20+ Jenis Ikan Koi Beserta Gambar dan Harganya Terlengkap

15 min read

jenis ikan koi

Mengenal Berbagai Jenis Ikan Koi

Koi adalah jenis ikan yang tidak pernah kehilangan penggemar. Ikan yang dipercaya dapat membawa keberuntungan ini memang mempunyai daya tarik tersendiri. Tidak heran jika para hobiis rela menghabiskan banyak waktu, tenaga, dan uang untuk ikan hias yang satu ini. Ditambah dengan jenis ikan koi yang sangat beragam, para penggemar tidak pernah kehabisan bahan untuk dibicarakan.

Ikan koi sangat populer di Jepang sehingga banyak orang percaya bahwa Jepang adalah negara asal ikan cantik ini. Padahal, menurut buku yang membahas mengenai koi, ditulis bahwa ikan ini berasal dari Cina dan perairan tawar di negara tersebut adalah habitat asli ikan koi. Meskipun demikian, masyarakat terlanjur menganggap bahwa ikan koi berasal dari Jepang.

Seiring dengan berkembangnya anggapan tersebut, berbagai varietas ikan koi juga dinamakan dengan nama-nama khas Jepang seperti Kohaku, Showa, Utsuri, Sanke, Goromo, dan lain sebagainya. Terlepas dari hal tersebut, tidak dapat dipungkiri bahwa koi merupakan hewan peliharaan yang sangat menarik dengan berbagai macam daya tariknya.

Berbicara mengenai jenis, ikan yang satu ini memiliki banyak sekali jenis. Hingga saat ini, tercatat tak kurang dari ratusan jenis koi beredar di pasaran. Ikan-ikan tersebut mempunyai ciri khas tersendiri, meskipun hanya kalangan hobiis saja yang bisa mengetahui perbedaannya dengan pasti.

Pada pembahasan Jurnal Manajemen di bawah ini Anda akan menemukan beragam jenis koi yang tersedia di pasaran. Simak ulasannya berikut ini :

Sejarah Munculnya Jenis-Jenis Ikan Koi

Ikan Koi Generasi Awal

Pada dasarnya, koi merupakan hasil persilangan ikan karper atau ikan mas. Pembudidaya ikan karper terus menyilangkan ikan dengan berbagai warna secara terus menerus sehingga menghasilkan varietas baru yang belum pernah ada sebelumnya. Dari persilangan tersebut, muncul ikan koi yang mempunyai corak indah sehingga cocok dijadikan pelengkap rumah Anda.

Menurut sejarah, ikan koi pertama adalah koi Bunka yang ditemukan pada tahun 1804 hingga 1829. Ikan koi ini mempunyai ciri berupa warna merah pada bagian pipi. Koi Bunka kemudian disilangkan dengan koi yang mempunyai warna putih polos, sehingga menghasilkan ikan koi yang memiliki tubuh putih dan perut merah. Ikan ini kemudian dinamai sebagai koi Bunsei.

Munculnya Jenis Ikan Koi Baru

Berbagai jenis koi mulai banyak bermunculan setelahnya. Pada tahun 1830-1843, muncullah jenis koi Tenpo dengan ciri tubuh berwarna putih dan mempunyai corak merah pada bagian pipi, dahi, dan bibir. Hingga tahun 1870, persilangan koi menghasilkan koi Kohaku yang menjadi sangat populer hingga sekarang. Kohaku mempunyai badan berwarna putih dengan corak merah menyala.

Proses persilangan berlanjut, hingga pada tahun 1900 ikan koi kohaku disilangkan dengan koi berwarna hitam. Dari persilangan ini, dihasilkan macam jenis ikan koi dengan warna merah, putih, dengan sedikit corak hitam. Ikan inilah yang kemudian dikenal dengan nama Sanke atau Sanshoku. Tahun 1904, Jepang mendapat hadiah ikan mas bertekstur unik dari Jerman. Hasil persilangan dengan ikan ini dinamai Doitsugoi.

Pada tahun 1927, persilangan menghasilkan ikan varietas baru yang diberi nama koi Showa. Koi jenis ini mempunyai ciri khas dari segi warna. Jika sebelumnya ikan koi hanya memiliki dua warna, koi Showa terdiri dari tiga warna yaitu putih, merah, dan hitam. Hingga pada tahun 1946, ikan koi dengan warna kuning mulai dibudidayakan. Ikan bernama koi Ogon ini mendapat respon yang cukup baik.

