Berbagai Jenis Ikan Louhan SRD (Ciri, Harga, dan Cara Memeliharanya)

5 min read

ikan louhan srd

Di antara jenis jenis ikan louhan yang populer dan mudah didapat adalah ikan louhan SRD (Super Red Dragon). Disebut sebagai ikan louhan super red dragon karena ikan louhan jenis ini mempunyai warna merah terang yang tajam. Ikan louhan srd ini pertama kali dipopulerkan di Thailand, dan saat ini telah dikenal di berbagai negara termasuk Indonesia bahkan sampai Eropa. Harga ikan louhan SRD biasanya berkisar diangka 1,5 jutaan, tetapi akan lebih mahal jika jenongnya semakin menonjol.

Dikarenakan menariknya ikan louhan jenis SRD ini maka Jurnal Manajemen akan membahas secara lengkap mengenai louhan SRD ini. Pembahasan meliputi ciri louhan SRD, jenis-jenisnya, cara memeliharanya dan informasi harga. Selengkapnya simak artikel berikut ini :

Penampakan Louhan SRD

Ikan louhan Super Red Dragon (SRD) masih mewarisi ikan louhan jenis cencu, yang memiliki warna merah cerah di tubuhnya. Ikan ini memiliki prestise tersendiri karena tubuhnya yang memiliki dua warna berbeda dan jenongnya yang besar (water head) yang merupakan ciri khas ikan louhan super red dragon.

Di bagian kepala termasuk jenongnya sampai ke bagian tengah tubuh memiliki warna merah cerah terang dan tajam, sedangkan pada bagian tengah tubuh sampai ekornya berwarna silver atau kadang-kadang kuning, dengan bintik hitam horisontal berukuran besar dari kepala hingga ekornya. Perpaduan bintik-bintik hitam horisontal dan warna merahnya sangat kontras sehingga memberi kesan warna merah tubuhnya semakin menyala. 

gambar louhan srd
gambar louhan srd | source : memberfiles.freewebs.com

Ikan louhan SRD relatif lebih mudah dipelihara dan dikembangbiakkan dibandingkan dengan jenis ikan louhan lainnya sehingga lebih mudah dalam pemeliharaannya, khususnya bagi pehobi ikan hias yang baru pertama kali memelihara ikan.

Pada tahun-tahun awal perkembangannya, jenis ikan louhan SRD ini menjadi populer karena banyak orang Singapura keturunan imigran Cina yang percaya bahwa warna merahnya membawa hoki / keberuntungan bagi keluarga dan bisnis mereka. Ikan louhan SRD ini juga menjadi sangat populer di negara-negara Asia lainnya terutama bagi mereka yang percaya pada Feng Shui. Mereka menganggap bahwa naga (dragon) merupakan salah satu makhluk mistis yang dihormati.

Pada awalnya ikan louhan SRD tidak populer di Indonesia. Tetapi setelah banyak yang membudidayakannya  di daerah Sumatra yang langsung mengimpor dari Thailand dan kemudian memasok ke berbagai daerah, akhirnya ikan louhan SRD ini menjadi populer.

Ciri-Ciri Ikan Louhan SRD (Super Red Dragon)

Hal penting untuk diketahui adalah bahwa ikan louhan SRD telah mengalami banyak persilangan yang bertujuan untuk meningkatkan sifat-sifat ideal bagi ikan louhan SRD, seperti pertumbuhan jenong, mutiara, tubuh, ekor, dan pola hitam di tubuhnya (marking).

Banyak pehobi ikan louhan berpengalaman sepakat bahwa ikan louhan saat ini telah banyak dikawinkan silang dan klasifikasi berdasarkan garis keturunan tidak memiliki pengaruh sebanyak dari sebelumnya. Banyak yang percaya bahwa seekor ikan louhan harus diklasifikasikan berdasarkan penampilannya dan bukan dari strain yang dilaporkan oleh breeder / peternaknya.

Ciri khas dari ikan louhan super red dragon (SRD) di antarannya adalah memiliki dua bagian tubuh yang berbeda warna, yaitu merah dan silver / kuning dengan corak mutiara. Yang merupakan keunikan dari jenis ikan louhan super red dragon ini adalah memiliki jenong terbesar dari ikan louhan jenis lainnya, bahkan bisa mencapai dua kali lipatnya.

  1. Corak Warna Ikan Louhan SRD (Super Red Dragon)

Daya tarik paling penting dari ikan louhan SRD yang membedakan dengan ikan louhan jenis lainnya adalah warna sisik di tubuhnya. Ikan louhan SRD yang berkualitas baik umumnya memiliki dua bagian warna tubuh yang berbeda. Pada bagian kepala termasuk jenongnya sampai ke bagian tengah akan berwarna merah tajam, sedangkan pada bagian tengah tubuh sampai ke ekor berwarna kuning maupun silver. Ikan louhan SRD juga memiliki pola hitam horisontal bentuk bunga berukuran besar pada tubuhnya, dari kepala hingga ekor.

