Berbagai Jenis Ikan Louhan Lokal & Import Beserta Ciri dan Gambarnya

14 min read

jenis ikan louhan

Ikan Louhan adalah salah satu dari berbagai  ikan hias  air tawar yang memiliki banyak penggemar. Pada artikel kali ini Jurnal Manajemen akan membahas secara lengkap mengenai jenis ikan louhan. Pembahasan menyajikan informasi lengkap mengenai ikan louhan mulai dari habitat, ciri-cirinya, hingga pembahasan pada setiap jenisnya. 

Ikan louhan menjadi ikan yang terkenal karena karakteristiknya yang menawan. Ciri khas  ikan louhan  adalah memiliki benjolan di atas kepala, yang biasa disebut dengan jenong atau nong nong.

Ciri khas lainnya adalah warna sisik di tubuhnya yang menyerupai bunga berwarna cerah dan menarik. Warna sisik tersebut akan berubah warna seiring dengan kehidupannya hingga ikan menjadi dewasa sepenuhnya. Karena warna yang menarik itulah ikan louhan sering disebut dengan Flowerhorn.

Sebagian orang percaya jika memelihara  ikan Louhan  akan membawa keberuntungan (hoki), keselamatan dan lain sebagainya. Semakin besar jenong yang ada pada kepala ikan louhan, semakin banyak keberuntungannya. Sisik di tubuhnya mempunyai warna-warni bagai bunga dengan corak menyerupai huruf cina atau huruf arab. Keyakinan ini didasarkan pada pendapat bahwa louhan dengan jenong besar membuatnya menyerupai dewa panjang umur tiongkok.

Terlepas dari membawa keberuntungan atau tidak, yang penting jika suka kita bisa memeliharanya dengan baik. Itulah sebabnya harga ikan louhan jenong termasuk  mahal dan ada beberapa ikan louhan pernah dijual dengan harga yang fantastis. Bahkan ada satu ekor ikan louhan yang harganya mencapai puluhan juta. Sehingga secara bisnis sebenarnya ikan Louhan adalah suatu komoditas yang sangat menjanjikan.

Meskipun ikan louhan saat ini tidak sebooming pada tahun 2000-an, tetapi sudah mulai diminati lagi. Hal ini terbukti dengan adanya beberapa peternak ikan hias yang sudah mulai lagi membudidayakan ikan louhan dari berbagai jenis dan adanya event-event kontes ikan louhan di beberapa daerah.

Habitat di Alam

Ikan louhan bukan spesies alami dari alam tetapi merupakan ikan hibrida yang dibiakkan secara buatan, sehingga  tidak mempunyai  habitat alami. Beberapa ikan louhan yang telah dilepaskan ke alam liar sekarang diklasifikasikan sebagai spesies invasif.

Ikan louhan adalah merupakan jenis ikan hibrida, yaitu merupakan hasil perkawinan silang antara dua jenis ikan louhan yang berbeda. Ikan ini mulai dikembangbiakkan sejak tahun 1993 di Malaysia barat, yang waktu itu dikenal sebagai “Kaloi” yang artinya “kapal perang”. Kepala yang menonjol dan ekor panjangnya membuat ikan ini sangat berharga dan dianggap membawa keberuntungan oleh masyarakat Taiwan. Ikan louhan ini merupakan hasil dari perkawinan silang antara ikan merah cichlid yang diimpor dari Amerika Tengah ke Malaysia dengan hibrida parrot cichlid yang diimpor dari Taiwan ke Malaysia.

Pada waktu itu masih belum ada kejelasan nama jenis ikan yang memiliki jenong di kepala tersebut. Selama bertahun-tahun dilakukan proses pemuliaan secara selektif, hingga akhirnya pada tahun 1998 lahirlah hibrida Hua Luo Han generasi pertama. Setelah itu, beberapa jenis hibrida louhan lainnya dibuat, sehingga jenis-jenisnya mulai bertambah dan kepopulerannya pun semakin meningkat serta menyebar ke beberapa negara khususnya di Asia Tenggara. 

 

Baca Juga : Ragam Jenis Makanan Ikan Louhan Biar Jenong Berkualitas

 

Penampilan

Ikan louhan mempunyai penampilan tubuh oval yang tebal dan dapat tumbuh dengan ukuran maksimal panjang sampai 30 – 40 cm. Tingkat pertumbuhannya terhitung cukup cepat, bisa mencapai  2 cm setiap bulannya selama tahun pertama pertumbuhannya.

