Louhan Cencu : Ciri Khas, Cara Merawat dan Memilih Bibit Lengkap

7 min read

ikan louhan cencu

Dari berbagai ikan louhan ada satu jenis yang diminati dan menjadi daya tarik tersendiri yaitu Ikan Louhan Cencu. Pada kesempatan kali ini Jurnal Manajemen akan membahas mengenai jenis ikan louhan ini. Pembahasan akan fokus pada ciri penampakannya, perbedaan antara louhan cencu jantan dan betina, cara merawat dan bagaimana memilih bibit yang baik. Selengkapnya simak pembahasan berikut :

Ciri Khas Louhan Cencu

Di antara beberapa jenis ikan louhan yang populer adalah ikan louhan cencu.  Ikan louhan cencu merupakan salah satu jenis ikan louhan paling populer di Indonesia dan harganya juga terjangkau.  Ciri khas utama ikan louhan cencu adalah mempunyai bintik-bintik mutiara di tubuhnya, sehingga sering disebut dengan ikan louhan cencu mutiara.

gambar ikan louhan cencu

gambar ikan louhan cencu | source : animalscene.ph

Ciri-ciri lainnya adalah mempunyai dua warna di tubuhnya, yaitu merah dan emas. Dari bagian kepala hingga bagian tengah tubuhnya berwarna merah, sedangkan bagian tengah tubuhnya hingga ekor berwarna kuning keemasan.

Sirip

Sirip ikan louhan cencu pada umumnya bersifat lunak, panjang dan agak lebar. Semakin tua umur louhan cencu maka siripnya akan sedikit menguncup seperti ikan cupang.

Head Marking

Karena moyang utama dari ikan louhan cencu adalah amp. trimaculatus, maka dipastikan memiliki marking (bintik hitam) pada bagian kepala.

Namun dalam membeli ikan louhan cencu tetap harus berhati-hati terutama dengan pihak penjual louhan cencu yang nakal. Biasanya para pemula akan sulit membedakan antara ikan louhan cencu dengan red devil. Pada saat ukuran tubuhnya sekitar 3 cm, kedua jenis ikan ini biasanya memiliki ciri-ciri yang hampir sama, seperti pada marking badan serta struktur tubuh.

Body Marking

Berdasarkan tanda hitam horisontal tubuhnya (body marking), dibedakan menjadi grade A,B, dan C. Body marking ikan louhan cencu grade A mempunyai marking sampai pipinya. Grade B mempunyai marking setengah badan, sedangkan grade C mempunyai marking hanya 1 atau 2 di bagian badan.

Body marking ini bisa saja hilang ketika usia  ikan louhan cencu beranjak dewasa, sehingga kita harus teliti dalam memilih anakan louhan cencu. Usahakan memilih anakan yang mempunyai body marking yang dikelilingi mutiara dengan warna silver mengkilap, karena biasanya body marking seperti ini tidak akan hilang ketika ikan louhan cencu menjadi dewasa.

Ikan Louhan Cencu Jantan

Penentuan jenis kelamin ikan louhan cencu dapat dilihat dengan mengamati siripnya. Ikan louhan cencu jantan biasanya tidak mempunyai spot hitam di bagian sirip atas. Selain itu dapat juga dengan mengamati alat kelaminnya secara langsung (venting). Umumnya kelamin louhan cencu  jantan akan terlihat menonjol dan lancip, dengan pangkal kelamin yang menyempit. Ciri-ciri ikan louhan cencu jantan lainnya biasanya memiliki lekukan menonjol atau jakun di bagian bawah mulut sampai perbatasan perut.

Ikan Louhan Cencu Betina

Sirip bagian atas ikan louhan cencu betina biasanya mempunyai spot hitam. Umumnya kelamin ikan louhan cencu  betina biasanya berbentuk agak lebar dan tonjolannya tidak akan terlalu kelihatan. Tentunya ikan louhan cencu betina ini juga tidak mempunyai jakun seperti yang dimiliki oleh ikan louhan cencu jantan.

