Daftar Harga Ikan Lele Per Kg di Pasaran Terbaru

6 min read

harga ikan lele

Budidaya ikan lele merupakan salah satu usaha atau bisnis yang tergolong mudah dilakukan bagi siapa saja. Perawatan yang mudah serta pakan yang gampang dijumpai membuat usaha ini disenangi baik oleh kaum pemuda hingga dewasa. Namun dalam membudidayakan ikan lele ini tentu juga harus memperhatikan beberapa hal diantaranya harga ikan lele di pasaran.

Pada artikel ini Jurnal Manajemen akan memberikan informasi terkait dengan harga ikan lele di pasaran yang perlu diketahui. Informasi harga lele tidak hanya pada lele konsumsi di berbagai daerah namun juga pada hasil olahannya. 

Keuntungan Budidaya Ikan Lele dari Berbagai Aspek

  1. Aspek Lahan

Budidaya lele bisa dilakukan di tempat mana saja karena lele dapat hidup di kondisi yang ekstrem sekalipun. Salah satunya adalah dengan memanfaatkan lahan yang sudah tidak bisa untuk pertanian. Hal tersebut tentu menjadi bermanfaat karena lahan yang tadinya tidak dapat terpakai lagi untuk pertanian, masih dapat digunakan untuk beternak ikan lele.

  1. Aspek Teknologi

Selain tidak membutuhkan lahan khusus, budidaya ikan lele juga tidak perlu membutuhkan teknologi yang canggih. Yang dibutuhkan dalam melakukan budidaya ikan lele sebenarnya ada 3 teknologi yaitu ilmu telaten, titen, dan juga tekun. Dengan bermodalkan tiga hal tersebut usaha atau bisnis lele dapat berjalan dengan lancar.

  1. Aspek Ekonomi

Budidaya ikan lele banyak digemari oleh orang salah satunya karena hanya butuh modal yang kecil. Hasil dari budidaya sendiri dapat dijual dengan harga yang bagus di pasaran. Selain itu ikan lele juga dapat dikonsumsi untuk makanan sehari-hari. Dengan berbagai manfaat dan nutrisi pada ikan lele akan membuat Anda dan keluarga menjadi sehat dan kuat.

  1. Aspek Sosial

Dilihat dalam Aspek sosial, usaha budidaya ikan lele merupakan salah satu usaha yang dapat diterima oleh setiap lapisan masyarakat. Mulai dari berbagai adat, suku, dan agama membolehkan untuk melakukan usaha ini. Dengan kata lain budidaya ikan lele ini tidaklah bertentangan dengan Agama, ras, dan juga suku yang ada di masyarakat Indonesia.

Hal Yang Harus Dipersiapkan Dalam Budidaya Ikan Lele

Budidaya ikan lele merupakan salah satu bisnis yang mudah, akan tetapi tetap harus dilakukan persiapan serius agar mendapatkan hasil yang maksimal. Hal tersebut karena jika dilakukan dengan asal-asalan makan hasil yang diperoleh tidak akan maksimal. Berikut ini merupakan hal-hal dasar yang wajib dipersiapkan sebelum memulai budidaya ikan lele.

  1. Kolam Budidaya Ikan Lele

Kolam budidaya ikan lele ini memiliki beberapa macam jenis. Jenis tersebut antara lain kolam tembok, kolam balok, dan juga kolam terpal. Lahan untuk pembuatan kolam juga tidak memerlukan lahan yang luas. Anda bisa menggunakan lahan pekarangan ataupun lahan yang sudah tidak terpakai. Bahkan ada orang yang membudidayakan ikan lele di septitank mereka.

Persiapan untuk kolam lele terdiri dari beberapa tahapan. Untuk kolam tanah, perlu dilakukan pengeringan dasar kolam selama 2-3 hari sebelum digunakan. Hal tersebut bertujuan untuk membunuh hama dan juga bakteri yang terdapat dalam kolam. Untuk keadaan tertentu Anda bisa menaburkan kapur dolomit yang berfungsi untuk menaikan pH dan membunuh bibit penyakit.

Tahap selanjutnya adalah menumbuhkan mikroorganisme seperti plankton dan sejenisnya di kolam. Hal tersebut dapat dilakukan dengan menggunakan pupuk organik. Cara melakukannya adalah dengan cara mengisi kolam dengan air sepertiga saja. Kemudian masukan pupuk organik pada dasar kolam. Pada nantinya mikroorganisme tersebut akan menjadi makanan untuk benih ikan lele.

 

Baca Juga : 21 Umpan Ikan Lele Harian Paling Jitu

 

  1. Kondisi Air

Dalam mengisi air pada kolam baiknya menggunakan air yang alami seperti air sungai, sumur, atau dari sumber mata air. Anda juga bisa menggunakan air hujan namun perlu diperhatikan tingkat keasaman pada air hujan tersebut. Hal yang sama juga berlaku untuk air dari PDAM karena pada air tersebut mengandung kaporit. Dengan kondisi air yang baik tentu akan membuat ikan lele dapat tumbuh dengan sehat.

