10 Jenis Ikan Koi Termahal di Dunia yang Menggemparkan !!!

6 min read

ikan koi termahal

Ikan koi merupakan salah satu ikan hias yang memiliki corak warna dan bentuk yang indah. Bahkan beberapa orang percaya bahwa ikan koi merupakan ikan pembawa keberuntungan. Oleh karena itu banyak sekali orang yang ingin memelihara ikan koi ini sebagai simbol keberuntungan. Meskipun demikian ternyata ikan koi ini memiliki harga cukup mahal. Bahkan ikan koi termahal dapat mencapai miliaran per ekornya.

Pada artikel kali ini Jurnal Manajemen akan membahas hal yang sangat menarik yaitu ikan koi termahal di dunia. Melihat harganya saja sudah sangat menggemparkan kita semua. Seperti apa menariknya, yuuk simak artikel di bawah ini :

Asal Ikan Koi

Mungkin bagi sebagian orang banyak yang beranggapan bahwa ikan yang satu ini merupakan ikan yang berasal dari jepang. Namun ternyata hal tersebut kuranglah tepat. Ikan koi yang termasuk dalam keluarga carp atau nishikigoi dalam bahasa jepang ternyata berasal dari negeri tirai bambu Cina. Hal itu diperkuat dengan berbagai buku tua yang telah membahas budidaya ikan koi.

Pada mulanya berbagai macam pendapat tentang asal dari ikan koi ini muncul. Ada yang memiliki pendapat bahwa ikan koi ini berasal dari Asia Timur, Cina, dan juga Eropa Timur. Ikan koi sendiri masuk ke negara matahari terbit jepang sekitar abad ke 17 oleh petani Cina. Pada awal kedatangannya ikan koi ini dibudidayakan sebagai ikan konsumsi, namun seiring berjalannya waktu ikan koi mulai dijadikan ikan hias.

Jepang adalah negara yang mempopulerkan ikan koi menjadi ikan hias. Bahkan begitu populernya ikan koi di Jepang membuat banyak orang mengira bahwa ikan ini berasal asli dari jepang. Peternakan dan pembudidaya ikan koi mulai bermunculan di negara jepang. Persilangan-persilangan ikan koi pun kini mulai dilakukan untuk mendapatkan ikan koi dengan corak yang indah dan juga unik.

Artikel Terkait Artikel Terkait
Panduan Lengkap Cara Budidaya Ikan Koi Cara Membuat Kolam Koi dengan Filterisasi

Habitat Ikan Koi

Ikan merupakan salah satu makhluk hidup yang hidup di air. Ikan sendiri terdapat 2 macam yaitu ikan air laut dan air tawar. Salah satu ikan air tawar yang cukup populer sebagai ikan hias adalah ikan koi. Pada umumnya ikan koi ini dapat ditemukan di perairan air tawar dengan iklim sedang. Sehingga ikan koi ini dapat dikembangbiakkan di Indonesia dengan cukup baik.

Untuk suhu lingkungan ikan koi adalah sekitar 8 sampai dengan 30 derajat celsius. Dengan suhu tersebut membuat ikan ini dapat dikembangkan dan dipelihara hampir di seluruh daerah di Indonesia dengan baik. Hal itu tentu yang menjadi salah satu alasan kenapa ikan koi ini begitu laris dan diminati oleh banyak orang di Indonesia selain karena keindahan corak warnanya.

Perbedaan Koi Jantan dan Juga Betina

ikan koi jantan dan betina
ikan koi jantan dan betina | source : topikanguppy.com
  1. Bentuk badan

Perbedaan fisik dari ikan koi jantan dan juga betina adalah pada bentuk badannya. Untuk ciri dari ikan koi jantan memiliki bentuk badan memanjang dan juga badan ikan koi jantan terlihat lebih kurus dibandingkan koi betina. Sedangkan ciri fisik dari ikan koi betina adalah memiliki ciri bentuk badannya yang terlihat lebih bulat dibandingkan dengan koi jantan.

  1. Perbedaan pada bagian sirip

Perbedaan kedua dari ikan koi jantan dan betina adalah dapat terlihat pada bagian siripnya. Untuk koi jantan memiliki bentuk sirip meruncing di bagian tepinya dan juga warna sirip koi jantan lebih solid. Sedangkan untuk koi betina memiliki ciri bentuk sirip berukuran lebih besar dibanding koi jantan akan tetapi warna pada sirip koi betina lebih tipis daripada sirip koi jantan.

  1. Bintik

Perbedaan yang terakhir dari ikan koi jantan dan koi betina adalah terletak pada terdapatnya bintik di bagian tubuh ikan koi. Untuk ikan koi jantan terlihat memiliki bintik putih pada bagian pipi ikan yang dapat terasa apabila diraba dengan tangan. Sedangkan pada koi betina bintik ini tidak terlalu terlihat dan terasa seperti yang terdapat pada ikan koi jantan.

