Daftar Harga Ikan Bawal Terlengkap & Terbaru (Semua Jenis per Kg)

6 min read

2. Harga Ikan Bawal

Ikan bawal merupakan salah satu jenis ikan yang cukup populer di Indonesia. Ikan ini cocok dikonsumsi bagi banyak kalangan. Selain karena cita rasanya yang gurih dan nikmat, ikan ini juga memiliki harga beli yang relatif terjangkau. Harga ikan bawal di Indonesia cukup bervariasi bergantung pada varian dari ikan tersebut.

Ikan bawal sangat cocok diolah menjadi beraneka macam menu masakan. Bahkan keberadaan menu ikan ini tentu sering Anda jumpai di berbagai warung makan, terutama warung makan ala Padang. Bagi Anda yang ingin menjadikan ikan ini sebagai menu masakan harian, ada baiknya untuk mengetahui harga-harga dari ikan tersebut. Berikut rangkuman Jurnal Manajemen terkait informasi mengenai ikan bawal dan hargaya :

 

Baca Juga : Cara Budidaya Ikan Bawal di Berbagai Kolam (Terpal, Beton, Tanah)

 

Manfaat Bawal Bagi Kesehatan

Sebelum Anda mengetahui Harga Ikan Bawal baik berdasarkan jenis maupun kota budidaya, maka ada baiknya Anda menyimak manfaat yang terkandung dalam ikan tersebut. Ikan yang berasal dari negara Brazil ini nyatanya mempunyai manfaat yang begitu berlimpah. Jadi, tidak hanya mempunyai cita rasa yang gurih dan lezat saja melainkan juga sangat bermanfaat bagi tubuh Anda.

Manfaat bawal bagi kesehatan tubuh tentu tidak terlepas dari adanya sejumlah kandungan gizi di dalamnya. Adapun kandungan gizi yang terdapat dalam bawal di antaranya kalori, protein, lemak, karbohidrat, kolsterol, kalsium, zat besi dan fosfor. Kandungan gizi tersebut memberikan manfaat bagi eksehatan tubuh seperti berikut.

1. Sebagai sumber nutrisi bagi tubuh

Kandungan gizi yang terdapat dalam bawal sangat bermanfaat sebagai sumber nutrisi bagi tubuh. Terutama dalam upaya pemenuhan terhadap kebutuhan vitamin bagi tubuh Anda. Di samping itu, kandungan gizi yang terdapat pada bawal juga mampu untuk mempertahankan vitalitas organ tubuh. Dengan demikian, Anda akan tampil lebih sehat dan prima.

Mengonsumsi bawal secara rutin akan memberikan efek yang baik bagi tubuh. Anda akan lebih tahan dari serangan berbagai macam penyakit serta mempunyai daya tahan tubuh yang baik.

2. Dapat menghindarkan tubuh dari risiko penyakit stroke

Nutrisi yang tekandung dalam bawal sangat berperan bagi kesehatan tubuh terutama untuk memninimalisir penyakit stroke. Bukan hanya melakukan pencegahan terhadap stroke saja, melainkan juga bisa memulihkan penderita stroke seperti sedia kala. Untuk itu, Anda sangat dianjurkan untuk rutin serta memperbanyak konsumsi ikan ini.

3. Kecerdasan otak

Bawal memiliki kandungan asam lemak essensial yang dikenal sebagai omega-3. Kandungan zat tersebut tentu sangat bermanfaat bagi otak khususnya dalam mencerdaskan serta meningkatkan daya ingat. Bagi Anda yang memiliki anak kecil, maka sebaiknya untuk memberikan bawal sebagai menu makanan terbaik bagi mereka.

4. Mencegah penyakit tertentu

Kandungan gizi yang terdapat dalam bawal juga bisa mencegah serangan penyakit tertentu. Misalnya, penyakit jantung, darah sukar membeku hingga mencegah kepikunan di usia muda. Bawal juga baik untuk melencarkan peredaran darah bagi tubuh Anda.

