Daftar Harga Ayam Bangkok Terkini (Super, Birma, Betina, Anakan, Dll)

5 min read

harga ayam bangkok

Harga Ayam Bangkok Terbaru Berdasarkan Jenisnya

Perkiraan Harga Ayam Bangkok bisa dibilang cukup mahal di pasaran. Harga ayam ini berkualitas tinggi per ekornya bisa mencapai belasan hingga puluhan juta rupiah. Ayam bangkok hasil persilangan dengan ayam lokal harganya bisa lebih terjangkau dari harga ayam bangkok asli.

Selisih harga ayam bangkok persilangan dengan yang asli bisa mencapai setengahnya. Selain itu, untuk mendapatkan ayam bangkok yang terjangkau harganya, Anda bisa memilih yang belum pernah dilatih sebelumnya untuk sabung ayam. Tentunya harganya akan lebih murah dibanding harga ayam bangkok juara sabung ayam, yaitu sekitar Rp. 1 jutaan per ekor.

Lalu berapa harga ayam Bangkok yang ada di pasaran ? Berikut rangkuman Jurnal Manajemen untuk harga ayam Bangkok yang ada di pasaran terkini :

Artikel Terkait Artikel Terkait
Pakan Ayam Bangkok Cara Ternak Ayam Bangkok
Kandang Ayam Bangkok Jamu Ayam Bangkok

Pertimbangan sebelum Membeli Ayam Bangkok

Memiliki koleksi peliharaan ayam bangkok pasti menjadi keinginan para pencinta ayam. Bahkan dari hobi tersebut bisa menjadi investasi, yaitu dengan menjualnya lagi dengan harga berkali-kali lipat. Namun, pertimbangan dalam sisi finansial tentunya harus diperhatikan sebelum membeli.

Sebaiknnya tak perlu dipaksakan jika hobi memelihara ayam namun finansial belum mencukupi. Solusinya, Anda bisa membeli ayam bangkok dengan harga yang terjangkau. Hal tersebut bisa disesuaikan dengan kebutuhan Anda tanpa mengorbankan pengeluaran untuk kebutuhan primer.

Daftar Harga Ayam Bangkok

Berikut merupakan daftar harga ayam bangkok sesuai dengan jenisnya yang beredar di pasaran. Namun tentunya tiap wilayah memiliki perbedaan harga. Ditambah dipengaruhi pula dengan kondisi ayam bangkok yang ingin dibeli.

Harga Ayam Bangkok Super

postur tubuh ayam bangkok super
gambar ayam bangkok super | sumber : siapbisnis.net

Memiliki cirri bentuk tubuh yang padat dan tulang dengan struktur kuat, Ayam Bangkok Super memiliki harga jual cukup tinggi. Bahkan sebelum pertarungan dimulai, bentuk tubuh ayam bangkok super begitu mengintimidasi lawan.

Jenis

Harga per ekor

Ayam bangkok super (dewasa) 5.000.000
Ayam Bangkok Super Juara < 10.000.000

Harga Ayam Bangkok Birma

ayam bangkok birma
ayam bangkok birma

Saat dewasa, ayam bangkok birma dapat tumbuh hingga mencapai berat 3 kilogram. Hal ini karena ayam ini memiliki kemampuan bertarung yang sangat baik. Ayam bangkok jenis ini sangat digemari dan dicari oleh kalangan pencinta ayam. Kecepatan bertarungnya sangat baik, sehingga menjadi keunggulan tersendiri bagi Ayam Bangkok Birma.

Jenis

Harga

Ayam bangkok birma indukan 2.100.000
Ayam bangkok birma silang 2.000.000
Ayam bangkok birma juara < 10.000.000

Harga Ayam Bangkok Betina dan Jantan

ayam bangkok betina
ayam bangkok betina | sumber : adaayambangkok.blogspot.com

Ayam bangkok berkualitas super bisa dihasilkan dari ayam bangkok betina berkualitas unggul. Memilih ayam bangkok betina benar-benar perlu diperhatikan oleh peternak ayam bangkok. Hal tersebut agar anakan ayam yang dihasilkan juga berkualitas bagus. Sedangkan harga ayam bangkok jantan juga tak jauh berbeda.

