10 Investasi Online Terpercaya Modal Kecil (Cocok Bagi Pemula)

9 min read

investasi online

Investasi, baik investasi online atau konvensional merupakan suatu kegiatan menanam modal ataupun aset yang dilakukan oleh suatu perusahaan atau perseorangan dalam jangka waktu yang ditentukan untuk mendapatkan keuntungan yang lebih besar di masa yang akan datang. Investasi kini banyak dilakukan oleh banyak orang untuk tabungan ataupun sebagai penghasilan pasif di masa depan.

Berbagai jenis investasi kini telah banyak di masyarakat. Dari mulai investasi dengan modal yang kecil sampai dengan investasi yang melibatkan modal dalam jumlah yang fantastis. Seiring dengan perkembangan teknologi, investasi kini tidak hanya dilakukan secara offline saja tetapi sudah banyak bermunculan jenis-jenis investasi yang menggunakan platform online.

Pada kesempatan kali ini Jurnal Manajemen akan membahas secara tuntas mengenai investasi online dan sedikit mengenai bisnis online di Indonesia. Simak pembahasan berikut ini :

Investasi Online Terpercaya

Sejalan dengan banyak minat orang untuk melakukan investasi secara online, kini mulai bermunculan orang ataupun mengatasnamakan perusahaan yang menyediakan wadah untuk melakukan investasi secara online ini. Namun pada kenyataannya, hal itu malam dimanfaatkan oleh beberapa oknum untuk melakukan penipuan berkedok investasi.

Oknum seperti itu biasanya mengincar orang-orang yang baru masuk dan mencoba untuk melakukan investasi secara online. Pengetahuan yang masih minim dan pengalaman yang masih kurang mumpuni merupakan salah satu faktor yang menyebabkan orang mudah tertipu oknum seperti itu. Selain itu, iming-iming keuntungan yang sangat fantastis dengan modal yang kecil menjadi daya tarik utamanya.

Pentingnya memilih investasi yang terpercaya sebenarnya tidak begitu sulit. Anda bisa meminta rekomendasi dari rekan Anda ataupun kepada orang yang telah lebih dahulu menekuni investasi jenis ini. Dengan begitu Anda tidak akan terkena modus-modus penipuan berkedok investasi secara online dengan keuntungan yang ekstrim.

Memilih Investasi Berbasis Online yang Dapat Dipercaya

Berinvestasi secara online tentu banyak sekali risiko yang membayanginya. Diantaranya adalah risiko mengalami penipuan investasi. Hal ini tentu tidak mau dan tidak ingin Anda alami dalam berinvestasi secara online. Untuk memilih investasi yang dapat Anda percaya sebenarnya ada beberapa cara. Berikut adalah cara memilih investasi yang terpercaya yang bisa Anda terapkan.

  1. Perhatikan Legalitasnya

Hal yang harus Anda lakukan sebelum memutuskan untuk menaruh modal Anda untuk investasi adalah dengan melihat legalitas dari tempat yang akan Anda jadikan investasi. Perhatikan apakah produk dan juga perusahaan yang akan Anda pilih memiliki keabsahan atau tidak. Jangan sampai perusahaan dan produk tersebut tidak memiliki keabsahan karena bisa menimbulkan masalah di waktu yang akan datang.

Investasi yang dapat dipercaya biasanya sudah memiliki lembaga hukum dan juga telah mendapatkan persetujuan atau izin dari OJK. Apabila Anda ingin lebih yakin, Anda bisa datang langsung ke OJK dan melakukan pengecekan langsung. Selain itu apabila Anda mencium aroma investasi bodong di sekitar ataupun pada investasi Anda, bisa dilaporkan langsung ke OJK untuk ditindaklanjuti.

  1. Profit yang Normal

Hal yang paling penting dalam memilih tempat investasi adalah profit yang dijanjikan nilainya normal. Apabila Anda diberikan tawaran untuk investasi dengan modal yang minim tetapi mendapatkan keuntungan yang luar biasa bisa jadi hal tersebut merupakan kedok investasi bodong. Lebih baik Anda berhati-hati jika bertemu dengan investasi yang seperti itu.

Profit yang didapat dari beberapa investasi seperti saham dan reksadana berkisar pada 10 persen sampai dengan 20 persen per tahunnya. Sehingga bila ada investasi yang menawarkan keuntungan lebih dari itu Anda wajib berhati-hati sebelum ikut bergabung di investasi tersebut. Dengan demikian Anda akan terhindar dari potensi terkena investasi bodong yang tentunya sangat merugikan Anda.

