Informasi Ikan Hias Air Tawar Terlengkap (Jenis, Harga, Budidaya)

22 min read

ikan hias air tawar

Di dunia ini terdapat banyak sekali jenis ikan di lautan maupun di perairan tawar. Beberapa di antaranya merupakan jenis ikan untuk dikonsumsi karena kandungan gizi yang terdapat di dalam tubuhnya. Namun selain untuk kebutuhan konsumsi, terdapat juga ikan yang memiliki bentuk dan juga warna yang indah dijadikan ikan hias. Salah satu ikan hias yang cukup mudah ditemukan adalah ikan hias air tawar.

Berbagai jenis ikan hias air tawar tentu saja akan menarik perhatian dan memanjakan mata kita. Oleh karena itu pada artikel Jurnal Manajemen akan membahas secara lengkap mengenai ikan hias air tawar ini. Pembahasan meliputi jenis ikan air tawar, cara memilih ikan hias dan cara merawatnya, informasi harga ikan hias hingga tentang ikan hias yang paling mahal. Selengkapnya simak pembahasan berikut :

Jenis-Jenis Ikan Hias Air Tawar

Ikan hias yang ada di dunia ini tentu banyak sekali ragam dan juga variasinya. Secara umum ikan hias sendiri dikategorikan menjadi 2 jenis yaitu ikan hias ikan air laut dan juga air tawar. Dengan perbedaan habitat hidup antara air asin dan tawar, tentu membuat perawatan yang diberikan kepada dua jenis ikan hias ini berbeda satu sama lain.

Pada bagian ini akan di bahas mengenai ikan hias yang hidup di air tawar. Ikan hias ini termasuk cukup mudah untuk ditemukan di sekitar kita. Untuk memelihara ikan ini juga dapat menggunakan berbagai macam media seperti akuarium ataupun kolam biasa. Jenis dari ikan air tawar juga ada banyak. Berikut ini merupakan macam macam ikan hias air tawar.

jenis jenis ikan hias air tawar
jenis jenis ikan hias air tawar
  1. Ikan Hias Louhan

Jenis ikan hias air tawar yang pertama adalah ikan louhan. Ikan ini merupakan salah satu ikan yang cukup populer di Indonesia. Bahkan pada awal tahun 2000an ikan ini sempat booming dan harganya begitu melangit. Ciri khusus dari ikan ini adalah terdapat seperti benjolan di bagian kepala serta memiliki corak tubuh yang unik. Ikan louhan ini merupakan hasil perkawinan antar ikan cichlid dari Amerika

  1. Ikan Hias Koi

Nama ikan hias air tawar berikutnya adalah ikan koi. Ikan ini adalah ikan yang paling sering dijadikan ikan hias oleh banyak orang. Hal tersebut karena ikan koi memiliki corak dan warna badan yang begitu indah apalagi saat dilihat dari atas. Untuk pemeliharaan ikan koi biasanya dilakukan pada kolam namun juga ada beberapa orang yang memelihara ikan ini di dalam akuarium.

  1. Ikan Hias Wakin

Untuk ikan hias berikutnya adalah ikan wakin. Ikan wakin ini termasuk dalam keluarga ikan mas. Nama wakin ini berasal dari penamaan jepang karena ikan ini memiliki fisik yang tidak banyak berubah seperti karper krusian yang merupakan asal dari ikan mas koki. Ciri umum dari ikan wakin ini adalah memiliki pergerakan yang sangat atraktif dan juga lincah.

  1. Ikan Hias Komet

Jenis ikan hias selanjutnya adalah ikan komet. Ikan ini termasuk sudah populer di komunitas dan juga kalangan pencinta ikan hias. Selain untuk dijadikan hiasan ikan komet ini juga mulai diperjualbelikan. Hal tersebut karena ikan komet ini mempunyai warna tubuh yang begitu indah dan juga memiliki pergerakan tubuh yang begitu mempesona. Selain itu ikan ini juga dikenal ikan yang ramah dengan ikan jenis lain.

Ikan komet merupakan ikan hias air tawar yang bisa dicampur dengan ikan jenis lain karena kemampuannya adaptasi pada lingkungan baru yang baik. Karena hal itulah ikan komet ini dapat dipelihara pada semua tempat dengan syarat tempat tersebut bersih dan juga sehat. Pada umumnya ikan komet ini memiliki warna tubuh seperti putih, merah, kuning, dan juga perpaduan dari semua warna tersebut.

  1. Ikan Hias Black Ghost

Secara umum ikan yang berikut ini mungkin belum banyak dikenal oleh banyak orang apalagi bagi orang yang baru dalam hal dunia ikan hias. Ikan ini memiliki ciri seperti dengan namanya black ghost yaitu mempunyai warna tubuh hitam sehingga pada saat ikan ini berenang di air menyerupai hantu hitam. Ikan black ghost ini merupakan jenis ikan yang aktif pada malam hari atau nokturnal sedangkan pada siang hari akan bersembunyi.

Pada ikan black ghost ini memiliki keunikan yang menjadi daya tarik. Keunikan tersebut terletak pada bagian ekornya yang memiliki ukuran yang mini atau mungil. Hal tersebut membuat ikan ini sering sekali kehilangan ekor karena sering dikira cacing oleh ikan lain. Akan tetapi hal tersebut bukanlah suatu masalah serius karena ekor dari ikan black ghost dapat tumbuh lagi seperti sedia kala.

  1. Ikan Hias Discus

Jenis ikan hias lainnya adalah ikan discus. Ikan discus merupakan salah satu ikan hias air tawar terindah. Ikan ini memiliki ciri tubuh yang unik yaitu tubuh ikan ini akan terlihat pipih dan tipis saat dari depan sedangkan pada saat dari samping ikan ini terlihat begitu lebar. Dengan keunikan tersebut ikan ini sangat cocok untuk dijadikan ikan hias di akuarium. Asal dari ikan discus ini adalah dari sungai Amazon.

jenis-jenis ikan hias air tawar
jenis-jenis ikan hias air tawar
  1. Ikan Hias Guppy

Jenis ikan hias tawar berikutnya adalah ikan guppy. Ikan hias air tawar kecil ini merupakan jenis ikan yang sangat mudah ditemukan terutama pada daerah sungai di dekat area persawahan. Akan tetapi ikan guppy yang sering dijadikan ikan hias bukanlah ikan guppy yang terdapat pada sungai-sungai tersebut tetapi adalah ikan guppy yang memiliki warna dan juga bentuk tubuh yang menarik dan indah.

