15 Jenis Ikan Hias Kecil Yang Dapat Mempercantik Aquarium Anda

4 min read

ikan hias kecil

Mengenal Jenis dan Cara Perawatan Ikan Hias Kecil

Popularitas ikan hias tidak pernah surut. Dari waktu ke waktu, jumlah pecinta ikan semakin meningkat sehingga membuat bisnis ini tidak pernah sepi peminat. Ikan hias sendiri terdiri dari beragam jenis dan ukuran, termasuk ikan hias kecil yang sangat cocok untuk menghiasi rumah. Jika Anda termasuk salah satu pecinta ikan hias dengan ukuran kecil, maka penting untuk mengetahui jenis serta cara perawatannya.

Ada banyak sekali jenis ikan hias yang bisa Anda pelihara di rumah, seperti cupang, guppy, molly, dan lain sebagainya. Setiap jenis ikan mempunyai karakter dan kebutuhan yang berbeda sehingga Anda perlu mengetahui cara perawatan ikan tertentu. Dengan demikian, ikan bisa tumbuh dengan sehat sehingga memberikan keindahan untuk rumah Anda.

Secara umum ikan hias berukuran kecil terbagi menjadi dua, yaitu ikan hias air tawar dan air asin. Kedua jenis ikan tersebut tentunya membutuhkan lingkungan dan perawatan yang berbeda agar dapat tumbuh dengan baik. Karena perawatan ikan hias air laut cenderung lebih sulit, banyak peminat ikan hias yang lebih memilih jenis ikan hias air tawar.

Pembahasan mengenai ikan hias kecil ini sangat menarik untuk disimak khususnya bagi para pecinta ikan hias. Oleh karena itu Jurnal Manajemen akan mengupas tuntas mengenai ikan hias berukuran kecil yang dapat mempercantik akuarium anda. Berikut ulasannya :

Ikan Hias Kecil Akuarium Air Laut

Jika Anda tengah mencari jenis ikan hias berukuran kecil yang tepat untuk menghiasi akuarium, ada berbagai pilihan yang layak Anda pertimbangkan. Anda bisa memilih jenis ikan air asin maupun air tawar sesuai keinginan. Untuk Anda yang tertarik memelihara ikan hias air laut, berikut ini beberapa jenis yang cocok untuk menghiasi akuarium rumah Anda:

ikan hias kecil akuarium
ikan hias kecil akuarium
  1. Blue Tang

Anda yang pernah menonton film Finding Nemo pasti familiar dengan jenis ikan yang satu ini. Blue tang atau sering disebut Dory merupakan ikan hias berukuran kecil yang bisa Anda pilih untuk berlenggak-lenggok di akuarium rumah. Terumbu karang merupakan habitat asli ikan ini, sehingga Anda perlu menyesuaikan lingkungan akuarium agar menyerupai habitat asli ikan blue tang.

  1. Angelfish

Jenis ikan yang satu ini tidak asing di kalangan pecinta ikan hias kecil. Ikan berbentuk pipih ini mempunyai sirip dada yang panjang sehingga menjadi daya tarik tersendiri. Angelfish kerap digunakan untuk menghiasi akuarium, dikombinasikan dengan berbagai jenis ikan hias laut lainnya.

  1. Butterfly Fish

Butterfly fish mempunyai corak bervariasi, mulai dari hitam, putih, kuning, merah, serta orange. Ikan ini sering dipelihara sebagai ikan hias di akuarium karena coraknya yang begitu menarik. Ukurannya yang kecil juga membuat ikan ini terlihat semakin mempesona untuk dipandang.

  1. Clown Fish

Biasa juga disebut sebagai ikan badut, ikan berwarna orange cerah ini menjadi salah satu andalan bagi para pecinta ikan hias. Bentuknya yang kecil serta perpaduan warna yang tegas antara orange, putih, dan hitam membuat ikan badut ini terlihat semakin menarik. Habitat clown fish adalah di anemon sehingga Anda perlu membuat lingkungan yang sesuai agar ikan bisa tumbuh dengan baik.

  1. Coral Beauty Fish

Jenis ikan yang satu ini mempunyai kombinasi warna yang unik, yaitu biru keunguan dengan garis merah. Ikan ini juga menjadi favorit pada pecinta ikan hias karena kecantikannya. Agar ikan lebih betah tinggal diakuarium, Anda bisa menambahkan terumbu karang sebagai tempat tinggal ikan tersebut.

Jenis Ikan Hias Kecil Air Tawar

Ada berbagai jenis ikan hias berukuran kecil yang hidup di air tawar. Untuk pecinta ikan yang tidak ingin terlalu repot mengurusi peliharaannya, jenis ikan air tawar ini sangat cocok untuk dijadikan pilihan. Berikut ini beberapa jenis ikan hias yang berasal dari air tawar :

Ikan Hias Kecil Air Tawar
Ikan Hias Kecil Air Tawar
  1. Cupang

Ikan cupang sudah tidak asing lagi di telinga Anda. Perlu diketahui bahwa ikan hias kecil murah yang satu ini juga dikenal sebagai ikan petarung karena kebiasaannya yang gemar beradu. Ikan hias cupang mempunyai warna yang menarik, terlebih lagi bentuk sirip yang menjuntai sehingga menambah pesona ikan ini saat berenang di akuarium. Pastikan untuk tidak menempatkan 2 ikan atau lebih dalam satu wadah karena ikan tersebut pasti beradu.

  1. Guppy

Guppy juga merupakan jenis ikan yang sangat populer di kalangan pecinta ikan hias di Indonesia. Ikan ini terlihat begitu unik dengan sirip yang menyerupai rok. Guppy termasuk ikan yang perawatannya cukup mudah sehingga Anda tidak perlu menghabiskan banyak waktu dengan ikan ini.

  1. Barb

Sudahkah Anda mengenal ikan barb? Ikan hias kecil air tawar ini termasuk ikan hias berukuran kecil yang dapat dipelihara di akuarium. Ikan barb mempunyai sisik yang berkilau dengan warna yang cukup beragam. Biasanya ikan ini hidup berkelompok sehingga menambah keindahan akuarium Anda.

  1. Ikan Zebra

Dinamakan ikan zebra karena corak garis hitam putih yang menyerupai zebra. Ikan ini berukuran kecil dan lincah sehingga cocok untuk menghuni akuarium rumah Anda. Namun Anda perlu berhati-hati karena ikan ini gemar melompat.

  1. Ikan pedang

Salah satu jenis ikan unik lain yang layak Anda pertimbangkan adalah ikan pedang. Dinamakan ikan pedang karena bentuk sirip ekor yang memanjang dan runcing menyerupai pedang. Ikan ini cukup aktif dan bisa digabungkan dengan berbagai ikan hias lainnya.

Macam-Macam Ikan Hias Kecil Bergerombol

Menyaksikan ikan berenang secara bergerombol di akuarium adalah kebahagiaan tersendiri bagi para pecinta ikan. Namun, tidak semua jenis ikan hias dapat hidup bergerombol. Untuk Anda yang ingin memelihara ikan hias yang gemar bergerombol, berikut ini beberapa jenis yang bisa Anda pilih :

Ikan Hias Kecil Bergerombol
Ikan Hias Kecil Bergerombol
  1. Ikan molly

Molly merupakan jenis ikan yang cukup terkenal. Ukurannya yang kecil dan warnanya yang cerah membuat ikan ini sering dipilih untuk menghiasi akuarium. Yang lebih menarik, molly juga senang hidup menggerombol sehingga Anda bisa menikmati keindahan gerombolan ikan yang berlenggak-lenggok di akuarium.

  1. Ikan platy

Benttuk ikan platy berukuran kecil dengan warna yang indah. Ikan hias kecil akuarium ini memiliki sirip yang berkilau sehingga sangat menarik untuk dipandang. Platy juga termasuk jenis ikan yang gemar hidup menggerombol.

  1. Neon tetra

Anda juga bisa memilih ikan neon tetra untuk mempercantik akuarium. Ikan jenis ini mempunyai warna yang sangat unik dengan kombinasi warna biru dan merah. Ikan yang senang bergerombol ini cukup lincah berenang dan menyukai habitat yang dipenuhi tumbuhan.

  1. Rasbora harlequin

Ikan yang satu ini juga cocok untuk dijadikan pilihan jika Anda menyukai ikan hias bergerombol. Ikan ini senang berada dalam kelompok berisi 6 ekor ikan atau lebih.

  1. Leopard Cory

Leopard Cory merupakan jenis ikan yang damai dan senang hidup berkelompok. Dengan coraknya yang menyerupai kulit leopard, tidak heran jika ikan ini banyak dipilih untuk menghuni akuarium rumah.

 

Bca Juga : Pedoman Cara Budidaya Ikan Hias Air Tawar Menyenangkan

 

Cara Merawat Ikan Hias Kecil

Ikan hias cenderung mudah dirawat. Namun, bukan berarti Anda bisa menyepelekannya tanpa perawatan yang memadai. Ada beberapa hal penting yang perlu Anda perhatikan jika ingin merawat ikan hias agar tumbuh dengan baik.

  1. Pemilihan tempat

Anda bisa menempatkan ikan hias kecil di akuarium atau kolam. Kolam ikan hias kecil harus sesuai dengan jenis ikan yang akan Anda pelihara. Anda bisa menggunakan kolam kecil yang terbuat dari fiberglass ataupun kolam tanah yang dilapisi terpal.

  1. Pelajari jenis ikan

Hal penting selanjutnya yang perlu diperhatikan adalah kebutuhan dan karakter ikan. Karena setiap ikan mempunyai karakter yang berbeda, Anda perlu mempelajari apa saja yang boleh dan tidak boleh dilakukan dalam memelihara ikan.

  1. Air

Faktor air merupakan komponen utama yang dibutuhkan oleh ikan. Air yang digunakan harus bersih dengan arus yang sesuai dengan habitat aslinya. Beberapa jenis ikan bisa hidup di air tenang, dan beberapa membutuhkan arus air yang mencukupi. Oleh karenanya, Anda perlu mengetahui kebutuhan ikan tersebut. Selain itu, Anda juga perlu memperhatikan pH dan suhu air agar ikan dapat tumbuh dengan baik di akuarium.

  1. Pakan

Pakan ikan hias kecil bervariasi. Ada berbagai macam pakan yang bisa Anda berikan untuk ikan peliharaan Anda, seperti pelet atau cacing sutra tergantung jenis ikan. Pemberian pakan juga harus teratur dengan takaran sesuai kebutuhan. Selain agar ikan tetap sehat, pemberian pakan sesuai takaran juga tidak membuat air cepat keruh.