Sisik dari louhan memiliki warna dan corak yang bervariasi, berkisar dari kebiru-biruan hingga hijau metalik dengan warna merah muda dan merah di bagian depan tubuh. Sebagian besar varietas louhan memiliki tanda horisontal hitam pada tubuh yang menyerupai huruf china.

Sirip bagian atas dan bagian bawah punggung dari ikan louhan berbentuk runcing dan panjang. Sirip ekor memiliki penampilan bulat seperti kipas. Ikan louhan juga memiliki gigi biasa, bersama dengan serangkaian gigi faring yang berkembang dengan baik, yang terletak di mulut mereka. Mereka memiliki satu lubang hidung di setiap sisi kepala.

Karakteristik yang paling menakjubkan dari ikan louhan adalah adanya perubahan warna dan pola sisik yang terus berubah sampai ikan tumbuh menjadi dewasa sepenuhnya. Saat Anda membeli anakan ikan louhan, corak warnanya kemungkinan besar masih akan terus berubah sampai dewasa. Oleh karena penampilan anakan masih belum pasti, maka harga ikan louhan kecil jauh lebih murah daripada harga louhan dewasa.

Jenis Jenis Jenong Pada Ikan Louhan Dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Ukurannya

Jenong / nonong atau tonjolan pada kepala ikan louhan merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi daya tarik bagi orang yang memeliharanya. Semakin besar jenong ikan louhan maka akan semakin menarik minat orang yang melihatnya. Jenong seringnya muncul pada ikan louhan jantan, meskipun sebagian kecil ikan louhan betina juga mempunyai jenong dengan ukuran lebih kecil.

Ikan louhan generasi awal memiliki jenong tidak terlalu besar dan orang biasa menyebut jenis jenong ini dengan istilah “bone head”. Generasi ikan louhan saat ini semuanya memiliki ukuran jenong besar atau biasa disebut “water head”.

Bentuk jenong yang baik untuk ikan louhan kontes biasanya berbentuk mirip bulatan bola simetris jika dilihat dari depan dan samping.

  1. Lingkungan dan Makanan

Faktor lingkungan khususnya air merupakan salah satu faktor utama yang mempengaruhi pertumbuhan jenong ikan louhan. Pemeliharaan ikan louhan dengan air yang baik dan mendukung sangat diperlukan selain untuk pertumbuhan jenong juga untuk mencegah timbulnya berbagai penyakit. Selain itu makanan dengan kandungan protein yang tinggi, baik pelet ataupun makanan lainnya juga ikut mempengaruhi pertumbuhan jenong dan ikan secara keseluruhan.

  1. Genetik

Selain faktor makanan dan lingkungan, ukuran dan bentuk jenong juga dipengaruhi oleh faktor genetik. Indukan ikan louhan dengan genetik tidak mendukung, misalnya tidak mempunyai jenong, maka sulit mengharapkan bisa menghasilkan anakan yang akan memiliki jenong.

Faktor lain yang mempengaruhi pertumbuhan jenong ikan louhan adalah dominasi dan agresifitas. Dalam satu akuarium yang diisi beberapa burayak/anak ikan louhan, maka ikan louhan yang paling dominan dan agresif biasanya akan tumbuh jenong lebih besar. Untuk memancing agresifitas ikan louhan bisa digunakan cermin sebagai pendorong agresifitas. Hal ini mengakibatkan ikan louhan jantan akan merasa ada pesaingnya ketika menghadap cermin dan saat cermin kita jauhkan maka ikan louhan jantan akan merasa dia menjadi penguasa atau lebih dominan.

  1. Ukuran Akuarium

Satu hal lagi yang bisa mempengaruhi jenong ikan louhan adalah ukuran akuarium. Akuarium dengan ukuran yang lebih luas secara proporsional maka berpotensi bisa meningkatkan pertumbuhan jenong jika dibandingkan dengan akuarium berukuran sempit.

Jenis Jenong Pada Ikan Louhan

Ada beberapa jenis jenong pada ikan louhan antara lain :

  1. Bone Head / Hard Kok

Jenong bone head merupakan jenong struktur tulang yang ditemukan pada ikan louhan generasi awal, dengan ukuran yang tidak akan bisa tumbuh berukuran besar.