  1. Ikan Hias Peacock Cichlid

Nama ikan hias aquarium lainnya adalah ikan peacock Cichlid. Ikan ini memiliki ciri yang sangat berbeda dari ikan hias lainnya. Ciri tersebut adalah ikan peacock ini mempunyai warna yang cerah dengan kombinasi warna biru, kuning cerah, emas, dan juga orange terang. Hal tersebut membuat ikan ini menjadi salah satu ikan hias paling populer di kalangan pecinta ikan hias selama bertahun-tahun.

Ciri fisik lain dari ikan ini adalah terdapatnya garis vertikal berwarna gelap pada seluruh tubuhnya. Selain itu ikan peacock ini juga memiliki sifat yang baik dalam beradaptasi dengan ikan lain sehingga ikan ini akan dapat akur apa bila disatukan dengan ikan lain pada satu akuarium ataupun kolam. Hal itu tentu membuat ikan ini menjadi salah satu rekomendasi bagi Anda yang ingin ikan hias yang ramah.

  1. Ikan Hias German Blue Ram

Ikan german blue ram ini merupakan salah satu bagian dari jenis ikan cichlid yang memiliki ukuran tubuh yang kecil. Karakteristik dari ikan german blue ram ini adalah sifat yang tenang serta mempunyai warna tubuh dengan pola yang bermacam-macam. Pada umumnya ikan ini memiliki warna tubuh kuning dan juga hijau disertai dengan bintik berwarna biru pada siripnya.

Ciri lain dari ikan german blue ram ini adalah ikan ini mempunyai tujuh garis berwarna gelap vertikal pada bagian tubuhnya. Garis-garis juga terdapat beberapa garis di bagian kepala yang menghiasi melewati mata serta bagian perut, sirip atas, mata, dan hingga bagian ekor ikan german blue ram ini terdapat corak bercak yang berwarna merah. Blue ram ini merupakan jenis ikan hias aquarium yang bisa Anda pelihara.

  1. Ikan Hias Killifish

Jenis ikan hias berikut ini merupakan ikan yang hampir terdapat di seluruh dunia. Diantara jenis jenis ikan hias aquarium yang ada, ikan killifish ini termasuk yang paling populer. Ikan ini mempunyai warna yang beragam dan juga bervariasi sehingga ikan ini cukup populer untuk dijadikan ikan hias. Untuk Ikan killfish jantan mempunyai variasi warna lebih banyak jika dibandingkan dengan yang betina.

  1. Ikan Hias Lemon

Jenis ikan hias tawar berikutnya ini memiliki nama latin Neolamprologus leleupi. Ciri dari ikan ini adalah berwarna kuning dan memiliki bentuk mirip dengan buah lemon. Sifat dari ikan lemon ini lebih agresif dan buas sehingga ikan ini cukup rakus untuk masalah makanan. Ikan lemon ini akan memakan apapun yang berada di aquarium. Yang perlu diperhatikan adalah ikan ini termasuk jenis ikan bersifat kanibalisme.

  1. Ikan Hias Endlers Livebearer

Perlu diketahui ikan yang satu ini merupakan salah satu ikan hias yang cukup sulit untuk dicari. Ikan ini sangat jarang sekali dapat ditemukan pada toko-toko ikan hias pada umumnya. Secara fisik ikan ini cukup mirip dengan ikan guppy liar. Untuk warnanya, ikan ini memiliki pola warna neon dengan gradasi orange, kuning, hijau, biru, dan juga hitam. Ikan ini juga dikenal cukup ramah dan mudah untuk beradaptasi lingkungan baru.

jenis ikan hias air tawar
jenis ikan hias air tawar
  1. Ikan Cupang

Pasti ikan yang satu ini mungkin tidak asing lagi bagi banyak orang. Ikan cupang sangat mudah ditemukan dan pada umumnya sering digunakan sebagai ikan aduan. Untuk ciri fisiknya, ikan cupang jantan mempunyai warna yang lebih bervariasi daripada yang betina. Ikan cupang ini akan tampak sangat indah dan anggun pada saat berenang dengan sirip panjang yang menjuntai.

  1. Ikan Hias Gurame

Posisi ikan hias berikutnya adalah ikan gurame. Mungkin banyak orang lebih mengenal ikan gurame sebagai ikan konsumsi karena dagingnya yang enak dan lezat, akan tetapi ternyata ada juga jenis gurame yang dijadikan ikan hias. Gurame tersebut adalah ikan gurame yang berasal dari negara asia seperti Pakista, Korea, dan juga India. Jenis gurame hias tersebut di antaranya adalah blue gurame dan juga red fire dwarf gurame.

  1. Ikan Hias Mas Koki

Bagi kita semua ikan mas koki tentu lumayan terkenal juga sebagai ikan hias. Ikan yang satu ini merupakan ikan yang berasal dari negeri tirai bambu China. Jenis dari ikan mas koki ini ada banyak sekali yaitu sekitar 130 lebih jenis ikan koki yang tercatat dan menyebar hampir di seluruh dunia. Ciri dari ikan ini adalah bentuk tubuhnya yang bulat dan pendek sehingga akan tampak lucu ketika sedang berenang di Air akuarium atau kolam.

Cara Memilih Ikan Hias yang Baik

Ikan hias merupakan salah satu opsi yang bisa digunakan untuk menambah unsur keindahan bagi rumah Anda. Banyaknya jenis dan juga variasi ikan hias tentu membuat Anda mempunyai banyak pilihan. Namun untuk dalam memilih ikan hias tentu ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan. Berikut ini merupakan beberapa tips memilih ikan hias yang baik.

  1. Perhatikan motif warna

Warna ikan hias merupakan salah satu unsur keindahan yang menentukan kualitas ikan hias. Warna dan corak dari ikan hias juga memiliki kekhasannya masing-masing. Untuk di dalam memilih ikan hias Anda harus melihat berdasarkan warna dan corak dari ikan hias tersebut. Ikan hias yang bagus dan berkualitas sudah tentu harus memiliki pola warna dan corak seperti pada umumnya.