Jenis Ikan Louhan Cencu

Berdasarkan ukuran tubuh, warna dominan dan motif mutiara yang ada di tubuhnya, jenis ikan louhan cencu dibagin menjadi dua macam, yaitu ikan louhan cencu klasik dan modern.

Ciri-ciri ikan louhan cencu klasik :

  • Memiliki warna merah dominan dan cerah yang merupakan keunggulannya
  • Mutiara di sisik tubuhnya tidak begitu dominan
  • Umumnya mempunyai bentuk tubuh besar agak membulat (eklipse)
  • Jenong di kepalanya berukuran tidak terlalu besar ( bone head )
  • Ukuran tubuh lebih besar jika dibandingkan dengan louhan cencu modern.
  • Siripnya tidak mudah layu
louhan cencu klasik
louhan cencu klasik | source : ferboes.com

Ciri-ciri ikan louhan cencu modern :

  • Memiliki mutiara di sisik tubuhnya yang sangat dominan sampai ke bagian pipi, bahkan bisa sampai ke bagian jenongnya (kualitas tinggi).
  • Bentuk tubuh umumnya persegi.
  • Jenong di kepala biasanya sudah muncul ketika ukuran ikan louhan sekitar 10 cm.
  • Tipe jenongnya adalah water head, karena kandungan air pada jenongnya cukup banyak, tetapi sangat mudah mengempis bila kondisi lingkungan tidak sesuai.
louhan cencu modern
louhan cencu modern | source : kaskus

Mutiara pada jenis louhan cencu modern sudah tampak pada saat ukuran ikan sekitar 3 cm. Jadi sangat mudah untuk menentukan jenis ikan louhan cencu klasik atau modern saat Anda ingin membeli anakan louhan cencu. Harga ikan louhan cencu modern biasanya juga relatif lebih mahal daripada harga louhan cencu klasik.

Harga jual ikan louhan cencu di pasaran cenderung tidak stabil dan mengalami kenaikan setiap bulannya. Kisaran harga jual ikan louhan cencu dewasa di pasaran dibandrol Rp 750.000 per ekor. Sedangkan harga ikan louhan cencu anakan rata-rata dijual dengan harga  sekitar Rp 150.000 per ekornya. Jenis  ikan louhan cencu kualitas super harganya bisa mencapai jutaan rupiah.

 

Baca Juga : Daftar Harga Ikan Louhan Semua Jenis Terbaru

 

Cara Merawat Ikan Louhan Cencu

Ikan louhan cencu adalah jenis ikan hias yang punya penampilan unik, ditandai dengan jenong di kepala bagian atas kemudian pola warna-warni di bagian tubuh. Jika Anda termasuk yang gemar memelihara ikan louhan, berikut ini adalah cara merawat ikan louhan terutama louhan cencu.

Akuarium

Hal pertama yang harus diperhatikan untuk merawat ikan louhan cencu adalah terkait dengan ukuran akuarium. Sesuaikan ukuran akuarium dengan ukuran tubuh ikan louhan cencu, yaitu 3 atau 4 kali lebih besar dari ukuran ikan louhan. Ukuran ideal akuarium untuk ikan louhan cencu adalah memiliki panjang sekitar 90 cm, lebar 40 cm serta tinggi 50 cm. Semakin tinggi akuarium, maka akan semakin baik.

Pengontrolan Akuarium

Pengontrolan akuarium ikan louhan cencu harus dilakukan setiap hari, meliputi  kontrol suhu air, ph air, dan kebersihan airnya. Buat jadwal untuk mengganti air akuarium tetapi tidak perlu terlalu sering, karena sudah menggunakan filter air. Penggantian air di dalam akuarium yang ideal adalah sekitar satu atau dua minggu sekali. Bagian bawah akuarium juga harus dibersihkan dari puing-puing atau sisa-sisa makanan. Puing-puing atau sisa-sisa makanan yang tercecer dapat mengganggu kesehatan ikan louhan cencu.