  1. Paham Seluk Beluk Investasi Yang Ditawarkan

Perusahaan ataupun lembaga yang menawarkan investasi pastilah mengetahui tentang skema dan juga produk yang mereka tawarkan. Apabila ada lembaga yang kurang begitu paham dalam menjelaskan skema dan juga produk mereka, Anda perlu berhati-hati. Hal tersebut karena lembaga dan perusahaan yang legal pasti mengetahui produk dan skema investasi mereka.

Skema yang biasa dipakai oleh para investor bodong di indonesia adalah skema ponzi. Perlu diketahui bahwa skema ini telah memakan  banyak sekali korban di Indonesia. Skema ponzi ini memiliki ciri dalam proses pembagian keuntungannya. Ciri tersebut adalah skema ini menerapkan timbal balik keuntungan investor berasal dari uang investor sendiri. Dengan kata lain, profit bisa Anda dapat setelah Anda mendapatkan investor baru.

  1. Organisasi Jelas

Kepemilikan dan juga struktural organisasi yang detail serta jelas merupakan salah satu ciri kredibilitas atau tidaknya suatu lembaga atau perusahaan investasi. Memiliki hal tersebut tentu menjadi suatu keunggulan bagi lembaga tersebut untuk menarik minat investor-investor baik yang sudah lama berkecimpung di dunia investasi ataupun yang masih baru.

Informasi mengenai kepemilikan dan organisasi biasanya dipaparkan di halaman web lembaga tersebut. Hal itu tentu mempermudah Anda atau siapapun untuk mengeceknya. Selain itu Anda juga harus melakukan penelusuran terhadap sejarah dan rekam jejak perusahaan tersebut. Apabila Anda sudah merasa cocok dan yakin, barulah Anda mulai untuk berinvestasi di lembaga tersebut.

Investasi Online Modal Kecil yang Baik dan Benar

Mendengar kata investasi tentunya identik dengan modal yang sangat besar. Akan tetapi sekarang stigma tersebut mulai tergeser seiring dengan munculnya platform penyedia investasi dengan modal yang minim. Hal ini tentu memberikan jalan bagi Anda yang memiliki penghasilan pas-pasan untuk ikut mencoba investasi secara online.

Penyedia layanan investasi modal kecil ini juga sudah mulai bertebaran di dunia maya. Anda bisa mencoba dan memilihnya sesuai dengan kebutuhan dan pendapatan Anda. Jangan lupa untuk tetap melakukan manajemen terhadap modal yang Anda miliki agar tidak mengganggu kebutuhan sehari-hari Anda. Hal ini untuk mengantisipasi kebutuhan mendadak yang sewaktu-waktu datang.

Bisnis investasi online modal kecil ini tentunya tidak akan memberikan keuntungan yang banyak dalam waktu singkat. Kesabaran dan juga konsistensi sangat dibutuhkan dalam menjalankan investasi dengan modal yang minim ini. Untuk mengembangkan investasi ini Anda bisa menyisihkan gaji Anda sedikit untuk menambah modal investasi berikutnya sehingga Anda tidak akan kesulitan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Jenis Investasi Online dengan Modal Minim

  1. Obligasi

Obligasi adalah surat utang yang dikeluarkan oleh perusahaan ataupun pemerintah kepada para investor. Jenis investasi online ini tidak perlu membutuhkan modal yang sangat besar. Obligasi yang ada saat ini ada dua jenis yaitu obligasi dari perusahaan dan juga jenis obligasi yang diterbitkan oleh pemerintah. Namun Anda harus bersabar untuk meraih keuntungan karena investasi ini bukan investasi online jangka pendek sehingga perlu waktu yang lama untuk menikmatinya.

  1. Reksadana

investasi online reksadana
investasi online reksadana | source : reksadana.danareksaonline.com

Jenis investasi ini merupakan jenis investasi yang termasuk sangat aman bagi Anda dengan modal minim. Untuk memulai investasi reksadana ini Anda hanya perlu minimal mengeluarkan modal 100 ribu rupiah saja. Setelah itu Anda tinggal pilih saja reksadana seperti apa yang ingin Anda tekuni dan jalani tentu disesuaikan dengan kemampuan dan kebutuhan Anda.

