Tips & Cara Belajar Investasi Saham Bagi Pemula Terlengkap

7 min read

investasi saham

Investasi adalah salah satu cara untuk mengelola uang Anda dan menghasilkan keuntungan di kemudian hari. Memiliki investasi apalagi yang mempunyai return yang cepat dan profit yang besar tentu membuat banyak orang tertarik untuk mendalaminya. Salah satu investasi yang seperti itu adalah investasi saham. Investasi ini tergolong investasi yang memiliki return yang cepat akan tetapi risiko yang membayanginya jugalah besar.

Seiring berjalannya waktu, berinvestasi saham mengalami banyak sekali perkembangan. Dari yang tadinya membeli saham hanya bisa dilakukan secara offline, kini tidak perlu repot lagi karena sudah banyak platform investasi online yang menyediakan pembelian saham. Hal ini tentunya semakin membuat investasi dalam bentuk saham semakin diminati oleh banyak orang terutama berinvestasi saham secara online.

Pada kesempatan kali ini Jurnal Manajemen akan membahas mengenai seluk beluk investasi saham. Mulai dari pengetahuan dasar investasi saham, cara investasi saham untuk pemula, hingga investasi saham syariah. Pembahasan akan dijelaskan secara sistematis. Pelajari dengan cermat dengan menyimak artikel berikut ini :

Pengertian Investasi Saham

Bagi anda yang baru belajar dalam berinvestasi saham, tentu harus tahu dulu dengan apa yang dimaksud berinvestasi saham. Secara Umum berinvestasi saham merupakan suatu kegiatan yang dilakukan oleh perorangan atau perusahaan berupa menanam modal di suatu perusahaan dengan cara membeli saham perusahaan tersebut untuk mendapatkan keuntungan bagi si penanam modal.

Investasi ini mempunyai 2 jenis yang umum diketahui. Kedua jenis tersebut adalah saham biasa dan juga saham preferen. Saham biasa merupakan saham yang sudah sering diperjualbelikan emiten sedangkan saham preferen adalah saham yang hak pemiliknya lebih dipentingkan dari pada pemilik saham yang biasa. Selain kedua jenis tersebut, sebenarnya masih banyak lagi jenis investasi tentang saham yang lainnya.

Investasi Saham Online di Indonesia

investasi saham di Indonesia
investasi saham di Indonesia | source : Cryptoren

Bermunculannya pialang dan broker yang menyediakan jual beli saham secara online, membuat investasi dalam bentuk saham ini semakin dilirik oleh banyak orang. Hal tersebut tentu karena kemudahan yang bisa anda dapatkan untuk memulai investasi yang hanya butuh modal HP atau pc saja dan tentu saja paket internet. Proses pembelian dan penjualan saham tidak lagi membutuhkan proses yang rumit lagi.

Bandingkan saja dengan investasi di masa lalu, anda harus repot datang ke pialang atau broker untuk melakukan jual beli saham. Selain itu anda juga harus menyimpan dan menjaga surat yang dicetak sebagai barang bukti kepemilikan saham anda. Terbayang bukan betapa ribet dan rumitnya menjadi seorang investor saham di zaman dahulu. Untungnya sekarang sudah banyak pialang dan broker di dunia maya.

Cara Investasi Saham Online di Indonesia

Setelah mengetahui keuntungan yang menjanjikan dalam jual beli saham di atas, mungkin anda mulai berpikir untuk mencari tahu tentang saham bahkan ingin memulai jual beli saham. Tapi sebelum masuk ke tahap itu, ada beberapa hal yang perlu anda ketahui. Hal tersebut adalah tentang pengertian anda tentang saham baik mengenai keuntungan dan risikonya. Setelah itu barulah anda bisa mulai masuk untuk berpialang dan lanjut ke tahap berikutnya.

  1. Persiapkan Dana

Dana atau modal merupakan elemen penting untuk berinvestasi. Jika tidak ada modal maka tidak akan ada yang bisa dikelola untuk mencari keuntungan. Begitu juga dengan investasi pada saham. Cara berinvestasi saham dulunya identik dengan pemakaian modal yang besar, akan tetapi untuk sekarang modal yang dibutuhkan mulai terjangkau untuk berbagai kalangan.