Dari hasil budidaya dan persilangan Ogon, muncul ikan koi varietas baru yang memiliki warna metalik yang belum pernah ditemukan sebelumnya. Dari berbagai persilangan tersebut, telah jelas bahwa koi dibudidayakan dan disilangkan untuk menghasilkan jenis baru yang memiliki ciri khas yang belum pernah dimiliki oleh koi sebelumnya.

 

Baca Juga : 10 Jenis Ikan Koi Termahal di Dunia

 

Jenis Ikan Koi Jepang

Sebelumnya telah dibahas sejarah munculnya berbagai jenis pada ikan koi. Anda perlu meluangkan waktu untuk mengenal jenis koi karena jumlahnya yang begitu banyak. Di samping itu, koi juga mempunyai bentuk dan warna yang mirip, karena mayoritas mempunyai warna merah, hitam, putih, atau kombinasi ketiganya. Namun jika dilihat lebih dekat, setiap jenis koi mempunyai ciri khas yang berbeda.

Untuk mengenal lebih dekat, simak pembahasan mengenai jenis-jenis pada koi Jepang berikut ini. Namun tidak semua jenis koi akan dibahas mengingat jumlahnya yang terlalu banyak.

  1. Koi Kohaku

jenis ikan koi kohaku
jenis ikan koi kohaku | source : shutterstock

Kohaku merupakan jenis koi yang paling populer dari sejak pertama kali ditemukan hingga saat ini. Kohaku mempunyai warna yang khas, yaitu putih sebagai warna dasar corak berwarna kemerahan. Koi dari jenis Kohaku juga telah disilangkan dengan berbagai jenis koi lainnya sehingga menghasilkan jenis baru seperti Kohaku Doitsu dan Kohaku Tancho.

Dilihat dari segi harga, Kohaku merupakan salah satu koi yang dibanderol dengan harga relatif mahal. Namun hal ini ternyata tidak berpengaruh pada popularitasnya, terbukti masih banyak pecinta ikan hias yang memboyong ikan koi jenis ini ke rumah mereka. Untuk Anda yang tertarik memiliki koi Kohaku, harga anakan berkisar Rp 100 ribu. Namun, koi dewasa dihargai cukup mahal yaitu sekitar Rp 2 juta per ekor.

  1. Koi Taisho Sanke

jenis ikan koi taisho sanke
jenis ikan koi taisho sanke | source : shutterstock

Taisho Sanke merupakan jenis koi yang hampir mirip dengan Kohaku karena memiliki warna tubuh kombinasi putih solid dan merah. Yang membedakan Taisho Sanke dengan Kohaku adalah adanya sedikit corak hitam pada tubuh ikan jenis ini. Taisho Sanke juga termasuk ke dalam golongan koi yang cukup populer di kalangan pecinta ikan hias.

Koi yang satu ini sangat mudah dijumpai di pasaran. Hal ini tidak terlepas dari mudahnya proses pembudidayaan dan pemijahan koi Taisho Sanke. Dari segi harga, koi ini hampir mirip dengan ikan koi Kohaku.

  1. Koi Goromo

jenis ikan koi goromo
jenis ikan koi goromo | source : shutterstock

Jenis koi yang selanjutnya adalah Goromo atau biasa juga disebut sebagai Koromo. Ikan jenis ini diperoleh dari persilangan antara koi Asagi dengan Kohaku. Dari persilangan tersebut muncul koi yang memiliki tubuh dengan corak bulat hitam atau ungu yang menyerupai buah anggur. Hal ini pula yang menjadi ciri khas ikan koi Goromo.

Koi jenis ini cukup digemari karena keunikan coraknya. Goromo sendiri mempunyai berbagai varian corak, antara lain ungu, biru, indigo, dan hitam. Koi Goromo juga menjadi salah satu koi favorit para hobiis dan cukup mudah ditemukan di pasaran. Harga ikan koi Goromo berada pada kisaran Rp 400 ribu.

  1. Koi Showasansoku

jenis ikan koi showa sanshoku
jenis ikan koi showa sanshoku | source : shutterstock

Showasansoku biasa juga disebut sebagai koi Showa. Koi jenis ini mempunyai warna tubuh yang menarik, yaitu perpaduan merah, putih, dan hitam. Yang membuat Showa istimewa adalah coraknya memenuhi seluruh tubuh ikan sehingga terlihat indah jika berlenggak lenggok di kolam.