Reksadana memiliki berbagai keunggulan yang menarik. Hal itu karena dana modal Anda sudah ada yang mengelolanya yaitu manajer investasi yang kredibel. Bagi pemula tentu reksadana ini sangatlah tepat karena juga memiliki nilai risiko kerugian yang kecil. Akan tetapi bagi Anda yang merasa sudah mampu dan berpengalaman, bisa langsung mencoba untuk masuk pasar saham untuk mendapat profit yang lebih besar namun dengan risiko kerugian yang lebih juga.

  1. Bitcoin atau Crypto Currency

investasi online bitcoin
investasi online bitcoin | source : coinstaker.com

Mungkin mendengar kata crypto currency masih sangat asing bagi sebagian dari Anda. Crypto currency sendiri merupakan mata uang digital yang memiliki nilai jual dan beli. Salah satu yang paling populer adalah bitcoin. Investasi bitcoin ini tergolong murah karena Anda sudah bisa berinvestasi mulai dari 100 ribu rupiah saja.

Cara kerja investasi ini adalah dengan membeli bitcoin dan menahannya sampai harganya naik untuk kemudian dijual. Popularitas bitcoin sendiri sangat besar terutama bagi para pengguna internet. Dengan kenaikan harga yang bagus setiap tahunnya, investasi bitcoin ini menjadi pilihan banyak orang yang memiliki modal tidak terlalu besar.

  1. Saham

Investasi saham tentu sudah tidak asing lagi bagi Anda. Umumnya pemain investasi saham ini harus memiliki pengetahuan dan kuat dalam hal analisis pergerakan nilai saham. Hal ini karena investasi saham ini memiliki risiko yang sangat besar meskipun keuntungan yang didapatkan juga besar. Apabila Anda nekat terjun di dunia saham tanpa dibekali ilmu yang cukup maka bersiaplah kerugian akan segera Anda peroleh.

Investasi Online Syariah

Selain jenis investasi investasi yang biasa, ada juga jenis investasi bagi Anda yang ragu tentang kehalalan suatu investasi tersebut. Investasi tersebut adalah investasi berbasis syariah. Investasi ini tentu menjadi alternatif bagi Anda yang ingin melakukan investasi tetapi tetap berada dalam kaidah-kaidah ajaran islam dalam kegiatannya.

Seiring kemajuan teknologi, investasi juga telah merambah di dunia online. Hal ini tentu semakin memudahkan Anda dalam berinvestasi. Perbedaan mendasar investasi syariah dengan yang lain adalah adanya penerapan syariat islam dalam menjalankan investasi ini dan juga menjauhi dari adanya potensi riba yang diperoleh dari investasi ini.

Investasi Online Terbaik Berbasis Syariah

  1. Pasar Modal Berbasis Syariah

Investasi syariah berbasis online yang pertama adalah pasar modal syariah. Sebelum lebih jauh, perlu diketahui bahwa Indonesia merupakan Pasar Modal satu-satunya yang memiliki fasilitas trading online syariah bagi investornya. Hal ini tentu merupakan suatu langkah yang positif untuk menarik minat investor yang mempunyai prinsip islam yang kuat dalam berinvestasi.

Pasar modal syariah ini memiliki kemudahan yang banyak sekali. Salah satunya adalah tidak diperlukannya lagi jasa dari dealer di perusahaan efek yang lain. Selain itu transaksi pasar modal syariah ini dapat dilakukan oleh investor yang berasal dari manapun. Investor ini berhak memilih saham syariah yang terdapat pada daftar bursa efek indonesia.

Pada investasi ini, investor diharuskan menggunakan uang dan aset yang merupakan miliki sendiri. Tidak boleh investor menggunakan pinjaman untuk melakukan investasi ini. Intinya, investasi ini hanya bisa melakukan transaksi saham yang sudah masuk dan berada dalam indeks syariah selain itu pastinya Anda tidak bisa untuk melangkah lebih jauh lagi.

  1. Reksadana Berbasis Syariah

investasi online syariah
investasi online syariah | source : howmoneyindonesia.com

Cara investasi online berikutnya adalah reksadana. Rekasadana tentu sudah tidak asing lagi bagi Anda yang sudah berpengalaman di dunia investasi. Selain reksadana umum, sekarang juga ada rekasadana yang menggunakan sistem syariah. Secara umum, Reksadana Syariah adalah modal atau aset yang ditransfer oleh investor kepada manajer investasi kemudian dikelola secara syariah.