Selain pada corak warna, hal lain yang harus diperhatikan dalam memilih ikan hias adalah pada kecerahan warnanya. Usahakan jangan memilih ikan hias yang memiliki warna pucat. Ikan hias yang memiliki warna pucat biasanya merupakan ikan hias yang sedang dalam kondisi stres sehingga besar kemungkinan berumur pendek. Oleh karena itu pilihlah ikan hias yang memiliki warna cerah dan segar.

  1. Perhatikan siripnya

Dalam memilih ikan hias selain warna dan corak, hal lain yang harus diperhatikan adalah dengan kondisi sirip ikan hias. Sebelum membeli periksalah sirip ikan hias apakah dalam keadaan utuh lengkap atau terdapat cacat. Sirip menjadi bagian penting karena pada bagian ikan ini sering menjadi tempat penyakit-penyakit yang sering menyerang ikan.

Selain itu ikan dengan sirip yang lengkap tentu akan menambah keindahan dari ikan hias tersebut. Ikan hias dengan sirip lengkap juga tentu lebih mampu berenang dengan lebih leluasa dibandingkan dengan ikan hias yang hanya memiliki satu sirip atau siripnya cacat. Oleh karena itu dalam membeli ikan hias harus memperhatikan kondisi dari sirip ikan hias yang akan Anda beli.

  1. Pergerakan Ikan

Tips berikutnya dalam memilih ikan hias untuk dipelihara adalah pergerakan ikan. Pergerakan ikan yang lincah berenang merupakan salah satu indikasi bahwa kondisi ikan hias dalam keadaan sehat tanpa cacat. Namun tentu pergerakan ikan hias juga berbeda-beda tergantung dengan karakter ikan hias itu sendiri. Akan tetapi dengan melihat pergerakan ikan yang lincah bisa menjadi salah satu pertimbangan.

Tips Merawat Ikan Hias Air Tawar

Memelihara hewan tentu Anda harus merawatnya dengan baik. Dengan melakukan perawatan yang baik merupakan sebagai tanda bahwa Anda bertanggung jawab dengan hewan peliharaan tersebut. Termasuk juga bagi Anda yang memelihara ikan hias. Memelihara ikan hias tentu harus disertai dengan perawatan yang baik agar ikan dapat sehat dan berumur panjang.

Setelah Anda membeli ikan hias baik di toko ikan hias atau ke peternak ikan hias langsung, Anda jangan langsung mencampurnya dengan ikan peliharaan lain Anda jika punya ikan hias sebelumnya. Namun Anda perlu melakukan adaptasi pada ikan hias baru dengan cara merendam ikan baru dalam keadaan di dalam plastik kurang lebih 15 menit.

Setelah melakukan adaptasi tersebut barulah ikan hias baru dapat Anda masukkan ke dalam akuarium bersama ikan lainnya. Untuk melepaskan ikan hias baru juga harus dilakukan dengan hati-hati. Apabila Anda ingin mengatur hiasan dan juga properti akuarium seperti bebatuan atau tanaman sebaiknya jangan dilakukan dahulu agar ikan hias baru tidak mengalami stres.

Ikan Hias Air Tawar Yang Mudah Dipelihara

Keindahan ikan hias membuat banyak orang ingin memelihara ikan ini. Bagi para komunitas pecinta ikan hias tentu merawat dan menjaga ikan hias merupakan hal yang mudah karena sudah sering dilakukannya. Beberapa jenis ikan hias ada yang memiliki perawatan yang tidak mudah apalagi bagi orang yang masih awam. Untuk itu berikut ini adalah beberapa jenis ikan hias yang mudah dalam pemeliharaannya.

  1. Cupang

Ikan yang satu ini tentu sudah umum bagi banyak orang. Hal tersebut karena populasi dan juga kemudahan dalam menemukan ikan ini di sekitar Anda. Untuk pemeliharaan ikan ini cukup mudah. Anda cukup menyediakan toples atau sejenisnya sebagai media pemeliharaannya. Pakan dari ikan cupang ini juga cukup mudah di dapat yaitu cacing sutra ataupun pelet ukuran kecil.

  1. Guppy

Ikan hias air tawar berikutnya yang mudah dipelihara Adalah ikan guppy. Seperti diketahui bahwa ikan guppy merupakan ikan yang mudah beradaptasi dengan lingkungan baru. Oleh karena itu tidak diperlukan perlawanan khusus untuk ikan hias jenis guppy ini. Karena kemudahan perawatannya ikan guppy ini juga dapat dipelihara oleh anak kecil sekalipun.

  1. Arwana

ikan hias air tawar arwana
ikan hias air tawar arwana | source : agromedia.net

jenis ikan hias berikutnya yang tidak susah dalam memeliharanya adalah ikan arwana. Ikan hias satu ini merupakan salah satu jenis ikan predator. Letak keindahan dari ikan arwana ini adalah pada sisiknya yang unik sehingga dapat membuat setiap orang yang melihatnya akan terpikat. Ikan ini juga merupakan salah satu ikan yang sering dipelihara oleh banyak orang meskipun harganya cukup mahal.

Untuk perawatan ikan arwana ini tidak begitu sulit. Anda hanya harus merawat kebersihan akuarium Anda secara berkala. Selain itu pemberian pakan yang teratur juga harus dilakukan agar ikan arwana ini dapat tercukupi kebutuhan hariannya. Hal yang perlu diperhatikan dalam memelihara ikan ini adalah lebih baik menempatkan satu ikan arwana dalam satu akuarium untuk menghindarkan pertarungan dan kanibalisme.

  1. Louhan

Ikan yang pernah sangat populer pada tahun 2000an ini juga merupakan salah satu ikan hias yang pemeliharaannya cukup mudah. Hal tersebut membuat orang banyak yang ingin memelihara ikan louhan ini. Keindahan pada ikan louhan ini tentu terletak pada keunikan bentuk tubuhnya. Dengan kepala terdapat seperti benjolan dan warna tubuh yang memiliki ciri unik tentu dapat memikat banyak orang.