Showasansoku dikenal sebagai jenis koi yang tergolong mahal. Untuk mendapatkannya, Anda perlu merogoh kocek yang cukup dalam. Untuk seekor ikan koi Showasansoku berukuran sedang, Anda harus mengeluarkan uang sebesar Rp 1 juta per ekor. Namun harga tersebut sebanding dengan keindahan yang diberikan untuk kolam Anda.

  1. Koi Ogon

jenis koi ogon
jenis koi ogon | source : shutterstock

Ogon merupakan jenis ikan koi yang cukup berbeda dengan jenis lainnya. Jika biasanya ikan koi mempunyai warna hitam, merah, atau putih, koi Ogon memiliki warna kuning keemasan sehingga memberikan kesan berkelas. Ikan ini ditemukan pada tahun 1946 oleh Sawati. Ikan ini merupakan hasil dari persilangan antara koi jenis Shiro-Fuji dengan koi berpunggung kuning.

Persilangan tersebut tidak langsung menghasilkan koi berwarna emas sempurna. Pada mulanya, anakan yang dihasilkan memiliki warna emas hanya pada sebagian tubuh. Hingga pada generasi ke 6, persilangan tersebut menghasilkan koi Ogon dengan warna emas sempurna yang sangat cantik. Karena keindahannya, tidak heran ikan ini dibanderol dengan harga yang mahal, yaitu Rp 1.5 juta per ekor.

  1. Koi Shiro Bekko

jenis koi shiro bekko
jenis koi shiro bekko | source : shutterstock

Dalam bahasa Jepang, shiro berarti putih. Sesuai dengan namanya, Shiro Bekko memiliki warna putih yang solid seperti susu. Di atas warna dasar tersebut, terdapat corak tutul hitam. Inilah yang menjadi ciri khas koi Shiro Bekko, yaitu kombinasi putih dan hitam yang menyerupai sapi.

Ikan jenis ini juga menjadi salah satu favorit di kalangan pecinta ikan koi. Hal ini dikarenakan Shiro Bekko dianggap terlihat lucu dengan corak yang dimiliki. Untuk harga, Shiro Bekko dibanderol dengan harga yang cukup mahal yaitu sekitar Rp 800 ribu per ekor.

  1. Koi Hikarimoyomono

jenis koi Hikarimoyomono
jenis koi Hikarimoyomono | source : ikanhiasairtawarok.blogspot.com

Hikarimoyomono merupakan jenis ikan koi yang cukup langka di pasaran. Ikan ini mempunyai tubuh dengan warna dasar putih. Berbeda dengan koi jenis lainnya yang memiliki warna putih susu, Hikarimoyomono mempunyai warna putih keperakan. Ciri khas inilah yang menjadi daya tarik tersendiri bagi para pecinta ikan hias koi.

Selain warna putihnya yang menawan, Hikarimoyomono juga mempunyai corak yang sedikit aneh di bagian punggungnya. Corak ini terlihat seperti pola tulang rusuk yang melintang di punggung ikan. Hikarimoyomono dipatok dengan harga yang relatif mahal yaitu Rp 700 ribu per ekor.

  1. Koi Kawarimono

jenis koi kawarimono
jenis koi kawarimono | source : grandkoi.com

Salah satu jenis koi dengan penampilan yang unik adalah Kawarinomo. Ikan ini merupakan hasil persilangan, yang mana membuat Kawarinomo memiliki bentuk tubuh yang tidak menyerupai ikan koi. Alih-alih memiliki tubuh bercorak, koi yang satu ini mempunyai warna tubuh polos yang khas seperti warna ungu, biru, coklat, hijau, kuning, dan lain sebagainya.

Ikan ini bisa menjadi pelengkap kolam di rumah Anda. Ditambah lagi dengan harganya yang tidak terlalu mahal, Kawarimono bisa menjadi alternatif untuk Anda yang ingin memiliki ikan koi tanpa mengeluarkan anggaran terlalu banyak. Ikan koi Kawarimono dijual dengan harga sekitar Rp 200.000 per ekor.

  1. Koi Utsurimono

jenis koi utsurimono
jenis koi utsurimono | source : lintar.net

Utsurimono merupakan jenis koi yang mempunyai ciri khas warna dasar putih susu, kuning, dan merah kejinggaan. Ketiga warna dasar tersebut membuat ikan koi Utsurimono terlihat indah saat berenang di kolam. Uniknya, koi jenis ini memiliki panggilan yang berbeda sesuai dengan warna tubuhnya. Sebagai contoh, Shiro-Utsuri digunakan untuk koi Utsurimono berwarna putih, atau Hi Utsuri untuk warna merah.

