Cara Investasi Emas Bagi Pemula (Online, Antam, Pegadaian, Dll)

7 min read

investasi emas

Berinvestasi merupakan salah satu cara yang Anda lakukan dengan uang Anda untuk mendapatkan keuntungan di masa yang akan datang. Berbagai macam investasi dari mulai yang bermodal kecil hingga yang membutuhkan modal besar bisa Anda lakukan. Salah satu jenis investasi yang bisa Anda coba adalah investasi emas. Harga yang hampir selalu naik tiap tahun, membuat investasi ini digemari oleh banyak orang.

Pada artikel kali ini Jurnal Manajemen akan membahas secara tuntas mengenai investasi emas. Pembahasan akan dilakukan secara komprehensif mulai dari cara berinvestasi emas bagi pemula hingga tips dan platform yang akan digunakan. Simak pembahasan berikut ini :

Cara Berinvestasi Emas bagi Pemula

Bagi Anda yang baru dalam Dunia Investasi Emas, tentu akan merasakan was-was dan terus dibayang-bayangi rasa takut mengalami kerugian. Hal tersebut merupakan hal yang wajar, namun Anda dapat mengatasi itu dengan cara menambah pengetahuan mengenai dunia investasi, terutama pada investasi logam mulia. Cara investasi emas yang salah merupakan faktor yang menyebabkan Anda merugi kelak.

Cara Berinvestasi Emas bagi Pemula
Cara Berinvestasi Emas bagi Pemula | source : foundersguide.com

Menentukan Tujuan

Sebelum memulai investasi ini, Anda harus menentukan terlebih dahulu maksud dan tujuan Anda melakukan investasi ini. Dengan adanya tujuan yang jelas, maka Anda dapat menentukan langkah-langkah yang akan Anda ambil dan juga Anda akan mempunyai gambaran akan ke arah manakah investasi Anda  ini akan berujung, apakah untuk biaya pendidikan, membeli rumah, membeli mobil dan atau yang lainnya.

Setelah menetapkan tujuan, Anda masuk pada tahap perencanaan. Perencanaan yang disusun harus sejalan dengan tujuan yang ingin Anda capai dalam investasi ini. Hal yang harus Anda rencanakan adalah mengenai jumlah emas yang perlu Anda kumpulkan untuk meraih tujuan Anda. Dalam perencanaan ini Anda juga harus memperhatikan elemen lain seperti inflasi, kenaikan harga emas dan faktor yang lainnya.

Untuk mencapai tujuan, Anda perlu melakukan perhitungan jumlah emas yang Anda investasikan seperti menghitung berapa jumlah emas yang harus Anda beli di periode tertentu. Hal ini bertujuan untuk menjaga keuntungan Anda agar dapat sesuai dengan tujuan. Apabila Anda mengalami kesulitan dalam menghitung investasi, Anda bis gunakan aplikasi finansialku yang bisa didownload di playstore.

Cara Menyimpan Emas

Masalah menyimpan emas juga menjadi salah satu hal yang membuat Anda bingung. Sebenarnya banyak sekali cara Anda untuk menyimpan emas-emas Anda. Anda dapat menyimpan emas Anda di rumah, safe deposit box, brankas, ataupun memanfaatkan pegadaian emas. Semua cara itu merupakan cara yang bisa Anda coba dengan keunggulan dan kekurangan masing-masing.

Yang terakhir dan yang paling krusial adalah lakukan dan uruslah hal-hal yang berkaitan dengan investasi ini sendiri. Hal itu karena selain investasi ini bersifat pribadi juga untuk menghindarkan Anda dari penipuan. Tak bisa dipungkiri, dengan banyaknya orang yang Anda libatkan pada investasi Anda, pasti akan menimbulkan rasa iri yang akan mendatangkan efek negatif yang tidak baik bagi keamanan investasi Anda.

Berbagai Macam Bentuk Berinvestasi Emas

Berinvestasi dalam bidang logam mulia terutama emas tentu sangat menjanjikan, Harganya yang jarang mengalami penurunan signifikan merupakan salah satu yang membuat investasi emas ini banyak digemari orang. Metode dalam investasi ini juga banyak sekali caranya. Anda hanya tinggal memilih cara yang mana yang sesuai dengan kondisi dan kegiatan Anda sehari-hari.

