Info Daftar Harga Ayam Broiler Hari ini [Per Kg dan Daging Potong]

4 min read

Harga Ayam Broiler

Informasi Seputar Harga Ayam Broiler di Pasaran

Sebagian besar masyarakat Indonesia menjadikan ayam broiler sebagai sumber protein sehari-hari. Keberadaannya pun mudah ditemukan, dari segi harga do ayam broiler juga cukup stabil, kecuali memang ada faktor khusus yang membuat harganya menjadi lebih tinggi dari biasanya. Contohnya,  seperti menjelang hari-hari besar.

Bukan hanya menjadi bahan konsumsi, ayam ini bisa menjadi salah satu pilihan dalam berbisnis. Karena permintaannya yang tidak berhenti atau dengan kata lain hampir selalu tinggi, maka peluang bisnisnya pun sangat besar. Simak ulasan Jurnal Manajemen seputar ayam jenis broiler, peluang bisnis, dan informasi harga ayam ini di pasaran.

Artikel Terkait
Harga Ayam Potong
Harga Ayam Petelur

Mengenal Jenis Ayam Broiler untuk Konsumsi

Ketika Anda mendengar nama ayam tipe broiler, hal yang terbayang mungkin ayam biasa yang sering dijumpai dengan cita rasa gurih berdaging tebal. Di Indonesia sendiri terdapat dua macam ayam yang biasanya dijadikan bahan makanan yaitu broiler dan kampung. Ayam broiler adalah ayam hasil turunan persilangan beberapa jenis ayam yang menghasilkan ayam berkualitas baik.

Ayam ini terdapat tiga jenis yang bisa kita jumpai di pasaran berupa cobb, ross, dan hybro. Tiga jenis ini umum dikonsumsi karena dianggap memiliki kualitas yang memenuhi standar, sehingga mampu memenuhi kebutuhan masyarakat. Tetapi pada dasarnya, broiler pun biasa dibedakan menjadi dua macam yang mana mempengaruhi harga daging ayam broiler hari ini di berbagai daerah, meliputi:

1. Jenis Petelur

Untuk broiler yang  masuk dalam kategori petelur, biasanya khusus diternak para peternak untuk menghasilkan telurnya saja. Ya, telur yang biasa dijadikan bahan makanan kita sehari-hari atau yang dijadikan bahan dalam mengolah makanan. Mengapa dibedakan dengan ayam biasa yang khusus dikonsumsi dagingnya? Karena dari segi cara ternaknya pun akan berbeda.

2. Jenis Pedaging

Sementara, broiler yang masuk dalam kategori pedaging akan diternak dengan cara yang fokus meningkatkan kualitas daging ayam tersebut. Ada beberapa nama ayam pedaging yang populer sebagai ayam berkualitas unggul seperti pejantan, buras, dan jabro.

Mendatangkan Peluang Bisnis

Peluang Bisnis Ayam Broiler
Peluang Bisnis Ayam Broiler

Jika Anda tertarik berbisnis ayam petelur atau pedaging broiler, maka Anda harus mengikuti info harga ayam broiler hari ini dan mengetahui perubahan harga di banyak daerah secara rutin. Pastinya ayam petelur dan pedaging dijual berbeda, termasuk dalam jenis bibitnya. Begitu pun jika Anda membeli broiler yang masih hidup dengan yang sudah siap untuk diolah dan dimasak.

Beberapa hal yang perlu diperhatikan saat berencana berbisnis ayam, pertama Anda akan membutuhkan lahan khusus untuk beternak ayam. Lahan ini berupa kandang yang sudah diberi fasilitas memadai agar pertumbuhan dan perkembangan ayam maksimal. Memberi hasil terbaik sesuai harapan.

Kedua, mulailah beternak dalam bentuk bibit ayam yang bisa Anda beli di tempat jual ayam. Pilih bibit broiler yang sesuai kebutuhan. Ketiga, pemberian pakan dan vaksin rutin akan sangat mempengaruhi kualitas ayam. Begitu juga dengan vaksin yang harus diberikan setiap beberapa bulan sekali.