Sedangkan ikan Ki Utsuri yang memiliki warna kuning terlihat cerah untuk melengkapi kolam rumah. Untuk Anda yang tertarik dengan koi jenis ini, Anda perlu mengeluarkan dana yang relatif besar. Seekor ikan koi Utsurimono dibanderol dengan harga sekitar Rp 800 ribu.

  1. Koi Asagi

jenis ikan koi asagi
jenis ikan koi asagi | source : shutterstock

Berada dalam deretan koi yang cukup mahal, Asagi mempunyai ciri khas di tubuhnya. Koi ini mempunyai kepala berwarna merah dan putih seperti koi lainnya. Yang membuat unik adalah koi jenis ini memiliki warna biru agak kelabu pada bagian punggung. Semakin banyak warna biru di punggungnya, maka semakin mahal harga koi Asagi tersebut. Seekor koi Asagi dihargai Rp 1.1 juta per ekor.

 

Baca Juga : Panduan Lengkap Cara Budidaya Ikan Koi di Kolam & Aquarium

 

Jenis Ikan Koi Langka di Indonesia

Meskipun koi merupakan jenis ikan hias yang cukup mudah ditemukan di pasar lokal, tidak semua jenis bisa Anda dapatkan dengan mudah di pasaran. Ada beberapa jenis koi yang tergolong langka, sehingga Anda membutuhkan usaha ekstra untuk mendapatkan koi langka tersebut. Namun, hasil yang diperoleh sepadan karena koi tersebut mampu memberikan kepuasan tersendiri.

Karena keberadaannya yang cukup langka, hal ini berpengaruh pada harga. Ikan koi langka biasanya dibanderol dengan harga yang lebih tinggi dibandingkan dengan koi yang banyak tersedia di pasaran. Untuk Anda yang berniat mencari ikan koi yang langka, berikut ini beberapa jenis yang bisa Anda pertimbangkan:

  1. Doitsu Chagoi

jenis ikan koi doitsu chagoi
jenis ikan koi doitsu chagoi | source : shutterstock

Chagoi merupakan jenis ikan koi yang mempunyai ciri khas warna coklat. Di pasaran, mungkin Anda bisa menemukan koi Chagoi namun warnanya tidak benar-benar coklat karena cenderung coklat kehijauan. Sedangkan Chagoi yang langka adalah koi Chagoi yang memiliki tubuh berwarna coklat sempurna. Selain itu, Doitsu Chagoi juga tergolong langka.

Ikan jenis ini dikenal sebagai koi yang paling jinak dan tenang. Di kalangan hobiis koi, Chagoi seringkali digunakan untuk menenangkan kelompok ikan yang ada di kolam. Karena sifatnya yang tenang, ikan koi lain diharapkan akan terpengaruh sehingga tidak terlalu agresif saat di kolam.

  1. Ochiba Shigure

jenis ikan koi ochiba shigure
jenis ikan koi ochiba shigure | source : nishikigoi.life

Jenis koi yang terbilang langka selanjutnya adalah Ochiba Shigure. Ikan ini merupakan hasil persilangan dari Chagoi dan Soragoi. Ochiba Shigure dalam bahasa Jepang berarti daun yang gugur di air. Koi jenis ini mendapatkan nama demikian karena adanya coklat dan putih keperakan pada tubuhnya. Seperti  indukannya, Ochiba juga mempunyai karakter tenang yang diwarisi dari koi Chagoi.

Di Indonesia, keberadaan Ochiba Shigure yang bagus cukup langka. Beberapa jenis Ochiba yang tersedia mempunyai warna coklat yang kurang tegas sehingga kurang menarik minat para hobiis. Hanya saja ikan ini tetap bisa menjadi pelengkap untuk kolam rumah Anda.

  1. Ki Utsuri

jenis ikan koi ki utsuri
jenis ikan koi ki utsuri | source : ikan-ikan.com

Nama jenis ikan koi yang satu ini berarti Utsuri kuning. Koi yang satu ini dinamakan demikian karena memiliki tubuh berwarna kuning dengan kombinasi hitam. Di Indonesia, kebanyakan Ki Utsuri mempunyai warna orange tua yang berpadu dengan corak warna hitam. Ikan ini mempunyai tubuh berukuran agak kecil dengan sirip dan ekor berwarna hitam.