Jenis

Harga per ekor

Ayam bangkok betina f1 500.000
Ayam bangkok betina super 550.000
Ayam bangkok jantan 500.000

Harga Ayam Bangkok Aduan

Sesuai dengan namanya, ayam bangkok aduan memang khusus dijadikan sebagai ayam petarung, sehingga harus melalui proses latihan. Struktur tulang ayam ini kuat dan tegap postur tubuhnya, benar-benar cocok dijadikan ayam petarung. Dalam bertarung di perlombaan, biasanya ayam bangkok aduan memiliki ciri khas dan kelebihannya tersendiri, baik dalam teknik bertahan maupun menyerang.

Mental bertarung yang bagus wajib dimiliki ayam bangkok aduan. Mental yang bagus saat bertarung sangat diperlukan agar tidak mudah diintimidasi lawan saat bertarung di perlombaan. Ayam bangkok ini harus benar-benar sering dilatih agar memiliki mental demikian.

Selain itu, untuk pertumbuhan ayam bangkok jenis aduan maka diperlukan asupan makanan dan vitamin yang sangat penting. Sehingga untuk bertarung, ayam bangkok ini memiliki bentuk tubuh yang baik dan ketahanan yang kuat.

Jenis

Harga per ekor

Ayam bangkok aduan/indukan 3.000.000
Ayam Bangkok Aduan f1 3.100.000
Ayam bangkok aduan super 5.000.000

Harga Ayam Bangkok Anakan

anakan ayam bangkok | sumber : agromaret.com

Dibandingkan dengan jenis ayam lainnya, harga anakan ayam bangkok bisa dibilang lebih tinggi. Per ekornya haga anakan ayam bangkok bisa mencapai Rp. 400.000-500.000. Anakan Ayam Bangkok bisa menjadi ayam Bangkok petarung yang handal apabila Anda pandai merawatnya. Selain itu, anakan ayam bangkok bisa menjadi investasi tersendiri.

Jenis

Harga per ekor

Anakan ayam bangkok ( > 1 minggu ) 100.000
Anakan ayam bangkok ( < 2 minggu ) 200.000
Anakan ayam bangkok ( 1 bulan ) 300.000

Harga Ayam Bangkok Import

Ayam Bangkok Asli dari negara Thailand pada dasarnya memiliki kestabilan dalam harga. Namun, hal tersebut terjadi apabila ayam tersebut menjadi langganan juara kontes atau perlombaan di tingkat nasional maupun internasional. Jika sering mendapatkan juara, harga ayam Bangkok bisa melambung tinggi.

Ayam bangkok import jenis ayam bangkok putih dikenal dengan bentuk keindahannya. Harganya pun terbilang fantastis, yaitu sekitas 16 sampai 20 juta rupiah.

Harga Ayam Bangkok Gombong

Ayam bangkok gombong kualitasnya sudah mendunia dan banyak dikenali pencinta ayam, sehingga menjadikannya jenis ayam aduan yang cukup dibanderol mahal. Harganya sekitar Rp. 200.000 untuk kelas biasa. Sedangkan untuk kelas istimewa dan berkualitas super harganya pun sangat tinggi dan bervariasi, yaitu mulai jutaan sampai ratusan juta rupiah.

Harga Ayam Bangkok Lancuran

ayam bangkok lancuran
gambar ayam bangkok lancuran | sumber : bfarm.id

Ayam bangkok lancuran merupakan alterative atau opsi apabila Anda tidak sabar menunggu terlalu lama. Ayam bangkok lancuran biasanya dijual ketika berumur sekitar lima sampai tujuh bulan. Dengan kata lain, ayam sudah bisa dipasarkan ketika belum masuk rawatan fisik. Harga ayam lancuran mulai dari Rp 1000.000 sampai Rp 1.250.000 per ekornya, baik jenis jantan maupun betina.

 

Baca Juga : Jenis-Jenis Ayam Bangkok Super Beserta Gambarnya [Terlengkap]

 

Faktor-faktor yang Memengaruhi Harga Ayam Bangkok

Harga ayam bangkok bisa sangat bervariasi jika dilihat dari uraian harga di atas. Bahkan untuk jenis ayam yang sama pun harganya bisa berbeda. Berikut hal-hal yang mempengaruhi harga ayam bangkok

1. Kualitas

Kualitas ayam bangkok menjadi faktor utama tinggi rendahnya harga. Bentuk tubuh dan daya bertarung sangat mempengaruhi harga, apalagi jika ayam bangkok tersebut langganan juara di perlombaan.

