Jenis-Jenis Ikan Komet Beserta Harga dan Cara Budidayanya

5 min read

ikan komet

Bagi pencinta ikan mas hias, pasti sudah tidak asing dengan jenis ikan mas ini. Ikan komet, merupakan salah satu jenis ikan mas hias yang harganya cukup murah, namun bentuknya unik dan menarik.

Harga ikan komet bervariasi, menyesuaikan dengan ukuran dan jenis ikan. Ikan komet berukuran kecil umumnya dijual dengan harga di bawah Rp.5,000. Sedangkan untuk ukuran dewasa umumnya dijual dengan harga di atas Rp.20,000. Tertarik memelihara ikan komet ? Simak uraian Jurnal Manajemen seputar ikan komet sebagai berikut :

Jenis Jenis Ikan Komet

Saat ini Jenis Ikan Hias Komet semakin bervariasi dan terus bertambah. Jenis-jenis tersebut didapat dari perkawinan silang antara bermacam-macam jenis ikan komet yang sudah ada maupun dengan jenis ikan lainnya.

Ikan komet berukuran cenderung kecil, ukuran maksimal ikan komet adalah sebesar 4 jari orang dewasa. Namun, umumnya ikan komet hanya seukuran satu buah jari orang dewasa. Jika sudah mencapai ukuran empat jari orang dewasa, ikan komet tersebut bisa menjadi ikan komet terbesar di dunia.

Berikut Merupakan Jenis-Jenis Ikan Mas Komet yang Terkenal dan Diminati Kolektor Ikan Hias.

1. Ikan Komet Sara

gambar ikan komet sara
gambar ikan komet sara | sumber : pasberita.com

Pertama ada jenis ikan komet sara. Ikan komet sara sangat terkenal dibanding jenis lainnya, untuk mendapatkan ikan ini pun tidak terlalu sulit.

Perlu diketahui bahwa ikan komet sara sangat mudah ditemukan di banyak toko ikan hias di berbagai daerah. Ikan ini juga seringkali bisa ditemui di pasar ikan hias. Anda bisa mulai mencarinya di toko atau pasar ikan hias terdekat.

Ikan ini memiliki ciri yang unik, yaitu ia memiliki dua corak warna pada tubuhnya. Warna tersebut ialah merah dan putih. Ikan ini memiliki bentuk sirip yang panjang dan seringkali lebih panjang dari panjang tubuhnya, harga ikan komet sara yang sudah dewasa adalah sekitar Rp.15,000/ekor.

No.

Ukuran Ikan Komet

Harga

1 Ikan Komet Sara 5 cm Rp 2.000
2 Ikan Komet Sara 10 cm Rp 7.000
3 Ikan Komet Sara 15 cm Rp 12.000
4 Ikan Komet Sara 20 cm Rp 15.000

2. Ikan Komet Slayer

gambar ikan komet slayer
gambar ikan komet slayer | sumber : sukaikan.com

Ikan komet slayer termasuk ikan komet ekor panjang, karena memiliki sirip dengan ukuran yang panjang serta menjuntai. Oleh sebab itulah ikan ini disebut ikan komet slayer . Semakin dewasa usia ikan komet ini, ia akan memiliki ukuran sirip yang semakin panjang.

Bentuk badan ikan ini hampir mirip dengan ikan komet sara, namun terdapat perbedaan. Perbedaan tersebut ialah dari ukuran ekor, ukuran ekor ikan komet slayer lebih terlihat panjang.

Harga ikan komet slayer biasanya dijual dengan harga Rp.10,000-15,000/ekor untuk ukuran dewasa.

No.

Ukuran Ikan Komet

Harga

1 Ikan Komet Slayer 5 cm Rp 5.000
2 Ikan Komet Slayer 10 cm Rp 10.000
3 Ikan Komet Slayer 15 cm Rp 20.000
4 Ikan Komet Slayer 20 cm Rp 30.000

3. Ikan Komet Hitam

gambar ikan komet hitam
gambar ikan komet hitam | sumber : infoikan.com

Sesuai dengan namanya, ikan ini di sekujur tubuhnya memiliki warna hitam legam, dan hampir menutupi seluruh tubuhnya tanpa warna lain. Ikan komet hitam saat ini cukup sulit ditemukan, keberadaannya kian lamgka.

Oleh sebeb itu, harga ikan ini menjadi meroket. Harga ikan komet hitam adalah Rp.60,000/ekor untuk ukuran dewasa. Seringkali ikan ini menjadi ikan komet termahal.

No.