Jika dulu modal yang diperlukan untuk memulai bermain saham bernilai puluhan bahkan ratusan, kini dengan modal kurang dari 5 juta rupiah anda sudah bisa untuk bertualang di dunia saham. Hal tersebut secara tidak langsung mengatakan bahwa sudah tidak ada lagi alasan modal yang besar untuk tidak memulai berpialang di dunia saham.

  1. Pilihlah Broker Yang Tepat

Pengetahuan sudah dimengerti dan modal sudah dimiliki, kini tiba saatnya bagi anda untuk memilih broker. Memilih broker tentu juga harus teliti. Pilihlah broker yang terdaftar di bursa efek indonesia agar keamanan akun anda terjamin. Dengan bantuan broker ini, anda dapat mengarungi dunia persahaman dengan lancar. Semakin punya nama broker yang anda pilih, tentu kualitasnya juga semakin bagus dan profesional.

      3.Daftar Ke Broker Saham

Setelah anda memilih broker mana yang anda percaya, selanjutnya anda tinggal mendaftarkan diri anda ke broker tersebut. Hal itu merupakan kewajiban bagi anda bila ingin beli saham di BEI. Selesai mendaftarkan diri, anda akan mendapatkan semacam rekening saham milik anda. Langkah selanjutnya adalah anda melakukan deposit ke rekening saham anda.

Apabila anda ingin mendaftar dan bermain saham secara online, anda harus memastikan bahwa broker yang anda pilih ini mempunyai aplikasi atau software untuk bertransaksi jual beli secara online. Apabila anda merupakan pemula dalam bidang ini, pilihlah broker dengan software atau aplikasi yang paling mudah anda pahami dan gunakan supaya trading anda tidak terhambat.

        4.Pilihlah Saham Yang Paling Baik

Menentukan pilihan saham apa dan mana yang akan anda beli merupakan hal yang lumayan sulit. Hal ini hampir sesulit menentukan broker mana yang terbaik untuk anda. Untuk itu, anda perlu mempelajari baik seluk beluk perusahaan yang ada di BEI. Dari mulai sejarah dan juga rekam pergerakan saham di masa lalu perusahaan-perusahaan tersebut. Pilihlah emiten yang terpercaya agar dapat menjadi investasi saham jangka panjang.

  1. Gunakan Software Online

Untuk mendapatkan aplikasi atau software untuk trading online, anda dapat memintanya pada broker yang telah anda pilih dan menginstall di perangkat android atau ios anda. Software yang diberikan biasanya terdapat dua macam yakni HP ataupun web. Selanjutnya anda tinggal login menggunakan akun trading yang telah anda daftarkan sebelumnya. Untuk pengoperasian lebih lanjut, anda dapat meminta bimbingan pada broker anda.

  1. Belajar Strategi Pasar Berinvestasi Saham

Melakukan jual beli saham atau trading tentu tidak boleh asal-asalan. Jika trading dengan asal, bisa-bisa bukan untung yang anda peroleh tetapi malah kerugian yang besar. Pasti anda tidak mau itu terjadi bukan. Disinilah pentingnya strategi dalam melakukan trading diperlukan. Belajar investasi saham dan menguasai teknik dan strategi dalam trading, anda dapat meminimalisir risiko kerugian dan memaksimalkan keuntungan yang anda peroleh.

Strategi yang dimaksud antara lain adalah timing saat anda harus menjual atau membeli saham. Secara umum, anda membeli saham di saat harga saham tersebut sedang turun dan menjualnya ketika harga saham itu sedang naik. Namun untuk memperbesar peluang keuntungan anda, terdapat banyak sekali strategi dan teori yang bisa anda gunakan dan pelajari lebih jauh dalam melihat pergerakan harga saham.

Cara Investasi Saham Bagi Pemula

Berinvestasi khsusunya di jual beli saham memerlukan langkah dan perencanaan yang matang dalam mengelolanya. Hal tersebut dikarenakan investasi jenis ini merupakan investasi yang high risk. Investasi ini menjanjikan keuntungan yang sangat besar dalam waktu singkat, akan tetapi risiko anda untuk mengalami kekalahan atau kebangkrutan juga sangat besar.