2. Biaya Impor

Perhitungan biaya untuk mendatangkan ayam bangkok impor ikut serta mempengaruhi harga ayam ini jika di pasaran lokal. Biaya tersebut meliputi biaya pengiriman, pajak, dan biaya risiko.

3. Komunitas Pencinta Ayam

Fluktuasi ayam bangkok juga dipengaruhi keberadaan komunitas pencinta ayam.

Ciri-ciri Ayam Bangkok dengan Kualitas Bagus

Kemampuan bertarung yang baik dalam menyerang maupun bertahan merupakan ciri ayam bangkok berkualitas bagus. Peforma bertarung bagi ayam bangkok sangat dipengaruhi oleh postur tubuh dan tulang. Agar pukulan terhadap lawan bisa terhempas dengan lancar, postur tubuh yang ideal sangat membantu.

Dengan memperhatikan ciri-ciri ayam bangkok yang memiliki kualitas bagus, bisa membantu Anda yang ingin membeli atau memelihara ayam bangkok sesuai keinginan. Simak ciri-ciri ayam bangkok berkualitas bagus berikut ini.

1. Ukuran Kepala

Dibanding ukuran kepala ayam bangkok yang besar, kepala ayam yang lebih kecil akan lebih bagus. Hal tersebut karena ayam bangkok bisa lebih gesit saat dalam pertarungan. Selain itu, ukuran kepala yang lebih kecl lebih sedikit memberikan lahan pukulan bagi lawannya dalam pertandingan.

2. Kulit Muka

Biasanya ayam dengan kulit muka tebal memiliki pribadi kalem dan tahan terhadap pukulan yang menyerangnya. Apabila tidak terdapat bulu yang tumbuh di area muka, bisa menjadi pertanda ayam tersebut memiliki kulit muka yang tebal. Hal tersebut disebabkan pori-pori kulit tebal yang menyempit.

Apabila di area sekitar wajah ayam bangkok banyak ditumbuhi bulu, biasanya kulit muka ayam tersebut tipis. Kondisi kulit muka yang tipis rentan roboh dalam sekali menerima pukulan besar dalam pertandingan, meskipun cukup gesit dalam menghindari pukulan lawan.

3. Bentuk Tubuh

Bentuk tubuh yang tegap dan padat seperti petarung merupakan ciri-ciri ayam bangkok dengan kualitas bagus. Agar tetap bugar dan sehat, pemberian asupan makanan dan vitamin sangat penting bagi ayam bangkok. Selain itu, ketika hendak membeli ayam bangkok, Anda perlu memeriksa bagian tubuhnya dengan cermat.

4. Bentuk Paruh

Paruh yang lurus dan tidak bengok merupakan ciri ayam bangkok yang bagus. Ayam bangkok dengan paruh demikian bisa memberikan pukulan telak pada lawan saat bertarung. Pukulan yang lebih keras kepada lawan dapat dihempaskan dengan lancar dengan bentuk paruh yang lurus. Saat hendak membeli ayam bangkok, pastikan bahwa kondisi paruh tidak bengkok.

5. Bentuk Leher yang Lurus

Ciri ayam bangkok dengan kualitas yang bagus selanjutnya adala leher ayam bangkok lurus dan tebal. Kondisi leher yang demikian dapat membuat serangan dan pukulan yang ditujukan pada musuh terhempas dengan lancar dan keras.

6. Memiliki Tulang Sayap yang Tebal dan Kuat

Kekuatan pukulan dan serangan ayam bangkok akan bertambah jika ayam memiliki tulang sayap yang tebal dan kuat. Kondisi tulang sayap yang demikian akan memberikan dorongan yang lebih kuat saat ayam Bangkok menyerang lawannya dalam pertarungan. Jadi, ketika hendak membeli ayam Bangkok pastikan bahwa kondisi tulang sayapnya kuat.

7. Bentuk Jari yang Lebar dan Panjang

Ayam bangkok menggunakan paruh dan kakinya untuk menyerang. Bentuk jari kaki yang lebar dan panjang menjadi ciri ayam bangkok dengan kualitas baik. Kondisi jari yang demikian dapat membantu ayam memadukan serangan paruh dan juga kaki saat pertarungan.