Perlengkapan Akuarium

Untuk dapat memberikan kenyamanan ikan dan mempermudah kita dalam merawat ikan louhan, ada beberapa perlengkapan dan peralatan yang perlu disiapkan dalam merawat ikan louhan cencu. Perlengkapan dan peralatan yang dibutuhkan di antaranya :

  • Aerator

Untuk mensuplay kebutuhan oksigen dalam akuarium dibutuhkan alat yang namanya aerator atau pompa udara. Aerator berfungsi untuk memberikan udara ke dalam akuarium dan mengeluarkan udara dari sisa-sisa pernafasan ikan. Aerator yang bagus adalah aerator yang mampu membuang banyak udara sisa pernafasan ikan, tetapi memerlukan tegangan listrik yang rendah.

  • Heater dan Thermometer

Agar ikan louhan cencu memiliki pertumbuhan yang bagus, suhu air yang ada di dalam akuarium perlu diatur. Kita bisa memasang alat pemanas atau heater agar suhu air di dalam akuarium tetap terjaga. Karena pertumbuhan ikan louhan cencu akan terhambat jika suhu air di dalam akuarium dingin. Gunakan thermometer  untuk mengukur suhu air di dalam akuarium. Suhu air yang ideal untuk ikan louhan cencu adalah sekitar 28-30 derajat celcius.

Jika suhu air akuarium dalam kondisi dingin, kita bisa menggunakan heater untuk menaikkan suhu air. Pastikan juga untuk mengganti air akuarium minimal dua minggu sekali sebanyak seperempat dari jumlah air yang ada di dalam akuarium.

Tingkat pH dalam air juga perlu diperhatikan karena berpengaruh terhadap ukuran jenong ikan louhan cencu. Tingkat ph ideal air dalam akuarium adalah pH 6,5 hingga 7,5. Gunakan alat pengukur ph air agar bisa mendapatkan hasil yang maksimal.

  • Filter

Kebersihan air di dalam akuarium adalah hal yang sangat penting untuk diperhatikan, karena biasanya air akuarium cepat sekali kotor dan akan sangat merepotkan kalau harus sering mengganti air. Jika air dalam akuarium kotor, maka kemungkinan besar ikan louhan cencu kita akan mati atau pertumbuhannya terhambat. Untuk mengatasi masalah ini, bisa menggunakan alat filter penyaring air. Filter ini memiliki fungsi untuk menyaring air dalam akuarium setiap saat sehingga selalu tetap dalam keadaan bersih. Dengan menggunakan filter air, maka kita tidak perlu mengganti air akuarium terlalu sering.

  • Penerangan

Penerangan dalam akuarium sangat diperlukan agar ikan louhan cencu yang dipelihara tidak menjadi penakut. Lebih disarankan untuk menggunakan jenis lampu TL. Penggunaan lampu TL selain untuk menerangi akuarium, juga berfungsi untuk memberikan  keindahan akuarium. Agar lampu TL yang digunakan tidak terlalu menghasilkan suhu panas, yang dapat mempengaruhi suhu air akuarium, maka perlu diperhatikan ukuran lampu TL yang sesuai dengan ukuran akuarium. Ukuran lampu TL yang ideal untuk akuarium ukuran 90 x 40 x 50 cm adalah 20 watt.

  • Tanaman Air

Tanaman air digunakan agar lingkungan akuarium menyerupai habitat aslinya. Selain itu tanaman air juga berfungsi sebagai tempat  persembunyiaan ikan louhan sekaligus  mempercantik akuarium.

