Jenis-Jenis Ayam Bangkok Super Beserta Gambarnya [Terlengkap]

6 min read

Jenis Ayam Bangkok

Jenis Ayam Bangkok dan Ciri Fisiknya yang Berkualitas Juara

Ayam bangkok memang sudah sangat terkenal di kalangan pencinta ayam aduan dalam pertarungan. Jika Anda termasuk pemula, sebaiknya berhati-hati saat hendak membeli jenis ayam bangkok. Agar tidak tertipu atau salah memilih, Anda harus mencari tahu informasi dan tampilan ayam bangkok terlebih dahulu.

Terdapat beberapa hal yang menentukan kualitas Jenis Ayam Bangkok Asli dalam pertarung, antara lain  jenis, tampilan bentuk fisik, warna bulu, dan sisik kaki. Kita harus mengetahui semua ciri tersebut sebelum mengambil keputusan untuk membeli ayam Bangkok. Adapun info selengkapnya simak artikel Jurnal Manajemen berikut :

Artikel Terkait Artikel Terkait
Harga Ayam Bangkok Ternak Ayam Bangkok
Kandang Ayam Bangkok Ayam Bangkok F1

Asal Usul Ayam Bangkok

ayam birma rambong
sumber : Ig @pungky_p_p_w

Awal abad 1400 sebelum masehi, di China mulai pertama kali dikenal ayam petarung. Kegiatan sabung ayam atau lebih dikenal dengan sebutan adu ayam erat kaitannya dengan ayam petarung di negeri tirai bamboo, China.

Kegiatan sabung ayam ini pun masih bisa ditemukan hingga kini. Para pencinta ayam aduan bahkan rela pergi ke China hanya untuk mencari bibit ayam petarung yang unggul dan tangguh serta banyak disegani kalangannya.

Masyarakat pada masa peradaban China berhasil mempertemukan ayam petarung dari negeri tersebut dengan jenis ayam petarung lainnya dari negara-negara Asia lainnya seperti Thailand, Laos, Vietnam, dan India. Untuk mendapatkan ayam petarung yang tangguh dimana bisa melawan lawan hanya dengan satu kali pukulan saja di pertandingan.

Ayam jenis baru pun ditemukan dan memiliki sebutan khusus. Ayam tersebut memiliki julukan “King’s Chicken” (raja dari para ayam). Gerakannya yang sangat cepat dan kemampuan memukul lawan yang mematikan ketika bertarung menjadi alasan kenapa ayam asal Thailand ini mendapatkan julukan demikian

Akhirnya masyarakat Thailand memberi nama ayam itu dengan nama ayam bangkok karena semakin meningkat kepopulerannya. Sesuai dengan namanya, ayam tersebut memang berasal dari daerah Bangkok, Thailand. Di kalangan para pencinta ayam aduan, ayam bangkok saat ini beserta keturunannya masih popular.

Sejarah Ayam Bangkok di Indonesia

Pada dasarnya, ayam bangkok sudah lama masuk ke tanah air. Pencinta ayam aduan lokal banyak yang rela membeli ayam bangkok asal Thailand demi mendapatkan ayam aduan sesuai keinginan. Impor ayam bangkok pun tak bisa terhindarkan karena banyaknya peminat ayam aduan satu ini.

Ayam ini mulai menjalani perkawinan silang dengan ayam petarung jenis lain semenjak masuk ke Indonesia. Perkawinan silang tersebut bertujuan agar mendapatkan bibit ayam petarung yang berkualitas tinggi dan bisa menjadi langganan juara dalam pertandingan.

Ciri Fisik Ayam Bangkok

Saat hendak membeli ayam bangkok salah satu hal penting yang wajib Anda perhatikan adalah bentuk fisiknya. Kualitas indukan sangat mempengaruhi bentuk fisik ayam bangkok, baik induk jantan maupun betina. Selain itu, pemberian pakan yang teratur, vitamin, dan latihan yang rutin dapat membuat kualitas ayam bangkok semakin baik.

