk menghasilkan ayam bangkok yang berkualitas, diperlukan kandang ayam bangkok yang bukan hanya aman tapi juga harus nyaman.

Anda bisa membuat beragam jenis kandang yang nyaman, cepat dan sesuai dengan keinginan. Ada banyak Model Kandang Ayam Bangkok yang bagus, yang bisa Anda gunakan ketika memelihara atau berbudidaya ayam bangkok. Bila Anda sedang Beternak Ayam Bangkok, maka Anda bisa membuat kandang ayam bangkok minimalis yang pengerjaannya cepat, mudah dan juga nyaman untuk ayam.

Untuk memperbanyak referensi mengenai kandang ayam Bangkok berikut sajian Jurnal Manajemen mengenai model kandang ayam bangkok :

Artikel Terkait Artikel Terkait
Ayam Bangkok Asli Ayam Bangkok Juara
Harga Ayam Bangkok Ayam Bangkok Birma

Kandang Ayam Bangkok Dari Bambu

kandang ayam bangkok bambu
gambar kandang ayam bangkok bambu | sumber : pinterest.com

Membuat kandang ayam bangkok yang dibuat dari bahan bambu yang nyaman, tentu menjadi idaman bagi para peternak atau pecinta ayam bangkok. Perawatan harian untuk ayam bangkok tersebut cukup sederhana, yaitu dengan membuat kandang yang nyaman dan mudah berkembang dengan baik dan cepat sesuai dengan keinginan kita.

Pada awalnya para pecinta ayam bangkok atau peternak ini mengalami kesulitan, dalam menentukan baagaimana bentuk yang cocok untuk kandang Ayam Bangkok Super. Misalnya bentuknya seperti apa, ukuran serja jenisnya bagaimana, untuk kenyamanan dan keamanan ayam bangkok tersebut.

Langkah-langkah dalam membuat kandang ayam bangkok ini sebenarnya mudah, dan tidak membutuhkan teknik yang khusus. Selama bahan-bahan yang diperlukan tersedia dengan lengkap, maka kandang ayam ini bisa Anda buat sendiri dengan desain dan bahan yang sederhana. Yang penting fungsi dari kandang itu sendiri sudah terpenuhi.

Ketika membuat kandang ayam yang bagus untuk ayam bangkok Anda, sebaginya buat dengan menyesuaikan dahulu misalnya dari segi usia ayam tersebut, apakah ayam bangkok Anda anakan, ayam remaja atau ayam dewasa. Buat ukuran yang pas dengan ukuran ayam tersebut, kemudian pilih bahan yang tepat. Misalnya bahan kayu, kawat, bambu dan sebagainya.

Cara Membuat Kandang Ayam Bangkok

Proses dan pengerjaan dalam membuat kandang ayam bangkok, sebenarnya hampir sama dengan membuat kandang ayam pada umumnya. Fungsi kandang pada ayam bangkok ini, juga untuk melindungi serta menjaga kelangsung hidupnya. Itulah sebabnya pembuatannya harus dibuat dengan tepat, dan sesuai dengan kebutuhan ayam tersebut.

Berikut penuturannya :

1. Sesuaikan Ukuran Kandang Ayam Bangkok

Ukuran kandang ayam yang biasa digunakan untuk beternak/budidaya biasanya akan disesuaikan lagi dengan jumlah ayam yang akan diternak/dibudidaya. Bukan hanya itu, Anda juga tetap harus menyesuaikan dengan bajet yang Anda miliki. Contohnya saat Anda memiliki lahan seluas 25 m2 maka kandang yang anda buat ukurannya sekitar 10 m2.

Ukuran tersebut dapat memenuhi sekitar 70 sampai 100 ekor ayam.

2. Tentukan Letak Kandang

Langkah yang kedua adalah menentukan di mana letak kandang akan disimpan. Jangan membuat atau menempatkan kandang yang lokasinya berdekatan dengan tempat tinggal penduduk. Jarak aman antara lokasi penempatan kandang dengan rumah penduduk adalah sekitar 10 m.