5. Mencegah tanda-tanda penuaan dini

Bawal mempunyai begitu banyak kandungan vitamin yang bagus untuk tubuh. Misalnya, vitamin A, E dan B1. Tahukah Anda bahwa ragam kandungan vitamin tersebut sangat ampuh untuk mencegah penuaan dini. Vitamin-vitamin tersebut mempu untuk meminimalisir tanda-tanda penuaan dini seperti kulit kering, keriput dan kusam.

Apabila Anda rutin mengonsumsi bawal, maka kulit Anda akan terasa lebih lembab. Vitamin yang terkandung dalam bawal akan menutrisi kulit Anda dari dalam dengan sangat baik. Untuk itu, rutinlah dalam mengonsumsi ikan tersebut demi kesehatan dan kecantikan kulit Anda.

Artikel Terkait
Manfaat Ikan Bawal
Umpan Ikan Bawal

Harga Ikan Bawal Putih

Harga Ikan Bawal putih
Harga Ikan Bawal putih

Bawal putih merupakan jenis ikan paling mahal di antara deretan bawal lainnya. Ikan yang juga dikenal dengan ikan pasir putih ini hidup di perairan pantai, payau hingga air tawar. Sama halnya dengan ikan lain, silver pomfret bisa hidup hingga di kedalaman 15 sampai 25 meter.

Anda bisa menjumpai ikan ini di pantai timur Indonesia, Laut Jawa, sebagian timur wilayah Sumatera dan Laut Cina Selatan. Bawal putih memiliki bentuk layaknya rombus dengan sedikit sisi cembung. Bahkan bawal putih yang sudah dewasa cenderung lebih lebar dan amat cembung. Mata ikan ini terletak pada bagian kepala yang terlihat seakan-akan bersambung dengan badan.

Harga per kilo dari ikan yang memiliki panjang tubuh sampai 29 sentimeter ini bisa mencapai Rp.120.000,00. Akan tetapi, secara umum harga ikan bawal ini adalah Rp.50.000,00 yakni dengan ukuran maksimal 20 sentimeter. Adapun tabel daftar harga bawal putih per kilogramnya dapat Anda simak sebagai berikut.

No.

Nama Kota

Harga Per Kilogram (kg)

1. Jakarta Barat Rp.80.000,00.
2. Bandung Rp.75.000,00.
3. Tangerang Rp.75.000,00.
4. Cirebon Rp.70.000,00.
5. Yogyakarta Rp.65.000,00.

Harga Bawal Galatama

Harga Ikan Bawal galatama
Harga Ikan Bawal galatama | sumber : barracudaessence.com

Galatama adalah sejenis bawal yang memiliki habitat hidup asli di kolam pemancingan. Ikan ini juga disebut sebagai ikan budidaya karena sejak masih berwujud telur, ikan ini sudah berada di kolam penangkaran.

Jika dibandingkan dengan silver pomfret, harga galatama jauh lebih murah. Di pasaran umum, Anda bisa mendapatkan galatama dengan harga puluhan ribu saja per kilogramnya. Paling sering adalah Rp.29.000,00 dan yang paling mahal berkisar Rp.79.000,00 (bergantung ukuran ikan).

Galatama digemari banyak masyarakat luas karena memiliki cita rasa yang enak sekaligus harganya relatif murah. Tidak heran jika permintaan galatama akan naik drastis menjelang perayaan hari-hari besar, misalnya hari raya dan tahun baru. Bagi Anda yang ingin membudidayakan ikan satu ini, boleh saja.

Berikut ini adalah tabel harga bawal galatama yang diambil dari situs marketplace kenamaan Indonesia. Kiranya bisa memberikan Anda referensi.

No.

Nama Kota

Harga Per Kilogram (kg)

1. Jakarta Barat Rp.79.000,00.
2. Aceh Rp.100.000,00.
3. Padang Rp.70.000,00.
4. Lampung Rp.72.000,00.
5. Semarang Rp.68.000,00.