Yang perlu diperhatikan dalam reksadana ini adalah produk investasi yang bisa dibeli adalah yang ada dalam daftar efek syariah. Sehingga uang yang ada tidak mungkin dialokasikan pada emiten-emiten yang bergerak di bidang yang tidak sesuai syariat islam seperti perusahaan alkohol ataupun perusahaan judi.

Marketplace reksadana syariah online yang paling populer diantaranya adalah bareksa.com ataupun bisa juga lewat Ipotfund. Dengan adanya platform online ini tentu membuat investasi syariah secara online banyak digandrungi masyarakat. Apalagi dengan Indonesia sebagai negara dengan mayoritas penduduknya beragama islam.

Untuk keuntungan dan modal, investasi ini hanya membutuhkan modal yang minim. Tentu ini juga merupakan jalan bagi Anda yang berpenghasilan pas-pasan untuk mencoba investasi tanpa perlu takut akan dosa riba dan semacamnya. Hanya dengan bermodal HP ataupun pc dengan internet, Anda sudah bisa untuk melakukan investasi ini.

Bisnis atau Investasi Online Terpercaya Tanpa Modal di Indonesia

Memulai bisnis atau investasi tentu identik dengan menggunakan modal baik itu modal besar ataupun modal yang kecil. Namun dengan adanya internet, kini Anda dapat melakukan bisnis atau investasi tanpa menggunakan modal sepeserpun dengan mendaftar situs investasi online terpercaya. Tentunya hal tersebut juga membutuhkan syarat berupa keahlian ataupun softskill yang Anda miliki.

  1. Konten Kreator Youtube

Menjadi youtuber kini merupakan suatu profesi yang menjanjikan. Penghasilan youtuber top bisa mencapai miliyaran perbulannya. Hal itu membuat siapa saja pasti ingin menjadi youtuber juga. Untuk Anda yang ingin memulai menjadi seorang youtuber, tidak memerlukan modal berupa uang sepeserpun. yang Anda perlukan hanyalah kamera, laptop, dan juga HP. Kemudian sisanya hanyalah tinggal kreativitas Anda yang menentukan suskes atau tidaknya youtube Anda

  1. Blogging

Menjadi seorang blogger mungkin masih terdengar asing. Padahal dengan menjadi blogger Anda dapat menghasilkan uang yang lumayan banyak. Hanya dengan modal kemampuan menulis, Anda dapat memulai bisnis online ini. Tentu Anda harus memiliki blog terlebih dahulu. Tapi Anda tidak usah khawatir karena banyak sekali blog yang bisa Anda buat secara gratis.

  1. Memanfaatkan Promosi Broker Online

Bagi Anda yang sudah ahli dan menguasai trading terutama trading forex tentu bisnis ini merupakan peluang untuk mendapatkan untung tanpa modal sepeserpun. Broker-broker online sering kali melakukan promosi dengan menawarkan trading dengan nol deposit. Anda bisa memanfaatkan ini untuk melakukan trading tanpa mengeluarkan modal sedikitpun.

  1. Menjadi Freelancer

Bisnis investasi online terakhir adalah freelancer. Apabila Anda memiliki bakat editing, menulis, desain, dan sebagainya, Anda dapat memanfaatkan bakat Anda tersebut untuk memulai bisnis secara online dengan menjadi freelancer. Dengan ini Anda hanya perlu menawarkan skill Anda pada platform penyedia jasa freelancer yang ada. Untuk gaji, Anda bisa mendapatkan bayaran dari mulai rupiah hingga dollar. Situs freelancer kini juga sudah mudah ditemui di internet.

Aplikasi Investasi Online Terbaik di Indonesia

Semakin majunya perkembangan teknologi semakin membuat berbagai macam kemudahan bagi manusia termasuk juga dalam bidang investasi secara online. Maraknya platform penyedia layanan investasi berbasis online membuat gairah investasi di Indonesia kembali bergeliat. Apalagi dengan adanya aplikasi-aplikasi yang membuat investasi bisa dilakukan di mana saja dan kapan saja hanya dari android dan pc.