Tujuannya adalah supaya orang-orang yang tinggal di lingkungan sekitar, dapat terhindari dari infeksi penyakit jika ternyata ayam bangkok yang Anda pelihara terkena suatu penyakit.

3. Tentukan Bagaimana Konstruksi Kandang

Dalam membuat kandang ayam bangkok, tidak selalu harus menggunakan bahan yang baru. Anda juga bisa menggunakan bahan yang ada, atau bahan bekas yang masih bisa digunakan. Bagian konstruksi yang harus diperhatikan meliputi :

a. Atap Kandang

Atap adalah bagian yang paling penting dalam pembuatan kandang ayam ini. Fungsinya tentu saja sebagai pelindung dari panas matahari dan dari hujan. Bagian atap bisa dibuat dari bahan-bahan berikut seperti seng, terpal, asbes, ijuk, rumbai dan sebagainya. Seluruh bahan itu bisa dipakai dan memang kuat dalam menahan terik/hujan.

b. Dinding Kandang

Bagian berikutnya yang juga penting dalam pembuatan kandang ayam, yaitu bagian dinding kandang yang biasanya dibuat dari bahan triplek, anyaman bambu, kawat, bilah bambu, dan sebagainya. Bahan-bahan itu juga bisa dijadikan sekat pemisah antar kandang ayam tersebut.

c. Lantai Kandang

Untuk memudahkan proses sanitasi, ada baiknya jika Anda mengecor bagian lantai kandang terlebih dahulu dengan menggunakan semen. Namun bila biaya yang Anda miliki tak mencukupi, maka bisa diganti dengan bahan kapur, serbuk gergaji, sekam dan lain sebagainya.

Bahan-bahan itu dapat berfungsi untuk menjaga kandang agar selalu dalam kondisi bersih, dan tak akan becek jika terkena air. Lantai kandang ini bisa dibuat dengan ukuran tinggi sekitar 5 cm saja.

Bila Anda ingin menghindari polusi seperti bau atau penyebaran penyakit, maka tempatkan kandang-kandang itu dengan jarak minimal sekitar 250 m dari lingkungan sekitar atau tempat tinggal penduduk. Sebaiknya buat model kandang ayam bangkok, yang posisinya lebih tinggi dari tanah datar. Tujuannya supaya kandang tidak tergenangi dengan air ketika musim hujan tiba.

Hal-Hal yang harus Diperhatikan Dalam Membuat Kandang Ayam Bangkok

Cara bikin kandang ayam bangkok ini memang cukup mudah. Supaya hasil kandang tersebut bagus dan tepat guna. Berikut penuturannya :

  1. Di bagian lokasi kandang, usahakan banyak rerumputan yang tumbuh di sekitarnya. Supaya bisa dimanfaatkan sebagai makanan tambahan untuk ayam. Karena mereka juga menyukai tumbuh-tumbuhan.
  2. Hadapkan kandang pada sinar matahari, jika memungkinkan. Atau kandang dibuat langsung mengarah ke arah terbitnya sinar matahari pagi. Karena sinar matahari yang mencukupi, dibutuhkan oleh ayam tersebut.
  3. Gunakan bahan kandang yang ringan, yang bisa Anda geserkan sesuai keinginan/kebutuhan saat itu. Tujuannya adalah untuk membuat ayam terhindar dari penyakit yang sering muncul dari arah datangnya angin. Usahakan juga penempatan kandang tidak berlawanan arah dengan arah angin.
  4. Buat bagian atap dengan konstrukti yang baik dan gunakan bahan yang tepat. Supaya kandang tidak mengalami kebocoran saat hujan tiba.
  5. Buat fentilasi pada kandang-kandang ayam tersebut, agar ayam memperoleh udara yang segar.
  6. Buat kondisi/situasi di sekitar kandang yang bebas dari debu dan juga teduh.
  7. Dalam perawatan ayam dan kandangnya, sebaiknya lakukan penyiraman pada tanah yang berada di sekitar kandang dengan rutin.
  8. Bersihkan kandang dari kotorannya setiap hari.
  9. Pasang lampu di dalam kandang meskipun usia ayam sudah dewasa.