  • Pasir dan Batuan

Komponen pasir biasanya berfungsi  sebagai  landasan untuk meletakkan bebatuan atau kerikil dalam akuarium. Pasir yang terbaik untuk akuarium adalah pasir sungai yang masih tercampur humus. Bebatuan juga berfungsi sebagai tempat persembunyiaan ikan louhan cencu agar menyerupai  habitat aslinya.

Makanan Ikan

Pemberian makan merupakan bagian yang harus diperhatikan agar ikan louhan cencu yang kita pelihara mempunyai kualitas yang baik dan cantik.  Makanan bisa berupa makanan alami maupun makanan buatan. Makanan alami antara lain berupa jangkrik, cacing tanah, cacing rambut, cacing sutra, cacing darah, kutu air, artemia, jentik nyamuk, dan udang. Sebaiknya hindari pemberian makanan alami yang masih hidup, tetapi gunakan yang sudah dibekukan terlebih dahulu, karena pakan hidup bisa saja terinfeksi parasit berbahaya.

 

Baca Juga : Ragam Jenis Makanan Ikan Louhan Biar Jenong Berkualitas

 

Sedangkan makanan buatan ikan louhan cencu berupa pelet khusus untuk ikan louhan. Gunakan kombinasi kedua macam makanan tersebut. Pemberian makanan harus dilakukan secara rutin, setidaknya dua kali sehari di pagi dan sore hari. Jangan terlalu berlebihan memberi makanan jangkrik  karena bisa membuat  warna ikan louhan cencu berubah menjadi gelap. Pemberian jangkrik cukup 1 ekor per minggu.  Saat memberi pakan jangkrik, pastikan bagian kaki serta kepalanya sudah dihilangkan.

Ajak ikan berinteraksi

cara merawat ikan louhan cencu
cara merawat ikan louhan cencu | source : palagarut.blogspot.com

Mengajak ikan louhan cencu berinteraksi dan bermain akan bisa membuat ikan louhan menjadi lebih agresif. Tingkat agresivitas ikan louhan cencu merupakan satu hal yang berpengaruh terhadap pertumbuhan jenong, sehingga mengakibatkan ikan louhan akan lebih cepat mendapatkan jenong. Untuk memicu tingkat agresivitas ikan louhan cencu dapat dilakukan dengan cara mengajak bermain main dengan tangan atau cermin yang ditempelkan ke akuarium. Dapat juga dilakukan dengan cara memberikan makanan yang digerak-gerakkan di luar akuarium.

Memilih Bibit Ikan Louhan Cencu

Dalam budidaya ikan louhan cencu, pemilihan bibit harus diperhatikan agar bisa menghasilkan ikan louhan cencu berkualitas. Anakan ikan louhan cencu modern lebih mahal daripada ikan louhan cencu klasik.  Jika hendak membudidayakan ikan louhan cencu ini perlu mempertimbangkan jenis louhan cencu apa yang ingin dibudidayakan agar bisa memperoleh keuntungan maksimal. Selain membeli louhan cencu anakan jenong, cara mendapatkan bibit unggul louhan cencu lainnya adalah dengan membeli indukan (jantan dan betina) yang berkualitas baik.

Jika merasa kesulitan, pembelian bibit louhan cencu dianjurkan langsung kepada pembudidayanya, sebab bibit ikan louhan cencu terkenal memiliki harga yang mahal. Sebagai gambaran, ciri-ciri bibit ikan louhan cencu berkualitas serta calon jawara ialah sebagai berikut :

  • Anggota tubuh sempurna, lengkap dan tidak cacat serta bengkok.
  • Mempunyai jenong alias nonong.
  • Mempunyai tubuh panjang, bulat dan kotak.
  • Saat ikan louhan cencu berukuran sekitar 10 cm sudah terlihat tanda-tanda jenong tumbuh di bagian kepala serta corak mutiara sudah nampak pada jenongnya.
  • Mempunyai karakter yang agresif

Cara Merawat Ikan Louhan Anakan Sampai Dewasa

Memelihara ikan louhan cencu bagi pecinta ikan louhan memang sangat mengasyikkan. Pemeliharaan dimaksudkan agar ikan louhan cencu tersebut mampu tumbuh dengan sangat baik, tetap sehat dan tidak sakit serta mempunyai penampilan yang menarik. Pemeliharaan memang harus detail dalam merawat ikan louhan tersebut, sehingga kita harus mengerti karakter mental maupun kondisi tubuhnya.