  1. Ukuran Jenong Ikan Louhan SRD (Super Red Dragon)

Jenong pada ikan louhan SRD memiliki ukuran terbesar (water head) jika dibandingkan dengan jenis ikan louhan lainnya. Ukuran jenong ikan louhan SRD bisa mencapai dua kali lipat dibandingkan dengan ukuran jenong ikan louhan jenis lainnya. Ciri khas jenong besar inilah yang menjadikan ikan louhan super red dragon memiliki harga lebih mahal.

  1. Bentuk Tubuh Ikan Louhan SRD (Super Red Dragon)

Jika diamati lebih cermat, bentuk tubuh ikan louhan SRD adalah persegi memanjang, dan mengecil sampai pada bagian ekornya. Ukuran tubuh ikan louhan SRD dewasa usia sekitar 10 tahun bisa mencapai ukuran panjang 40 cm dari jenong hingga ujung ekornya. Bentuk sirip ikan louhan jenis ini besar seperti kipas, panjang, dan tidak kaku saat digunakan untuk berenang.

  1. Warna Mata Ikan Louhan SRD (Super Red Dragon)

Ciri khas dan keunikan lain dari ikan louhan SRD adalah warna matanya. Ikan louhan SRD yang berkualitas memiliki warna merah tajam dengan bagian tengahnya berwarna hitam. Semakin tajam warna merah mata ikan louhan SRD maka akan semakin mahal juga harganya. Tetapi ada juga beberapa jenis ikan louhan SRD yang matanya berwarna merah kurang tajam, bahkan ada yang berwarna putih.

Sebagian orang akan mengklasifikasikan ikan louhan sebagai ikan louhan SRD jika mempunyai ciri khas yang didominasi oleh karakteristik ikan louhan cencu. Sementara beberapa orang lebih suka dengan ikan louhan dengan jenong besar, tubuh pendek, dan mutiara yang sangat baik, yang mana sifat-sifat ini mungkin tidak selalu hadir untuk ikan louhan yang dianggap jenis SRD.

Ikan louhan SRD  akan terus dikembangbiakkan dan ditingkatkan untuk menghasilkan kualitas yang lebih baik. Meskipun strain ini telah banyak berevolusi sejak pertama kali diperkenalkan, para peternak masih terus berusaha untuk menghasilkan kualitas ikan louhan SRD yang lebih baik.

Artikel Terkait Artikel Terkait
Ikan Louhan Kamfa Ikan Louhan Cencu

Pemeliharaan Ikan Louhan SRD (Super Red Dragon)

Ikan louhan, tidak terkecuali louhan SRD, merupakan spesies ikan yang mudah dipelihara. Dengan standar pemeliharaan ikan yang baik secara umum, ikan louhan dapat hidup dan tumbuh dengan baik. Hal terpenting dalam pemeliharaan ikan louhan adalah kualitas airnya.

Tingkat keasaman (pH) air harus disesuaikan agar ikan louhan dapat hidup dengan nyaman. Jika sumber air berasal dari PDAM maka jangan langsung digunakan, tetapi harus disimpan lebih dahulu selama 3 – 4 hari. Sedangkan jika airnya berupa air tanah, penyimpanan bisa selama 1 minggu.

Selain kualitas air, pakan untuk ikan louhan SRD juga mempengaruhi penampilannya. Untuk pakan ikan louhan SRD sendiri tidak rumit dan mudah diperoleh. Pakan yang mengandung nutrisi yang tepat dan seimbang akan berpengaruh terhadap penampilan ikan louhan.

Perlu diketahui bahwa pakan ikan louhan SRD terdiri dari 2 jenis, yaitu pakan alami dan pakan buatan alias pelet. Pakan alami bisa berupa cacing, udang, ikan kecil dan jangkrik. Sedangkan pakan buatan berupa pelet khusus untuk ikan louhan yang mengandung hormon atau spirulina. Pelet semacam ini dapat memicu timbulnya kombinasi warna ikan louhan SRD yang lebih cemerlang dan cantik.

Sebaiknya menggunakan kombinasi kedua pakan tersebut agar ikan louhan SRD menjadi berkualitas. Dan pemberian makan ikan louhan bisa dilakukan 2 – 3 kali dalam sehari. Kombinasi jangkrik dengan pelet dan vitamin, bisa menghasilkan warna yang bagus sekali.

