Harga Ikan Sidat Per Kg : Bibit Maupun Konsumsi [Terlengkap & Terbaru]

5 min read

harga ikan sidat

Walaupun tak seterkenal Lele, Ikan Sidat sudah jadi salah satu komoditi ekspor dari Indonesia. Ikan dengan nama latin Anguilla spp ini semakin gencar dibiakkan di berbagai daerah, karena memiliki rasa daging  super enak, mudah diolah, dan harga ikan Sidat yang tinggi dan cocok untuk jadi lahan bisnis. Anda penasaran dengan ikan yang satu ini? Simak artikel Jurnal Manajemen mengenai Ikan Sidat khususnya terkait harganya berikut ini : 

Asal Usul Dari Ikan Sidat

Menilik asal usul dari ikan Sidat tak diketahui secara pasti, namun sampai saat ini Indonesia menjadi salah satu penghasil terbesar fauna yang hidup di air tawar yang bersih dan berkembang biak di laut ini. Di dunia tercatat 400 jenis spesies ikan ini, tapi di Indonesia hanya enam spesies yang paling banyak dibudidayakan oleh masyarakat.

Dua spesies yang paling diminati dengan harga ikan Sidat tertinggi dan jadi sumber penghasilan masyarakat adalah Anguilla bicolor dan Anguilla marmorata, karena memiliki cita rasa yang lebih sempurna jika dibandingkan spesies lainnya. daerah yang dijadikan sentra dari hewan air ini adalah Kabupaten Cilacap dan Kebumen di Jawa Tengah dan Kabupaten Sukabumi di Jawa Barat.

Ikan Sidat Anguilla Bicolor
Ikan Sidat Anguilla Bicolor | sumber : jayakartanews.com
Ikan Sidat Anguilla Marmorata
Gambar Ikan Sidat Anguilla Marmorata | sumber : phuthinh.en.ec21.com

Berapa Harga Bibit Ikan Sidat?

Bicara soal budidaya ikan Sidat memang susah-susah gampang, karena mereka harus hidup di dalam air tawar yang bersih, makanya tak semua daerah cocok dijadikan lokasi budidayanyanya. Namun jika Anda ingin coba mengembang biakkan ikan ini, bisa membeli bibitnya pada toko bibit ikan yang ada di daerah Anda. Beda daerah biasanya akan beda harga bibit ikan Sidat, hal itu tergantung beratnya.

1. Harga Berdasarkan Lokasi

Harga dari bibit ikan ini memang fluktuatif apalagi di daerah – daerah sentra pembudidayaannya, semakin banyak hasil produksi ikan ini maka harga cenderung lebih stabil. Berikut ini daftar harga terbaru dari ikan Sidat di beberapa daerah.

Lokasi

Harga Perkilogram

Jakarta Rp 300.000
Jawa Timur Rp 225.000
Sidoarjo Rp 230.000
Yogyakarta Rp 250.000
Malang Rp 230.000
Semarang Rp 240.000
Bandung Rp 260.000
Bogor Rp 240.000

2. Harga Berdasarkan Ukuran

Kalau berdasarkan ukuran, biasanya harga Sidat juga bervariasi mulai dari penjualan minimal 10 ekor hingga ratusan ekor tergantung pada kebutuhan pasar. Berikut ini penjelasan harganya sesuai dengan kondisi terkini Januari 2020.

Jumlah Ikan

Harga/Kg

Bibit Ikan Sidat 10 ekor Rp 150.000
Bibit Ikan Sidat 20 ekor Rp 200.000
Bibit Ikan Sidat 40 ekor Rp 250.000
Bibit Ikan Sidat 60 ekor Rp 350.000
Bibit Ikan Sidat 100 ekor Rp 500.000

Cara Budidaya Ikan Sidat

Budidaya ikan Sidat memang memiliki nilai bisnis tinggi apalagi saat ini pebisnis yang jual ikan Sidat bisa meraup keuntungan yang sangat tinggi. Alasannya adalah karena permintaan akan ikan ini yang meningkat tajam setiap tahun seperti di Jakarta dan Negara Jepang. Mau tahu cara membudidayakannya?

1. Persiapan Sebelum Budidaya

Beberapa hal harus disiapkan sebelum mulai membudidayakan ikan ini, mulai dari suhu dari kolam yang tak boleh lebih kurang dari 28 derajat selsius dan tak boleh lebih dari 30 derajat selsius, jadi Anda harus memilih lokasi dengan suhu yang tepat. Kestabilan suhu air di dalam kolam bisa dijaga dengan mengembang biakkan enceng gondok pada permukaan kolam.