Ukuran Ikan Komet

Harga

1 Ikan Komet Hitam 5 cm Rp 10.000
2 Ikan Komet Hitam 10 cm Rp 25.000
3 Ikan Komet Hitam 15 cm Rp 40.000
4 Ikan Komet Hitam 20 cm Rp 60.000

4. Ikan Komet Hitam Putih

gambar ikan komet hitam putih
gambar ikan komet hitam putih | sumber : pasberita.com

Sesuai dengan namanya, ikan komet ini memiliki warna hitam dan  putih pada tubuhnya. Ikan ini cukup banyak diminati. Namun, sama seperti ikan komet hitam, ikan komet hitam putih juga lumayan sulit untuk ditemukan, harga ikan komet hitam putih adalah Rp.40,000/ekor untuk ukuran dewasa.

No.

Ukuran Ikan Komet

Harga

1 Ikan Komet Hitam Putih 5 cm  Rp 7.000
2 Ikan Komet Hitam Putih 10 cm  Rp 15.000
3 Ikan Komet Hitam Putih 15 cm  Rp 30.000
4 Ikan Komet Hitam Putih 20 cm  Rp 40.000

5. Ikan Komet Harimau

gambar ikan komet harimau
gambar ikan komet harimau | sumber : hewanairinfo.blogspot.com

Ikan ini disebut ikan komet harimau karena corak warna pada tubuhnya belang. Dan merupakan kombinasi antara warna putih dan orange. Warna tubuhnya yang unik inilah yang membuat ikan komet ini begitu menarik, banyak orang yang berminat untuk memeliharanya.

Ikan komet harimau seringkali menjadi alternatif pilihan apabila kolektor ikan hias tidak menemukan ikan komet yang dicarinya. Harga ikan komet harimau umummnya dijual dengan harga Rp.20,000/ekor.

No.

Ukuran Ikan Komet

Harga

1 Ikan Komet Harimau 5 cm  Rp 3.000
2 Ikan Komet Harimau 10 cm  Rp 8.000
3 Ikan Komet Harimau 15 cm  Rp 15.000
4 Ikan Komet Harimau 20 cm  Rp 20.000

6. Ikan Komet Tancho

gambar ikan komet tancho
gambar ikan komet tancho | sumber : pasberita.com

Ikan komet tancho memiliki kemiripan dengan ikan koe tancho. Hal tersebut disebabkan ikan tersebut memang satu garis keturunan. Sehingga tak akan sulit untuk mengenali ikan komet tancho jika Anda sudah mengetahui ikan koe tancho.

Pada umumnya, harga ikan komet tancho sedikit lebih mahal dari jenis ikan komet lainnya, yaitu Rp.30,000/ekor.

No.

Ukuran Ikan Komet

Harga

1 Ikan Komet Tancho 5 cm Rp 5.000
2 Ikan Komet Tancho 10 cm Rp 15.000
3 Ikan Komet Tancho 15 cm Rp 20.000
4 Ikan Komet Tancho 20 cm Rp 30.000

7. Ikan Komet Sarasa

gambar ikan komet sarasa
gambar ikan komet sarasa | sumber : bacaterus.com

Ikan komet ini cukup terkenal di kalangan kolektor ikan hias, pemiatnya pun cukup banyak. Ikan komet sarasa termasuk ikan komet besar, karena bisa tumbuh dengan ukuran badan yang lumayan besart tidak seperti ikan komet lannya, ukuran ekornya pun panjang dan menjuntai.

Meskipun bisa dikatakan sebagai ikan komet terbesar namun harganya masih terjangkau. Umumnya ikan komet sarasa dijual dengan harga Rp.25,000/ekor.

No.

Ukuran Ikan Komet

Harga

1 Ikan Komet Sarasa 5 cm Rp 3.000
2 Ikan Komet Sarasa 10 cm Rp 10.000
3 Ikan Komet Sarasa 15 cm Rp 20.000
4 Ikan Komet Sarasa 20 cm Rp 25.000

8. Ikan Komet Pancawarna

gambar ikan komet pancawarna
gambar ikan komet pancawarna | sumber : sukaikan.com

Ikan komet ini bisa dibilang unik dan menarik. Sesuai dengan namanya, ikan komet ini memiliki corak warna yang merupakan gabungan atau kombinasi dari lima warna. Keunikan warnanya inilah yang membuat ikan ini banyak diminati kolektor ikan hias.

Meskipun corak warnanya begitu unik, harga ikan komet pancawarna masih terjangkau, yaitu sekitar Rp.30,000/ekor.

No.