Ki Utsuri yang murni mempunyai warna kuning cerah dengan corak berwarna hitam di seluruh tubuh. Sayangnya cukup sulit untuk menemukan ikan jenis ini di pasar lokal. Jika Anda menginginkannya, cobalah untuk mencari di pasar impor.

  1. Aka Matsuba

jenis ikan koi aka matsuba
jenis ikan koi aka matsuba | source : youtube

Koi dengan warna tubuh merah cerah sangat sulit ditemukan di pasar lokal. Inilah koi Aka Matsuba yang mempunyai warna dasar merah di seluruh tubuh dengan pola menyerupai jaring pada bagian punggung. Koi jenis ini terlihat sangat cantik karena corak tubuhnya. Sayangnya, Aka Matsuba masih sangat sulit di dapatkan di Indonesia.

Jikapun ada, warna merah pada tubuhnya tidak terlalu pekat sehingga memberikan kesan mendekati warna orange. Anda bisa membeli koi impor jika menginginkan Aka Matsuba dengan warna yang sesungguhnya.

  1. BeniGoi

jenis ikan koi benigoi
jenis ikan koi benigoi | source : koilogic.co.uk

Koi yang satu ini juga masih sangat langka di pasar Indonesia. BeniGoi merupakan jenis koi yang mempunyai warna merah pada sekujur tubuh, termasuk sirip. Ikan ini tidak mempunyai corak sedikitpun sehingga terlihat berbeda dari koi jenis lainnya. Anda mungkin menemukan beberapa BeniGoi di pasar lokal, namun warnanya tidak terlalu pekat sebagaimana aslinya.

  1. Budo Goromo

jenis koi budo goromo
jenis koi budo goromo | source : youtube

Budo berarti ungu tua. Dari nama tersebut, jelas bahwa Budo Goromo merupakan jenis koi yang berwarna ungu tua. Goromo jenis ini mempunyai kombinasi putih dan ungu tua. Koi yang tersedia di Indonesia biasanya mempunyai warna biru keunguan, bukan ungu tua.

Terdapat pula jenis Ai Goromo yang juga cukup langka. Berbeda dengan Budo Goromo, Ai Goromo mempunyai kombinasi warna dasar putih dengan corak merah-indigo. Corak tersebut membentuk seperti jaring pada bagian punggung ikan.

  1. Kumonryu

jenis koi kumonryu
jenis koi kumonryu | source : pinterest

Jenis koi selanjutnya yang sangat langka di Indonesia adalah Kumonryu. Koi jenis ini mempunyai motif unuk menyerupai lukisan naga pada bagian punggung. Bagi para hobiis koi, adalah suatu kebanggaan jika bisa memelihara ikan koi yang satu ini. Selain Kumonryu, Beni Kumonryu juga sangat langka. Ikan ini mempunyai tiga corak yaitu hitam, putih, dan orange yang terlihat rumit.

Karena coraknya yang unik dan menawan serta ketersedian yang sangat langka di pasaran, tidak heran jika Kumonryu dibanderol dengan harga yang sangat mahal. Namun ikan ini cukup populer di kalangan bangsawan Jepang.

  1. MidoriGoi

jenis koi midorigoi
jenis koi midorigoi | source : pinterest

Berbeda dari koi lainnya, MidoriGoi merupakan jenis koi yang mempunyai warna sangat unik. Hal ini dikarenakan MidoriGoi memiliki tubuh berwarna hijau muda yang sangat cantik. terdapat corak warna hitam berbentuk tulang rusuk pada bagian punggungnya. Tentu saja ini semakin menambah keindahan ikan koi yang satu ini.

Ikan MidoriGoi cukup langka di pasar lokal. Oleh karena itu, harganya juga relatif mahal. Bahkan tidak jarang ikan ini dihargai hingga puluhan juta rupiah per ekor.

  1. Goshiki

jenis ikan koi goshiki
jenis ikan koi goshiki |  cascadekoi.co.uk

Sesuai dengan namanya, Go berarti lima dalam bahasa Jepang. Goshiki adalah jenis koi yang mempunyai lima warna. Ikan ini mempunyai tubuh dengan kombinasi warna biru, biru muda, hitam, putih, dan merah. Meskipun Goshiki sudah hadir di pasar lokal, kualitasnya tidak sebaik Goshiki yang berasal dari Jepang. Warna merah yang pada koi lokal belum terlalu pekat.