Investasi pertama adalah investasi emas antam. Antam merupakan salah satu perusahaan tambang yang menjual produk emas fisik. Emas fisik dari antam memiliki kandungan emas murni yakni 99,99 %. Jadi tidak perlu diragukan lagi keaslian dan juga kualitas produk emas antam ini. Untuk penyimpanan emas antam ini Anda dapat menyimpannya di brankas dengan kualitas keamanan yang bagus.

Seiring perkembangan zaman, berkembang pula metode-metode untuk melakukan investasi logam emas ini. Hal tersebut mungkin dikarenakan banyak orang-orang yang berpikir investasi emas batangan di rumah merupakan hal yang sudah kuno atau tidak kekinian. Selain itu rasa khawatir akan bahaya pencurian juga menjadi alasan orang mulai meninggalkan metode konvensional dan beralih ke metode yang modern.

Investasi Emas Online dengan Aplikasi Jual Beli Online

investasi emas online
investasi emas online | source : tokopedia.com

Seiring mulai banyaknya orang yang ingin dan baru mulai investasi logam emas ini, kini juga muncul platform yang menawarkan investasi logam mulia ini. Salah satu yang mulai berkembang adalah investasi berbasis online. Investasi Online ini dapat Anda lakukan pada beberapa aplikasi yang mempunyai fitur menabung emas. Aplikasi yang sudah terkenal dengan memiliki fitur ini adalah bukalapak dan juga tokopedia.

Fitur tersebut biasa dikenal dengan nama nabung emas. Untuk investasi emas antam online di aplikasi tersebut tidak memerlukan cara yang rumit. Anda cukup membuat akun pribadi pada aplikasi tersebut jika belum punya dan jika sudah ada akun Anda tinggal mendaftar program di program nabung emas. Selain mudah pendaftarannya, Anda juga dapat menabung emas mulai dari nominal di bawah 10000 rupiah.

Begitu pentingnya memulai investasi untuk masa depan tentu akan mendorong orang terutama generasi muda untuk mulai berinvestasi emas. Dengan kemudahan yang ada pada zaman sekarang, tentu tidak ada alasan lagi untuk menunda-nunda berinvestasi. Apalagi setelah munculnya platform dan aplikasi online yang menyediakan fitur menabung emas dengan mudah dan bisa dilakukan di mana saja dan kapan saja.

Investasi Emas di Pegadaian

investasi emas di pegadaian
investasi emas di pegadaian | source : pegadaian.co.id

Cara lain yang bisa Anda lakukan untuk menabung emas adalah dengan investasi emas pegadaian. Mungkin menabung emas di pegadaian masih kurang populer dikalangan masyarakat umum. Namun, tidak ada salahnya jika Anda ingin membuka tabungan emas di pegadaian. Selain karena pegadaian merupakan instansi terpercaya, menabung emas di sini juga terjamin keamanannya.

Menabung emas di pegadaian memiliki banyak sekali keunggulan. Beberapa keunggulan tersebut adalah kantor cabang yang tersedia di seluruh indonesia, emas yang diperjualbelikan mulai dari 0,01 gram, serta top up tabungan dapat Anda lakukan secara offline dengan langsung ke pegadaian atau juga bisa secara online dengan menggunakan aplikasi pegadaian digital service.

Selain memiliki keunggulan yang begitu banyak, tentunya menabung emas di pegadaian juga memiliki beberapa kekurangan. Beberapa kekurangan tersebut diantaranya adalah untuk pendaftarannya hanya dapat dilakukan secara offline jadi Anda harus langsung datang ke pegadaian langsung, berat minimal yang bisa diambil adalah 1 gram, dan juga terdapat biaya admin beserta penitipannya.

Cara investasi emas di pegadaian tidak terlalu rumit. Berkas yang Anda butuhkan hanyalah KTP, SIM, atau passpor. Selanjutnya Anda tinggal datang langsung ke pegadaian dan mengisi formulir pembukaan tabungan emas. Setelah selesai mengisi formulir Anda akan membayar beberapa biaya beserta nominal tabungan awal. Biaya yang harus Anda bayarkan sebesar 10 ribu untuk biaya admin dan 30 ribu untuk fasilitas penitipan berdurasi 1 tahun.