  1. Pemilihan Benih

Persiapan yang terakhir adalah memilih benih ikan lele. Benih yang dipilih dianjurkan untuk membeli dari para peternak yang resmi dan bersertifikat agar kualitas benih terjamin mutunya. Benih yang baik memiliki kondisi yang sehat, tidak cacat, ukuran sama besar satu sama lain, serta pergerakannya lincah. Penebaran benih juga lebih baik dilakukan pada saat suhu rendah yaitu pada saat pagi hari atau sore hari.

Sebelum memasukkan benih ke kolam, ada baiknya Anda melakukan proses adaptasi terhadap benih ikan lele tersebut. Hal tersebut supaya benih terbiasa dengan lingkungan air yang baru. Caranya adalah dengan menempatkan dahulu benih pada suatu wadah yang berisi air kolam Anda dan diamkan beberapa menit. Setelah itu barulah masukan benih ke kolam dengan cara hati-hati dan perlahan.

Jenis Ikan Lele Di Indonesia

  1. Lele sangkuriang

lele sangkuriang
gambar lele sangkuriang | source : ilmubudidaya.com

Lele sangkuriang merupakan jenis ikan lele hasil dari persilangan lele lokal dengan lele dumbo. Lele jenis ini merupakan salah satu yang paling populer dibudidayakan. Keunggulan lele sangkuriang adalah perawatan dan pakan yang mudah dalam pembudidayaannya. Dengan keunggulan tersebut tentu harga ikan lele ini di pasaran lumayan menjanjikan.

  1. Lele lokal

lele lokal
gambar lele lokal | source : okdogi.com

Jenis lele berikutnya adalah jenis lele lokal. Lele lokal ini merupakan lele yang berasal dari spesies clarias baratrachus dan berasal dari perairan daerah Indonesia. Hingga kini peminat lele jenis ini masih banyak sekali karena ikan lele ini memiliki daging yang gurih serta kandungan lemaknya tidak banyak. Namun kelemahan dari ikan lele lokal ini adalah pertumbuhannya yang lambat.

  1. Lele dumbo

lele dumbo
gambar lele dumbo | source : youtube

Lele yang berikutnya adalah lele dumbo. Lele dumbo ini merupakan salah satu pesaing kuat dari lele lokal di pasaran. Untuk asalnya sendiri, lele ini pertama kali dikenalkan pada taun 1985 di Taiwan. Keunggulan ikan lele ini adalah dapat dipijah sepanjang tahun, subur, tumbuhnya cepat, pakannya efisien, dan tahan penyakit. Kelemahannya adalah daging lele dumbo kalah rasa dari lele lokal karena lembek dagingnya.

  1. Lele masamo

lele masamo
gambar lele masamo | source : bibitikan.net

Ikan lele jenis masamo ini merupakan lele yang dikembangkan di daerah Mojokerto oleh suatu pabrikan pakan ikan. Lele ini dikembangkan dari 7 gen strain lele yang ada dari berbagai negara. Keunggulan lele ini adalah tahan penyakit, tumbuh cepat, dan pakan efisien. Ciri dari lele ini adalah adanya untik di kepalanya seperti bentuk sepatu pantofel serta terdapat tonjolan di tengkuk kepala.

  1. Lele Phyton

lele phyton
gambar lele phyton | source : blaemblaemtechnology.wordpress.com

Lele yang satu ini mempunyai keunikan dari asal usulnya. Pada mulanya terdapat masalah pada peternak lele pandeglang yaitu kematian benih lele secara masal. Kemudian para peternak melakukan inisiatif untuk menyilangkan lele dumbo F6 jantan dengan betina lele Thailand. Hasil dari persilangan tersebut menghasilkan lele bernama phyton ini. Salah satu keunggulannya adalah tahan pada cuaca dingin.

  1. Lele Albino

lele albino
gambar lele albino | source : jualo.com

Lele jenis lele albino ini merupakan ikan lele yang mempunyai warna sel kulit putih. Ikan jenis albino ini bukanlah merupakan lele untuk konsumsi, melainkan untuk dipelihara sebagai hiasan pada aquarium. Harga ikan lele di pasaran ini sangatlah mahal yaitu sekitar 800 ribu rupiah. Hal itu karena pembudidayaannya sangat sulit sehingga jarang sekali ada yang membudidayakannya.

Harga Ikan Lele Sangkuriang Per Kg

Seperti yang telah dijelaskan tadi, lele sangkuriang merupakan salah satu ikan lele yang unggul dengan rasa gurih dagingnya. Ikan ini banyak dibudidayakan karena memiliki pertumbuhan yang cepat. Selain itu masa panennya yang bisa dipanen 4 kali merupakan keunggulan lainnya. Harga jualnya juga lebih unggul dari harga ikan lele per kilo sekarang.

Untuk harga lele tentu berbeda tiap daerahnya. Pada umumnya harga ikan lele per kilo ini berada di kisaran harga 25.000 ribu rupiah tiap kilonya. Harga tersebut tentu dapat berubah-ubah sesuai dengan persediaan dan juga permintaan pasar. Selain itu faktor ada tidaknya pembudidaya di daerah sekitar Anda juga dapat mempengaruhi harga jualnya.