Jenis-Jenis Ikan Koi

  1. Kohaku

jenis ikan koi kohaku
ikan koi kohaku | source : shutterstock

Jenis ikan koi pertama adalah koi jenis kohaku. Koi jenis kohaku pada umumnya mempunyai warna dasaran putih dan dihiasi dengan corak berwarna merah pada bagian atasnya. Pada umumnya ikan koi kohaku memiliki corak warna merah yang begitu indah sehingga banyak orang menginginkan ikan koi ini sebagai peliharaan ataupun sebagai hiasan rumah.

  1. Taisho Sanke

jenis ikan koi taisho sanke
ikan koi taisho sanke | source : shutterstock

Jenis ikan koi berikutnya adalah taisho sanke. Jenis ikan koi yang satu ini memiliki ciri warna dasaran berwarna putih. Secara visual ikan jenis taisho sanke ini cukup mirip dengan ikan koi jenis kohaku. Hal yang membedakan kedua jenis tersebut adalah pada corak warnanya. Jika kohaku hanya dihiasi dengan corak merah lain halnya dengan taisho sanke yang coraknya juga diwarnai oleh corak berwarna hitam.

  1. Showa Sanshoku

jenis ikan koi showa sanshoku
jenis ikan koi showa sanshoku | source : shutterstock

Ikan koi berikutnya adalah ikan koi jenis showa sanshoku. Ikan koi ini secara kasat mata tidak jauh berbeda dengan ikan koi jenis sanke. Namun terdapat sedikit perbedaan antara kedua jenis ikan koi ini. Jika pada sanke corak hitam hanya berada pada bagian atas ikan, sedangkan ikan koi showa corak warna hitam tidak hanya di bagian atas tubuh tetapi juga terdapat pada bagian kepala ikan koi.

  1. Asagi

Jenis ikan koi selanjutnya adalah ikan koi yang lagi-lagi berasal dari negara Jepang. Ikan koi jenis asagi ini memiliki ciri yaitu pola dengan warna biru di bagian belakang tubuhnya serta terdapat perpaduan warna orange dan merah di bagian perut dan juga sirip ikan koi asagi. Untuk keturunan asagi terbaik yaitu asagi yang memiliki motif merah pada bagian atas garis lateralnya.

  1. Shusui

jenis ikan koi asagi
ikan koi asagi | source : shutterstock

Jenis ikan koi berikutnya adalah ikan koi jenis shusui. Jenis koi sushui sebenarnya memiliki kemiripan dengan ikan koi jenis asagi. Hal itu karena ikan sushui ini masih merupakan keturunan dari koi jenis asagi. Perbedaan ikan sushui dengan koi asagi terdapat pada bagian warna jaring biru yang terdapat pada sisik dorsal dari kedua jenis ikan tersebut.

Jenis Ikan Koi Termahal Di Dunia

  1. Ikan Koi Black Dragon

ikan koi termahal black dragon
ikan koi termahal black dragon | source : goodminds.id

Jenis ikan Koi termahal pertama adalah ikan koi black dragon. Jenis ikan koi yang satu ini merupakan salah satu jenis ikan koi yang langka alias keberadaannya sangat jarang. Ikan koi ini berasal dari pembudidaya ikan koi ternama di dunia yakni yang ada di jepang. Harga ikan koi black dragon ini pernah terbeli dengan harga mencapai 2,9 miliar rupiah pada suatu ajang lelang

Harga fantastis dari koi black dragon tersebut dapat terjadi karena ikan koi termahal tersebut dari indukan yang berkualitas tinggi. Secara visual, ikan black dragon tersebut juga memiliki bentuk tubuh yang sempurna tanpa cacat sedikitpun di tubuhnya. Selain itu keindahan corak warna ikan koi termahal ini yang cantik menjadi alasan lain kenapa ikan black dragon ini dapat terjual dengan harga yang tinggi.

  1. Ikan Koi Dainichi Showa

ikan koi termahal Dainichi Showa
ikan koi termahal Dainichi Showa | source : pinterest

Kemudian ikan koi termahal di dunia berikutnya adalah ikan koi dainichi showa. Ikan ini dapat menjadi salah satu ikan termahal di dunia tentu karena memiliki corak yang begitu unik. Dainichi showa sendiri merupakan salah satu jenis ikan koi jenis nisai showa keturunan dari oyagoi gachami. Ikan dainichi showa ini pernah terjual dengan harga sangat tinggi mencapai 2,15 miliar rupiah pada suatu acara lelang di tahun 2013.

Sementara itu harga untuk ikan koi dainichi showa di pasaran pada umumnya juga termasuk sangat mahal. Untuk seekor ikan koi dainichi showa di pasaran dihargai hingga 100 juta rupiah. Tentu ikan dainichi showa yang memiliki harga mahal karena memiliki warna dan corak yang begitu indah serta memiliki bentuk tubuh yang sempurna tanpa cacak sedikitpun.

