Gadai Sertifikat Rumah secara Tepat, Benar & Solutif

8 min read

gadai sertifikat rumah

Kejadian yang tak terduga sering dialami oleh hampir setiap orang dalam perjalanan hidupnya. Umumnya kejadian tak terduga tersebut ujung-ujungnya adalah kebutuhan dana yang mendesak. Misalnya terkena musibah atau kecelakaan, sakit dan lain sebagainya.

Semua kejadian tersebut seringkali membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Jika Anda mempunyai tabungan dalam jumlah banyak atau aset lain yang bisa segera laku dijual maka tidak perlu pusing, karena bisa digunakan untuk menyelesaikan masalah kebutuhan yang mendesak.

Lain halnya jika Anda tidak mempunyai tabungan yang mencukupi atau aset yang likuid. Maka solusi lain saat butuh dana mendesak yang bisa ditempuh adalah dengan melakukan pinjaman. Ada banyak cara untuk bisa mendapatkan pinjaman, mulai dari orang terdekat hingga lembaga keuangan.

Solusi Pinjaman Dengan Gadai Sertifikat Rumah

Cara lain mendapatkan pinjaman untuk kebutuhan mendesak adalah dengan menggadaikan barang berharga atau harta benda, mulai dari barang elektronik, perhiasan, kendaraan bermotor hingga gadai sertifikat rumah.

Dengan menggadaikan sertifikat rumah yang Anda dimiliki, maka Anda bisa segera mendapatkan dana untuk mengatasi berbagai kebutuhan mendesak. Apalagi jika rumah yang Anda gadaikan harganya mahal, maka dana yang bisa Anda terima juga akan berjumlah besar. Anda bisa menerima dana hasil gadai sertifikat rumah antara 70% sampai 80% dari harga rumah.

Untuk lebih lengkapnya pada artikel Jurnal Manajemen kali ini akan mengupas tuntas mengenai Gadai Sertifikat Rumah. Informasi selengkapnya pada pembahasan berikut ini :

Tempat Gadai Sertifikat Rumah

Sebelum melakukan penggadaian sertifikat rumah, Anda harus mengetahui beberapa tempat yang bisa Anda gunakan untuk gadai tersebut. Berikut ini adalah beberapa tempat gadai sertifikat rumah yang aman dan terpercaya.

1. Pegadaian

Pegadaian merupakan salah satu lembaga keuangan yang sering digunakan masyarakat untuk menggadaikan barang-barang berharga, termasuk sertifikat rumah. Pegadaian menerima gadai dengan jaminan aset-aset bernilai, mulai dari perhiasan emas, kendaraan bermotor, hingga rumah. Rumah merupakan aset bernilai besar yang akan mampu memberikan nominal dana pinjaman berjumlah besar. Pihak pegadaian bisa memberikan pinjaman dana mulai 70% hingga 80% dari nilai rumah yang dijaminkan.

2. Bank

Bank merupakan salah satu tempat untuk menggadaikan aset-aset berharga yang terbilang aman dan sangat terpercaya. Meskipun bisa menyediakan pinjaman dalam jumlah sangat besar dan diberikan jangka waktu pembayaran yang lebih lama, rata-rata bank mempunyai besaran suku bunga yang lebih tinggi jika dibandingkan dengan pegadaian.

Salah satu syarat supaya Anda bisa mengajukan gadai sertifikat rumah di bank adalah harus mempunyai gaji minimal 3 juta per bulan untuk seorang karyawan. Pada bank tertentu terdapat jenis pelayanan bebas biaya penalty jika melakukan pelunasan selama 3 tahun. Usia minimal untuk melakukan gadai sertifikat rumah di bank adalah 21 tahun bagi yang pernah menikah. Untuk karyawan usia maksimal 55 tahun, sedangkan profesional maksimal usia 60 tahun.

3. Koperasi Simpan Pinjam

Selain melayani simpan pinjam, koperasi juga bisa sebagai sarana untuk gadai sertifikat rumah. Koperasi juga sering menjadi tempat untuk melakukan penggadaian aset-aset berharga. Pilihlah koperasi yang sudah mempunyai badan hukum, sehingga lebih mempunyai kepercayaan untuk melakukan gadai bagi calon nasabah.

Di koperasi simpan pinjam yang sudah melayani gadai sertifikat rumah, biasanya mematok bunga 0,96% per bulan. Persyaratan untuk pengajuan gadai sertifikat rumah juga tidak berbeda dengan persyaratan di tempat gadai lainnya, seperti harus sudah menikah yang dibuktikan dengan akta nikah, memberikan fotokopi  PBB dengan sertifikat rumah dan sebagainya.