Harga Ikan Lele Fillet

Ikan fillet merupakan salah satu olahan dari ikan lele yang memudahkan konsumen untuk mengolah dan mengkonsumsinya. Daging fillet ini merupakan daging lele yang telah dibuang kulit dan juga durinya. Harga untuk lele fillet ini tentu lebih maha dibandingkan dengan ikan lele segar. Pada umumnya harga per kilo nya lebih mahal dari harga ikan lele 1 kg yaitu berada di kisaran 40 ribu rupiah.

Namun demikian permintaan pasar pada lele yang telah difillet cukup besar meskipun harga ikan lele per kg nya cukup mahal. Pada umumnya permintaan tersebut dilakukan oleh para pengusaha restoran atau rumah makan. Biasanya lele fillet ini dapat dijadikan beberapa macam menu masakan. Beberapa diantaranya seperti dijadikan lele tepung, lele fillet asam manis, dan juga olahan lainnya.

Tentu saja setelah diolah sedemikian rupa permintaan semakin meningkat. Selain memang rasanya enak dan harganya terjangkau, manfaat ikan lele bagi kesehatan juga sangat banyak. Maka dari itu lele tetap menjadi primadona di semua kalangan.

Harga Lele Olahan Abon Dan Asap

Olahan lele pertama adalah olahan ikan lele dengan cara diasapi. Dengan pengasapan ini ikan lele dapat membuatnya lebih awet dan memudahkan dalam mengolahnya. Ikan lele asap ini memiliki jangka waktu konsumsi hingga 1 tahun lamanya. Hal tersebut tentu membuat harga jual dari lele asap ini lumayan tinggi. Harga dari lele asap ini mencapai 120 ribu rupiah lebih mahal dari harga ikan lele konsumsi hari ini.

Selanjutnya adalah olahan lele dalam bentuk abon. Ikan lele yang dijadikan abon biasanya ikan lele yang memiliki berat di atas 1 kg karena memiliki daging yang lebih banyak. Cara membuat abon ini juga tidak terlalu susah sehingga banyak pengusaha lele membuat olahan ini sebagai variasi penjualan. Harga untuk abon lele ini berada di kisaran 165 ribu rupiah per kg jauh lebih mahal dari harga ikan lele hari ini.

Jenis Barang

Harga

Abon lele Rp 120.000
Fillet lele Rp 40.000
Lele Asap Rp 165.000
Lele segar per kg online Rp 25.000

Harga Ikan Lele Terbaru

harga ikan lele di pasaran
daftar harga ikan lele di pasaran | source : budidayaperawatan.blogspot.com

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya bahwa harga ikan lele per kilo di pasaran bisa berbeda-beda. Hal tersebut dikarenakan tidak di semua tempat di wilayah Indonesia terdapat pembudidaya lele yang cukup untuk memenuhi permintaan di daerahnya masing-masing. Sehingga bagi beberapa orang di tempat tertentu pemerintah daerah harus mendatangkan lele dari provinsi atau pulau lain di Indonesia.

Dengan banyaknya dan luasnya daerah Indonesia tentu akan banyak sekali variasi harga yang terjadi di tiap daerah di Indonesia. Namun, semua harga lele tersebut masih dalam perbedaan atau selisih yang bisa dimaklumi. Berikut ini adalah daftar harga lele terbaru dari ikan lele di beberapa daerah yang ada di Indonesia per kilogramnya.

Daftar Harga Ikan Lele di Daerah/Provinsi

Daerah / Provinsi

Harga per kg

Aceh Rp 24.000.
Batam Rp 26.700
Bali Rp 25.000
Lampung Rp 23.500
Jakarta Rp 24.500.
Jawa Timur Rp 23.500
Jawa Tengah Rp 22.500
Jawa Barat Rp 24.000.
Kalimantan Barat Rp 27.000
Kalimantan Timur Rp 28.000
Sumatera Utara Rp 25.500
Sumatera Selatan Rp 25.000
Sulawesi Utara Rp 27.500
Riau Rp 26.000
Papua Rp 30.000
Yogyakarta Rp 23.000
Lombok Rp 24.000

Sumber: bahasikan.com

 

 Baca Juga : Harga Bibit Ikan Lele

 

Daftar Harga Ikan Lele di Kota/Kabupaten

Kota/Kabupaten

Harga per kg

Cirebon Rp 25.500
Bandung Rp 25.500
Makassar Rp 25.200
Malang Rp 25.500
Pontianak Rp 26.000
Palembang Rp 25.300
Pati Rp 25.500
Pemalang Rp 25.500
Banyumas Rp 25.500
Gorontalo Rp 26.600
Bontang Rp 26.500
Medan Rp 24.600
Indramayu Rp 24.400
Sidoarjo Rp 25.500
Madiun Rp 25.500
Surabaya Rp 25.500

Sumber: farmbos.com