  1. Semi Water Head / Semi Water Kok

Jenis jenong semi water head mempunyai ukuran tidak terlalu besar

  1. Water Head / Water Kok

Jenong water head atau jenong air merupakan acuan jenong ikan louhan saat ini, dengan ukuran yang bisa sangat besar. Ikan louhan dengan jenong yang sangat besar biasanya disebut dengan boom head.

Cara Memelihara Ikan Louhan

Saat ini sudah banyak yang membudidayakan dan menjual louhan. Secara alami ikan louhan termasuk jenis ikan yang agresif, tidak mudah terkena penyakit dan mudah perawatannya sehingga tidak merepotkan. Perawatannya tidak sulit, cukup dengan memberi makan secara teratur dan mengganti air secara rutin.

Suhu air untuk ikan louhan berkisar antara 25 – 27 derajat celcius dan pH sekitar 6,5 – 7,5.  Ukuran aquarium sebaiknya disesuaikan dengan dengan ukuran ikan louhan, misalnya untuk ikan louhan ukuran 40-50 cm sebaiknya ukuran aquarium adalah 200 x 170 x 80 cm. Aquarium yang baik untuk ikan louhan harus dilengkapi dengan aerator dan filter, heater, tempat persembunyian, bebatuan, tanaman air dan pencahayaan yang cukup.

Ikan louhan adalah termasuk hewan karnivora dan memiliki selera makan yang tinggi dengan segala jenis makanan, terutama yang kaya akan protein. Makanannya bisa berupa makanan alami atau makanan buatan. Makanan alami antara lain berupa cacing sutra, cacing tanah, cacing rambut, cacing darah, udang, ikan kecil, jangkrik. Sedangkan makanan buatan berupa pelet khusus untuk ikan louhan. Sebaiknya menggunakan kombinasi keduanya dalam memelihara ikan louhan agar ikan louhan menjadi berkualitas. Dan pemberian makan louhan bisa dilakukan 2-3 kali dalam sehari.

Ikan louhan biasanya memiliki umur sekitar 8 – 10 tahun. Ikan louhan yang bertubuh pendek biasanya hanya hidup selama 4 – 5 tahun, sedangkan yang bertubuh lebih panjang hidup rata-rata selama 8 – 12 tahun.

Ciri-ciri Ikan Louhan Berkualitas

Saat membeli louhan dewasa, baik untuk hiasan di akuarium maupun untuk budidaya, pastikan Anda mengetahui  standar ikan louhan yang baik dan berkualitas. Berikut ini adalah ciri ciri ikan louhan yang baik dan berkualitas, antara lain :

  • Mempunyai warna sisik merah dan kuning cerah
  • Pada bintik hitam horisontal (marking) di tubuhnya terdapat lingkaran hitam dengan varisai warna perak keemasan metalik
  • Sirip bagian atas punggung dan bawah tubuhnya seimbang
  • Sirip ekor melebar dan merekah utuh menyerupai kipas
  • Lingkaran jenong di kepalanya besar dan berbentuk proposional
  • Mempunyai warna mata yang cerah dan tajam

 Jenis Dan Daftar Harga Ikan Louhan

Karena ikan louhan merupakan spesies hibrida yang merupakan hasil dari perkawinan silang, maka ada banyak sekali jenisnya. Harga jual ikan louhan juga termasuk mahal, yang ditentukan oleh warna sisik, pola bintik hitam horisontal dan besar kecil  serta bentuk jenongnya.

Harga ikan louhan juga bervariasi tergantung jenis dan kualitasnya. Kisaran harga ikan louhan lokal dewasa antara 500 ribu hingga 2 juta rupiah. Meskipun demikian, harga ikan louhan tidak mengalami perubahan terlalu drastis dari dulu  hingga sekarang.

 

Baca Juga : Daftar Harga Ikan Louhan Semua Jenis Terbaru

 

Jenis-jenis ikan louhan lokal yang terkenal dan banyak dijual serta dibudidayakan di Indonesia antara lain :

  1. Ikan Louhan Cencu

gambar ikan louhan cencu
gambar ikan louhan cencu | source : animalscene.ph

Ikan louhan cencu merupakan salah satu jenis louhan paling populer di Indonesia dan harganya juga terjangkau.  Ciri khas utama ikan louhan cencu adalah mempunyai bintik-bintik mutiara di tubuhnya, sehingga sering disebut dengan ikan louhan mutiara.