Ukuran Ikan Komet

Harga

1 Ikan Komet Pancawarna 5 cm Rp 5.000
2 Ikan Komet Pancawarna 10 cm Rp 12.000
3 Ikan Komet Pancawarna 15 cm Rp 20.000
4 Ikan Komet Pancawarna 20 cm Rp 30.000

Budidaya ikan komet

Karena peminatnya cukup tinggi, ikan komet cocok untuk dibudidayakan. Berikut uraian cara budidaya ikan komet.

1. Rutin Memberi Pakan

Sebaiknya tidak member makan ikan komet secara berlebihan, cukup 1 kali dalam sehari. Anda bisa memberi makanan ikan komet berupa pakan alami maupun organic/buatan, misalnya pelet. Jika dirasa ikan komet masih lapar, bisa diberi makanan lagi sedikit demi sedikit.

2. Perhatikan Kondisi Air Aquarium

Jika dirasa kondisi aquarium sudah kotor dan berlumut, sebaiknya segera dibersihkan. Usahakan untuk rutin membersihkan aquarium ikan komet setidaknya seminggu sekali.

3. Mempersiapkan wadah / kolam buat Ikan komet

Untuk wadah budidaya ikan komet, Anda bisa menggunakan aquarium atau kolam ikan. Yang terpenting adalah ukuran wadah untuk tempat hidup ikan komet, yaitu minima berukuran 60 x 40 x 60 cm.

4. Membersihkan Wadah

Sebelum digunakan, bersihkan terlebih dahulu aquarium/wadah untuk ikan komet. Cara membersihkannya bisa dengan sabun, lalu dibilas dan dikeringkan 1 atau 2 hari.

5. Pemberian Air yang Sudah Di Treatment

Jika wadah yang dibersihkan sudah kering, isilah wadah tersebut dengan air. Air yang digunakan untuk budidaya ikan komet adalah air yang sudah melewati masa treatmet selama kurang lebih satu hari, agar wadah bersih dan tidak mengandung zat berbahaya.

6. Memberikan Tanaman Enceng Gondok

Setelah mengisi air ke dalam wadah, maka Anda bisa memberikan tanaman eceng gondok. Fungsi eceng gondok sendiri adalha sebagai tempat menempelnya telur ikan komet.

7. Pemilihan induk ikan komet

Pemilihan indukan berkualitas baik adalah sangat penting. Pilihlah indukan ikan komet yang memiliki gonad yang telah matang, yaitu yang usianya sudah 8 bulan lebih.

8. Belajar Membedakan Ikan Komet Jantan dan Betina

Untuk membedakannya, Anda bisa mengurut perut ikan komet. Jika keluar cairan putih maka itu adalah sperma yang dikeluarkan oleh ikan komet jantan. Kemudian pada sirip dada ikan komet, bisa Anda sentuh, bila terasa kasar, tandanya ia adalah ikan komet jantan.

Sedangkan untuk ikan komet betina, ketika diurut bagian perutnya akan mengeluarkan cairan warna kuning seperti kuning telur. Sirip dadanyanya juga apabila disentuh terasa halus.

9. Pemijahan Ikan Komet

Perbandingan untuk melakukan pemijahan ikan komet adalah 1 jantan dan 2 betina. Ikan komet jantan akan membuahi ikan komet betina, saat telur dikeluarkan ikan komet betina, ikan tersebut akan menempel pada tanaman eceng gondok.

10. Pemisahan Induk dengan Larva

Setelah telur ikan komet menempel pada eceng gondok, Anda harus segera memindahkan induk jantan dan betina. Hal tersebut dilakukan agar telur-telur tersebut tidak habis dimakan induk ikan komet. Telur ikan komet akan menetas maksimal dalam 3 hari.

11. Perawatan Larva Ikan Komet

Telur ikan komet yang baru menetas mampu bertahan tanpa makanan maksimal selama 3 hari. Larva ikan komet mendapat makanan dari kantung telur yang menempel pada dirinya.

12. Memberi Pakan Larva Ikan Komet

Jika kantung kuning telur nampak sudah menghilang, saatnya member pakan pada larva ikan komet. Pakan tersebut adalah berupa kuning telur rebus. Jika sudah berumur 15 hari, bisa diberkan pakan alami, jika sudah berumur 30 hari bisa diberi pakan buatan.

13. Rutin Menjaga Kebersihan Aquarium Larva Komet

Jika ikan komet sudah dewasa, Anda bisa menggabungkannya dengan indukan ikan komet. Namun tetap harus menjaga kebersihan dan kualitas air sebagai tempat hidup ikan komet.