Jenis Ikan Koi Chagoi 

jenis ikan koi chagoi
ikan koi chagoi | source : jualikankoi.co.id

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, Chagoi merupakan jenis koi yang cukup langka di pasaran Indonesia. Dinamakan Cha karena ikan ini mempunyai tubuh berwarna coklat dan biasanya tidak mempunyai corak alias coklat polos. Karena penampilannya ini, tidak jarang orang awam yang mengira bahwa Chagoi adalah ikan mas biasa.

Di kalangan pecinta koi, Chagoi memang tidak semenarik koi Showa maupun Kohaku yang mempunyai warna cerah dan bercorak. Karena kurangnya minat pembeli, tidak heran jika Chagoi termasuk salah satu jenis koi yang cukup langka. Namun siapa sangka ikan ini mempunyai kegunaan tersendiri untuk dipelihara.

Koi Chagoi dikenal mempunyai sifat yang tenang. Selain itu, dipercaya Chagoi juga merupakan panglima dari jenis koi lainnya. Karena hal ini, tidak sedikit pecinta ikan koi yang meletakkan setidakknya satu Chagoi di dalam kolam. Tujuannya adalah untuk mengatur ikan lainnya sehingga koi peliharaan menjadi lebih tenang.

Terlepas dari hal tersebut, koi Chagoi termasuk ke dalam golongan koi yang dibanderol dengan harga cukup mahal. Hanya hobiis sejati yang biasanya rela mengeluarkan banyak uang untuk membawa pulang koi yang satu ini.

Jenis Ikan Koi Slayer

Koi slayer merupakan salah satu jenis koi yang sangat menarik perhatian para penggemar ikan hias di seluruh dunia, terutama negara Jepang. Bisa dikatakan bahwa slayer menjadi salah satu yang tercantik di antara jenis lainnya. Bagaimana tidak? Ikan koi slayer memiliki ciri khas sirip yang panjang sehingga terlihat begitu indah saat berenang di kolam.

Ikan koi slayer terdiri dari beberapa jenis, namun yang paling terkenal adalah ikan slayer kumpay dan slayer platinum. Hingga saat ini, para pembudidaya juga masih mengembangkan banyak jenis lain sehingga koi slayer dengan berbagai jenis dan kualitas juga bermunculan. Dari hasil persilangan antar ikan koi slayer, akan didapatkan anakan slayer berkualitas dengan harga yang semakin tinggi.

Salah satu penyebab menjamurnya pembudidaya slayer di Indonesia adalah karena jenis koi yang satu ini cukup mudah untuk disilangkan. Ikan slayer berwarna polos biasanya disilangkan dengan ikan koi yang memiliki sedikit warna seperti Tancho untuk menghasilkan koi slayer dengan sedikit warna. perawatannya juga cukup mudah dibandingkan beberapa jenis koi lainnya.

Untuk menjamin mutu dan kualitas slayer, beberapa jenis ikan ini juga mempunyai sertifikat yang membuktikan bahwa ikan tersebut benar-benar berkualitas. Untuk slayer bersertifikat, Anda harus mengeluarkan dana yang cukup besar jika ingin membawanya pulang. Berikut ini penjelasan dua jenis koi slayer yang perlu Anda ketahui:

  1. Koi Slayer Platinum

koi platinum slayer
koi platinum slayer | source : bukalapak

Salah satu jenis koi slayer yang cukup banyak beredar di Indonesia adalah ikan koi slayer platinum. Dinamakan platinum karena ikan yang satu ini mempunyai warna khas, yaitu platinum polos tanpa corak di sekujur tubuhnya. Hal ini pula yang menjadi indikator harga untuk slayer platinum. Semakin polos dan tidak bercorak, maka harga jual menjadi semakin mahal.

Koi slayer platinum memiliki sirip dan ekor yang panjang. Ketika berada di dalam kolam dengan cat dasar berwarna gelap, ikan ini akan terlihat kontras namun sangat cantik. Dibandingkan jenis koi lain, slayer platinum dijual dengan harga yang jauh lebih tinggi. Untuk anakan, Anda bisa membeli seharga Rp 50 ribu per ekor. Bahkan slayer platinum dewasa bisa mencapai Rp 1 juta per ekor.

  1. Koi Slayer Kumpay

slayer kumpay
slayer kumpay | source : fjb.kaskus.co.id

Jenis ikan koi kumpai juga dikenal sebagai butterfly fish. Ini dikarenakan slayer kumpay memang terlihat seperti kupu-kupu yang sedang terbang. Berbeda dengan slayer platinum, jenis kumpay mempunyai warna tubuh dan sirip yang cantik dan cukup bercorak sehingga membuatnya terlihat semakin indah ketika berlenggak-lenggok di kolam.