Untuk pemeliharaan ikan louhan ini sama halnya seperti ikan hias biasa. Cukup dengan menjaga kebersihan lingkungan dan juga pemberian pakan yang teratur dapat membuat ikan ini hidup dengan sehat dan tumbuh dengan baik. Karakter ikan louhan yang terkenal cukup agresif ada baiknya Anda tidak mencampurkannya dengan ikan lain dalam satu akuarium.

  1. Mas Koki

Ikan yang pemeliharaannya cukup mudah berikutnya adalah ikan mas koki. Ikan ini banyak sekali yang menyukai dan memeliharanya. Hal itu tentu karena bentuk tubuh dari ikan mas koki yang begitu unik dan juga lucu membuat siapa saja yang melihatnya akan terpikat. Ikan yang dipopulerkan oleh masyarakat jepang ini memiliki pemeliharaan yang cukup mudah untuk pemula.

  1. Discus

Ikan discus juga merupakan salah satu ikan hias yang mudah dipelihara. Dengan bentuk tubuh yang cukup unik yaitu berbentuk pipih menjadi salah satu alasan ikan ini dipilih menjadi ikan hias peliharaan. Namun sebelum Anda membeli ikan ini harus menyiapkan uang yang cukup banyak. Harga ikan ini cukup mahal karena keunikan dan keindahan dari bentuk tubuh ikan discus.

  1. Koi

Ikan koi merupakan jenis ikan hias yang tidak pernah sepi peminat dari waktu ke waktu. Warna serta bentuk ikan yang indah ini menjadi daya tarik yang begitu kuat bagi siapa saja yang melihatnya. Ikan koi sendiri perawatan dan pemeliharaannya tidak begitu susah. Cukup dengan rajin membersihkan kolam atau akuarium Anda secara berkala agar kesehatan dan kebersihan kolam terjaga.

  1. Oscar

ikan hias air tawar oscar
gambar ikan hias air tawar oscar | source : fishkeepingworld.com

Ikan hias berikut ini merupakan ikan yang bisa dibilang paling mudah perawatan dan pemeliharaannya. Nama ikan hias tersebut adalah ikan oscar. Ikan ini sering kali menjadi pilihan ikan hias di rumah oleh berbagai macam orang di seluruh dunia. Secara visual ikan oscar ini mirip dengan ikan nila ataupun gurame. Namun yang membedakan adalah warna ikan oscar lebih bervariasi dan juga lebih indah.

Budidaya Ikan Hias Air Tawar

Selain memiliki nilai keindahan ikan hias juga dapat menghasilkan dari segi perekonomian. Salah satu caranya adalah dengan melakukan budidaya ikan hias ini. Bisnis budidaya ini terbilang cukup menjanjikan karena permintaan yang masih cukup tinggi dan juga memiliki harga jual yang menjanjikan. Hal itu karena seseorang yang benar-benar menyukai ikan hias ini rela mengeluarkan uang banyak untuk ikan hias.

Bisnis ikan hias ini juga tidak terlalu membutuhkan modal yang begitu besar. Hanya saja diperlukan ilmu dan pengetahuan yang mumpuni dalam membudidayakannya. Hal tersebut karena jenis ikan hias memerlukan perawatan dan pemeliharaan yang berbeda agar kualitasnya terjaga. Tentu hal tersebut berbeda dengan cara membudidayakan ikan konsumsi.

Oleh karena itu, agar memperoleh hasil yang maksimal kualitas dari ikan hias harus dijaga baru kemudian meningkatkan kuantitas pembudidayaannya. Dalam budidaya ikan hias perlu memperhatikan beberapa hal. Berikut ini adalah hal-hal yang harus Anda perhatikan apabila ingin membuka bisnis budidaya ikan hias jenis perairan air tawar.

  1. Wadah Pemeliharaan

Pada umumnya orang-orang menggunakan akuarium, kolam tembok, kolam terpal, bak fiber glass, dan juga media lainnya. Ukuran media tersebut juga beragam tergantung dengan kebutuhan. Untuk pengairan kolam atau wadah dapat menggunakan air mengalir ataupun air yang tergenang. Hal ini itu dapat disesuaikan dengan keperluan budidaya ikan hias Anda.

Fungsi wadah sendiri juga bermacam-macam, di antaranya adalah untuk tempat induk ikan, pemijahan, penetasan telur, pendederan, tempat perkembangan dan pertumbuhan, dan juga untuk menampung hasil panen ikan hias. Jumlah wadah yang digunakan dalam budidaya ini juga harus disesuaikan dengan berapa jenis ikan yang Anda budidayakan agar ikan berlainan jenis tidak tercampur dan susah dalam menyortirnya.

  1. Penyesuaian Wadah

Habitat hidup setiap jenis ikan tentu berbeda-beda satu dengan yang lainnya. Termasuk juga dalam pemeliharaan ikan hias budidaya. Tempat yang kita sediakan harus disesuaikan dengan habitatnya agar dapat tumbuh dengan maksimal. Hal yang harus diperhatikan dalam menyiapkan wadah ikan hias adalah air, suhu air, pH air, kadar oksigen, dan kecerahan.

Sebaiknya Anda menyediakan air yang tidak mengandung bahan kimia seperti kaporit atau semacamnya. Selain itu untuk suhu berkisar antara 24 derajat celsius sampai dengan 30 derajat celsius. Sedangkan keasaman yang ideal untuk air adalah sekitar 6 sampai dengan 7. Untuk kadar oksigen terlarutnya lebih dari 3 ppm serta kecerahan air pada wadah sekitar 30 sampai dengan 60 cm.

Air yang bisa Anda gunakan untuk budidaya ikan hias bisa dari beberapa sumber seperti air sungai, sawah, ataupun air PAM. Sebelum digunakan sebaiknya air didiamkan dahulu dan juga diendapkan kurang lebih selama setengah sampai satu hari full sebelum digunakan. Hal ini bertujuan agar gas di dalam air hilang dan juga kadar oksigen dalam airnya menjadi larut.

Dalam budidaya ikan hias ini, menjaga kualitas air menjadi sangat penting. Hal itu karena air kolam atau wadah dapat mengalami kualitas penurunan sehingga hal tersebut kurang baik bagi ikan hias. Oleh karena itu perlu dilakukan pembersihan air secara berkala dengan cara membuka saluran pembuangan ataupun menyedot airnya. Air yang diganti maksimal adalah ¾ dari total air wadah, untuk kemudian diisi kembali.