Selanjutnya, jangan lupa untuk terus mengikuti informasi seputar harga ayam broiler di pasaran yang mudah berubah-ubah. Harga ayam ini pun bisa tergolong sangat tinggi di daerah tertentu yang dilatarbelakangi berbagai faktor.

Info Harga Ayam Broiler

Memang naik dan turunnya harga ayam, khususnya di daerah-daerah tertentu, biasanya mengalami perubahan harga bahan makanan paling signifikan. Hal tersebut menjadi satu masalah yang termasuk cukup serius, karena akan mempengaruhi permintaan masyarakat yang menurun dan membuat harganya bisa jadi anjlok menurun drastis, maupun naik drastis.

Contohnya pada Harga Ayam Broiler hidup hari ini di beberapa daerah berkisar Rp 15.000 sampai Rp 17.000 per kilogramnya. Padahal bila dihitung biaya produksi mencapai Rp 17.000 sampai Rp 19.000 per kilogram. Tentu ini menjadi masalah bagi peternak ayam.

Sementara untuk ayam pedaging, terjadi sedikit penurunan harga di awal tahun yang sebelumnya di akhir tahun menjelang natal dan tahun baru mengalami kenaikan. Sedangkan untuk telur ayam masih tergolong berada di angka stabil. Pada harga telur ayam untuk konsumsi, harganya masih tergolong stabil dari tahun lalu.

Meski mengalami naik turun yang dipengaruhi datangnya hari-hari besar tertentu. Harga telur yang dijual oleh para pedagang di pasar tradisional berkisar Rp 22.000 sampai dengan Rp 26.000 per kilogram. Terdapat juga harga khusus sesama pedagang yang dibanderol sekitar Rp 19.000 sampai dengan Rp 22.000 per kilogram.

Daftar Harga Ayam Broiler

Lebih lengkapnya, ini dia daftar harga ayam pedaging di berbagai daerah di Indonesia terbaru.

No.

Nama Daerah

Harga Ayam Broiler Hari Ini (Dihitung Per-Kilogram)

1. JABODETABEK Rp 33.000 s/d Rp 36.000
2. Jawa Barat Rp 31.500 s/d Rp 35.000
3. Jawa Tengah Rp 29.500 s/d Rp 31.000
4. Harga Ayam Broiler Jawa Timur Rp 30.000 s/d Rp 32.500
5. Kalimantan Selatan Rp 30.500 s/d Rp 32.500
6. Kalimantan Tengah Rp 31.000 s/d Rp 37.000
7. Kalimantan Barat Rp 34.500 s/d Rp 37.500
8. Sulawesi Barat dan Selatan Rp 32.000 s/d Rp 34.500
9. Sulawesi Tengah Rp 33.000 s/d Rp 35.500
10. Sulawesi Utara Rp 30.500 s/d Rp 33.500
11. Lampung Rp 33.000 s/d Rp 36.000
12. Sumatera Selatan Rp 33.000 s/d Rp 35.000
13. Bengkulu Rp 33.000 s/d Rp 35.500
14. Jambi Rp 33.000 s/d Rp 34.500
15. Sumatera Barat Rp 33.000 s/d Rp 34.500
16. Riau Rp 32.500 s/d Rp 35.000
17. Sumatera Utara Rp 32.000 s/d Rp 33.500
18. Bali Rp 36.500 s/d Rp 38.000
19. Nusa Tenggara Timur Rp 35.000 s/d Rp 45.000
20. Nusa Tenggara Barat Rp 35.000 s/d Rp 45.000

Penyebab Kenaikan Harga Ayam Broiler

Di awal tahun ini, sejumlah peternak beberapa daerah di Indonesia sempat mengeluhkan harga ayam yang harus melalui penurunan harga. Seperti pada update harga ayam broiler di kota-kota besar yaitu daerah JABODETABEK, sebelumnya berkisar Rp 35.000, per kilogram, pekan ini ada yang menjual dengan harga Rp 40.000 per kilogram, tergantung pada pedagangnya.

