Daftar Harga Ikan Mujair Per Kilo di Pasaran Terbaru

3 min read

Harga Ikan Mujair

Menjadikan ikan sebagai menu makanan sehari-hari bukan hal yang asing bagi kita. Indonesia yang dikelilingi laut dan berada di iklim tropis yang mana memungkinkan budidaya ikan air tawar membuat masyarakat mudah mendapatkan ikan untuk dijadikan lauk-pauk. Ikan air tawar memang yang lebih mudah ditemukan di pasar, supermarket, dan tukang sayur. Contohnya ikan mujair.

Harga Ikan Mujair tergolong masih terjangkau bagi semua kalangan. Ikan ini merupakan ikan air tawar yang populer dan banyak disukai masyarakat. Untuk mengolah ikan ini pun sangat mudah, sama seperti mengolah ikan pada umumnya. Cita rasa daging ikan mujair gurih dengan duri-duri yang lumayan mudah atau tidak begitu merepotkan ketika dikonsumsi.

Harga Ikan Mujair yang Terjangkau dan Mudah Didapatkan

Budidaya jenis ikan air tawar di daerah-daerah cukup banyak jumlahnya. Hal ini berhubungan dengan tingkat ketertarikan masyarakat untuk memiliki usaha sendiri dan permintaan ikan yang tinggi. Jika Anda berjalan ke pasar atau supermarket, Anda akan mudah sekali menemukan ikan-ikan air tawar dengan beragam jenis. Belum lagi setiap jenis memiliki jenis khusus.

Setiap ikan air tawar pun memiliki cita rasa berbeda-beda ketika diolah. Misalnya pada ikan mujair. Cita rasa yang diberikan ketika sudah diolah berupa gurih dan dagingnya yang empuk. Duri-duri di dalamnya mudah untuk dipisahkan. Ikan mujair memang sering disamakan dengan ikan nila karena sekilas terlihat sama. Tetap tentu bila diperhatikan lebih rinci terlihat jelas perbedaannya.

Harga mujair di pasaran sampai saat ini tergolong stabil. Karena dari segi budidayanya yang banyak ditekuni dan dijadikan usaha yang menjanjikan. Sebelum membahas harga ikan satu ini, pahami lebih dalam apa saja manfaat konsumsi ikan mujair dan bagaimana cara mengolahnya agar manfaat-manfaat tersebut bisa kita dapatkan.

Artikel Terkait
Harga Ikan Mujair
Budidaya Ikan Mujair
Manfaat Ikan Mujair

Nutrisi dalam Ikan Air Mujair

Kandungan nutrisi dan gizi di dalam ikan satu ini bisa dikatakan cukup lengkap dan mampu memenuhi kebutuhan nutrisi kita sehari-hari. Walau pastinya haru diseimbangi dengan asupan bernutrisi dan bergizi lainnya. Kandungan nutrisi di dalam ikan mujair di antaranya ada karbohidrat, protein, lemak, omega 3, fosfor, kalsium, selenium, zat besi, Vitamin B1, Vitamin B12, Vitamin C, dan Vitamin E.

Beberapa manfaat mengonsumsi ikan mujair:

1. Menghindari Penyakit Jantung

Ikan mujair rendah kalori dan kolesterol sehingga baik bagi kesehatan jantung. Jika Anda ingin menghindari penyakit jantung, Anda bisa konsumsi ikan lebih sering dibandingkan ayam ataupun daging-dagingan. Karena sebagian besar ikan kalorinya rendah disertai kandungan kolesterol yang juga rendah.

Kandungan lemaknya pun cenderung lemak jenuh sehingga mudah dicerna oleh tubuh. Selain itu nutrisi lainnya menyempurnakan kerja organ-organ tubuh termasuk Vitamin B1 yang membantu meningkatkan produksi hemoglobin.

2. Menjaga Kesehatan Otak

Dengan harga ikan mujair yang terjangkau, ikan ini mengandung omega 3 cukup banyak meski tidak sebanyak kandungan omega 3 pada ikan salmon. Namun karena harganya yang terjangkau, ikan mujair bisa menjadi pilihan. Omega 3 sangat bagus dalam menjaga kesehatan otak kita.