  1. Pakan

Untuk pakan ikan hias, Anda dapat menggunakan pakan yang alami ataupun pakan buatan pabrik. Apabila Anda ingin menggunakan pakan alami bisa menggunakan kutu air, jentik nyamuk, cacing, serangga, ataupun ikan-ikan kecil bagi ikan predator. Sedangkan untuk pakan buatan pabrik pada umumnya dijual dalam bentuk pelet yang memiliki kadar protein bermacam-macam.

  1. Memilih Calon Indukan

Dalam budidaya ikan hias tentu harus memilih indukan yang berkualitas agar anak-anaknya juga berkualitas dan memiliki harga jual yang tinggi. Indukan yang digunakan tentu indukan yang telah mencapai umur yang cukup untuk pemijahan dan juga matang gonad. Untuk mengetahui ikan indukan sudah gonad atau belum terdapat beberapa ciri.

Untuk mengetahui gonad indukan sudah matang atau belum dapat dilihat dari tanda dan cirinya. Pada induk betina memiliki ciri perut ikan besar ke arah organ genitalnya dan bila diraba akan terasa lembek dan juga halus. Ciri lainnya adalah organ genital indukan menonjol dan akan mengeluarkan telur jika diurut. Sedangkan untuk indukan jantan ke arah genitalnya akan keluar spermanya.

Kondisi indukan ikan hias juga harus sehat dan terbebas dari segala macam penyakit. Selain itu indukan yang digunakan harus berasal dari keturunan ikan yang memiliki kualitas bagus dilihat dari segi warna dan juga fisiknya. Untuk memperoleh indukan ikan hias, Anda bisa mendapatkannya dari peternak ataupun dengan menghasilkan indukan sendiri dari budidaya.

  1. Pemijahan

Untuk proses pemijahan telur ikan terdapat dua tipe yaitu secara internal dan juga eksternal. Hal itu disebabkan karena ikan ada yang beranak dan juga bertelur. Setiap jenis ikan hias atau ikan secara umum mempunyai proses pemijahan yang berbeda-beda. Agar proses pemijahan berjalan dengan lancar diperlukan persiapan alat, bahan, dan juga media untuk pemijahan.

Pada proses pemijahan atau pembuahan telurnya ada yang berlangsung secara internal dan eksternal. Karena ikan hias ada yang bertelur dan beranak, pada setiap jenis ikan perlakuan proses pemijahannya berbeda. Untuk memudahkan kita harus menyiapkan media, bahan, alat yang diperlukan dalam proses pemijahan.

  1. Penetasan Telur

Setiap ikan hias memiliki lama telur menetas yang berbeda-beda. Hal itu tergantung dari jenis ikannya sendiri. Telur ikan hias pada umumnya akan menetas setelah satu hari untuk kemudian menjadi larva. Untuk proses penetasan telur dapat Anda lakukan pada kolam, corong, hampa, ataupun akuarium. Pada penetasan terdapat dua cara yaitu mengangkat induk secara keseluruhan dan ditinggal satu indukannya.

  1. Perawatan Larva

Fase ikan hias setelah menetas dari telur adalah larva. Larva biasanya ditaruh pada akuarium, bak, ataupun wadah lain. Pada usia kurang dari seminggu, larva tidak diberikan makan. Hal itu karena masih terdapatnya cadangan makanan berupa yolksack atau kuning pada perut larva. Untuk larva yang telah melewati usia seminggu dapat diberikan pakan alami berupa mikro organisme, cacing sutra, atau lainnya.

Saat larva mulai mencapai ukuran benih dan terus tumbuh besar, pakan untuk ikan hias juga berbeda. Pakan yang bisa diberikan pada fase ini adalah jentik nyamuk, cacing sutra, kodok kecil, ikan kecil, dan juga pelet. Takaran pemberian pakan benih ikan hias ini juga harus dilakukan dengan pas dan tidak berlebihan agar menghindarkan benih dari keracunan dan kekurangan kadar oksigen.

Sementara itu untuk penebaran benih ikan hias juga harus memperhatikan luas dari media. Harus diperkirakan betul antara ukuran media dan juga jumlah benih yang akan disebar. Hal itu karena apabila kondisi kolam atau media terlalu padat dapat membuat pertumbuhan benih ikan menjadi terhambat sedangkan jika terlalu sedikit tentu tidak efisien dan juga boros tempat.

Selama masa pertumbuhan, benih ikan hias yang terawat akan tumbuh dengan baik. Dalam pertumbuhan ini pada umumnya ikan hias akan memiliki ukuran yang bervariasi. Untuk itu dilakukan pemilihan atau penyortiran benih sesuai dengan ukurannya. Hal tersebut berfungsi untuk menghindarkan ikan dari sifat kanibalisme dan juga agar pertumbuhan ikan hias dapat optimal.

 Selain melakukan penyortiran dan pemilihan benih berdasarkan ukurannya, perlu juga dilakukan penyortiran berdasarkan jenis kelaminnya. Perlu dipisahkan antara ikan hias jantan dan juga betina. Hal tersebut bertujuan untuk menghindarkan ikan hias mengalami pemijahan dini agar pembudidayaan benar-benar dapat terkontrol dan terkondisikan sesuai dengan yang diharapkan.

  1. Hama dan Penyakit

Hal selanjutnya yang harus diperhatikan dalam budidaya ikan hias adalah tentang hama dan juga penyakit. Pada umumnya penyakit ikan merupakan penyakit yang dikarenakan oleh parasit dan juga non parasit. Untuk penyakit yang ditimbulkan karena parasit biasanya menyerah bagian badan, insang, ataupun pada bagian tubuh ikan sendiri. Penyakit parasit ini biasanya berupa protozoa, jamur, bakteri, ataupun virus.

Sedangkan penyakit ikan hias yang ditimbulkan oleh non parasit pada umumnya adalah karena faktor lingkungannya dan juga makanannya. Makanan ikan hias yang tidak higenis dapat menimbulkan beberapa penyakit pada ikan hias. Selain itu kondisi kolam juga harus rajin dibersihkan dari sisa pakan dan kotoran karena dapat membuat kondisi air menjadi tidak sehat untuk ikan hias.