Keuntungan yang besar tersebut menarik banyak sekali trader atau investor-investor baru yang ingin menjajal ini. Termasuk pula trader yang masih awam atau pemula. Sebagian besar dari mereka masih belum mengerti cara untuk melakukan investasi jual beli saham. Cara yang harus dilakukan sebenarnya cukup singkat dan mudah.

investasi saham bagi pemula
investasi saham bagi pemula | source : beginners-investing.com

Tips Investasi Saham Pemula

  1. Siapkan Dana Untuk Trading

Hal pertama yang harus dilakukan seorang pemula adalah dengan menyiapkan dana atau modal. Modal ini nantinya akan digunakan untuk membeli saham pada pasar saham dalam hal ini adalah bursa efek indonesia. Perlu diketahui bahwa modal yang anda perlukan juga bervariasi menyesuaikan dengan budget dan penghasilan anda sehari-hari. Modal investasi saham pemula lebih baik mulai dari nilai yang kecil dahulu.

Hal tersebut untuk menghindarkan anda yang masih pemula untuk mengalami kerugian yang terlalu besar. Anggap saja ini adalah awal sekaligus belajar untuk melakukan trading yang profit dimasa yang akan datang. Lakukan manajemen uang yang tepat, jangan sampai uang anda terlalu banyak yang anda gelontorkan untuk modal trading daripada untuk kebutuhan sehari-hari.

  1. Pilihlah Pialang Yang Cocok Dengan Anda

Investasi Saham bagi pemula harus jeli memilih broker. Banyak sekali hal atau aspek yang harus anda perhatikan dalam memilih broker ini. Jika salah pilih tentu akan sangat merugikan bagi anda karena modal yang sudah keluar tetapi broker yang anda pilih ternyata broker ilegal sehingga modal anda akan melayang dengan sia-sia.

Untuk itu carilah referensi baik dari internet ataupun dari grup trading dalam memilih broker. Pilihlah yang memiliki profesionalitas dan kualitas yang telah terpercaya. Yang paling penting adalah broker yang anda pilih tersebut haruslah broker yang terdaftar dalam pasar saham indonesia yakni bursa efek indonesia agan keamanan dan kinerjanya terjamin.

  1. Daftarkan Diri Anda Ke Broker

Mendaftar pada suatu broker dapat dilakukan dengan beberapa cara. Biasanya anda bisa mendaftar via email, telepon, online, ataupun datang langsung ke kantor broker tersebut. Kemudian lakukanlah registrasi dan isi data-data anda dengan sebenar-benarnya. Apabila anda bingung, anda dapat datang langsung saja ke broker untuk mendapatkan bimbingan dan pelatihan yang lebih detail dalam trading.

  1. Perdalam Ilmu Trading

Teori merupakan salah satu pegangan atau alat anda dalam melakukan trading saham ini. Memiliki pengetahuan yang mumpuni tentu akan meminimalisir potensi kerugian anda dan meningkatkan potensi keuntungan investasi saham anda. Ilmu tentang membaca tren pergerakan saham, membaca grafik, mengenal macam-macam saham, merupakan beberapa pengetahuan yang wajib anda pelajari sebagai trader pemula.

  1. Mulai Trading Saham

Untuk memulai trading saham, kini anda tidak perlu repot lagi untuk mendatangi broker. Dengan kemajuan teknologi kini bermunculan broker yang meluncurkan aplikasi untuk trading online. Hal itu membuat anda dapat melakukan trading dimana saja dan kapan saja dengan hanya bermodalkan HP ataupun laptop dan pc. Kemudahan inilah yang harus benar-benar anda manfaatkan sebaik mungkin dalam trading.

Investasi Saham Syariah di Indonesia

investasi saham syariah
investasi saham syariah | source : shariaportfolio.com

Metode atau sistem syariah kini sudah mulai banyak di Indonesia. Mulai dari bank yang berbasis syariah hingga jual beli saham yang berbasis syariah. Munculnya sistem atau metode ini adalah karena munculnya anggapan adanya riba dalam sistem kerja bank maupun trading saham. Beberapa pihak menganggap melakukan trading atau semacamnya merupakan kegiatan yang menjurus ke kegiatan judi.

Persepsi tersebut tentu tidak benar. Judi sendiri merupakan suatu tindakan kriminal melanggar hukum sedangkan membeli atau menjual saham merupakan kegiatan yang sah dan mendapat pengakuan. Trading ini sendiri ibarat kata sama seperti kegiatan jual beli biasa di pasar, yang berbeda hanyalah objek yang diperjualbelikan. Jika di pasar biasanya adalah barang atau kebutuhan sehari-hari sedangkan trading merupakan jual beli saham atau aset..