Kemudian pastikan pula pH dari air yang digunakan sebagai media perkembang biakan ikan berkisar 7-8 tak boleh lebih atau kurang. Anda bisa memastikannya dengan memakai metode kertas lakmus, jika warna kertas setelah dimasukkan ke dalam air menjadi kuning maka itu menandakan air cocok untuk dipakai.

Hal selanjutnya yang juga harus disiapkan adalah kandungan oksigen pada air, yang akan dipakai untuk budidaya ikan Sidak. Pastikan kandungannya berkisar 1-2,5 ppm, melalui pengujian kadar oksigen yang bisa dilakukan sendiri, jika tak memenuhi kriteria tersebut maka Anda bisa melakukan upaya dengan menggunakan pompa air dan alat lainnya.

Terakhir adalah mempersiapkan makanan dari ikan yang harus tepat, baik itu karbohidratnya, vitamin, protein, lemak, maupun mineral. Anda bisa membuatnya sendiri dengan mengacu pada kebutuhan ikan atau membelinya di toko jual bibit Sidat karena biasanya mereka juga menyediakan makanan untuk ikan tersebut.

2. Proses Budidaya

Hal pertama yang harus dilakukan adalah membuat kolam, bisa memilih jenis beton dengan ukuran panjang dan lebar masing-masing 2 meter, lalu isi dengan air setinggi 40 sentimeter dengan debit air berkisar 15 liter setiap menitnya. Atau Anda juga dapat menggunakan kolam terpal, yang kerangkanya terbuat dari kayu atau besi, dasarnya diberi sekam baru ditutupi terpal.

Hal kedua adalah menebarkan benih yang sudah dibeli dengan Harga Ikan Sidat Terkini di daerah Anda. Pastikan berat bibit sekitar 0,17 gram tiap ekornya, dan ditebar pada pagi hari dengan terlebih dahulu memasukkannya ke dalam plastik yang direndam dalam kolam, lalu dilepas perlahan. Ukuran sebar terbaik adalah pada satu liter air adalah untuk 6 ekor bibit.

Hal ketiga adalah proses budi daya yang memakan waktu maksimal delapan bulan. Pada masa tersebut Anda harus memberi makan secara teratur setiap pukul 10.00 dan pukul 20.00 dengan perbandingan pemberian pakan 40:60. Pakan yang diberikan adalah pelet ikan dan campuran indofeed, pakan udang dan psp, kemudian lakukan pembersihan kolan secara rutin.

Hal keempat adalah panen ikan Sidat yang bisa dilakukan jika si ikan sudah mencapai bobot maksimal 200 gram/ekor. Karena harga ikan sidat per kilo akan sangat maksimal didapatkan. Cara panen adalah dengan mempuasakan ikan sehari sebelumnya, lalu tangkap hari berikutnya saat memberi makan pagi. Pisahkan ikan berdasarkan ukuran ke dalam bak khusus.

Harga Ikan Sidat Di Jepang Sangat Fantastis

Di Indonesia pengolahan ikan Sidat memang masih terbatas pada kalangan tertentu, seperti restoran, tapi di Jepang ikan ini menjadi salah satu makanan favorit yang biasa disebut dengan nama Unagi. Unagi biasanya dibakar polos atau menggunakan bumbu khusus khas Jepang, karena dagingnya sangat lembu dan mudah menyerap saus dalam bentuk apapun.

Banyak orang terkecoh dengan Unagi yang dikira sebagai ikan asli Jepang, padahal merupakan ikan Sidak yang diimpor dari Indonesia. Harga ikan Sidat di Jepang juga beda dengan di Indonesia, karena biasanya jenis ikan yang dikirimkan peternak Sidak adalah yang berkualitas super dengan ukuran dan kualitas daging terbaik. berikut daftar harganya.

Daerah

Harga/Kg

Jepang Rp 600.000 – Rp.2.000.000
Bali Rp 200.000
Surabaya Rp 110.000
Purwekorto Rp 120.000
Serang Rp 150.000
Bogor Rp 140.000
Semarang Rp 110.000
Malang Rp 115.000
Bandung Rp 140.000
Yogyakarta Rp 125.000
Sidoarjo Rp 100.000
Jakarta Rp 150.000
Luar Jawa Rp 180.000

Sangat terlihat jelas sejauh mana perbedaan harga dari ikan ini di Negara Jepang dan daerah di Indonesia. Penyebabnya adalah karena di Jepang kebutuhan akan Ikan Sidat mencapai 120.000 ton pertahun, karena merupakan makan wajib pada perayaan tertentu. Dan hampir seluruh kebutuhan tersebut dipasok dari peternak ikan di Indonesia yang tersebar di berbagai daerah.

Manfaat Ikan Sidat

Kenapa orang Jepang suka makan ikan Sidak? Karena banyak manfaat yang ada di dalamnya, kalau Anda sudah mengetahuinya pasti akan menjadikan fauna air ini sebagai salah satu menu utama harian, atau mengkonsumsi olahannya lebih sering dari sebelumnya. Apa saja manfaat hebatnya?