  1. Pemasaran

Hal yang paling penting dalam budidaya tentu adalah faktor pemasaran. Untuk pemasaran ikan hias ini, Anda dapat memasarkan langsung kepada orang yang ingin membeli ataupun mengandalkan jasa pengepul yang sudah memiliki jaringan jual. Kunci dari pemasaran ikan hias adalah membuka relasi dan juga jaringan seluas-luasnya untuk mendapatkan konsumen.

Untuk lebih baiknya, pembudidaya atau peternak ikan hias haruslah memiliki pengepul tetap. Sehingga akan ada kepastian untuk menampung semua hasil budidaya Anda. Selain itu yang terpenting dalam memasarkan ikan hias adalah untuk selalu aktif untuk mencari dan menemukan konsumen baik secara langsung ataupun memanfaatkan teknologi informasi dan internet.

 

Baca Juga : 15 Jenis Ikan Hias Kecil Yang Dapat Mempercantik Aquarium Anda

 

Kelebihan Bisnis Budidaya Ikan Hias

Berbisnis ikan hias dapat menjadi opsi untuk membuka usaha dengan keuntungan yang menjanjikan. Hal itu karena pembudidaya ikan hias kini jumlahnya masih tergolong kecil. Padahal dalam budidaya ikan hias ini tidak memerlukan teknik khusus dan juga pembudidayaannya cukup mudah. Selain itu permintaan pasar pada ikan hias ini masih tergolong tinggi. Berikut ini beberapa kelebihan bisnis ikan hias.

  1. Bisnis Sambil Menyalurkan Hobi

Salah satu alasan seseorang memulai bisnis ikan hias adalah hobi dan kecintaan pada ikan hias. Tentu akan sangat menyenangkan apabila dapat meraih pundi-pundi uang dari hal yang benar-benar dicintai dan juga digemari. Bagi Anda yang hobi dengan ikan hias ini tentu hal tersebut merupakan hal yang diimpikan karena sebagai orang yang hobi ikan hias tentu telah menguasai seluk beluk tentang ikan hias ini.

  1. Tidak Memerlukan Media Luas

Kelebihan berikutnya dari budidaya ikan hias yaitu adalah bisnis atau budidaya ikan hias ini tidak membutuhkan banyak lahan seperti halnya ikan konsumsi. Namun dalam budidaya ikan hias ini lebih kepada kualitas dari ikan hias tersebut dari pada kuantitas ikan hiasnya. Oleh karena itu bisnis budidaya ikan hias ini tidak perlu dilakukan dalam jumlah yang besar dan lahan yang luas.

  1. Turut Serta Melestarikan Ikan Hias

Budidaya ikan hias ini tentu tidak terlepas dari pengembang biakan ikan hias. Dengan mengembang biakan ikan hias jenis apapun itu tentu secara tidak langsung Anda telah membantu dalam proses pelestarian dari jenis ikan hias yang Anda budidayakan. Hal itu tentu sangat bermanfaat bagi lingkungan terutama untuk terjaganya kelestarian jenis ikan hias yang Anda budidayakan.

  1. Peminat Ikan Hias Tinggi

Kelebihan budidaya ikan hias selanjutnya adalah pada peminat ikan hias ini. Hal itu tentu membuat permintaan akan ikan hias ini sangat tinggi sehingga potensi keuntungan yang bisa diperoleh juga besar. Peminat ikan hias sendiri berasal dari berbagai kalangan dari mulai anak kecil, hiasan rumah, perkantoran, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Harga Ikan Hias Air Tawar

  1. Harga Ikan Cupang

Informasi harga yang pertama adalah harga dari ikan hias cupang. Informasi harga ikan cupang yang ada di pasaran kini berkisar 10 ribu rupiah per ekornya untuk ikan cupang kategori anakan. Sementara untuk kategori ikan hias cupang dewasa harganya di pasaran dapat mencapai harga 35 ribu rupiah per ekor. Harga tersebut tergantung pada kecantikan dan keindahan dari bentuk ikan cupang itu sendiri.

  1. Harga Ikan Guppy

Jenis ikan hias air tawar dan harganya yang pertama adalah ikan hias guppy. Ikan yang memiliki ciri berukuran kecil dan ekornya yang bercorak indah ini, memiliki harga jual sekitar 20 ribu rupiah per ekor untuk ikan guppy kategori dewasa. Sementara itu untuk harga anakan ikan guppy di hargai sekitar 5 ribu rupiah per ekornya. Untuk harga guppy albino bahkan bisa mencapai 100 ribu rupiah per ekornya.

Perbedaan harga ikan guppy di pasaran ditentukan oleh beberapa hal. Hal tersebut adalah pada ukuran ikan guppy, semakin besar ikan guppy maka akan semakin dihargai dengan mahal. Selain itu faktor lainnya adalah pada jenis ikan guppy. Ikan guppy yang jenis langka seperti albino tentu memiliki harga yang sangat fantastis per ekornya karena tingkat kesulitan budidaya dan juga menemukannya juga cukup sulit.

  1. Harga Ikan Mas Koki

Selanjutnya adalah harga ikan mas koki. Ikan yang dipercaya membawa hoki dan keberuntungan bagi siapa saja yang memilikinya ini memiliki harga pasaran sekitar 50 ribu rupiah per ekornya. Tentu harga ini akan berubah sesuai dengan corak dan juga jenis dari ikan mas koki ini. Untuk anakan ikan mas koki biasanya dihargai dengan harga 10 ribu rupiah tergantung dengan jenis dan corak ikan mas koki.

  1. Harga Ikan Koi

Berikutnya adalah harga ikan koi. Ikan yang memiliki corak warna yang cantik ini memiliki harga di pasaran sekitar 200 ribu rupiah untuk kategori dewasa. Sedangkan untuk harga anakan dari ikan koi ini di pasaran sekitar 20 ribu rupiah. Harga tersebut tentu juga dipengaruhi oleh keindahan corak serta jenis dari ikan koi. Untuk saat ini, ikan termahal di dunia masih dipegang oleh ikan koi dainichi showa.