Cara Berinvestasi Emas yang Tidak Boleh Anda Lakukan

Bagi Anda yang merupakan pemula atau sedang mempelajari investasi terutama emas tentu rawan sekali akan kegagalan. Hal tersebut disebabkan karena masih minimnya pengalaman investasi dan juga tidak banyaknya pengetahuan yang dimiliki tentang investasi ini. Untuk menghindari hal tersebut, ada beberapa hal yang tidak boleh Anda abaikan saat menekuni investasi ini.

grafik harga emas
grafik harga emas | source : seputarforex.com

Tidak Update Mengenai Harga Emas

Hal pertama yang harus dihindari bagi Anda yang melakukan investasi ini adalah kurang memperhatikan pergerakan harga emas di dunia. Padahal, hal ini merupakan hal dasar Anda dalam membuat keputusan kapan membeli dan menjual emas yang Anda miliki. Tentunya hal tersebut akan membuat Anda tidak mendapatkan keuntungan yang maksimal atau bahkan kerugianlah yang akan Anda terima.

Selain itu Anda juga harus melakukan cek dan ricek ke berbagai macam platform yang menjual emas sebelum memutuskan untuk membeli emas. Amati harga jual dan harga beli pada semua platform tersebut dan bandingkan harga-harganya. Setelah itu barulah Anda cari harga dan kualitas platform mana yang terbaik barulah kemudian Anda melakukan beli ataupun jual emas yang Anda miliki.

Membeli emas daur ulang adalah hal yang juga harus Anda hindari. Emas daur ulang biasanya terdiri dari sisa kandungan emas yang terdapat pada barang-barang elektronik yang sudah tidak terpakai. Mungkin harga yang lebih murah akan menarik perhatian Anda. Akan tetapi, emas yang berasal dari sisa kandungan emas barang elektronik memiliki akan sangat susah laku di pasaran karena tidak memiliki cacat estetika.

Tidak Memperhatikan Tempat Penjual Emas

Mencari tempat atau toko yang menjual emas juga tidak boleh sembarangan. Kebanyakan para pemula melakukan kesalahan dalam memilih toko atau tempat dalam membeli emas. Hal tersebut haruslah Anda hindari karena bisa berujung dengan penipuan. Biasakanlah Anda membeli emas baik batangan atau perhiasan di tempat yang sudah terpercaya dan punya nama agar memudahkan pada saat penjualannya.

Membeli Emas Satu Ukuran

Hal selanjutnya yang harus dihindari adalah membeli emas hanya dengan satu macam ukuran saja. Dengan membeli dengan ukuran yang sama akan menyulitkan Anda ketika Anda memiliki kebutuhan mendadak. Membeli emas dalam berbagai macam ukuran akan lebih memudahkan Anda dalam menjualnya pada saat Anda diharuskan untuk mengeluarkan uang untuk hal tak terduga.

Tidak Memperhitungkan Likuiditas

Kesalahan terakhir adalah membelanjakan mayoritas uang Anda untuk membeli emas. Tentu hal ini akan sangat mengganggu saat Anda memerlukan uang untuk kebutuhan mendesak seperti berobat dan sebagainya. Berinvestasi emas haruslah seimbang. Anda juga harus mengatur uang tunai yang menjadi pegangan untuk kehidupan sehari-hari dan juga uang untuk Anda berinvestasi emas untuk masa depan.

Tips Investasi Emas Menggunakan Modal Yang Sedikit

Berinvestasi emas kini sudah banyak dilakukan orang, tidak hanya yang berpenghasilan besar tetapi orang dengan penghasilan sedang atau dibilang pas-pasan juga ikut program investasi emas. Untuk Anda yang berpenghasilan besar, membeli emas dengan jumlah tentu bukanlah hal susah. Namun bagi Anda yang berpenghasilan pas-pasan tentu akan berpikir panjang untuk membeli emas. Berikut tips bagi Anda yang ingin berinvestasi emas dengan penghasilan yang pas-pasan.

  1. Mencari Tahu Pengetahuan Tentang Emas

Sebelum berinvestasi perlu bagi Anda untuk mempelajari tentang investasi terutama investasi logam mulia emas. Investasi logam emas ini merupakan salah satu jenis investasi konvensional. Cara investasinya juga tidak susah, Anda hanya tinggal membeli dan menahan emas Anda sampai harga jual emas naik. Mempelajari seluk beluk dan pergerakan harga emas akan membuat investasi Anda akan menjadi lebih efisien.