Berikut ciri-ciri fisik ayam bangkok berkualitas baik yaitu sebagai berikut.

tubuh ayam bangkok
tubuh ayam bangkok
  1. Otot dan posturnya tegap, ketika dipegang pun terasa empuk.
  2. Tangguh dipertarungan karena tulangnya yang tebal.
  3. Tulang paha yang besar dan kokoh.
  4. Kepala berbentuk seperti buah pinang dan berukuran besar.
  5. Memiliki kesamaan warna pada mata, kaki, paru, dan bulu.
  6. Memiliki jengger yang tidak kasar dan menyerupai blangkon.
  7. Dari kelingking hingga kakinya bersisik dan berderet tanpa putus.

Sisik Kaki Ayam Bangkok

kaki ayam bangkok
kaki ayam bangkok

Ayam bangkok aduan yang berkualitas juga bisa dilihat dari sisik kakinya. Kemampuannya di arena tarung berkaitan dengan kondisi sisik kakinya. Berikut merupakan jenis sisik kaki ayam yang dapat menjadi ciri keunggulannya dalam bertarung di perlombaan.

  1. Sisik batu rantai yaitu jenis sisik yang berbaris teratur tidak terputus mulai dari kelingking sampai kaki.
  2. Sisik batu lapak yaitu jenis sisik yang rapi susunannya, khususnya pada bagian tapak kaki.
  3. Sisik naga mangsa yaitu jenis sisik yang melingkar pada pergelangan kaki ayam.
  4. Sisik naga temurun yaitu jenis sisik yang teratur susunannya di belakang kakinya sampai bawah.
  5. Sisik naga banda yaitu jenis sisik yang disebut juga “beras wutah” (beras taburan). Selain itu, sisik ini juga menyerpai buah salak.
  6. Sisik batu karang yaitu jenis sisik yang terlihat pecah pada kakinya.
  7. Sisik tanjung karang yaitu sisik yang berada pada bagian belakang jari kanan dan kiri.
  8. Sisik satria sinekti yaitu merupakan jenis kaki ayam tanpa sisik sehingga tampak mulus.

Jenis Ayam Bangkok Juara

Ada beberapa jenis Ayam Bangkok Juara yang menarik untuk dipelihara oleh kalangan pencinta ayam aduan. Ayam bangkok super, pakhoy, birma, dan brajamusti adalah termasuk di antaranya dan banyak dicari untuk dikoleksi.

Jenis Ayam Bangkok Super

Meskipun memiliki harga yang cukup tinggi, ayam bangkok masih menjadi jenis ayam aduan yang diincar. Untuk mengenali Ayam Bangkok Super ada beberapa kriteria yang harus diperhatikan. Namun pada dasarnya, kriteria fisik, mental, dan teknik bertarung yang baik pasti dimiliki ayam jenis ini.

Ciri-ciri Ayam Bangkok Super

Ayam bangkok super, jika dibandingkan yang lain, memang memiliki kemampuan bertarung yang baik dan ketangguhan yang tidak main-main. Oleh karena itu penting untuk bisa mengenali ayam ini dengan cermat. Anda dapat mengenali ayam tersebut dari bentuk fisik dan posturnya.

Selain dari mental dan gaya bertarungnya, tentu akan lebih lengkap apabila mengenali fisiknya pula. Ayam bangkok akan kalah telak bertemu lawan yang tangguh apabila memiliki fisik yang lemah. Simak ciri-ciri ayam bangkok super berikut ini yang bisa menjadi acuan.

1.    Bentuk Kepala

Kepala Ayam Bangkok Asli
Kepala Ayam Bangkok Asli | sumber : takimzone.com

Bentuk kepala merupakan ciri ayam bangkok super yang pertama. Pertanda bahwa ayam bangkok dapat bertarung lebih tangguh dan pantang menyerah ialah bentuk kepalanya yang memanjang atau lonjong mirip buah pinang. Bentuk kepala yang demikian bahkan menandakan kalau ayam bangkok tersebut bisa bertarung sampai mati sekalipun.