  1. Harga Ikan Arwana

Selain ikan mas koki, ikan arwana juga dipercaya sebagai ikan yang membawa hoki bagi siapa saja yang memilikinya. Hal tersebut juga yang membuat ikan arwana ini memiliki harga yang cukup mahal. Harga ikan arwana dewasa jenis arwana silver sekitar 500 ribu rupiah per ekornya. Sementara itu untuk ikan arwana anakan dihargai 75 ribu rupiah perekornya. Harga tersebut tergantung dari jenis ikan arwananya.

Meskipun harga dari ikan ini cukup mahal tetapi para kolektor hanya fokus pada jenis ikan hias dan harganya bukan masalah bagi mereka. Hal ini juga yang menciptakan stigma bahwa hobi memelihara ikan hias merupakan hobi yang dilakukan oleh orang-orang elit saja. Padahal pada kenyataannya masih banyak jenis ikan hias yang memiliki harga terjangkau bagi semua kalangan.

  1. Harga Ikan Louhan

Ikan hias berikutnya adalah ikan louhan. Ikan yang pernah booming ini masih memiliki harga yang cukup tinggi di pasaran. Harga ikan louhan dewasa pada umumnya dihargai sebesar 300 ribu rupiah untuk per ekornya. Sementara untuk anakan ikan louhan ini pada umumnya berada pada harga 20 ribu rupiah per ekornya. Tentu semakin unik dan indah motif louhan akan membuat harganya jauh melambung tinggi.

Meskipun memiliki harga yang cukup tinggi, permintaan akan ikan louhan di pasaran masih tetap ada. Meskipun sudah tidak seramai dulu tetapi penggemar dari ikan louhan di Indonesia tidak pernah padam. Hal itu juga disebabkan karena keindahan corak dan bentuk dari ikan louhan yang membuat banyak orang masih berhasrat untuk memiliki ikan louhan sebagai hiasan dan juga pembawa keberuntungan.

  1. Harga Ikan Discus

Harga ikan hias berikutnya adalah harga ikan discus. Ikan yang memiliki bentuk tubuh pipih bila dilihat dari depan dan terlihat lebar dari samping ini memiliki harga yang cukup mahal. Untuk harga ikan discus usia dewasa dapat mencapai 200 ribu rupiah per ekornya. Sedangkan itu untuk harga jual anakan ikan discus dijual dengan harga mulai dari 30 ribu rupiah per ekornya di pasaran.

  1. Harga Ikan Aligator

ikan hias air tawar aligator
gambar ikan hias air tawar aligator | source : indiamart.com

Ikan berikutnya adalah ikan hias aligator. Ikan ini mempunyai ciri fisik kepala dan sisik begitu keras. Bahkan pada zaman dahulu sisik dari ikan ini digunakan untuk bahan pembuatan baju dan perisai perang. Untuk harga ikan aligator ini cukup mahal tergantung dengan ukuran dari ikan aligator. Untuk dewasa harga ikan ini sekitar 350 ribu rupiah sementara untuk anakannya dihargai 20 ribu rupiah per ekornya.

  1. Harga Ikan Neon Tetra

ikan hias air tawar neon tetra
ikan hias air tawar neon tetra | source : animalbirds.com

Berikutnya ada ikan hias jenis neon tetra. Ikan yang memiliki ciri fisik perut berwarna silver, dengan sisik horizontal di bagian mata hingga ekor dengan warna biru terang, sedangkan bagian ujung ekornya berwarna merah cerah. Untuk harga ikan neon dewasa di jual mulai dari 3.000 rupiah per ekornya. Sedangkan harga anakan ikan neon tetra ini dihargai cuma 1.500 rupiah per ekor saja di pasaran.

  1. Harga Ikan Black Ghost

Ikan black ghost dikenal dengan ciri tubuh memanjang dan unik. Warna hitam pekat mendominasi dari warna tubuh dari ikan black ghost ini mulai dari ujung ekor sampai kepala. Untuk harga ikan black ghost dewasa dihargai dengan harga sekitar 25 ribu rupiah untuk per ekornya. Sementara itu harga ikan hias black ghost anakan biasanya dihargai dengan 10 ribu rupiah per ekor.

  1. Harga Ikan Manfish

ikan hias air tawar manfish
gambar ikan hias air tawar manfish | source : pinterest

Ikan manfish atau biasa juga dikenal di masyarakat dengan nama ikan layang-layang ini memiliki harga pasaran yang tergolong murah. Ikan dengan ciri bentuk tubuhnya yang pipih serta lebar dan warna belang-belang mirip zebra ini hanya dijual pada harga 15 ribu rupiah per ekornya. Tentu harga ini lumayan murah karena ikan manfish ini cukup memiliki keindahan dan kecantikan yang bagus.

  1. Harga Ikan Harimau Sumatra

Ikan harimau Sumatra merupakan ikan hias yang memiliki tubuh cukup kecil yaitu 3 sampai dengan 5 cm. Ikan yang mempunyai karakter hidup bergerombol ini di pasaran memiliki harga sekitar 10 ribu rupiah per ekornya. Namun perlu diperhatikan bahwa ikan harimau ini hidup bergerombol, oleh karena itu bila ingin memelihara ikan ini Anda harus membelinya minimal 5 ekor agar ikan ini dapat hidup dengan baik.

  1. Harga Ikan Lemon

Ikan hias berikutnya adalah ikan lemon. Ikan dengan ciri tubuh mirip seperti buah lemon ini memiliki harga 20 ribu rupiah per ekornya. Untuk harga tersebut tentu sangat terjangkau untuk ikan lemon, selain itu ikan lemon juga memiliki kemudahan dalam pembudidayaannya. Ikan ini merupakan salah satu ikan yang cocok untuk dikembangbiakkan karena kemudahan dalam perawatannya.

  1. Harga Ikan Molly

Harga ikan hias berikutnya adalah harga ikan molly. Ikan dengan ciri fisik perut buncit untuk betina dan tubuh memanjang untuk molly jantan ini di pasaran memiliki harga yang sangat terjangkau. Pada umumnya ikan ini dihargai 3.000 per ekornya. Dengan harga semurah itu, ikan ini sering kali menjadi buruan karena selain keindahan yang dimilikinya juga karena harga ikan molly yang sangat murah.

