7 Investasi Paling Menguntungkan Yang Layak Anda Coba

4 min read

investasi

Kegiatan investasi dewasa ini telah menjadi bahasan yang menarik di masyarakat. Banyak yang menawarkan berbagai macam platform investasi yang disimpulkan banyak orang yang mulai sadar akan investasi. Bagaimana tidak !? investasi menjadi pilihan yang dinilai lebih menjanjikan dibandingkan dengan sebatas menabung di Bank.

Invetasi sendiri sering disebut juga penanaman modal yang tidak dikonsumsi di saat sekarang dan digunakan manfaatnya pada masa mendatang. Dapat dikatakan pula kegiatan investasi mampu menjamin keuangan di masa yang akan datang. Mereka yang memahami bagaimana mengatur keuangan baik pribadi maupun perusahaan pasti akan menganggarkan dana untuk melakukan investasi.

Prinsip Investasi

Banyak yang mengatakan bahwa investasi yang menguntungkan adalah investasi yang menghasilkan banyak uang. Adapula yang berkata bahwa yang terpenting mencari cara investasi terbaik adalah yang memiliki resiko rendah atau investasi aman.

Perlu diketahui bahwa investasi sendiri memiliki berbagai macam resiko di setiap platform yang akan dipilih. Pada prinsipnya dalam berinvestasi adalah “HIGH RISK HIGH RETURN” atau semakin tinggi resikonya tentu saja semakin tinggi timbal balik yang akan dirasakan. Bisa dikatakan jika anda menginginkan keuntungan rupiah yang tinggi berarti anda harus siap resiko kehilangan yang besar pula.

Oleh karena itu jika terdapat penawaran dengan iming-iming return tinggi dengan resiko minimal maka anda patut mencurigai hal tersebut. Hal ini karena banyak investasi online maupun offline yang sangat menjanjikan keuntungan tinggi namun pada akhirnya hanya sebuah money game.

Jenis-Jenis Investasi

Banyak bentuk-bentuk investasi yang ditawarkan seperti investasi saham, investasi reksadana, investasi tanah, dan sebagainya termasuk bisnis investasi online. Akan tetapi pada dasarnya investasi dibagi menjadi tiga berdasarkan jangka waktunya yaitu jangka panjang, jangka menengah, dan jangka pendek. Diantara semuanya biasanya jangka menengah masuk pada kategori jangka panjang. Investasi atau penanaman modal jangka panjang biasanya dilakukan untuk 10 tahun ke atas bahkan ada yang mengkategorikannya 5 tahun ke atas. Sedangkan penanaman modal jangka pendek dimulai dari 1 bulan hingga 12 bulan.

Pada artikel kali ini akan dibahas mengenai investasi menguntungkan baik jangka panjang maupun jangka pendek.

Investasi Jangka Panjang

  1. Emas

Pada dasarnya emas merupakan mata uang sesungguhnya dengan kandungan nilai yang tinggi dan berbeda dengan mata uang yang hanya sebagai nilai tukar. Logam mulia yang satu ini sudah menjadi pilihan dalam berinvestasi sejak lama khususnya investasi jangka panjang. Investasi Emas tergolong investasi aman dan minim resiko karena nilainya yang stabil. Bahkan saat ini permintaan terhadap emas sangat tinggi. Hal ini dikarenakan emas merupakan sumber daya yang tidak dapat dipebaharuai namun sudah banyak negara maju seperti USA dan China yang aware terhadap kegunaan emas di masa mendatang.

Bentuk investasi emas ini juga tidak harus berbentuk emas batangan walaupun nilai yang terbaik tetap pada emas batangan dibandingkan dengan perhiasan. Saat ini sudah banyak dijual emas dalam bentuk koin (dinnar) yang dilengkapi dengan sertifikat. Kedua bentuk tersebut memiliki likuiditas yang tinggi karena penukaran emas terhadap rupiah atau nilai tukar uang sangat mudah saat ini.

  1. Tanah/Bangunan

Sudah hal yang sangat umum diketahui bahwa nilai tanah akan selalu naik dari waktu ke waktu. Bahkan dapat dirata-rata bahwa setiap tahun harga tanah naik berkisar antara 15-20%. Terlebih lagi jika lokasi yang anda pilih merupakan lokasi strategis atau calon lokasi strategis seperti area kampus, pusat kota dan pusat keramaian lainnya. Tentu saja harga tanah akan melonjak berkali-kali lipat. Anda juga dapat meningkatkan nilai investasi anda dengan membangun bangunan diatasnya yang bernilai guna seperti kost-kostan, kontrakan, ruko, dan rumah.

Tentu saja investasi dalam bentuk tanah selain menguntungkan juga memerlukan modal yang tidak sedikit. Oleh karena itu anda perlu mensiasati hal ini dengan cara bertahap yaitu mulai menabung untuk membeli tanah terlebih dahulu. Kemudian sedikit demi sedikit membangun sesuai dengan kapasitas anda. Ingat jika tujuan anda adalah investasi jangan sekali-kali berhutang jika sudah diluar kapasitas anda atau hal tersebut justru akan menyulitkan keuangan anda.

  1. Asuransi

Salah satu investasi jangka panjang lainnya adalah Asuransi. Tentu anda sudah sangat familiar dengan asuransi baik asuransi syariah maupun konvensional. Meski asuransi tidak sering disebut sebagai investasi namun dengan asuransi anda akan memperoleh dua keuntungan yaitu perlindungan (proteksi) sesuai jenis asuransi anda dan juga investasi jangka panjang itu sendiri. Terlebih saat ini banyak jasa asuransi yang menawarkan produk dengan syarat dan sistem pembayaran yang relatif mudah. Meski demikian untuk memperoleh investasi terbaik dari asuransi ini anda memang harus lebih hati-hati dalam memilih layanan asuransi anda agar terhindar dari permasalahan di kemudian hari.

  1. Saham

Bagi para eksekutif, pengusaha, dan elit perusahaan yang memiliki pandangan luas tentang inevestasi jangka panjang pasti tidak akan melewatkan jenis investasi yang satu ini. Investasi dengan membeli saham di perusahaan tbk atau terbuka sudah sangat umum dilakukan khususnya di daerah perkotaan. Melalui saham yang dimiliki, anda juga dapat disebut sebagai pemilik perusahaan dengan bukti lembar kertas saham yang tercantum nama pemilik dan besarnya saham yang dimiliki. Keuntungan dari investasi saham jangka panjang adalah saat perusahaan tempat menanamkan modal mengami perkembangan dan memperoleh laba. Maka pemilik saham juga akan merasakannya yang ditandai dengan meningkatnya harga saham yang dimiliki atau dengan cara menjual saat harga sedang naik.

  1. Reksadana

Jika anda pemain baru dalam dunia investasi saham maka anda dapat beralih ke Reksadana. Paling tidak terdapat 3 jenis investasi apabila pilihan anda jatuh pada reksadana saham yaitu investasi saham, obligasi dan investasi pasar uang. Setiap jenis tentu saja memiliki resiko yang berbeda dan hal yang perlu diingat adalah prinsip investasi itu sendiri.

Apabila anda memiliki dana yang besar tentu saja reksadana sangat sesuai jika anda menginginkan investasi jangka panjang. Bank DBS Indonesia memberi penawaran Reksadana Saham dengan tujuan untuk memberi perkembangan modal bagi pemegang unit. Investasi jenis ini bisanya dilakukan dalam jangka 5 tahun atau lebih.

Investasi Jangka Pendek

  1. Deposito

Anda menginginkan investasi yang menguntungkan dan tetap aman ? Mungkin deposito dapat menjadi pilihan. Banyak orang yang masih memilih deposito karena resikonya yang dapat dikatakan kecil. Tingkat suku bunga yang ditawarkan biasanya berkisar antara 4 – 8 % per anum (sebelum pajak). Selain itu periode investasi yang ditawarkan juga cukup beragam.Bagi anda yang kurang berminat dengan resiko yang besar maka depositolah pilihannya.

  1. Peer to Peer (P2P) Lending

Belum banyak yang mengetahui apa itu investasi peer to peer (P2P) lending. Seperti namanya investasi ini merupakan investasi berbasis online dan praktis yang menjembatani aktivitas hutang-pihutang. Pada platform P2P Lending akan mempertemukan antara peminjam dan pemberi pinjaman. Tugas platform hanya sebagai perantara dengan anggota/user yang terdaftar.

Meskipun demikian, P2P Lending tidak memiliki badan hukum yang resmi dari pemerintah. Sehingga resiko yang dialami sulit dipertanggungjawabkan khususnya bagi para investor dalam hal ini adalam pemberi pinjaman. Meski timbal baliknya cukup tinggi yaitu di angka 15% namun investasi jenis ini lebih baik dihindari.

  1. Reksadana Pasar Uang

Investasi jangka pendek selanjutnya adalah pada reksadana pasar uang. Platform ini mterbilang cukup simple dan likuid.  Pengelolaan dapat dilakukan sendiri oleh investor jika tidak ingin memakai jasa pengelolaan investasi (pialang). Bahkan saat ini sudah bisa dilakukan via mobile yang dapat diunduh di playstore.

Reksadana sebagai instrumen investasi tidak dikenakan pajak namun hanya fee/charge atas penjualan per unitnya. Keuntungan dari investasi jenis ini berada di kisaran 8,27%. Tentu saja bagi anda yang menginginkan investasi modal kecil juga mampu bermain dan menjadi pertimbangan yang layak dicoba.

Demikian informasi mengenai investasi baik jangka panjang maupun jangka pendek. Pertimbangkan sebelum melakukan investasi uang anda di satu tempat. Pelajarilah sebelumnya dan jangan mudah tergiur iming-iming keuntungan yang besar karena banyak sekali penawaran investasi bodong yang merajalela di masyarakat. Bagi anda yang muslim tentu saja setiap platform investasi diatas dapat disortir. Jika anda menginginkan investasi syariah yang bebas riba dapat anda pilih sesuai dengan hukum-hukum syariah. Andapun bisa menggandeng perbankan syariah saat akan melakukan investasi tersebut.

Gunakanlah jasa manajemen investasi jika anda ingin konsultasi dan kesulitan dalam mengatur dana anda.