Jenis Ikan Louhan SRD (Super Red Dragon)

Ikan louhan SRD saat ini terbagi menjadi dua jenis, yaitu ikan louhan SRD Thailand dan ikan louhan SRD lokal. Harga louhan SRD ori Thailand tentu lebih mahal dan penampilannya juga lebih cantik jika dibandingkan dengan versi lokalnya. Untuk membedakan kedua jenis ikan louhan SRD ini khususnya bagi seorang pemula tentu sangatlah sulit. Berikut ini adalah perbedaan ikan louhan SRD Thailand dan ikan louhan SRD lokal :

Ikan Louhan SRD Thailand

gambar louhan srd thailand
gambar louhan srd thailand | source : ecs7.tokopedia.net

Jika dilihat Ikan louhan SRD Thailand warna tubuhnya merupakan perpaduan warna merah dan kuning yang sangat kontras, dengan jenong warna merah yang ukurannya lebih besar, dan bintik hitam pada tubuhnya sangat pekat dan terlihat jelas.

Ikan louhan SRD Thailand merupakan hasil persilangan antara ikan louhan merah asal Thailand dengan ikan louhan cencu dan menjadi ikon dari ikan louhan Thailand karena mempunyai warna yang lebih cerah.

Ikan Louhan SRD Lokal

gambar louhan srd lokal
gambar louhan srd lokal | source : OLX

Ikan louhan SRD lokal merupakan hasil persilangan dan replika genetik yang dilakukan oleh pembudidaya ikan louhan di Indonesia. Ciri khas ikan louhan SRD lokal adalah memiliki dua bagian warna tubuh yang berbeda, yaitu merah dan silver keputihan. Ukuran tubuh dan jenong ikan louhan SRD lokal lebih kecil daripada ikan louhan SRD Thailand, berwarna merah serta ada corak mutiara di bagian atasnya. Secara umum harga ikan louhan SRD lokal tentunya juga lebih murah jika dibandingkan dengan harga ikan louhan ori Thailand (import).

Harga Ikan Louhan SRD (Super Red Dragon)

Pembentukan harga ikan louhan SRD sangat dipengaruhi oleh sifat-sifat yang dimiliki ikan. Seekor ikan louhan SRD dewasa dengan kemerahan menyebar sampai  ke ekornya, jenong berkembang penuh, tanda mutiara  jelas, tanda bintik hitam gelap dan jelas di kedua sisi, dan bentuk tubuh yang baik biasanya mempunyai harga yang sangat tinggi karena termasuk langka.

Harga ikan louhan SRD lokal dewasa bervariasi tergantung ukurannya, rata-rata dijual di pasaran dengan kisaran harga Rp 1.000.000 – Rp 2.500.000 per ekor. Untuk harga anakan louhan SRD dijual dengan harga mulai Rp 50.000 per ekor.

Harga ikan louhan ori Thailand dewasa juga bervariasi tergantung ukurannya, rata-rata dijual di pasaran dengan kisaran harga Rp 3.500.000 – Rp 5.000.000 per ekor. Untuk harga anakan ikan louhan SRD dijual dengan harga mulai Rp 250.000 per ekor.

 

Baca Juga : Daftar Harga Ikan Louhan Semua Jenis Terbaru

 

Daftar Harga Ikan Louhan SRD Lokal dan Louhan SRD Thailand 2019

Ukuran Ikan Louhan

Harga / Ekor

Louhan SRD Lokal 5 Cm Rp 50.000
Louhan SRD Lokal 10 Cm Rp 100.000
Louhan SRD Lokal 15 Cm Rp 300.000
Louhan SRD Lokal 20 Cm Rp 500.000
Louhan SRD Lokal 25 Cm Rp 1.000.000
Louhan SRD Lokal 30 Cm Rp 2.500.000
Louhan SRD Thailand 5 Cm Rp 250.000
Louhan SRD Thailand 10 Cm Rp 500.000
Louhan SRD Thailand 15 Cm Rp 1.000.000
Louhan SRD Thailand 20 Cm Rp 2.000.000
Louhan SRD Thailand 25 Cm Rp 3.500.000
Louhan SRD Thailand 30 Cm Rp 5.000.000

Daftar harga louhan SRD dewasa dan louhan SRD anakan  tersebut di atas tentunya juga bisa berubah tergantung permintaan pasar dan ketersediaan ikan louhannya.

Membudidayakan ikan louhan SRD bisa menjadi peluang bisnis yang menguntungkan. Indukan louhan SRD bisa menghasilkan banyak telur dan anakan jika menetas. Budidaya ikan louhan ini merupakan proses yang cukup mudah dan bisa dilakukan di akuarium tanpa kolam. Meskipun demikian tetap dibutuhkan kesabaran dan ketelitian untuk mendapatkan louhan-louhan berkualitas.

Demikian pembahasan tentang ikan louhan SRD (Super Red Dragon).

Semoga bermanfaat.