3. Mengurangi Gejala Autoimun

Nutrisi yang terkandung pada ikan air tawar seperti mujair ini mampu mengurangi berbagai gejala penyakit autoimun di antaranya diabetes tipe 1, sklerosis multiple, dan artritis reumatoid. Sebagian kemunculan gejala autoimun karena faktor daya tahan tubuh yang sedang menurun akibat kekurangan nutrisi.

4. Menjaga Berat Badan

Manfaat lainnya ialah mampu membantu jaga berat badan. Konsumsi ikan memang bisa menjadi pilihan terbaik untuk membantu menjaga berat badan, khususnya bagi para pelaku diet. Jangan lupa olah ikan mujair dengan metode yang tepat dilengkapi asupan bernutrisi dan rendah lemak lainnya seperti sayur-sayuran, juga buah-buahan.

Metode Masak Ikan Mujair Agar Nutrisinya Tidak Hilang

Karena harga ikan mujair per kilo cukup terjangkau bagi semua kalangan, biasanya metode mengolah atau memasaknya jadi kurang diperhatikan. Banyak dari kita yang sekadar menyajikannya dan membuatnya menjadi masakan bercita rasa lezat seperti sekadar digoreng dengan minyak. Padahal dengan menggorengnya di dalam minyak membuat nutrisi dan gizi ikan mujair akan sangat berkurang.

Beberapa metode memasak ikan yang disarankan agar nutrisi di dalamnya tidak hilang yaitu:

1. Baking

Metode baking berupa memanggang ikan ke dalam oven dengan sebelumnya menaruh ikan di dalam loyang yang telah diisi sayuran seperti irisan kentang. Anda bisa memanggang dengan tingkat kematangan sesuai selera.

2. Pan Frying

Pan frying adalam memasak ikan di atas pan atau teflon yang diberi sedikit minyak. Sedikit saja atau tidak sampai terendam. Untuk memastikan ikan matang hingga ke bagian dalam, gunakan api kecil ketika memasaknya.

3. Poaching

Metode ini berupa merebus ikan dengan air yang dicampur potongan sayuran dan rempah-rempah. Atau pun bumbu masakan sederhana seperti garam dan lada. Anda juga bisa memberi perasan lemon ke dalamnya jika suka. Sajikan tanpa air atau kuah.

4. Grilling

Metode satu ini mungkin sudah banyak dikenal. Berbagai jenis ikan, tidak hanya mujair pun sering dimasak dengan metode grilling atau pembakaran. Perlu diingat hindari membakar ikan hingga terlalu gosong di bagian luarnya.

5. Steamed

Metode yang disarankan terakhir ketika memasak ikan ialah mengukus atau steamed.

Daftar Harga Ikan Mujair di Pasar

Berikut informasi harga ikan mujair terbaru di awal tahun ini.

Nama Daerah

Harga Per-Kilo Gram

Riau Rp 20.000 – Rp 27.000
Aceh Rp 20.000 – Rp 22.000
Bangka Belitung Rp 16.000 – Rp 20.000
Jakarta Rp 20.000 – Rp 30.000
Sumatera Selatan Rp 20.000 – Rp 22.000
Sumatera Barat Rp 20.000 – Rp 26.000
Sumatera Utara Rp 20.000 – Rp 22.000
Jambi Rp 20.000 – Rp 27.000
Bengkulu Rp 15.000 – Rp 20.000
Pulau Jawa Rp 15.000 – Rp 25.000

Perbedaan pada harga di setiap daerah tergantung pada perhitungan harga ikan mujair per kg dan kualitas dari ikan tersebut. Biasanya juga akan berpengaruh terhadap ukuran ikannya. Masing-masing daerah bisa saja memiliki karakter ikan air tawar yang berbeda. Sehingga membuat kualitasnya jadi beragam.

Informasi lebih lengkap dan tepat seputar harga ikan mujair bisa Anda datangi langsung tempat penjual ikan terdekat. Terkadang ada sebagian penjual yang menjual ikan berkualitas lebih karena didatangkan dari luar daerah yang mana harganya jadi lebih mahal dari harga umum di daerah tersebut.

Selain informasi di atas Jurnal Manajemen telah merangkum update harga berbagai jenis ikan di bawah ini :

Artikel Terkait Artikel Terkait
Harga Ikan Bawal Harga Ikan Nila
Harga Ikan Lele Harga Ikan Gurame
Harga Ikan Bandeng Harga Ikan Gabus