Bentuk kepala ayam yang kecil dan bulat tentunya berbeda nyali. Hal tersebut menandakan nyali yang kecil pula. Namun, ukuran kepala yang kecil membuat pergerakan ayam lebih lincah saat bertarung. Tetapi kondisi kepala ayam yang demikian membuatnya tidak tahan pukulan lawan karena tulang yang kurang besar.

2. Bentuk Mata

warna mata ayam bangkok super
warna mata ayam bangkok super | sumber : sabungayamcockft.vip

Mata masuk ke dalam dan tidak menonjol keluar menandakan kondisi fisik mata yang baik. Selain itu pertanda bentuk mata yang baik lainnya ialah bentuknya lonjong serta memiliki retina yang sama dengan warna dasar kaki dan paruh ayam bangkok.

3. Bentuk Paruh

Kulit Ayam Bangkok Asli
Paruh Ayam Bangkok Asli

Bentuk paruh seperti elang merupakan bentuk paruh yang baik bagi ayam bangkok. Bentuk paruh pun harus mengkerut dan berwarna hitam pada pangkalnya. Kondisi paruh yang demikian menandakan paruh yang kokoh dan tidak gampang rusak.

Apabila paruh ayam pada pangkalnya berwarna putih dan bentuknya panjang, bisa dikatakan ayam tersebut belum matang dan kuat. Bisa dipastikan paruh ayam itu akan mudah retak dan patah apabila dipaksakan beradu di pertarungan.

4. Bentuk Jengger

Jengger Ayam Bangkok Asli
Jengger Ayam Bangkok Asli

Bentuk jengger yang baik dapat menandakan ayam petarung yang baik pula. Terdapat beberapa bentuk jengger pada ayam, di antaranya jengger tigan, wilah, sumber, bunga mawar, dan jengger blangkon.

5. Bentuk Alis

Tulangan alis yang menonjol merupakan bentuk alis ayam aduan yang bagus. Hal tersebut dapat meminimalisasi risiko ayam terhadap kebutaan mata karena pukulan lawan.

6. Postur Tubuh

Leher Ayam Bangkok
gambar Ayam Bangkok | sumber : infobaru.id

Postur tegap dan terasa empuk dipegang harus dimiliki ayam bangkok super. Postur tubuh demikian menandakan otot-otot ayam bagus dan memiliki pukulan yang akurat terhadap lawan.

7. Struktur Tulang

struktur ayam bangkok super
gambar struktur ayam bangkok super | sumber : pintarbiologi.com

Tulangan yang tebal merupakan tulangan ayam bangkok yang bagus. Hal tersebut bisa menjadi pertanda tingginya daya tahan terhadap pukulan besar dari lawan dalam pertarungan.

8. Bentuk Ekor

ekor ayam bangkok
ekor ayam bangkok

Bentuk ekor yang lebat dan memanjang merupakan bentuk ekor pada ayam aduan yang baik. Kondisi ekor yang demikian dapat dipastikan bahwa ayam memiliki pukulan yang sangat keras dan akurat.

9. Bentuk Paha

postur tubuh ayam bangkok super
postur tubuh ayam bangkok super | sumber : siapbisnis.net

Bentuk paha yang padat dan gepeng merupakan bentuk paha yang baik. Ayam akan lebih ringan ketika melepaskan pukulannya pada lawan. Selain itu, walaupun kondisi sudah lelah  pukulan ayam tersebut akan selalu stabil.

Ayam aduan akan memiliki kelemahan dalam pukulan jika pahanya berbentuk bulat selayaknya paha ayam goreng. Bentuk demikian akan membuat pukulan sulit stabil sehingga akan jarang melakukan pukulan yang keras.