  1. Pantau Harga Emas Dunia

Melakukan pemantauan pada harga emas akan membantu kamu memperoleh keuntungan yang maksimal. Dengan memperhatikan tren kenaikan maupun penurunan, Anda dapat menentukan waktu yang tepat kapan untuk beli dan kapan untuk menjualnya. Hal tersebut akan mengurangi risiko kerugian Anda sehingga modal Anda yang pas-pasan tidak akan terbuang sia-sia.

  1. Menetapkan Tujuan Investasi

Memiliki tujuan investasi tentu akan membuat Anda memiliki koridor dalam berinvestasi. Perlu Anda ketahui bahwa berinvestasi terutama emas merupakan investasi yang berdurasi untung yang lama. Jadi Anda harus menetapkan hasil investasinya akan Anda gunakan dalam waktu dekat atau jangka waktu yang lama. Hal itu karena keuntungan yang Anda dapatkan tidak akan signifikan jika hanya menahan selama 1 tahun saja.

  1. Menabung Untuk Emas

Bagi Anda orang yang berpenghasilan yang pas-pasan tentu akan berat untuk langsung membeli emas dalam gram yang besar. Untuk mengatasai hal tersebut, Anda haruslah menabung. Menabunglah sebulan 100 sampai dengan 200 ribu rupiah. Dalam waktu dekat maka Anda akan terkumpul untuk membeli 1 gram atau lebih emas. Anda juga dapat mencicil emas sedikit demi sedikit dengan mendaftar tabungan emas di pegadaian atau aplikasi online penyedia tabungan emas.

Melakukan Investasi Emas di Bank

investasi emas di bank
investasi emas di bank | source : pbebank.com

Menabung emas atau kredit emas tidak hanya bisa Anda lakukan di pegadaian saja, akan tetapi Anda juga bisa menabung emas di bank. Sekarang sudah terdapat bank-bank yang menyediakan layanan menabung emas. Salah satu bank terbaik untuk investasi emas adalah bank mandiri. Dalam hal ini, bank mandiri memiliki layanan yang bernama kredit emas. Cara kerja kredit emas ini hampir mirip dengan menabung emas dipegadaian.

  1. Usia Anda Harus Memenuhi Syarat

Sebelum memulai kredit emas di bank mandiri, Anda harus memastikan diri Anda sudah berumur 21 dan memiliki pekerjaan tetap. Hal tersebut merupakan syarat awal Anda untuk membuka kredit emas. Jika usia Anda kurang dari 21 maka bank tidak akan memberi kepercayaan kepada Anda untuk membuka kredit bank, demikian juga jika Anda belum punya pekerjaan tetap maka bank tidak akan berani untuk memberikan kredit emas kepada Anda.

  1. Mengisi Formulir Administrasi

Apabila syarat pertama sudah Anda penuhi, Anda bisa langsung menuju bank dan ikut antrean layanan. Setelah tiba giliran Anda, Anda hanya perlu memberitahu customer service bahwa Anda akan melakukan kredit emas. Kemudian Anda akan diberikan formulir administrasi untuk diisi. Isilah formulir itu dengan lengkap dan sebenar-benarnya agar tidak menimbulkan masalah di kemudian hari.

  1. Pilih Berat Emas Yang Ingin Anda Kredit

Setelah mengisi formulir, Anda akan diberikan pilihan berat emas yang ingin Anda kredit. Di bank Mandiri, berat emas yang tersedia mulai dari 10 hingga 500 gram emas. Dalam memilih emas ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan. Pertama lama cicilan yang Anda pilih dan juga jumlah dari harga yang akan Anda kredit. Jangan sampai Anda kesulitan membayar kredit emas di kemudian hari nanti. Pada awal kredit Anda harus membayar 20% dari harga emas yang Anda pilih kemudian mencicil 80% sisanya.

  1. Bayar Uang Muka

Cara investasi emas di bank yang terakhir adalah dengan membayar uang muka 20 % dari harga emas Anda. Untuk mengetahui harga emas terbaru, Anda dapat memantau langsung ke bank Mandiri. Setelah semua langkah tersebut Anda lalui, Anda akan menerima buku kredit emas Anda. Bayarlah cicilan emas Anda dengan tertib dan perlahan tapi pasti kredit emas Anda akan terlunasi.

Demikian pembahasan artikel mengenai investasi emas yang dapat kami sampaikan. Semoga artikel ini bermanfaat bagi anda semua. Jangan lupa untuk membagikan artikel ini agar lebih bermanfaat ^^