Tempat Yang Ideal Untuk Menempatkan Kandang Ayam Bangkok

Saat menempatkan kandang ayam, tentu anda harus menaruhnya di tempat yang tepat. Bukan hanya aman dan nyaman bagi ayam-ayam tersebut, tapi juga bagi lingkungan di sekitarnya. Penyimpanan kandang ayam yang tepat, adalah tempat yang memiliki sirkulasi yang baik yang tidak terkena hujan. Misalnya tempat yang semi oudoor dengan tanah sebagai alasnya.

Seperti yang telah disebutkan tadi, bahwa sebaiknya tempatkan kandang menghadap langsung ke arah timur matahari. Supaya ayam itu mendapat sinar matahari pagi, yang akan menyehatkan tubuhnya. Ayam bangkok juga harus mendapat sinar matahari setiap hari.

Khusus pada ayam bangkok betina yang sedang bertelur, atau ayam betina bangkok yang sedang merawat anaknya maka sebaiknya tempatkan kandang di tempat yang bebas dari air hujan atau genangan air apapun. Buat juga kandang yang dibuat khusus dari bahan yang anti ular, tikus dan jenis binatang lainnya yang mungkin memangsa ayam tersebut.

Jenis-Jenis Kandang Ayam Bangkok

Kandang Ayam Bangkok Sederhana
Kandang Ayam Bangkok Sederhana | sumber : [email protected]

Kandang untuk ayam bangkok dibuat secara khusus untuk fungsi dan kegunaannya, yang juga didesain secara khusus. jenis kandang ayam petarung yang satu ini, dibagi menjadi dua yaitu permanan dan non permanen. jika Anda membuat kandang yang permanen, maka kandang tersebut fungsinya untuk memelihara ayam bangkok betina dengan jumlah lebih dari empat ekor.

Fungsi lainnya dari kandang permanen ini adalah sebagai tempat mengawinkan ayam atau tempat bagi ayam-ayam betina ketika sedang merawat dan membesarkan anaknya. Selain itu kandang non permanen ini juga biasanya dipakai untuk mengurung ayam bangkok. Dengan sifat kandang yang mudah berpindah-pindah, maka ayam jago bangkok bisa tinggal di beberapa tempat yang berbeda.

Jenis kandang ayam ini cukup efisien saat digunakan untuk menjemur atau merangsang ayam, supaya lebih bergairah ketika mereka bertarung. Kandang-kandang tersebut akan disimpan dengan berderet-deret, supaya ayam-ayam itu bisa saling melihat satu dengan yang lainnya. Secara umum, kandang ayam portable ini bentuknya mirik dengan tudung saji dengan ukuran besar/raksasa.

Sedangkan pada kandang ayam jenis permanen, bentuknya lebih variatif lagi dan bisa disesuaikan dengan kondisi pada lingkungannya. Modelnya lebih elit/mewah tapi bentuknya bertingkat. Bahan utama dalam pembuatan kandang permanen ini, juga terbilang cukup mahal. Namun ayam bangkok yang tinggal di sana, akan lebih merasa nyaman dibanding pada kandang non permanen.

Artikel Terkait Artikel Terkait
Pakan Ayam Bangkok Ayam Bangkok F1
Anakan Ayam Bangkok Jamu Ayam Bangkok

Contoh Kandang Ayam Bangkok

Desain kandang ayam bangkok di bawah ini, merupakan contoh yang bisa menjadi referensi bagi Anda yang akan membuat kandang ayam untuk Jenis Ayam Bangkok. Berikut model kandang ayam bangkok :

1. Kandang Kurungan Ayam Bangkok

Kandang Ayam Kurungan

2. Kandang Yang Dibuat dari Bahan Besi/Kawat

kandang ayam besi atau kawat

3. Kandang Permanen untuk Ayam Bangkok Dewasa

kandang ayam permanen

4. Kandang Ayam yang Dibuat Dari Bambu

kandang ayam bambu | sumber : gaweanomah.com