Kemudian di kota-kota besar yang berada di NTT dan NTB, harga ayam melambung bisa mencapai Rp 50.000 per kilogramnya, karena penjualan ayam yang lesu di awal tahun ini. Padahal menjelang natal dan tahun baru kemarin harga ayam broiler terkini sempat mencapai standar, yakni mencapai harga pokok penjualan.

Hal tersebut dilatarbelakangi kenaikan harga ayam hidup yang ditawarkan oleh para peternak, dengan kenaikan bisa mencapai Rp 5.000 per kilogram. Kenaikan dari peternak ini, kemungkinan terjadi karena berkurangnya permintaan ayam dari masyarakat. Daya konsumsi masyarakat memang mudah berubah-ubah. Termasuk konsumsi terhadap bahan makanan pokok seperti daging ayam.

Harga Daging Potong Broiler

DAging Potong Ayam Broiler
DAging Potong Ayam Broiler | sumber : nawacitapost.com

Untuk harga daging potong, berikut daftar harga ayam broiler hari ini dalam bentuk potongan.

No.

Potongan Ayam Bagian 

Harga (Per-Kilogram)

1. Dada Ayam Rp 20.000 s/d Rp 23.000
2. Kulit Ayam Rp 20.000 s/d Rp 25.000
3. Ceker Ayam Rp 24.000 s/d Rp 27.000
4. Kepala Ayam Rp 2.000 s/d Rp 3.000 (Per-tiga potong)
5. Paha Ayam Rp 20.000 s/d Rp 22.000
6. Ati Ampela Ayam Rp 2.500 s/d Rp 5.000 (Per-ons)

 Pergerakan Harga Ayam dan Tingkat Kebutuhan Masyarakat

Sesuai yang sudah dijelaskan di atas, daya konsumsi masyarakat Indonesia terhadap bahan-bahan pokok yang juga termasuk daging ayam maupun telur mudah mengalami perubahan. Sebab, masyarakat Indonesia sendiri dikenal sebagai masyarakat dengan tingkat konsumsi yang tinggi dan mudah terkena dampak tren kuliner tertentu.

Penurunan permintaan daging ayam di pasaran bisa disebabkan beberapa alasan. Mulai dari bergantinya trend kuliner dan selera, hingga perubahan gaya hidup masyarakat yang saat ini banyak menerapkan gaya hidup vegan. Hal itu membuat harga posko ayam broiler hari ini dan seterusnya beresiko tidak stabil.

Walau sebenarnya mengonsumsi daging ayam sehari-hari bisa mendatangkan banyak manfaat, khususnya dalam memenuhi kebutuhan protein. Manfaat konsumsi ayam secara rutin dengan cara memasak yang dianjurkan di antaranya mampu meningkatkan daya tahan tubuh. Lalu yang kedua ialah menghindari rasa stres.

Ketiga, menghindari gejala anemia. Serta keempat tentunya dapat memenuhi kebutuhan nutrisi sehari-hari di dalam tubuh. Untuk mendapat manfaat-manfaat tersebut, masak ayam dengan cara yang diharuskan seperti direbus dan disteam. Atau menggorengnya tanpa merendam di dalam minyak. Anda juga bisa mengurangi konsumsi bagian ayam yang dikenal tinggi akan lemak seperti bagian kulit.

 

Baca Juga : Harga Ayam Potong Hari ini Terbaru di Pasar [Setiap Daerah]

 

Harga Ayam Broiler Terbaru

Pentingnya mengikuti perubahan harga ayam di pasaran ini, dibutuhkan oleh masyarakat umum dan juga industri makanan, serta tempat usaha yang berkecimpung di bidang kuliner. Kenaikan bahan-bahan pokok seperti daging ayam ataupun telur akan mempengaruhi harga jual makanan, tentunya mempengaruhi pergerakan ekonomi masyarakat.

Jenis ayam broiler sendiri sangat digemari dan menjadi pilihan utama sebagian besar masyarakat. Dibanding jenis ayam kampung yang dari segi harga lebih tinggi, dan dari segi penampilan fisik dagingnya terkadang tidak memenuhi kebutuhan. Khususnya bagi penikmat dan penjual menu olahan ayam yang fokus menggunakan daging ayam tebal.