Harga Ikan Bawal Laut

Harga Ikan Bawal laut
harga ikan bawa laut | sumber : sayurpedia.com

Lain halnya dengan yang berasal dari air tawar, bawal air laut tidak bisa dikonsumsi oleh Anda. Ikan ini hanya bisa digunakan untuk mempercantik tampilan akuarium interior hunian saja. Nah, apabila Anda memiliki akuarium tentu bisa menggunakan bawal air laut sebagai salah satu alternatif ikan hias. Ikan ini bisa menggantikan sisi cantik dan menarik dari ikan hias lain seperti ikan guppy, ikan mas koi atau ikan cupang.

Harga ikan bawal laut per kg dipatok dengan harga mulai dari Rp.70.000,00 saja. Untuk harga ini tidak terlalu jauh dengan jenis bawal lainnya. Harga tersebut sebenarnya relatif stabil karena persediaannya yang cukup jarang. Terutama di musim penghujan seperti sekarang ini.

Berikut ini adalah daftar harga bawal laut yang diambil dari situs maketplace. Kiranya bisa bermanfaat bagi Anda.

No.

Nama Kota

Harga Per Kilogram (kg)

1. Jakarta Rp.70.000,00.
2. Lampung Rp.68.000,00.
3. Bekasi Rp.70.000,00.
4. Bogor Rp.69.000,00.
5. Surakarta Rp.60.000,00.

Harga Ikan Bawal Bintang

2. Harga Ikan Bawal bintang
Harga Ikan Bawal bintang | sumber : bahasikan.com

Bawal bintang adalah sejenis ikan laut yang sekilas nampak seperti bintang. Ikan ini sangat nikmat dikonsumsi dan cocok disajikan sebagai menu makanan harian Anda. Bawal bintang tergolong ke dalam jenis ikan pelagis sekaligus sebagai perenang yang handal. Tubuh ikan ini dilapisi oleh sisik yang amat halus serta berwarna keabu-abuan.

Bawal bintang sangat mudah dijumpai di Taiwan. Hal tersebut dikarenakan habitat bawal bintang berada di perairan Taiwan. Terutama di daerah Samudera Hindia, Samudera Pasifik, kepulauan Jepang dan perairan China. Ikan laut ini memiliki bentuk sangat gepeng dan ramping. Selain itu, ikan ini juga memiliki bentuk ekor yang relatif bercagak.

Warna tubuh dari bawal putih cenderung keperakan pada sisi lateral maupun ventral. Kemudian pada bagian dorsal ikan ini memiliki warna abu-abu kehijauan. Ikan yang tergolong mudah untui dibudidayakan ini dapat Anda dapatkan dengan harga Rp.55.000,00 per kilogramnya.

No.

Nama Kota

Harga Ikan Bawal 1 kg

1. Jakarta Rp.60.000,00.
2. Bekasi Rp.60.000,00.
3. Tangerang Rp.60.000,00.
4. Cirebon Rp.55.000,00.
5. Bandung Rp. 55.000,00.

Harga Ikan Bawal Hitam

2. Harga Ikan Bawal hitam
Harga Ikan Bawal hitam

Bawal hitam atau Stromateus niger merupakan salah satu jenis bawal air tawar yang bisa memiliki panjang tubuh hingga 60 sentimeter. Ikan asli Brazil ini biasa ditemukan di perairan Amazon secara bergerombol. Tidak heran jika banyak orang yang menyangkanya sebagai ikan piranha.

Bawal hitam merupakan salah satu jenis bawal yang juga banyak dikonsumsi oleh masyarakat luas. Ikan ini bisa diolah menjadi berbagai macam menu makanan yang enak dan bercita rasa unik. Misalnya, bawal hitam goreng balado, steam ikan bawal kedelai hitam, tumis bawal hitam, asam manis bawal hitam, pepes ikan bawal hitam saos Padang bakar dan sebagainya.

Adapun harga ikan tersebut per kilogramnya bisa Anda simak sebagai berikut. Harga ini diambil dari harga jual dari situs marketplace Indonesia.

No.

Nama Kota

Harga Ikan Bawal (kg)

1. Bekasi Rp.64.000,00.
2. Cirebon Rp.55.000,00.
3. Jakarta Utara Rp.75.000,00.
4. Bandung Rp.65.500,00.
5. Tangerang Selatan Rp.70.000,00.

Harga Bawal Filet

2. Harga Ikan Bawal fillet
Harga Ikan Bawal fillet | sumber : indonesian.alibaba.com

Sesuai dengan namanya, bawal fillet adalah jenis bawal siap olah yang akan memudahkan Anda untuk memasaknya menjadi berbagai macam menu pilihan. Jadi, bawal ini hanya menyisakan dagingnya saja layaknya ikan fillet pada umumnya. Hal tersebut yang menyebabkan harga bawal ini terbilang cukup mahal dibanding dengan bawal lainnya.

Anda bisa mendapatkan ikan ini dengan kisaran harga mulai dari Rp.70.000,00.  Bawal fillet dapat dibuat menjadi berbagai macam menu pilihan yang nikmat seperti fillet ikan bawal cabe garam, fillet bawal Jepang bumbu rujak, bawal fillet saus tiram, fillet bawal asam manis paprika, fillet bawal lada hitam atau hanya sekadar fillet bawal goreng.

Artikel Terkait Artikel Terkait
Harga Ikan Mujair Harga Ikan Nila
Harga Ikan Lele Harga Ikan Gurame
Harga Ikan Bandeng Harga Ikan Gabus

Harga Ikan Bawal Per Kg

Harga bawal di berbagai daerah Indonesia cukup berbeda-beda, entah itu harga ikan bawal air tawar maupun bawal air laut. Hal tersebut tidak lain karena tidak semua daerah memiliki tempat budidaya bawal yang bisa mencukupi permintaan ikan tersebut dari masyarakat luas.  

Adapun jenis bawal yang paling banyak digemari adalah bawal air tawar. Hal ini karena bawal tersebut lebih mudah dimasak menjadi beragam menu yang menggugah selera. Ikan jenis ini terbilang memiliki harga yang cukup terjangkau jika dibandingkan dengan jenis bawal lainnya. Hal ini mengingat bahwa budidaya ikan jenis ini terbilang mudah.

Sayangnya, bawal air tawar memiliki duri yang sangat banyak dan memiliki ciri khas bau lumpur yang menyengat. Bagi Anda yang ingin membeli bawal tersebut, maka bisa menyimak tabel harga ikan bawal tawar berikut.

No.

Nama Daerah

Harga Ikan Bawal Per Kilo (kg)

1. Jakarta Rp.26.000,00.
2. Surabaya Rp.24.000,00.
3. Medan Rp.28.000,00.
4. Malang Rp.24.000,00.
5. Denpasar Rp.30.000,00.
6. Semarang Rp.23.000,00.
7. Bandung Rp.25.000,00.
8. Cirebon Rp.24.000,00.
9. Bogor Rp.26.000.00.
10. Serang Rp.25.500,00.
11. Bekasi Rp.25.000,00.
12. Palembang Rp.32.000,00.
13. Padang Rp.30.000,00.
14. Aceh Rp.29.000,00.
15. Pekanbaru Rp.32.000,00.
16. Makassar Rp.31.000,00.
17. Balikpapan Rp.29.000,00.
18. Yogyakarta Rp.23.000,00.
19. Purwokerto Rp.22.000,00.
20. Bali Rp.26.000,00.
21. Lampung Rp.23.000,00.
22. Sukabumi Rp.22.500,00.
23. Tasikmalaya Rp.23.500,00.

Selain di kota-kota Indonesia tersebut, harga ikan bawal juga cukup diperhitungkan di luar negeri. Seperti halnya bawal Jepang yang dipatok dengan harga per kilogramnya mulai dari Rp.350.000,00. Kemudian, harga ikan bawal air tawar per kg dari negara Malaysia dipatok dengan harga per kilogramnya mulai dari Rp.135.000,00. Harga tersebut tentu relatif mahal dari harga bawal yang ada di pasaran Indonesia.