Di Indonesia, koi kumpay berwarna kuning-putih merupakan jenis yang paling banyak ditemukan. Dari segi harga, slayer kumpay dijual dengan harga yang lebih rendah daripada slayer platinum. Untuk anakan, Anda bisa mendapatkannya dengan harga sekitar Rp 10 ribu, sedangkan untuk dewasa dijual dengan harga Rp 200 ribu per ekor.

Jenis Ikan Koi Blitar

koi blitar
koi blitar | source : jualo.com

Di kalangan penggemar ikan hias Indonesia, Blitar mempunyai nilai tersendiri. Hal ini dikarenakan Blitar merupakan tempat yang terkenal dengan pembudidayaan ikan hias jenis koi. Sejak pertama kali masuk ke Indonesia, koi memang telah mendapatkan tempat spesial di hati masyarakat. Selain karena penampilannya yang menarik, ikan ini juga dipercaya membawa keberuntungan.

Sebagai bentuk kecintaan akan ikan koi, banyak orang yang membudidayakan dan menyilangkan ikan koi dari berbagai jenis untuk menghasilkan jenis koi yang baru. Seringkali persilangan tersebut menghasilkan koi dengan beragam corak menarik sehingga menambah daya tarik tersendiri pada ikan tersebut.

Sayangnya, persilangan terkadang juga menghasilkan anakan yang kurang berkualitas. Banyak pembudidaya yang kurang memperhatikan mutu dan kualitas anakan hasil budidaya demi meraup keuntungan karena bisa menjualnya dengan harga yang lebih murah. Namun hal ini justru berpotensi merusak pasaran ikan koi di Indonesia.

Ikan koi Blitar dikenal dengan keaslian dan mutunya. Pada dasarnya ikan koi Blitar adalah jenis koi biasa yang berasal dari Jepang dan telah dibudidayakan di Blitar. Namun, proses pembudidayaan yang dilakukan secara ketat membuat ikan koi yang dihasilkan dari daerah ini tidak diragukan lagi mutu dan kualitasnya. Berikut ini beberapa keunggulan ikan koi Blitar dibandingkan jenis ikan koi lokal yang banyak beredar:

  1. Ikan masih murni

Tidak seperti daerah lain yang menyilangkan koi dengan jenis ikan bukan koi, pembudidaya Blitar sangat menjaga kemurnian koi yang mereka budidayakan. Hal ini tentu saja menjadi nilai tambah di mata pecinta ikan koi yang ingin memelihara ikan keturunan Jepang. Tidak heran jika ikan koi yang berasal dari Blitar banyak dicari oleh para kolektor.

  1. Kualitas super

Dilihat dari segi kualitas, koi Blitar terkenal dengan kualitasnya yang super. Ini tidak terlepas dari proses persilangan yang terhindar dari jenis ikan bukan koi yang berpotensi menurunkan kualitasnya. Bahkan dikatakan koi Blitar merupakan jenis koi yang berkelas karena kualitasnya yang tidak kalah dengan ikan koi impor Jepang.

  1. Proses budidaya ketat

Blitar juga terkenal dengan proses budidaya koi yang sangat ketat. Hal ini berkaitan dengan pemilihan indukan berkualitas serta penyortiran anakan. Saat ikan berumur 1-2 bulan, anakan tersebut akan mengalami beberapa kali penyortiran. Ikan yang tidak lolos akan dimanfaatkan sebagai pakan ikan lele. Dengan cara ini, mutu dan kualitas ikan koi tetap terjaga.

Jenis Ikan Koi dan Harganya

Anda tertarik untuk memelihara ikan koi sebagai pelengkap rumah? Jika iya, hal yang tidak kalah penting untuk diketahui adalah kisaran harga ikan koi di pasaran. Meskipun harganya cukup bervariasi di berbagai tempat di Indonesia, setidaknya Anda memiliki gambaran mengenai kisaran harga yang dipatok di pasaran. Dengan demikian, Anda bisa memilih jenis yang cocok sesuai dengan budget.

Sebelumnya telah dibahas mengenai macam dan jenis koi yang terdapat di Indonesia. Kini Anda akan mengetahui kisaran harga yang berlaku di pasaran sesuai dengan jenis dan ukuran ikan koi tersebut. Namun, tidak semua jenis koi akan dibahas di sini.