Bibit atau anakan ikan louhan cencu biasanya berukuran sekitar 1,5 – 2 cm. Anakan tersebut harus disekat dengan ikan louhan anakan lainnya.

Artikel Terkait Artikel Terkait
Ikan Louhan Kamfa Ikan Louhan SRD

Pakan Ikan Berdasarkan Umur atau Ukuran

Kita harus mengetahui nutrisi yang tepat yang dibutuhkan ikan louhan cencu anakan agar dapat mempercepat pertumbuhan dan perkembangannya. Nutrisi yang tepat akan berpengaruh terhadap penampilan serta memunculkan warna-warna unik pada ikan louhan. Seperti warna merah cerah dan mutiara yang ada pada ikan louhan itu. Cacing sutera atau cacing beku merupakan makanan yang layak. Frekuensi pemberian makanan bisa dilakukan secara teratur 3 x sehari.  Jangan lupa untuk membersihkan sisa-sisa makanan yang tercecer  pada akuarium untuk mencegah dari ancaman penyakit dan parasit.

Setelah anakan ikan louhan cencu tersebut tumbuh semakin besar dengan ukuran sekitar 6 – 8 cm, maka sudah bisa sedikit dilatih dengan pemberian makanan pelet ikan. Untuk membantu pertumbuhan ikan louhan cencu yang baik, disarankan menggunakan pelet yang mempunyai kandungan spirulina dan protein. Pemberian ikan beku juga mulai dikurangi untuk mengejar pertumbuhan dan perkembangan mutiara serta body.

Sebagai catatan, setelah anakan ikan louhan cencu tersebut bertambah besar dengan ukuran 7- 8 cm, maka sudah bisa dipisahkan ke masing-masing akuarium. Kita bisa menggunakan akuarium dengan ukuran kisaran 25×35 cm agar anakan ikan louhan cencu tersebut tidak kaget.

Pilihlah anakan ikan louhan cencu yang sudah terlihat baik secara kualitas, mulai dari kepala, bentuk tubuh, bentuk ekor, perkembangan mutiara, marking yang baik di tubuhnya, jenis warna dan karakternya.

Berinteraksi dengan Ikan Louhan

Untuk melatih mental dan agresivitasnya, anakan ikan louhan cencu perlu diajak berinteraksi. Jika anakan ikan tersebut memiliki mental yang buruk dan kurang agresif, maka harus dikembalikan lagi ke sekatan awal dan secara perlahan-lahan dilatih lagi mentalnya.

Melatih anakan ikan louhan cencu dapat dilakukan dengan kaca, atau dipancing-pancing dengan jari serta kayu. Jika anakan ikan tersebut terlihat berani dan ada perlawanan, maka anakan ikan tersebut memiliki mental yang bagus. Dan jika sebaliknya, maka harus dilatih kembali.

Pemeliharaan tetap dilanjutkan sampai ikan ikan louhan cencu  anakan tersebut beranjak dewasa. Pemberian pelet warna dan asupan spirulina harus tetap diberikan secara teratur  agar warna ikannya dapat semakin cerah. Pemberian makanan juga bisa dikombinasikan dengan asupan udang beku yang sudah dipotong-potong kepalanya.

Saat  ikan louhan cencu sudah terlihat semakin besar, maka kita bisa memindahkannya ke akuarium yang lebih besar lagi.

Demikian informasi tentang ikan louhan cencu, jenis jenisnya dan cara merawatnya.

Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *