Harga Bibit Ikan Lele, Lokasi Penjualan dan Cara Budidayanya

6 min read

bibit ikan lele

Ikan lele merupakan jenis ikan yang cukup populer. Jenis ikan air tawar satu ini memiliki persebaran populasi yang cukup luas bahkan hingga ke daratan Afrika. Rasanya yang gurih dan enak membuat ikan lele banyak diminati masyarakat luas. Selain rasanya manfaat ikan lele juga sudah tidak diragukan bagi kesehatan.

Meningkatnya permintaan masyarakat terhadap ikan lele, membuat bisnis budidaya bibit ikan lele mulai dilirik banyak kalangan. Anda sendiri juga bisa melakukan budidaya bibit ikan lele.

Pada kesempatan artikel Jurnal Manajemen kali ini akan membahas mengenai bibit ikan lele yang meliputi ciri bibit ikan lele yang berkualitas, harga bibit lele, lokasi memperoleh bibit, dan cara membudidayakan bibit ikan lele.

Bibit Ikan Lele

Pembibitan ikan lele atau cara membibit ikan lele terbilang cukup mudah dilakukan dan minim risiko. Ikan lele memiliki pertumbuhan yang cukup cepat. Selain itu ikan lele juga kebal terhadap penyakit. Untuk kondisi air yang minim sekalipun ikan lele tetap dapat tumbuh dan berkembang.

Dalam budidaya ikan lele, kurang lengkap rasanya apabila tidak mengulas jenis-jenis ikan lele. Seperti halnya di Indonesia ini terdapat tiga macam ikan lele yang sering dibudidayakan oleh masyarakat yakni ikan lele lokal, ikan lele dumbo, ikan lele sangkuriang dan ikan lele phyton.

Pemilihan Jenis Bibit Ikan Lele

Sebelum kepopuleran ikan lele dumbo, ikan lele lokal menjadi ikan lele yang paling banyak dibudidayakan oleh masyarakat luas. Selain untuk konsumsi, ikan lele lokal dapat dibudidayakan sebagai ikan lele hias. Adapun ikan lele lokal yang dapat dibudidayakan sebagai ikan lele hias adalah ikan lele yang berwarna putih.

Oleh karena pertumbuhan ikan lele lokal yang cukup lamban, jenis ikan lele dumbo mulai naik daun. Didatangkan langsung dari Thailand pada 1985, ikan lele dumbo mulai menggantikan kepopuleran ikan lele lokal. Selain karena pertumbuhannya yang lebih cepat, ukurannya yang cukup besar membuat ikan lele dumbo banyak diminati.

Pada tahun 2004 ikan lele sangkuriang mulai dikenalkan pada masyarakat luas. Hal tersebut dicikal-bakali oleh penurunan kualitas ikan lele dumbo. Ikan lele sangkuriang memiliki sifat unggul yakni dapat bertelur hingga 40.000-60.000 butir per sekali pemijahan. Jauh sekali berbeda dengan kemampuan bertelur ikan lele lokal yang hanya mampu bertelur sebanyak 1000-4000 butir saja.

Meski memiliki kualitas daging yang lebih baik, namun ikan lele sangkuriang tidak dapat dibenihkan dari induknya langsung. Pembenihan ikan lele ini dilakukan dengan cara persilangan balik. Apabila dipaksakan untuk dibenihkan lagi melalui induk ikan lele tersebut, maka akan terjadi penurunan kualitas.

Jenis ikan lele terakhir yang kerap dibudidayakan oleh masyarakat luas adalah ikan lele python. Ikan lele temuan seorang peternak lele di Kabupaten Pandeglang ini memiliki ketahanan terhadap cuaca dingin. Bahkan kualitas ikan lele tersebut juga diakui oleh Dinas Perikanan Budidaya Provinsi Banten. Ikan lele ini termasuk ikan lele yang memiliki daging lebih gurih dan tekstur tidak lembek. Harga ikan lele dari berbagai jenis tersebut juga sangat bervariasi. Tergantung keunggulan, kebutuhan, dan kesediaan masing-masing.

 

Baca Juga : Pedoman Lengkap Budidaya Ikan Lele Menguntungkan

 

Ciri Bibit Ikan Lele Berkualitas

Dalam budidaya bibit ikan lele, sebaiknya Anda memilih bibit ikan yang berkualitas baik dan unggul. Pasalnya, penentu kesuksesan usaha budidaya ikan lele bergantung pada bibitnya. Adapun ciri-ciri bibit ikan lele berkualitas baik antara lain harus berasal dari budidaya bibit lele, lincah, fisik sempurna atau tidak boleh cacat, ukuran sama, sehat serta memiliki riwayat induk yang baik.

Harga Bibit Ikan Lele

Berikut adalah daftar harga bibit lele terbaru yang didapatkan pada laman harga.web.id.

Ukuran Bibit Ikan Lele

Harga Bibit Lele

2-3 cm Rp. 150/ekor
3-5 cm Rp. 185/ekor
5-6 cm Rp. 190/ekor
6-7 cm Rp. 240/ekor
7-8 cm Rp. 275/ekor
8-9 cm Rp. 310/ekor
9-10 cm Rp. 350/ekor

Ukuran Bibit Ikan Lele

Isi Per Box

Harga Benih Ikan Lele

2-3 cm 8000 ekor Rp. 1.120.000,00/box
3-4 cm 6000 ekor Rp. 1.170.000,00/box
3-5 cm 5000 ekor Rp. 1.230.000,00/box
4-6 cm 4000 ekor Rp. 1.240.000,00/box
5-7 cm 3000 ekor Rp. 1.270.000,00/box

Harga tersebut berdasarkan harga bibit ikan lele pada umunya. Harga bibit ikan lele cenderung sama di seluruh Indonesia. Anda hanya perlu memperhatikan ukuran bibit serta kebutuhan kolam dalam pembelian bibit ikan lele.

Jual Bibit Ikan Lele di Jawa Tengah

jual bibit lele
jual bibit lele | source : jualo.com

Dalam pembelian bibit ikan lele, sebaiknya jangan Anda beli di pasar. Pasalnya, bibit ikan lele akan mudah stress dan mati. Pembelian bibit ikan lele dapat Anda lakukan di tempat budidaya bibit ikan lele. Ini dia rekomendasi bibit ikan lele di Jawa Tengah, khususnya Solo dan sekiarnya!

  1. Jual Bibit Ikan Lele Klaten

Bibit Lele Sangkuriang merupakan tempat budidaya bibit ikan lele jenis Sangkuriang yang terdapat di daerah Klaten, Jawa Tengah. Tempat budidaya bibit ikan ini terdapat di Sawah, Sentono, Karangdowo. Harga bibit lele sangkuriang dimulai dari harga Rp.100,00. Cukup terjangkau bukan?

  1. Jual Bibit Ikan Lele Boyolali

Untuk Anda yang ingin beternak lele jenis dumbo, Anda bisa singgah ke Pusat Penjualan Bibit Lele Dumbo. Tempat tersebut dapat Anda temukan di daerah Modok, Ngesrep, Ngemplak, Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah.

Anda bisa singgah ke tempat budidaya tersebut kapanpun karena tempat tersebut buka 24 jam. Selain menyediakan layanan pesan antar, tempat budidaya tersebut juga menyediakan garansi.

  1. Jual Bibit Ikan Lele Sragen

Tempat jual bibit ikan lele selanjutnya adalah Pak Wagini Lele. Tempat ini berlokasi di Jalan Raya Karanggede-Gemolong No. 24, Gemolong, Sragen, Jawa Tengah. Selain untuk pembibitan, tempat ini juga menjual lele untuk konsumsi. Anda dapat mengunjungi tempat ini kapanpun, sebab tempat ini buka selama 24 jam.

Jual Bibit Ikan Lele Murah

  1. Jual Bibit Ikan Lele Medan

Di mulai dari Sumatera Utara, tempat jual bibit ikan lele murah yang direkomendasikan untuk Anda adalah Tama Bibit Lele Medan. Anda bisa menemukan bibit lele yang Anda cari di tempat budidaya ikan lele yang berlokasikan pada Komplek Bandala Asri, Deli, Sumatera Utara. Tempat tersebut buka selama 24 jam.

  1. Jual Bibit Ikan Lele Lampung

Di Lampung, Anda bisa menemukan tempat budidaya ikan lele di daerah Gadingrejo, Pringsewu. Di tempat tersebut banyak menjual bibit ikan lele dalam berbagai macam ukuran dan jenis. Anda bisa mendapatkan bibit ikan lele berkualitas dan dengan harga yang terjangkau.

  1. Jual Bibit Ikan Lele Jakarta

Bagi Anda yang berada di Jakarta, Anda bisa mengunjungi Kelana Farm Bibit Lele Sangkuriang yang ada di Jakarta Barat. Di sana, Anda akan mendapatkan harga bibit ikan lele dengan harga relatif murah. Silahkan mencoba!

  1. Jual Bibit Ikan Lele Yogyakarta

Rekomendasi tempat penjualan bibit ikan lele di Yogyakarta adalah bibit lele Bantul. Anda bisa mendapatkan harga bibit yang murah di tempat tersebut. Selain menjual dengan harga murah, kualitas bibit ikan lele juga tidak perlu diragukan lagi.

Bibit Lele Sangkuriang

Jenis ikan lele satu ini merupakan ikan lele yang berasal dari daerah Jawa Barat, khususnya Sukabumi. Ikan lele jenis ini merupakan ikan lele yang cukup banyak diminati masyarakat untuk dibudidayakan. Pertumbuhan ikan yang cepat membuat ikan ini sangat profit untuk dijadikan sebagai usaha budidaya. Selain itu, harga bibit ikan lele Sangkuriang dapat dikatakan murah dan terjangkau.

Ikan lele Sangkuriang merupakan ikan lele yang memiliki varietas unggul. Masa panen ikan lele Sangkuriang relatif pendek yakni memerlukan waktu 2 bulan masa pembesaran saja. Selain itu, ikan lele Sangkuriang memiliki daya tahan terhadap perubahan cuaca daripada jenis lele dumbo. Hal tersebut membuat banyak orang ingin melakukan ternak ikan lele Sangkuriang.

Harga Bibit Lele Sangkuriang

Bagi Anda yang ingin memulai usaha budidaya bibit ikan lele, bibit ikan lele Sangkuriang dapat dijadikan rekomendasi yang tepat untuk Anda. Bibit ikan lele Sangkuriang dikenal sebagai bibit ikan lele yang dapat dibeli dengan harga relatif terjangkau.

Harga bibit ikan lele Sangkuriang dengan ukuran 5-7 cm tidak sampai Rp.500,00 saja. Apabila Anda ingin membeli bibit ikan dengan jumlah banyak, misalnya lebih dari seribu ekor, maka hal tersebut akan membuat harga bibit ikan lele Sangkuriang menjadi lebih murah.

Cara Budidaya Bibit Ikan Lele

budidaya bibit ikan lele
budidaya bibit ikan lele | source : infoikan.com

Usaha budidaya ikan lele, khususnya pembibitan memiliki tingkat keterampilan serta ketelitian yang cukup tinggi. Lalu bagaimana cara bibit ikan lele?

  1. Pembibitan Ikan Lele

Hal yang pertama harus dilakukan dalam budidaya ikan lele adalah pemilihan indukan ikan lele. Pembibitan ikan lele hendaknya dimulai ketika bakal indukan memiliki ukuran 5 hingga 10 cm. Sebaiknya Anda menyeleksi bakal indukan yang mempunyai sifat-sifat unggul yakni tidak cacat, kondisi tubuh yang bagus dan lincah.

Sebaiknya Anda memelihara bakal indukan ikan lele pada kolam Anda sendiri. Jangan lupa untuk memberikan pakan berkualitas serta pengairan yang baik. Meskipun ikan lele mampu hidup di perairan yang minim, bukan berarti bahwa pada saat pembibitan Anda menyediakan air yang minim. Kualitas bakal indukan ikan lele menjadi penting untuk hasil yang baik.

Setiap dua pekan, Anda bisa menyeleksi bibit ikan lele. Pisahkan bibit ikan lele tersebut berdasarkan ukuran. Hal tersebut dilakukan agar bibit ikan lele yang cukup besar tidak memakan bibit ikan lele yang ukurannya lebih kecil. Jangan lupa untuk memisahkan bibit ikan lele jantan dan betina agar tidak terjadi pembuahan pada kesempatan yang tidak semestinya.

  1. Perkawinan Ikan Lele

Kedua, Anda bisa melakukan perkawinan terhadap ikan lele tersebut. Anda bisa melakukan perkawinan ikan lele dengan cara intensif. Perkawinan ikan lele secara intensif dapat dilakukan melalui penyuntikan hipofisa, penyuntikan hormone buatan dan pembuahan in vitro.

  1. Pemeliharaan Ikan Lele

Ketiga, pemeliharaan serta perawatan larva ikan lele. Setelah proses perkawinan, maka akan dihasilkan larva ikan. Larva ikan tersebut adalah larva ikan yang harus dibesarkan pada tahap pembibitan berikutnya.

Dalam pemeliharaan serta perawatan larva ikan lele, Anda diharuskan untuk memisahkan larva ikan dengan induknya. Jangan lupa untuk terus memastikan kualitas air kolam untuk perawatan larva ikan. Pertahankan suhu air kolam sekitar 28-29o C. Hal tersebut dilakukan agar tidak terjadi kematian pada larva ikan. Kualitas air yang baik akan menjaga kualitas larva ikan.

Anda dapat memberi pakan pada larva ikan setelah 3-4 hari. Sebab, larva ikan masih memiliki makanan sendiri. Pada hari ketiga atau keempat tersebut, Anda bisa memberikan pakan berupa kuning telur yang sudah direbus. Campurkan kuning telur tersebut dengan satu liter air sebelum diberikan pada larva ikan sebagai pakan. Takaran pakan tersebut cukup untuk 100.000 ekor larva.

Pemberian pakan tersebut hanya berlangsung hingga hari keenam. Selanjutnya Anda bisa memberikan pakan berupa cacing sutera. Pakan ini bisa Anda berikan hingga larva berusia 3 minggu. Biasanya larva tersebut memiliki panjang 1-2 cm. Selanjutnya larva telah menjadi bibit ikan dan siap dibudidayakan atau dibesarkan.

Artikel Terkait Artikel Terkait
11 Pakan Ikan Lele Agar Cepat Besar 21 Umpan Ikan Lele Harian Paling Jitu
  1. Pendederan Ikan Lele

Tahap selanjutnya dalam budidaya bibit ikan lele adalah tahap pendederan atau pelepasan bibit ikan ke tempat pembesaran. Tempat pembesaran bibit ikan dapat dilakukan di kolam tanah, kolam semen atau kolam terpal. Dalam tahap pendederan, disarankan untuk menggunakan ukuran kolam yang kecil. Hal tersebut dilakukan guna mempermudah aktifitas kontrol pada bibit ikan.

Kontrol bibit ikan pertama adalah dengan memperhatikan saluran keluar masuk pintu air. Dalam pengisian air kolam, sebaiknya Anda lakukan secara bertahap. Anda dapat melakukan pengisian air kolam setinggi 20-30 cm terlebih dahulu. Mengingat bibit ikan masih sangat kecil, maka dikhawatirkan akan kesulitan untuk berenang.

Ketika bibit ikan mulai membesar, Anda bisa menambahkan tinggi air pada kolam. Jangan lupa untuk menyesuaikan dengan ukuran bibit ikan. Pendederan bibit ikan dilakukan setelah usia bibit ikan 3 minggu.

Pendederan harus dilakukan dengan hati-hati. Anda bisa memulai pendederan dengan memasukkan air kolam ke dalam wadah plastik. Kemudian Anda bisa jaring bibit ikan dan masukkan ke dalam wadah. Selanjutnya Anda bisa memasukkan bibit ikan tersebut secara perlahan ke dalam kolam pendederan dengan cara memiringkan wadah. Biarkan bibit ikan berenang secara perlahan.

  1. Panen Ikan Lele

Tahap panen bibit ikan lele merupakan tahap terakhir yang dilakukan pada budidaya bibit ikan lele. Panen tersebut dilakukan apabila bibit ikan lele sudah berumur 8-9 minggu atau ukuran bibit ikan lele sudah mencapai 5-7 cm.

Anda bisa memulai panen bibit ikan lele dengan cara mengeringkan kolam secara perlahan. Biarkan bibit ikan berkumpul pada titik dalam. Kemudian Anda bisa mengambil bibit ikan menggunakan jaring. Perhatikan baik-baik proses pengambilan bibit ikan Anda, sebab bibit ikan masih rentan mengalami luka.

Sebelum panen, sebaiknya Anda pastikan terlebih dahulu kesiapan pembeli untuk mengambil bibit ikan. Hal tersebut dilakukan untuk meminimalisir kerugian peternak.