1. Cegah Penyakit mematikan

Kandungan vitamin dan mineralnya mampu meminimalisir kemungkinan terkena penyakit jantung, kolesterol tinggi, hingga diabetes. Karena perpaduan zat-zat itu akan membuat aliran darah lancar, mengontrol kadar gula di dalam darah, dan menjaga tekanan darah tetap stabil.

2. Potensi Panjang Umur

Kandungan Omega 3 dari daging ikan ini, mampu menjadi musuh bagi sistem penuaan pada tubuh manusia. Berdasarkan penelitian zat tersebut membantu memaksimalkan seseorang dalam berkonsetrasi, memaksimalkan daya tahan tubuh, dan juga mengusir racun dari dalam tubuh dengan lebih sempurna ketimbang zat lainnya.

3. Bantu Diet

Makan daging ikan Sidat membuat orang lebih cepat kenyang namun tidak membuat lemak menumpuk, sebab lemak yang dimilikinya adalah lemak sehat. Makanya orang yang mau diet membelinya tanpa peduli harga ikan Sidat yang relatif mahal, mereka memadukan ikan ini dalam menu diet mereka sehingga hasrat untuk memakan sumber protein lain jadi terminimalisir.

4. Otak Cerdas

Kandungan zinc dari ikan ini yang sembilan kali lipat lebih banyak dari susu yang dihasilkan sapi, sangat membantu pembentukan lemak jenis fosfat. Lemak tersebut sangat penting dalam menjaga kinerja dan tumbuh kembang otak besar yang berkaitan langsung dengan daya ingat seseorang.

5. Cegah Mata Rabun

Dari penelitian ahli terbukti bahwa kandungan Vitamin A pada ikan Sidat sangat tinggi bahkan 45 kali lebih banyak ketimbang susu sapi dan sumber lainnya. Makanya saripati ikan ini sering dipakai sebagai obat untuk mencegah rabun. Tapi Anda juga bisa mengkonsumsinya langsung agar efek positifnya lebih cepat dirasakan pada mata.

Cara Terbaik Mengolah Ikan Sidat

sidat bakar
sidat bakar | sumber : http://kulinersidat.blogspot.com

Kalau Anda mau tahu cara mengolah ikan Sidat hasil panen ikan di kolam sendiri, bisa dengan dua cara agar kandungan gizinya tak hilang dan berubah. Pertama adalah dengan cara dibakar, dan kedua dengan cara diasapi. Berikut ini cara mengimpementasikannya agar benar-bernar termanfaatkan.

Dibakar Atau Dipanggang

Teknik ini dilakukan dengan meletakkan daging ikan Sidat, yang sudah dipisahkan dari kepala dan tulangnya pada sumber panas baik itu bara atau alat panggang khusus. Pastikan suhu saat pemanggangan maksimal 90 derajat selsius, dan pastikan juga semua bagian daging terpanggang dengan sempurna agar siap untuk di santap.

Sebenarnya tanpa diberi bumbu, hasil pemangganan daging ikan Sidat sudah sangat empuk dan enak, namun jika Anda ingin rasa yang lebih menggugah selera bisa menambahkan bumbu. Seperti di Jepang dimana saat memanggangnya diberi saos teriyaki atau campuran rempah lain yang menghasilkan rasa yang sangat nikmat.

Diasap

Mengingat Harga ikan sidat per kg yang relatif mahal, akan sangat berkaitan dengan proses pengolahan agar jadi makanan sedap. Pengasapan adalah cara paling sering dipakai mengolahnya. Dimulai dengan merendam ikan yang sudah dibersihkan dan dibuang isi perutnya, ke dalam air garam selama beberapa waktu, kemudian dikeringkan dengan menggantungnya di udara terbuka.

Setelah itu, ikan yang sudah kering akan kembali di gantung di atas asap yang dibuat dari pembakaran kayu. Proses ini biasanya dilakukan sekitar 25 menit hingga 30 menit tergantung kondisi cuaca, lalu ikan dipanggang dalam oven hingga kering dan siap untuk disajikan. Tingkat matangnya Sidat asat tergantung pada selera, ada yang setengah matang tapi ada juga yang benar-benar kering.

Walaupun masih termasuk fauna air yang mahal, namun ikan Sidat semakin diminati sebagai lahan bisnis, apalagi setelah melihat harga jualnya yang relatif tinggi. Makin banyak yang membudidayakannya maka suatu saat ikan ini akan jadi santapan utama masyarakat Indonesia dengan harga ikan Sidat yang akan lebih terjangkau untuk konsumsi rumahan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *