Daftar Harga Ikan Nila Per Kilo di Pasar Terbaru

6 min read

harga ikan nila

Ikan merupakan salah satu komoditas yang sangat cocok dikembangkan di Indonesia. Kondisi wilayah Indonesia yang kaya akan sumber daya alam membuat budidaya ikan cukup banyak diminati. Salah satu jenis ikan yang sering dibudidayakan adalah ikan nila. Hal tersebut karena ikan nila memiliki daging yang gurih serta lezat dan harga ikan nila cukup terjangkau sehingga permintaan pada ikan ini sangat tinggi.

Kandungan gizi yang ada pada ikan nila juga termasuk sangat lengkap. Dari mulai protein, lemak, asam amino, dan masih banyak lagi kandungan yang terdapat dalam ikan nila ini. Semua kandungan tersebut tentu memiliki dampak positif bagi tubuh manusia terutama dalam hal kesehatan. Bisa dikatakan manfaat ikan nila sangat banyak bagi tubuh. Namun untuk mengkonsumsi ikan nila ini tidak boleh berlebihan karena ditakutkan terdapat merkuri di dalam tubuh ikan.

Pada artikel Jurnal Manajemen kali ini akan membahas secara lengkap mengenai harga ikan nila disertai dengan informasi tambahan lainnya. Pembahasan harga disajikan mulai dari bibit ikan nila hingga harga per wilayah kota dan provinsi. Selengkapnya simak pembahasan berikut ini :

Manfaat Ikan Nila untuk Kesehatan

  1. Menjaga Berat Badan

Manfaat ikan nila yang pertama adalah dapat menjaga berat badan serta menurunkan berat badan Anda. Hal tersebut karena pada ikan nila ini terdapat protein yang sangat tinggi serta kalorinya yang rendah. Kedua hal ini dapat mencukupi kebutuhan gizi harian Anda sehingga dapat mengurangi asupan harian. Namun penurunan berat badan bukan semata karena makan ikan tetapi juga dengan berolahraga.

  1. Membantu Pertumbuhan

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, ikan nila merupakan ikan yang mengandung protein yang sangat tinggi. Kandungan protein dalam ikan nila ini lebih dari 15 persen dari total kebutuhan protein harian kita di dalam satu porsinya. Diketahui bahwa protein merupakan salah satu bagian yang penting bagi tubuh karena terkait dengan pertumbuhan dan juga perkembangan manusia.

  1. Menjaga Kesehatan Tulang

Di dalam ikan nila, selain terdapat protein yang begitu tinggi juga terdapat mineral. Mineral yang terdapat pada ikan nila paling banyak adalah fosfor. Seperti diketahui bahwa fosfor merupakan salah satu zat yang sangat penting untuk pertumbuhan dan perkembangan tulang manusia. Selain itu fosfor juga adalah elemen yang berguna dalam menjaga kesehatan kuku dan gigi manusia.

  1. Mencegah Kanker Prostat

Kandungan lain pada ikan nila yang memiliki manfaat bagi kesehatan adalah terdapatnya kandungan selenium yang begitu tinggi. Menurut penelitian, selenium merupakan zat yang berfungsi untuk mengurangi risiko kanker seperti kanker prostat dan juga menjaga kondisi jantung manusia. Namun perlu sekali lagi diperhatikan bahwa dalam mengkonsumsi ikan nila tidak boleh dalam jumlah yang terlalu besar.

  1. Membantu Kerja Otak

Ikan nila juga mengandung asam lemak omega 3 serta potasium. Kedua zat tersebut merupakan zat yang berfungsi untuk meningkatkan performa kekuatan otak dan juga fungsi neurologis. Secara umum, potasium berfungsi meningkatkan penyaluran oksigen ke otak dan memiliki peran penting dalam menyeimbangkan cairan tubuh serta memberikan akses respons saraf dan mendeposisi nutrisi ke tubuh yang membutuhkan.

Jenis-Jenis Ikan Nila

  1. Srikandi

Jenis ikan nila yang pertama adalah ikan nila srikandi. Ikan ini resmi dirilis oleh pemerintah pada tahun 2012. Ikan ini merupakan ikan yang dikembangkan oleh BPPI yang memiilki berbagai keunggulan. Beberapa keunggulan dari ikan ini adalah tahan terhadap berbagai penyakit dan budidaya ikan nila ini dapat dilakukan baik di air netral ataupun air payau.

  1. Sila Best

Jenis berikutnya adalah ikan nila jenis sila best. Ikan sila best ini memiliki berbagai keunggulan dibandingkan nila lokal. Keunggulannya adalah mempunyai daya tahan yang baik terhadap penyakit hingga 140%, sintasannya 84,4 sampai 93,3 persen, dan fekunditasnya 3 sampai 5 kali. Selain itu ikan ini juga memiliki keunggulan lain yaitu usia panennya hanya memerlukan waktu 4 bulan saja.

  1. Gesit

Jenis ikan nila berikutnya adalah ikan nila jenis gesit. Ikan jenis ini lumayan banyak dibudidayakan oleh masyarakat pada umumnya. Hal tersebut membuat permintaan ikan nila jenis ini cukup banyak. Untuk pertumbuhan ikan nila gesit ini dapat mencapai berat per ekornya mencapai 400 sampai dengan 500 gram. Berat tersebut dapat dicapai dalam waktu 6 bulan pemeliharaan.

  1. Nirwana

Ikan nila jenis berikutnya adalah jenis nirwana. Nila jenis nirwana ini merupakan hasil pengembangan yang dilakukan oleh balai benih ikan Wanayasa di purwakarta, Jawa Barat. Ikan ini tentu memiliki berbagai keunggulan dibanding ikan nila biasa. Keunggulan ikan nila nirwana ini yaitu pertumbuhan ikan ini cukup cepat untuk mencapai bobot 1 Kg dalam waktu 6 bulan pemeliharaan.

  1. Larasati

Jenis ikan nila berikutnya adalah nila larasati. Ikan larasati ini merupakan jenis ikan hasil persilangan antara ikan nila merah dan juga ikan nila hitam. Keunggulan ikan nila larasati ini cukup banyak. Beberapa diantaranya adalah ikan nila larasati ini dapat berkembang biak dengan kurun waktu yang singkat dan juga ikan nila nirwana ini memiliki kualitas daging yang lebih baik dibanding nila jenis lain.

Artikel Terkait Artikel Terkait
22 Jenis Pakan Ikan Nila Agar Cepat Besar Umpan Ikan Nila Paling Jitu

Harga Ikan Nila Konsumsi

Ikan merupakan salah satu sumber nutrisi dan gizi yang baik bagi tubuh manusia. Termasuk juga ikan nila juga memiliki kandungan gizi dan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh. Hal itu tentu tidak mengherankan apabila ikan nila merupakan salah satu menu wajib dalam daftar makanan masyarakat di Indonesia. Selain itu dengan harga ikan nila per kg hanya 25 ribu membuat ikan ini terjangkau berbagai kalangan.

Harga 25 ribu tersebut bisa Anda dapatkan di pasar-pasar tradisional. Lain halnya jika Anda membeli ikan nila ini di pusat perbelanjaan. Untuk mendapatkan ikan ini di pusat-pusat perbelanjaan Anda tentu harus merogoh kocek lebih dalam lagi. Harga ikan nila per kilo di pusat perbelanjaan mencapai 28 ribu rupiah. Apabila ingin mendapatkan harga yang murah, Anda bisa memilih belanja di peternak ikan nila langsung.

Meskipun harga ikan nila di pasar berbeda-beda tetapi permintaan akan ikan ini masih begitu besar di Indonesia baik untuk budidaya, restoran, atau untuk sebagai konsumsi sehari-hari keluarga Indonesia. Selain itu terlepas dari berbagai macam harga yang ditetapkan untuk ikan nila, ikan nila ini tetap memiliki berbagai manfaat bagi manusia apabila dikonsumsi secara rutin.

Harga Ikan Nila Merah

ikan nila merah
gambar ikan nila merah | source : xproagrotama.weebly.com

Ikan merah merupakan salah satu jenis ikan nila yang populer di masyarakat Indonesia. Ikan ini memiliki perbedaan dengan ikan nila jenis lain. Salah satu perbedaan yang mencolok adalah warna merah dan juga garis-garis hitam di sirip yang membedakannya dengan ikan nila jenis lain. Selain itu ikan nila merah ini memiliki rasa daging yang lebih nikmat dan gurih jika dibandingkan dengan nila lokal.

Dengan beberapa keunggulan dibandingkan dengan nila lokal tentu akan mempengaruhi nilai jual. Selain itu jumlah pembudidaya ikan nila merah yang belum terlalu banyak juga membuat harga ikan ini cukup mahal. Di pasaran nila merah lebih mahal dibanding harga ikan nila 1 kg yaitu mencapai 30 ribu rupiah per kilo. Harga tersebut masih bisa mengalami perubahan tergantung dengan stok yang ada.

Apabila menurut Anda harga tersebut masih terlalu mahal terdapat solusi untuk mendapatkan ikan nila merah ini dengan harga yang lebih murah. Cara tersebut adalah Anda dapat datang langsung ke peternak ataupun pembudidaya ikan nila merah ini di daerah Anda. Dengan mendatangi dan membeli langsung pada peternak tentu harganya akan menjadi lebih murah dibandingkan setelah didistribusikan ke luar.

Harga Ikan Nila Kumpay atau Slayer

Mungkin bagi beberapa orang terutama yang masih awam tentang dunia perikanan nila tentu masih sangat asing dengan jenis ikan nila ini. Ikan nila kumpay ini merupakan salah satu dari varian jenis nila. Pada awalnya nila kumpay termasuk salah satu jenis nila yang kurang terkenal, namun seiring dengan berjalannya waktu para peminat ikan jenis ini mulai bermunculan.

Jika pada umumnya ikan nila dikenal sebagai ikan konsumsi karena memiliki rasa daging yang nikmat dan gurih, lain halnya dengan ikan nila jenis kumpay ini. Ikan ini tidak hanya dijadikan ikan konsumsi sehari-hari saja melainkan lebih digunakan sebagai ikan hias. Hal itu dikarenakan morfologi dari ikan nila slayer ini memiliki keindahan tersendiri sehingga cocok dijadikan sebagai ikan hias.

Seiring dengan berjalannya waktu kini popularitas ikan nila kumpay ini mulai naik. Sudah mulai bermunculan komunitas-komunitas pecinta ikan nila hias ini. Hal tersebut tentu menjadi peluang bisnis yang cukup menjanjikan. Untuk harga ikan ini, Anda bisa memperolehnya dengan harga sekitar 20 ribu rupiah hingga jutaan rupiah tergantung dengan nilai keindahan dari si ikan nila kumpay tersebut.

Harga Bibit Ikan Nila Merah

Bagi Anda yang ingin memulai usaha budidaya ikan nila merah ini tentu membutuhkan benih ikan terlebih dahulu. Untuk mendapatkan benih ikan, sebaiknya Anda datang ke peternak nila merah yang ada di daerah Anda untuk membeli langsung atau Anda dapat membeli dari dinas perikanan setempat apabila benih ikan tersebut tersedia agar mendapatkan benih yang berkualitas bagus.

Untuk harga bibit nila merah ini, seperti halnya harga jual ikan nila merah segar, harga untuk bibit ikan nila merah ini juga lebih mahal. Dalam penjualan bibit ikan ini dibagi dalam beberapa kategori. Harga bibit ini sendiri juga berbeda-beda tiap daerahnya bergantung dengan ada atau tidaknya pembudidaya ikan nila merah ini. Berikut ini merupakan daftar harga bibit ikan merah.

Ukuran

Isi (ekor)

harga

2-3 cm 8000 Rp 1.250.000
3-4 cm 6000 Rp 1.250.000
3-5 cm 5000 Rp 1.300.000
4-6 cm 4000 Rp 1.300.000
5-7 cm 3000 Rp 1.350.000

Untuk menentukan ukuran benih yang ingin dibeli tentu juga harus sesuai dengan rencana Anda. Apabila Anda menginginkan benih dalam jumlah banyak Anda bisa membeli benih ukuran 2-3 cm. Akan tetapi dengan benih ukuran kecil tentu peluang hidup semua benih tersebut lebih kecil. Untuk ukuran ideal benih, Anda dapat memilih benih ukuran 5-7 cm karena ukuran benih ini peluang suksesnya lebih besar.

Daftar Harga Ikan Nila di Berbagai Kota Besar di Indonesia

daftar harga ikan nila
harga ikan nila | source : mencari.info

Indonesia dikenal dengan negara yang memiliki luas daerah yang besar. Selain itu Indonesia juga terdiri dari banyak sekali pulau. Hal tersebut juga mempengaruhi harga jual dari ikan nila karena akan terdapat beban pada ongkos kirim dan juga transportasi. Sebagai gambaran Anda, berikut ini merupakan harga nila di beberapa kota besar di Indonesia.

Lokasi

Harga per kg

Jakarta Rp. 25.000
Bali Rp. 25.000
Batam Rp. 25.000
Balikpapan Rp. 25.000
Semarang Rp. 25.000
Padang Rp. 24.000
Malang Rp. 25.000
Samarinda Rp. 25.000
Lampung Rp. 24.000
Pontianak Rp. 25.000

Harga di atas merupakan harga ikan nila terbaru di berbagai kota. Perubahan harga dapat sewaktu-waktu terjadi tergantung dengan permintaan dan juga jumlah ketersediaan ikan nila. Sebagai contoh misalkan terdapat permintaan ikan nila di daerah papua tetapi jumlah ikan nila tidak dapat mencukupi maka pemerintah daerah akan melakukan pemesanan dari daerah lain sehingga harga ikan akan lebih mahal.

Daftar Harga Ikan Nila di Berbagai Provinsi di Indonesia

Harga ikan nila tiap provinsi juga memiliki variasi. Sama seperti perbedaan harga di beberapa kota di Indonesia, perbedaan harga ikan ini juga terjadi karena beberapa hal di antaranya adalah ketersediaan stok ikan dibanding dengan jumlah permintaan. Apabila kebutuhan akan ikan ini besar sementara ketersediaan sedikit tentu akan membuat harga naik. Berikut ini beberapa harga di beberapa provinsi.

Provinsi

Harga

Satuan

Aceh Rp 24.000- Kg
Lampung Rp 25.000- Kg
Banten Rp 26.000- Kg
Riau Rp 29.000- Kg
Sumatera utara Rp 28.000- Kg
Sumatera selatan Rp 27.000- Kg
Kalimantan barat Rp 30.000- Kg
Kalimantan timur Rp 31.000- Kg
Sulawesi utara Rp 32.000- Kg
DKI Jakarta Rp 27.000- Kg
Jawa Barat Rp 24.000- Kg
Jawa Tengah Rp 25.000- Kg
Jawa Timur Rp 24.000- Kg
DIY Rp 25.000- Kg
Bali Rp 28.000- Kg