  1. Harga Hias Pedang

ikan hias air tawar ikan pedang
ikan hias air tawar ikan pedang | source : youtube

Ikan predator yang satu ini merupakan ikan yang lumayan populer di Indonesia. Pada umumnya selain menjadi ikan hias, ikan pedang ini memiliki peran sebagai ikan predator. Ikan yang memiliki ciri sirip ekor mirip dengan pedang ini di pasaran memiliki harga 2000 rupiah per ekornya. Harga tersebut tergolong murah sehingga ikan pedang ini banyak dimiliki oleh orang-orang di Indonesia.

Ikan Hias Air Tawar Termahal di Dunia

Ikan hias dikenal karena keindahan warna serta corak dan juga bentuk tubuh yang unik. Hal itu tentu dapat mempengaruhi harga jual dari ikan hias ini. Bahkan bagi orang yang benar-benar menyukai dan hobi akan ikan hias ini rela mengeluarkan uang sampai miliaran rupiah untuk satu ekor ikan hias saja. Berikut ini beberapa jenis ikan air tawar yang mempunyai harga jual paling tinggi di pasaran.

  1. Ikan Arwana

Ikan termahal yang pertama adalah dari jenis ikan hias arwana. Sebenarnya harga ikan arwana menjadi mahal selain karena bentuk dan keindahan dari ikan arwana juga karena ketersediaan dari ikan ini yang masih langka. Bahkan ikan arwana ini merupakan salah satu ikan yang akan terancam punah menurut PBB. Selain itu ikan arwana sering kali dianggap sebagai simbol kemakmuran.

Menurut kepercayaan orang China, ikan arwana adalah salah satu ikan yang mendatangkan keberuntungan. Sehingga tidak jarang dapat ditemui ikan arwana ini di tempat usaha atau bisnis orang-orang China karena mereka percaya dengan adanya ikan arwana di tempat usaha mereka akan mendatangkan berbagai macam keberuntungan dan juga rezeki yang banyak.

Ikan arwana juga dikenal sebagai ikan hias dengan usia cukup panjang. Ikan ini dapat hidup sampai dengan 20 tahunan. Tentu 20 tahun merupakan usia yang sangat panjang untuk ukuran ikan hias. Selain itu agar ikan arwana dapat tumbuh dengan maksimal perlu dilakukan perawatan yang maksimal baik dari segi kebersihan lingkungan akuarium ataupun dari asupan gizi pakan yang berkualitas.

Dari sekian banyak jenis dari ikan arwana terdapat beberapa jenis yang memiliki harga sangat tinggi. Tentu harga tersebut ada karena ikan tersebut termasuk ikan hias air tawar langka. Untuk sementara ini ikan arwana yang paling mahal adalah ikan arwana platinum. Untuk mendapatkan ikan arwana platinum ini para kolektor rela menebusnya dengan harga fantastis mencapai 5,3 miliar rupiah.

  1. Ikan Koi

Ikan termahal berikutnya adalah dari jenis ikan koi. Mungkin secara kasat mata ikan koi ini memiliki penampilan yang biasa-biasa saja akan tetapi ternyata ikan koi merupakan salah satu ikan hias dengan harga yang paling mahal. Setelah melalui proses panjang untuk pembiakan yang begitu selektif, kini mulai bermunculan ikan koi yang indah dalam hal tampilan fisiknya.

Hal itu membuat kepopuleran ikan koi ini mulai mendunia hingga ke seluruh penjuru dunia. Dari mulai seluruh kawasan asia hingga Eropa. Harga dari ikan koi ini pun semakin melambung tinggi seiring dengan meningkatnya popularitas dan juga berkembangnya jenis ikan koi yang mempunyai bentuk tubuh dan corak warna yang begitu indah. Hal itu membuat orang rela membayar hingga ratusan juta untuk ikan koi ini.

Untuk pengkategorian ataupun pengelompokan ikan koi ini biasanya didasarkan pada perbedaan ciri sifat skala dan juga corak pola warna ikan koi. Jenis ikan koi yang sering dijumpai pada toko-toko ikan hias paling umum adalah ikan koi jenis sanke, kohaku, dan juga showa. Sedangkan untuk ikan koi yang memiliki harga tinggi diantarannya adalah Bekko, Utsurimono, dan juga hariwake.

Untuk harga ikan koi sendiri umumnya tidak ada patokan khusus terlebih lagi untuk para kolektor yang rela mengeluarkan uang ratusan juta untuk mendapatkan salah satu varietas dari ikan koi ini. Harga ikan koi tersebut didasarkan pada keunikan corak warna dan juga bentuk tubuh dari ikan koi. Semakin bagus bentukan corak warna dan juga bentuk ikan koi maka akan memiliki nilai jual yang tinggi.

  1. Ikan Discus

Untuk ikan hias termahal selanjutnya adalah ikan hias dari jenis ikan discus. Ikan discus termasuk memiliki permintaan pasar yang tinggi dari para pecinta ikan hias dan juga kolektor. Ikan discus yang memiliki bentuk dan motif langka seperti jenis discus albino dapat dihargai dengan harga sangat mahal sekali di pasaran oleh para pengoleksi ikan discus ini meskipun tidak mencapai harga jutaan rupiah.

Meskipun popularitas ikan discus ini naik turun namun permintaan akan ikan discus ini cukup stabil. Harga dari ikan discus ini tidak semahal ikan arwana ataupun ikan koi yakni hanya di kisaran ratusan ribu rupiah saja. Perbedaan harga ikan discus dengan ikan arwana dan koi yang cukup jauh itu disebabkan karena sangat sulit untuk menemukan ikan discus yang memiliki ciri sempurna menurut banyak orang.

Terlepas dari harga ikan discus yang cukup mahal, ikan ini memiliki kombinasi warna pada tubuhnya yang sangat unik. Hal inilah yang membuat banyak kolektor ataupun pecinta ikan hias discus tidak begitu masalah mengeluarkan uang dalam jumlah banyak hanya untuk seekor ikan discus. Selain harga yang cukup mahal perawatan dari ikan discus ini juga harus serba berkualitas agar ikan discus tumbuh sehat.