  1. Ikan Koi Blue Showa

ikan koi termahal blue showa
ikan koi termahal blue showa | source : bacaterus.com

Koi yang memiliki harga fantastis berikutnya adalah ikan koi blue showa. Ikan koi ini merupakan jenis ikan koi yang memiliki ukuran cukup besar. Ikan ini dapat mencapai ukuran panjang tubuh 40 cm hanya dalam waktu 1 tahun saja. Salah satu pembudidaya ikan koi ini adalah narita koi farms di jepang yang terkenal dengan kualitas koi yang dibudidayakannya.

Untuk harga ikan koi blue showa ini pernah mencapai hingga 700 juta rupiah pada suatu lelang yang diadakan oleh dainichi koi farm di jepang pada tahun 2014. Harga tersebut mungkin tidak semahal ikan black dragon ataupun ikan dainichi showa, tetapi harga tersebut merupakan harga yang sangat tinggi untuk seekor ikan koi. Tentu harga tersebut rela dikeluarkan karena keunikan corak dari ikan koi blue showa ini.

  1. Ikan Koi Maruten Kohaku

ikan koi termahal Maruten Kohaku
ikan koi termahal Maruten Kohaku | source : financialku.com

Selanjutnya ikan koi berikutnya yang berhasil terjual dengan harga selangit adalah ikan koi dari jenis maruten kohaku. Ikan maruten kohaku ini pernah terjual dengan harga mencapai 11 juta yen atau jika dirupiahkan pada waktu itu sekitar 1,1 miliar rupiah. Hal fantastis itu terjadi pada sebuah ajang pelelangan ikan koi di Nigita jepang pada tahun 2010.

  1. Sansai Sanke

ikan koi termahal sansai sanke
jenis ikan koi termahal sansai sanke | source : youtube

Ikan koi yang memiliki harga fantastis berikutnya adalah ikan koi dengan nama sansai sanke. Ikan sansai sanke ini terjual hingga 100 juta rupiah pada suatu pelelangan ikan di sakai fish farm jepang. Pada saat acara lelang ikan sansai sanke ini telah berumur 3 tahun serta memiliki panjang tubuh 71 cm. Harga tersebut sesuai dengan corak warna ikan sansai sanke yang unik dan bagus.

Daftar Harga Ikan Koi Termahal Di Dunia

Jenis Ikan Koi

Harga

Ikan Koi Black Dragon Rp 2.900.000.000
Ikan Koi Dainichi Showa Rp 2.150.000.000
Ikan Koi Blue Showa Rp 700.000.000
Ikan Koi Maruten Kohaku Rp 1.100.000.000
Ikan Koi sansai Sanke Rp 100.000.000

Baca Juga : Daftar Harga Ikan Koi Lokal & Import

 

Ikan Koi Harga Terjangkau

Meskipun ikan koi terkenal dengan harganya yang mahal tidak berarti membuat orang yang tidak memiliki uang yang besar tidak dapat menikmati keindahan ikan koi ini. Apabila Anda ingin memelihara ikan koi namun dana terbatas, ikan koi lokal merupakan salah satu solusi. Ikan koi lokal ini memiliki harga yang cukup terjangkau bagi semua kalangan masyarakat.

Terdapat beberapa jenis Ikan koi lokal yang bisa menjadi pilihan Anda diantaranya adalah asagi, shusui, kohaku, dan juga orgon. Ikan koi tersebut dapat Anda dapatkan di pasaran dengan harga mulai dari 25 ribu rupiah sampai dengan 45 ribu rupiah saja. Harga tersebut tentu lebih murah jika dibandingkan dengan harga ikan koi termahal seperti black dragon ataupun dainichi showa.

Lukisan Ikan Koi

lukisan ikan koi
contoh lukisan ikan koi | source : shutterstock

Keindahan ikan koi tentu sudah tidak dapat diragukan lagi. Selain itu, banyaknya orang yang beranggapan ikan koi merupakan ikan keberuntungan membuat orang rela merogoh kocek dalam-dalam hingga miliaran rupiah yang menjadikan ikan koi tersebut menjadi ikan koi termahal yang ada di dunia. Meskipun harga mahal tetapi ikan koi ini tidak pernah sepi peminat.

Selain memelihara ikan koi sebagai ikan hias, ternyata lukisan dari ikan koi sendiri juga laris manis di pasaran. Hal itu tentu karena banyak juga beranggapan bahwa dengan memasang lukisan ikan nila untuk mendatangkan keberuntungan. Selain rela mengeluarkan uang begitu banyak untuk ikan koi, ternyata lukisan ikan koi juga memiliki nilai ekonomis yang cukup tinggi.

Harga lukisan ikan koi sendiri dimulai dari ratusan ribu rupiah hingga mencapai jutaan rupiah. Bahkan untuk lukisan yang memiliki tingkat keindahan dan juga kemiripan yang bagus dapat memiliki harga yang tinggi. harga lukisan ikan koi termahal di dunia bahkan bisa dibanderol dengan harga miliaran rupiah pada suatu lelang ataupun pameran lukisan.