Ciri-ciri lainnya adalah mempunyai dua warna di tubuhnya, yaitu merah dan emas. Dari bagian kepala hingga bagian tengah tubuhnya berwarna merah, sedangkan bagian tengah tubuhnya hingga ekor berwarna kuning keemasan.

Sirip :

Pada sirip ikan louhan cencu pada umumnya bersifat lunak, panjang dan agak lebar. Semakin tua umur louhan cencu maka siripnya akan sedikit menguncup seperti ikan cupang.

Head Marking :

Karena moyang utama dari ikan louhan cencu adalah amp. trimaculatus, maka dipastikan memiliki marking (bintik hitam) pada bagian kepala.

Body Marking :

Berdasarkan tanda hitam horisontal tubuhnya (body marking), dibedakan menjadi grade A,B, dan C. Body marking ikan louhan cencu grade A mempunyai marking sampai pipinya. Grade B mempunyai marking setengah badan, sedangkan grade C mempunyai marking hanya 1 atau 2 di bagian badan.

Jenis ikan louhan cencu ada dua macam, yaitu jenis louhan cencu klasik dan modern, yang dibedakan berdasarkan ukuran tubuh, warna dominan dan motif mutiara yang ada di tubuhnya.

Ciri-ciri ikan louhan cencu klasik :

louhan cencu klasik
louhan cencu klasik | source : ferboes.com
  • Memiliki warna merah dominan dan cerah yang merupakan keunggulannya
  • Mutiara di sisik tubuhnya tidak begitu dominan
  • Umumnya mempunyai bentuk tubuh besar agak membulat (eklipse)
  • Jenong di kepalanya berukuran tidak terlalu besar ( bone head )
  • Ukuran tubuh lebih besar jika dibandingkan dengan louhan cencu modern.
  • Siripnya tidak mudah layu

Ciri-ciri ikan louhan cencu modern :

louhan cencu modern
louhan cencu modern | source : kaskus
  • Memiliki mutiara di sisik tubuhnya yang sangat dominan sampai ke bagian pipi, bahkan bisa sampai ke bagian jenongnya (kualitas tinggi).
  • Bentuk tubuh umumnya persegi.
  • Jenong di kepala biasanya sudah muncul ketika ukuran ikan louhan sekitar 10 cm.
  • Tipe jenongnya adalah water head, karena kandungan air pada jenongnya cukup banyak, tetapi sangat mudah mengempis bila kondisi lingkungan tidak sesuai.

Mutiara pada jenis louhan cencu modern sudah tampak pada saat ukuran ikan sekitar 3 cm. Jadi sangat mudah untuk menentukan jenis ikan louhan cencu klasik atau modern saat Anda ingin membeli anakan louhan cencu. Harga ikan louhan cencu modern biasanya juga relatif lebih mahal daripada harga louhan cencu klasik.

Harga jual ikan louhan cencu di pasaran cenderung tidak stabil dan mengalami kenaikan setiap bulannya. Kisaran harga jual ikan louhan cencu dewasa di pasaran dibandrol Rp 750.000 per ekor. Sedangkan harga ikan louhan cencu anakan rata-rata dijual dengan harga  sekitar Rp 150.000 per ekornya. Jenis  ikan louhan cencu kualitas super harganya bisa mencapai jutaan rupiah.

  1. Ikan Louhan Kamfa

louhan kamfa modern
louhan kamfa modern | source : ikanhias-id.blogspot.com

Ikan louhan kamfa yang berasal dari Thailand ini juga sangat populer dan banyak diminati di Indonesia. Meskipun harganya cenderung lebih mahal tetapi  sudah banyak yang berhasil membudidayakannya.

Ciri khas dari ikan louhan kamfa adalah tubuhnya mempunyai corak warna dominan merah cerah dan terdapat bintik-bintik silver dari kepala hingga ujung ekor.  Ciri lainnya adalah bintik hitam horisontal pada tubuhnya terlihat lebih rapi dan solid dibandingkan dengan jenis-jenis ikan louhan lainnya, serta  mempunyai mata putih atau kuning yang cenderung lebih cekung.

Sirip :

Untuk menentukan seekor louhan termasuk jenis kamfa atau bukan dapat diamati dari siripnya. Sirip ikan louhan kamfa lebar tapi bersifat kaku dan selalu berdiri saat sedang beraktifitas, yang terlihat sejak masih anakan.  Sebagai patokan untuk menentukan lebar siripnya bisa dilihat pada sirip atas dekat kepala, di mana sirip louhan kamfa lebih lebar sekitar 2 mm dibandingkan louhan cencu, dengan ukuran tubuh sekitar 3 cm.

Sirip bagian bawah tubuh lebar dan merapat ke ekor, semakin besar akan semakin rapat, biasa disebut dengan wrap tail (sirip menutup). Sedangkan sirip ekor ikan louhan kamfa mengembang berbentuk seperti kipas.

Head Marking :

Bintik hitam pada kepala ikan louhan kamfa tidak besar, bahkan seharusnya tidak tampak sama sekali, kalaupun ada berarti sudah dikawin silang dengan jenis louhan cencu.

Body Marking :

Untuk sistem grade ikan louhan kamfa sama dengan louhan cencu, yaitu grade A,B,C.  Umumnya penilaian saat mengikuti kontes, marking hanya dinilai 10%, sedangkan penilaian louhan cencu bisa mencapai 15-20%. Marking ikan louhan kamfa biasanya hitam solid dan tidak harus bergaris-garis/bertingkat.

Beberapa jenis ikan louhan kamfa yang beredar di pasaran khususnya di Indonesia antara lain adalah ikan louhan king kamfa, louhan kamfa klasik, louhan kamfa modern dan louhan kamfa Thailand.

Kisaran harga ikan louhan kamfa dewasa di pasaran biasa dijual dengan harga Rp 3.500.000 per ekor. Harga ini terbilang masih standar dan bisa lebih mahal, tergantung dari corak warna dan jenong yang dimiliki. Sedangkan harga ikan louhan kamfa anakan rata-rata dijual dengan harga Rp 850.000 per ekor.

  1. Ikan Louhan Golden Red

harga louhan golden red
louhan golden red | source : umpanikan.xyz

Ikan louhan golden red termasuk ikan louhan termahal di dunia. Ikan louhan jenis ini juga sering disebut dengan nama ikan louhan golden trimaculatus. Ikan louhan golden red sudah banyak ditemui di Indonesia, meskipun asalnya dari Thailand.

Sesuai dengan namanya, ikan louhan golden red dewasa memiliki perpaduan dua warna antara merah dan kuning emas. Saat masih anakan, perpaduan kedua warnanya belum begitu terlihat. Warna tubuh  ikan louhan golden red akan mengalami perubahan seiring dengan pertumbuhannya. Perubahan warna tersebut disebabkan karena adanya proses mutasi yang berlangsung melalui beberapa tahap sampai terbentuk perpaduan warna merah dan kuning emas yang cantik.

Harga ikan louhan golden red dewasa biasa dijual di pasaran dengan harga sekitar Rp 3.000.000 per ekor. Harga ikan louhan golden red yang sering menang kejuaran dan bersertifikat bisa mencapai belasan juta rupiah. Sedangkan harga ikan louhan golden red anakan rata-rata dijual dengan harga Rp 650.000 per ekor.

  1. Ikan Louhan Golden Base

harga louhan golden base
louhan golden base | source : ecs7.tokopedia.net

Ciri khas ikan louhan golden base adalah tubuhnya memiliki warna merah agak keemasan dan tanpa memiliki bintik hitam horisontal di tubuhnya. Kalau dilihat sekilas, penampakannya hampir mirip dengan ikan louhan golden red. Perbedaan utamanya adalah ikan louhan golden base memiliki warna lebih dominan keemasannya.

Perpaduan warna kuning keemasan dan merah yang hampir merata di seluruh bagian tubuhnya, menjadikan warna ikan jenis ini sangat kontras dan unik jika dibandingkan dengan ikan louhan jenis lainnya, sehingga menarik banyak orang untuk koleksinya dan banyak juga diburu para kolektor.

Harga ikan louhan golden base dewasa dijual di pasaran dengan harga sekitar Rp 1.800.000 per ekor. Sedangkan harga ikan louhan golden base anakan rata-rata dijual dengan harga Rp 450.000 per ekor. Semakin banyak corak mutiara pada tubuh ikan louhan golden base maka harganya akan semakin mahal.

  1. Ikan Louhan Bonsai

harga louhan bonsai
louhan bonsai  | source : apollo-singapore.akamaized.net

Sesuai dengan namanya, ikan louhan bonsai memiliki ukuran tubuh yang kecil, cenderung bulat, pendek, atau kerdil. Jadi meskipun sudah dewasa tubuh ikan louhan bonsai tidak akan bisa tumbuh membesar, yaitu sekitar setengah dari jenis-jenis ikan louhan lainnya. Hal ini dikarenakan ikan louhan bonsai memiliki kelainan genetik yang tidak dimiliki oleh jenis ikan louhan lainnya.

Ciri khas dari ikan louhan bonsai selain memiliki tubuh kecil adalah memiliki jenong besar dengan warna bervariasi.  Keunikan dan kelangkaan inilah yang membuat ikan louhan bonsai banyak dicari dan harganya lumayan mahal.

Jenis ikan louhan bonsai sendiri juga cukup banyak macamnya dan umumnya digolongkan berdasarkan warnanya. Beberapa jenis ikan louhan bonsai yang banyak dikenal di Indonesia  antara lain louhan bonsai super red dan louhan bonsai kemalau.

Harga ikan louhan bonsai dewasa biasa dijual di pasaran dengan harga sekitar Rp 800.000 per ekor. Sedangkan harga ikan louhan bonsai anakan rata-rata dijual dengan harga Rp 250.000 per ekor. Semakin kerdil tubuh ikan louhan bonsai dengan warna menarik dan jenong yang besar, maka harganya akan semakin mahal.

  1. Ikan Louhan SRD (Super Red Dragon)

harga louhan srd
louhan srd  | source : 4.bp.blogspot.com

Jenis ikan louhan SRD atau Super Red Dragon diketahui berasal dari Thailand. Ikan ini masih mewarisi karakter ikan louhan cencu. Ciri khas ikan louhan SRD adalah mempunyai dua warna pada tubuhnya. Pada bagian kepala termasuk jenong sampai ke bagian tengah berwarna merah cerah merona dan tajam, sedangkan pada bagian tengah tubuh sampai ekor berwarna silver atau kadang-kadang kuning, dengan bintik hitam bunga berukuran besar dari kepala hingga ekornya. Perpaduan bintik-bintik mutiara dan warna merahnya sangat kontras sehingga member kesan warna merah tubuhnya semakin menyala. 

Umumnya louhan SRD mempunyai jenong yang bagus dan proporsional dengan ukuran lebih besar, yang bisa mencapai dua kali lipat dari ukuran jenong ikan louhan jenis lainnya.

Ikan louhan SRD sangat populer dan banyak dicari di kalangan kolektor ikan louhan di kawasan Asia, mulai dari Malaysia, Thailand, Singapura, Indonesia bahkan Eropa.

Ikan louhan SRD terbagi menjadi dua jenis, yaitu ikan louhan SRD Thailand dan ikan louhan SRD lokal. Perbedaan ikan louhan SRD Thailand dan ikan louhan SRD lokal adalah sebagai berikut:

  • Ikan louhan SRD Thailand tubuhnya memiliki paduan warna merah dan kuning yang sangat kontras dengan jenong warna merah yang berukuran lebih besar, dan bintik hitam pada tubuhnya sangat pekat dan terlihat jelas.
  • Ikan louhan SRD lokal tubuhnya lebih kecil dan memiliki paduan warna merah dan silver keputihan. Ukuran jenong ikan louhan SRD lokal umumnya lebih kecil dan berwarna merah yang dihiasi bintik-bintik mutiara di bagian atasnya.

Harga ikan louhan SRD lokal biasanya lebih murah jika dibandingkan dengan jenis ikan louhan SRD Thailand.

Harga ikan louhan SRD lokal dewasa bervariasi tergantung ukurannya, rata-rata dijual di pasaran dengan harga Rp 1.500.000 per ekor. Untuk harga ikan louhan SRD anakan rata-rata dijual dengan harga Rp 400.000 per ekor.

  1. Ikan louhan SRS (Super Red Synspilum)

srs
srs | source : azgardens.com

Ikan louhan Super Red Synspilum (SRS) ini berasal dari Thailand dan sering mendapat julukan sebagai  Louhan Kamfa versi Thialand.  Ciri khas dari ikan louhan super red synspilum adalah mempunyai kombinasi warna merah sempurna, antara merah bata dan oranye, yang biasanya tidak memiliki corak bintik-bintik hitam di tubuhnya.

Ciri-ciri ikan louhan super red synspillum ( SRS ) :

  • Memiliki tubuh yang warnanya cenderung kecoklatan atau bisa dikatakan merah bata dan sedikit orange
  • Memiliki warna mata kuning atau putih
  • Siripnya yang lebar dan kaku
  • Jenongnya termasuk jenis water head
  • Tidak memiliki head marking (bintik hitam di kepala) sama sekali
  • Body marking (bintik hitam horisontal) di tubuhnya seringnya tipis

Selain keindahan warna tubuhnya, ikan louhan super red synspillum ini juga disukai karena memiliki daya tahan tubuh yang cukup tinggi terhadap penyakit, sehingga mampu bertahan hidup lebih lama daripada jenis ikan louhan lainnya. Meskipun demikian, ikan louhan jenis ini termasuk masih sangat langka dan jarang ditemukan di antara para penjual ikan hias di Indonesia.

Harga ikan louhan super red synspillum dewasa di pasaran berkisar Rp 2.500.000 per ekor. Sedangkan harga ikan louhan anakan super red synspillum dijual dengan harga Rp 400.000 per ekornya.

  1. Ikan Louhan SRT (Super Red Texas)

Jangan sampai terkecoh, meskipun ada kata texas di namanya, ternyata ikan louhan super red texas berasal dari Thailand. Pemberian nama super red texas karena merupakan hasil persilangan antara ikan louhan jenis texas cichlid abu-abu (blue/green texas) dengan ikan louhan jenis golden red.

Hasil persilangan tersebut menghasilkan jenis ikan louhan super red texas yang mewarisi ciri khas dari kedua indukannya, yaitu memiliki warna dasar merah terang yang indah dan pola bintik-bintik mutiara dari kepala hingga ekor yang secara keseluruhan menyerupai buah strawberry. Pola bintik-bintik mutiara pada ikan louhan super red texas juga ada beberapa tipe, yaitu mutiara pasir, mutiara rintik, dan mutiara kasar. Tetapi sayangnya jenis ikan louhan yang satu ini tidak memiliki jenong besar walaupun sudah dewasa.

Harga ikan louhan super red texas dewasa di pasaran berkisar Rp 2.300.000 per ekor. Sedangkan harga ikan louhan super red texas anakan di pasaran berkisar  Rp 600.000 per ekornya.

  1. Ikan Louhan Kemalau

harga louhan kemalau
louhan kemalau | source : i.ytimg.com

Berikutnya adalah jenis ikan louhan kemalau. Ikan ini merupakan jenis ikan louhan yang sangat langka meskipun banyak sekali peminatnya. Ciri-ciri jenis ikan louhan kemalau ini adalah adanya bintik bintik mutiara yang membentang dari kepala hingga ekor, yang tidak bisa ditemukan pada jenis ikan louhan lainnya.

Kombinasi warna pada tubuhnya juga sangat menarik, dengan dua bagian tubuh yang berbeda warna. Jenong dan kepalanya sampai bagian tengah tubuhnya berwarna merah cerah, sementara bagian tengah tubuh hingga ekornya mempunyai warna merah agak muda.

Adapun harga ikan louhan kemalau dewasa di pasaran berkisar Rp 600.000 per ekor.  Sedangkan harga ikan louhan kemalau anakan di pasaran dijual berkisar Rp 150.000 per ekor.

  1. Ikan Louhan Rainbow King

harga louhan rainbow king
louhan rainbow king |source : 2.bp.blogspot.com

Sesuai namanya, ikan louhan rainbow king memiliki warna tubuh beragam menyerupai pelangi, sehingga sering disebut dengan ikan louhan pelangi. Jenis ikan louhan rainbow king sangat mengagumkan karena mempunyai warna yang  indah, sehingga sering langsung memikat para pecinta ikan hias.

Bentuk tubuhnya hampir kotak, dan marking horisontalnya biasanya sudah muncul meskipun masih anakan. Ikan louhan rainbow king pada awalnya dikembangkan di Singapura dan mulai terkenal di pasaran setelah menjadi grand champion dalam kontes ikan louhan.

Ciri khas yang paling mencolok dari ikan louhan jenis ini adalah perpaduan lima warna berbeda yang terlihat pada tubuhnya. Karena keunikan dan keindahannya tersebut, ikan louhan rainbow king sering menjadi juara dalam kontes louhan internasional. Kepopulerannya bahkan bisa mengalahkan kepopuleran ikan louhan kamfa. Itulah sebabnya ikan louhan rainbow king banyak dicari dan memiliki harga jual yang tinggi.

Hati-hati dalam memilih ikan louhan rainbow king. Perlu diperhatikan bahwa marking horisontal sudah kelihatan saat  masih anakan ukuran sekitar 3 cm, dan bodinya tampak kebiruan. Beberapa penjual ikan hias yang nakal sering kali mengelabui dengan mengatakan menjual jenis ikan louhan rainbow king, padahal sebenarnya yang dijual tersebut adalah jenis ikan louhan kamfa.

Anakan jenis ikan louhan rainbow king juga serupa dengan super red synspilum. Bedanya bentuk kepala louhan super red synspilum bundar tidak lancip jika di lihat dari samping.

Harga ikan louhan rainbow king dewasa di pasaran dijual dengan harga berkisar Rp 3.000.000 per ekor.  Sedangkan harga ikan louhan rainbow king anakan dijual dengan harga Rp 650.000 per ekor.

  1. Ikan Louhan Strom

harga louhan strom
harga louhan strom | source : daftarikanhias.web.id

Jenis ikan louhan strom ini mungkin masih terdengar asing di telinga kita dan bisa dibilang lain dari yang lain. Karena merupakan fenomena baru dalam jenis ikan louhan.  Ikan louhan strom benar-benar sangat berbeda dengan jenis ikan louhan lainnya. Banyak hal yang belum terungkap di balik rahasia ikan louhan strom ini.

Ikan louhan strom merupakan hasil budidaya para pecinta ikan louhan di Thailand, tetapi sampai sekarang belum begitu popular di Indonesia. Meskipun demikian banyak orang mulai tertarik pada ikan louhan jenis ini karena warnanya yang indah dan menarik.

Ciri khas dari ikan louhan strom antara lain adalah memiliki tiga corak warna berbeda pada tubuhnya, yaitu merah, biru dan silver. Keunikan lainnya adalah corak hitam di tubuhnya horisontal lurus dan adanya bintik mutiara dengan ukuran yang cukup besar di tubuhnya.

Harga ikan louhan strom dewasa di pasaran dijual dengan harga Rp 2.500.000 per ekor. Sedangkan harga anakan ikan louhan strom dijual  dengan harga Rp 650.000 per ekor.

  1. Ikan Louhan Super Red Monkey

harga louhan srs
louhan super red monkey | source : 1.bp.blogspot.com

Ikan louhan super red monkey dikenal juga dengan nama super red shock. Memiliki ciri khas berwarna merah cerah dengan sedikit sekali mutiara ataupun bahkan tanpa mutiara sama sekali. Warna merah pada ikan louhan super red monkey ini merupakan proses mutasi. Proses mutasi ini diawali perubahan warna tubuh ikan louhan super red monkey menjadi hitam kemudian secara bertahap berubah menjadi pucat dan akhirnya keluar warna merahnya.

Ikan jenis louhan super red monkey ini sangat digemari karena dipercaya bahwa warna merah cerah pada ikan ini merupakan warna hoki. Walaupun harganya terbilang mahal namun tidak menghalangi niat para penggemar ikan hias untuk memilikinya. Harganya akan semakin mahal ketika sudah memiliki jenong yang besar dan berwarna merah pekat.

Ikan louhan super red monkey ini diperkirakan merupakan hasil persilangan antara ikan midas dan vieja. Ikan midas inilah yang kemungkinan besar menurunkan sifat mutasi/ fader yang juga terjadi pada jenis louhan super red monkey.

Demikian penjelasan tentang Jenis Jenis Ikan Louhan dan harga ikan louhan.

Semoga bermanfaat.