Artikel Terkait
Anakan Ayam Bangkok
Pakan Ayam Bangkok
Jamu Ayam Bangkok

Jenis Ayam Bangkok Birma

ayam bangkok birma
ayam bangkok birma

Hasil persilangan jenis ayam asli Thailand dan Burma akan menghasilkan Ayam Bangkok Birma. Hal ini karena karena tergolong tangguh dan banyak peminatnya, ayam jenis ini semakin banyak dibudidayakan.

Jenis Ayam Bangkok Pakhoy

ayam bangkok pakhoy
gambar ayam bangkok pakhoy

Proses perkawinan silang antara ayam asli Malaysia atau yang biasa disebut dengan ayam ujung dan ayam siam akan menghasilkan Ayam Bangkok Pakhoy. Ayam jenis ini termasuk ke dalam jenis ayam aduan dalam generasi modern.

Jenis Ayam Bangkok Brajamusti

ayam bangkok brajamusti
gambar ayam bangkok brajamusti | sumber : istanayaman.com

Jenis ayam bangkok aduan ini berasal dari Indonesia, tepatnya daerah Lampung Selatan. Oleh karena namanya yang khas Nusantara, nama ayam ini pun memiliki arti di dalamnya. Ayam ini memiliki pukulan mirip seorang ahli silat brajamusti yang terkenal, maka ayam ini dinamai brajamusti.

Jenis-jenis Ayam Bangkok Berkualiatas Berdasarkan Warna

Garis keturunan mempengaruhi warna bulu ayam bangkok yang berkelas dan seringkali menjadi pemenang dalam pertarungaan adu  ayam. Terdapat 5 warna yang diyakini mencerminkan kualitas ayam bangkok. Berikut merupakan jenis-jenis ayam bangkok aduan  berdasarkan warna yang dimilikinya.

1. Ayam Bangkok Wiring

gambar ayam bangkok wiring
gambar ayam bangkok wiring

Salah satu warna bulu ayam bangkok jantan yang terkenal adalah wiring. Warna dasar hitam dan bulu rawis leher dan ekornya yang memiliki perbedaan warna, menjadi ciri khas ayam bangkok wiring. Menjadi salah satu jenis ayam bangkok super, ayam bangkok wiring semakin dicari untuk dikoleksi.

Para pencinta ayam aduan mengenal tiga jenis warna wiring, yaitu wiring geni (yang memiliki rawis kuning kemerahan), wiring kuning (memiliki rawis kuning keemasan). Wiring galih (memiliki rawis merah tua dan kecoklatan).

2. Ayam Bangkok Wangkas

ayam bangkok wangkas
ayam bangkok wangkas

Warna dasar ayam bangkok wangkas memiliki kesamaan dengan rawisnya. Terdapat dua jenis ayam bangkok wangkas, yaitu yang memiliki warna wangkas emas (pada bulunya berwarna kuning) dan yang memiliki warna wangkas geni (pada bulunya berwarna gelap kemerahan).

3. Ayam Bangkok Hitam

gambar ayam bangkok hitam
gambar ayam bangkok hitam

Ayam bangkok ini memiliki ciri khas warna hitam pekat di seluruh tubuhnya dan merupakan hewan asli import dari Thailand. Warna hitam pekat tersebut terdapat pada paruh, mata, kaki, dan bulunya. Warna hitam pekat yang menyeluruh pada ayam ini dipercaya oleh kalangan pencinta ayam aduan sebagai ciri ayam petarung yang berkualitas.

4. Ayam Bangkok Putih

ayam bangkok putih
gambar ayam bangkok putih

Terdapat mitos bahwa lawan yang berhasil mengalahkan ayam bangkok putih akan tertimpa sial, ayam ini dianggap memiliki derajat yang tinggi.

5. Ayam Bangkok Blorok

ayam bangkok blorok
gambar ayam bangkok blorok

Ayam bangkok blorok memiliki ciri warna dasar hitam dan corak bintik-bintik berwarna putih. Selain itu, jenis ayam bangkok petarung ini memiliki warna sandangan kuning atau merah.