  1. Acorn

Aplikasi yang satu ini sangat cocok bagi para pemula dalam bidang investasi. Aplikasi ini pernah menjadi salah satu aplikasi investasi yang terbaik di tahun 2018 yang lalu. Cara kerja aplikasi acorn secara umum adalah dengan menarik uang dari kartu kredit Anda ataupun debit tiap bulan untuk kemudian diinvestasikan dalam bentuk portofolio yang dipilih oleh Harry Markowitz. Dia adalah pemenang hadiah nobel pada bidang ekonomi.

Jumlah saldo pada Acorn memanglah sedikit, akan tetapi hal itu bermaksud untuk membuat Anda lebih sering berinvestasi. Investasi Acorn sendiri merupakan salah satu jenis investasi jangka panjang sehingga Anda harus benar-benar sabar dan juga konsisten untuk membuat saldo Anda menjadi besar. Semakin besar saldo Anda maka akan semakin besar pula keuntungan yang Anda dapat.

  1. Stash

Aplikasi yang satu ini sebenarnya hampir memiliki cara yang sama dengan aplikasi acorn. Jika acorn akan menarik saldo Anda secara otomatis lain halnya dengan Stash. Di aplikasi Stash Anda tidak akan melakukan deposit secara otomatis, tetapi Anda sendirilah yang mengatur investasi yang Anda berikan. Aplikasi ini dapat mengajarkan Anda dalam mengambil strategi dan keputusan yang baik dalam investasi.

Salah satu fitur yang ada pada stash adalah Anda dapat menentukan portofolio jenis apa yang ingin Anda fokuskan, apakah Anda akan fokus pada investasi yang berbeda ataukah portofolio diri sendiri. Kemudian Anda dapat memilih auto stash untuk investasi kelanjutan otomatis atau Anda akan menambahkan modal dengan cara manual.

  1. Robinhood

Aplikasi berikutnya ini adalah aplikasi dengan nama robinhood. Seperti namanya robinhood yang merupakan tokoh fiksi yang mencuri uang dari si kaya dan dibagikan pada orang lain agar dapat merasakan hal yang sama, aplikasi ini juga bertujuan demikian yaitu aplikasi ini membuat semua kalangan dapat melakukan investasi di pasar modal.

Keunggulan aplikasi ini adalah dengan menyediakan perdagangan saham yang free alias gratis. Kata gratis tersebut bukan bermaksud gratis 100% tetapi berupa penghilangan biaya transaksi dan ongkos. Hal seperti ini biasanya disebut dengan nol commision. Untuk cara menggunakannya Anda tinggal download aplikasi robinhood dan hubungkan dengan rekening Anda. Selanjutnya tinggal Anda isi saldo dan mulai beli dan jual saham Anda.

  1. KoinWorks

Aplikasi investasi online terakhir adalah aplikasi koinworks. Aplikasi ini merupakan aplikasi karya anak indonesia yang bergerak dalam peer to peer lending. Sistem kerja aplikasi ini adalah setiap orang dapat meminjam maupun memberikan pinjaman modal atau dana untuk kepentingan apapun tanpa perantara. Sistem ini mempertumkan pihak yang memberikan pinjaman dan juga pihak yang mengajukan pinjaman. Dengan kata lain koinwork merupakan pasar untuk melakukan kegiatan saling pinjam uang.

Koinworks tentu sangat cocok bagi Anda yang malas melalui prosedur yang rumit untuk melakukan pinjaman pada pihak resmi seperti koperasi, pemerintah, bank, dan sejenisnya. Hal ini membuat orang awam tak perlu lagi bingung dalam melakukan pinjaman ataupun memberikan pinjaman untuk kebutuhan bisnis ataupun kegiatan sehari-hari.

Fitur dalam aplikasi ini memungkina Anda untuk menentukan siapa yang akan Anda berikan pinjaman dan juga bidangnya seperti bisnis, pendidikan, kesehatan, suku bunga, dan lainnya. Perlu diketahui bahwa peminjam melakukan pembayarannya setiap bulan sehingga akan ada keuntungan yang Anda dapat setiap bulannya.

Aplikasi ini tidak membebankan biaya bagi Anda yang ingin mendaftar dan menggunakan aplikasi ini. minimal deposit aplikasi ini sebesar 100 ribu rupiah. Sehingga Anda tidak membutuhkan modal yang begitu besar untuk memulai berinvestasi. Pada aplikasi ini membebankan biaya sebesar 1% terhadap keuntungan atau return yang diterima oleh para peminjam.