Hadirnya trading syariah ini tentu membawa angin segar terutama bagi kalangan muslim yang menganggap trading itu riba. Mereka dapat bergabung bermain trading tanpa rasa was-was takut akan bayang-bayang judi di belakangnya. Trading syariah ini mengakomodir keinginan berbagai pihak yang ingin bermain trading tetapi tetap sesuai dengan ajaran agama islam. Namun begitu, masih banyak orang yang belum tahu perbedaan investasi berbasis syariah dan yang biasa.

Perbedaan Saham Syariah dan Saham Biasa

  1. Sejalan Dengan Tuntunan Islam

Pada dasarnya saham ini tidak memiliki banyak perbedaan dengan saham yang tradisional. Hal yang dilakukan juga sama yaitu membeli emiten-emiten di pasar saham. Akan tetapi, saham syariah ini berprinsip dalam memilih emitennya. Saham yang dibeli di saham syariah ini harus sesuai dengan ajaran Islam. Sehingga anda tidak boleh membeli saham perusahaan yang berkegiatan dalam bidang minuman keras ataupun rokok.

  1. Menggunakan Sistem Bagi Untung

Seperti halnya bank yang mengadaptasi syariah yang tidak ada unsur ribanya, saham berbasis syariah pun juga tidak mengambil untung yang sejenis dengan riba. Sistem yang dianut dalam metode ini adalah berbagi hasil keuntungan. Dengan begitu pemilik saham juga memiliki risiko yang sama besarnya dengan peluang keuntungan yang mungkin didapatkannya.

  1. Mengadakan Musyawarah Dalam Mengambil Keputusan Profit

Keuntungan dan kerugian dalam model ini tentunya sudah menjadi suatu keharusan untuk disepakati di awal pendaftaran saham. Untuk mendapatkan kesepakatan ini diadakan terlebih dahulu suatu forum musyawarah yang melibatkan calon pembeli saham dengan perusahaan penjual saham. Kesepakatan yang diperoleh tidak boleh ada paksaan. Hal tersebut dinamakan dengan itikad saham.

Cara Berinvestasi Saham Syariah

Cara memulai investasi saham syariah hampir sama dengan investasi yang lain. Alur dan juga langkah hampir mirip dengan saham biasa. Perbedaan terbesar dari saham syariah dan saham yang ada di pasar saham umum adalah setiap alur atau pemilihan emiten menggunakan ilmu dan langkah-langkah sesuai dengan syariat islam. 

  1. Cari Tahu Saham Yang Ingin Dibeli

Memulai investasi saham syariah tentu harus memperhatikan saham yang akan Anda beli. Anda harus benar-benar mengecek dengan detail seperti apa perusahaan atau perseroan yang akan anda beli. Apakah perusahaan tersebut bergerak di bidang alkohol dan sebagainya atau tidak. Untuk mengetahui lebih jelas, Anda dapat mengeceknya di daftar efek syariah.

  1. Saham Bergerak Sejalan Dengan Islam

Anda harus melakukan cek dan ricek mengenai perusahaan atau emiten penyedia saham tersebut. Pastikanlah saham tersebut benar dan sejalan dengan nilai-nilai ajaran islam. Emiten tersebut harus memenuhi beberapa syarat yang harus sesuai islam yaitu pada jenis usaha, akad beserta pengelola, dan juga produk harus sejalan dengan syariat islam.

  1. Datang dan Kunjungi Sekuritas Penyedia Saham Syariah

Carilah perusahaan sekuritas yang terpercaya yang menjual saham secara syariah seperti yang anda inginkan. Anda harus benar-benar mengecek bahwa sekuritas tersebut merupakan sekuritas yang mendapatkan pengakuan dari OJK. Hal tersebut supaya anda dapat menaruh dan nabung saham dengan perasaan tenang.

Anda juga harus menggali informasi dari emiten yang ingin anda beli dan meminta penjelasan secara detail dari perusahaan sekuritas tersebut. Hal tersebut untuk menghindarkan anda dari kesalahan dan kerugian dalam investasi saham di masa yang akan datang. Yang terakhir adalah mengisi form pendaftaran dengan sebenar-benarnya. Selanjutnya anda tinggal melakukan trading tanpa takut bertentangan dengan ajaran islam.