  1. Kohaku

Sebagai jenis koi yang paling populer di seluruh dunia, termasuk Indonesia, Kohaku cukup mudah ditemukan di pasaran. Meskipun banyak tersedia di pasaran, ikan ini sama sekali bukan termasuk ikan yang murah. Untuk yang berukuran sedang, Anda harus mengeluarkan uang ratusan ribu rupiah. Berikut ini daftar harga ikan koi Kohaku dari berbagai ukuran.

Ukuran

Harga per Ekor

8-12 cm Rp 40.000
12-15 cm Rp 50.000
15-18 cm Rp 100.000
20 cm Rp 150.000
25 cm Rp 320.000
30 cm Rp 400.000
  1. Slayer

Sebagai ikan koi dengan penampilan yang sangat cantik, adalah hal yang wajar jika jenis koi yang satu ini banyak diburu oleh kolektor ikan hias. Slayer sendiri terdiri dari dua jenis, yaitu kumpay dan platinum. Harga yang dipatok untuk slayer kumpay lebih murah dibandingkan dengan slayer platinum. Meskipun demikian, slayer kumpay tidak kalah cantik dari jenis platinum.

Untuk Anda yang berminat memelihara jenis koi slayer kumpay, berikut daftar harga yang dipatok di pasaran dari berbagai ukuran.

Ukuran

Harga per Ekor

5 cm Rp 20.000
10 cm Rp 35.000
15 cm Rp 50.000
20 cm Rp 80.000
25 cm Rp 120.000
30 cm Rp 160.000

Dari jenis slayer platinum, harga yang ditawarkan memang relatif lebih mahal. Anda bisa melihat daftar harga berikut ini untuk slayer platinum dengan beragam ukuran.

Ukuran

Harga per Ekor

10 cm Rp 50.000
15 cm Rp 100.000
20 cm Rp 150.000
25 cm Rp 200.000
30 cm Rp 300.000
35 cm Rp 400.000
  1. Chagoi

Termasuk ke dalam jajaran jenis koi langka, Chagoi dibanderol dengan harga yang cukup mahal. Penampilannya yang menyerupai ikan mas seringkali menipu para pembeli. Oleh karena itu, Anda perlu berhati-hati ketika membeli agar tidak tertipu dengan harga yang relatif murah, namun ternyata yang didapatkan bukanlah koi Chagoi.

Jika keberadaannya yang jarang dan harga mahal tidak menyurutkan niat Anda mengoleksi jenis koi yang satu ini, maka Anda perlu mengetahui kisaran harga yang berlaku di pasaran. Di bawah ini adalah daftar harga koi Chagoi dari beragam ukuran.

Ukuran

Harga per Ekor

5 cm Rp 150.000
10 cm Rp 200.000
15 cm Rp 260.000
20 cm Rp 320.000
25 cm Rp 400.000
30 cm Rp 500.000
  1. Tancho

Tancho merupakan jenis koi yang cukup unik. Dengan corak berwarna merah di kepalanya, ikan yang satu ini juga cukup menarik minat para hobiis ikan hias. Rasanya kurang lengkap jika kolam ikan koi di rumah Anda tidak dihuni oleh jenis yang satu ini. dari segi harga, Tancho dibanderol dengan harga yang cukup mahal.

Ternyata harga tidak hanya dipengaruhi oleh ukuran ikan. Harga Tancho juga dipengaruhi oleh bulatan tancho di atas kepalanya. Semakin simetris, maka semakin mahal harganya. Untuk Anda yang berminat dengan ikan yang satu ini, berikut daftar harga ikan Tancho dari berbagai ukuran.

Ukuran

Harga per Ekor

5 cm Rp 125.000
10 cm Rp 160.000
15 cm Rp 230.000
20 cm Rp 300.000
25 cm Rp 400.000
30 cm Rp 550.000
  1. Sanke

Sanke dan Kohaku tidak jauh berbeda, baik dari segi warna maupun harga. Koi Sanke mempunyai ciri khas tiga corak yaitu merah, putih, dan hitam. Semakin banyak warna merah pada tubuh ikan, maka semakin baik kualitasnya. Keindahan corak juga mempengaruhi harga ikan koi Sanke. Untuk Anda yang tertarik dengan ikan yang satu ini, berikut daftar harga sebagai referensi.

Ukuran

Harga per Ekor

5 cm Rp 45.000
10 cm Rp 60.000
15 cm Rp 100.000
20 cm Rp 230.000
25 cm Rp 350.000
30 cm Rp 450.000