4. Layanan Keuangan Digital

Seiring dengan perkembangan jaman, tempat untuk mendapatkan pinjaman tidak hanya tersedia di lembaga keuangan yang mempunyai bangunan fisik kantor di wilayah Anda. Saat ini banyak tersedia platform pinjaman online yang ditawarkan oleh berbagai perusahaan melalui layanan keuangan digital. Sebelum memilih layanan keuangan digital untuk mendapatkan pinjaman, pastikan sudah terdaftar resmi di Otoritas Jasa Keuangan atau asosiasi perusahaan pembiayaan Indonesia.

Untuk melakukan gadai sertifikat rumah di platfom keuangan digital dimulai dengan mengisi formulir yang disediakan pada situs. Isi secara detail data identitas diri, dan berikan informasi tentang jaminan sertifikat rumah, lokasi rumah, luas tanah serta luas bangunan. Setelah formulir diisi secara benar dan lengkap, Anda harus menunggu proses verifikasi. Jika verifikasi berhasil, maka dana dari gadai sertifikat rumah bisa dicairkan.

Hal Yang Harus Diperhatikan Sebelum Gadai Sertifikat Rumah

Gadai sertifikat rumah sering dilakukan seseorang untuk mendapatkan dana secara cepat karena kebutuhan mendesak. Namun sebelum melakukan gadai sertifikat rumah, ada beberapa hal penting yang harus Anda perhatikan sehingga pengajuan gadai Anda dapat disetujui dan tentunya sertifikat rumah Anda juga aman. Berikut ini adalah beberapa hal penting yang harus Anda perhatikan terlebih dahulu sebelum gadai sertifikat rumah :

1. Lokasi rumah akan menentukan faktor persetujuan

Banyak orang tahu bahwa sertifikat rumah bisa dijadikan sebagai agunan dengan nilai yang tinggi untuk mendapatkan pinjaman sejumlah uang. Namun ternyata tidak semua rumah bisa dijadikan agunan, karena pihak bank / pegadaian bisa menolak sertifikat rumah karena faktor lokasi.

Faktor lokasi yang sering mengakibatkan gadai sertifikat rumah ditolak antara lain lokasi rumah di dekat pemakaman, kawasan banjir, di dalam gang sempit atau bangunan sudah tua. Untuk itu sebelum melakukan gadai sertifikat rumah, pastikan dahulu lokasi rumah Anda layak untuk diajukan. Jika tidak sesuai dengan kriteria, kemungkinan besar pengajuan gadai sertifikat rumah akan ditolak.

2. Memilih lembaga gadai sertifikat rumah yang terpercaya

Saat Anda dalam keadaan terdesak dan membutuhkan uang  cepat dalam jumlah banyak, sehingga berniat menggadaikan sertifikat rumah, maka perhatikan lembaga yang akan dipilih. Berhati-hatilah dalam mencari tempat gadai, karena saat ini ada banyak sekali lembaga gadai tidak mempunyai izin yang menerima gadai sertifikat rumah.

Agar lebih aman, sebaiknya Anda mencari tahu lembaga gadai mana saja yang sudah terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Sebab zaman sekarang ada banyak kasus penipuan yang mengatasnamakan pegadaian resmi tetapi belum mempunyai ijin. Oleh karena itu pastikan agar selalu memilih lembaga gadai atau bank yang memiliki reputasi baik dan kompeten. Dengan demikian, Anda tidak perlu khawatir akan ditipu oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab.

3. Perhatikan persyaratan yang harus disiapkan

Persyaratan umum yang harus dipenuhi sebelum mengajukan gadai sertifikat rumah adalah sertifikat rumah atas nama pemohon sendiri, berpenghasilan lebih dari 3 juta rupiah per bulan, berusia di atas 21 tahun, maksimal 60 tahun dan seorang WNI yang berprofesi sebagai karyawan, pengusaha atau profesional.

Persyaratan lain saat gadai sertifikat rumah yang harus Anda lengkapi meliputi beberapa dokumen sebagai berikut :

  • Fotokopi Kartu Tanda Penduduk (KTP)
  • Fotokopi Kartu Keluarga (KK)
  • Fotokopi buku nikah (bagi yang sudah menikah)
  • Fotokopi Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP)
  • Fotokopi Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) terakhir
  • Fotokopi rekening tabungan 3 bulan terakhir
  • Fotokopi Sertifikat Hak Milik (SHM)
  • Sertifikat Hak Guna Bangunan (SHGB) dan Izin Mendirikan Bangunan (IMB)
  • Sertifikat rumah
  • Slip gaji 3 bulan terakhir atau keterangan penghasilan
  • Surat Keterangan Pekerja (SKP).

Setelah syarat-syarat tersebut Anda lengkapi, selanjutnya Anda harus mengisi sebuah form yang sudah disediakan oleh lembaga gadai.  Selanjutnya pihak lembaga gadai akan melakukan verifikasi kelengkapan dokumen dan wawancara terkait dengan pengajuan gadai sertifikat rumah Anda.

4. Tentukan nilai pengajuan gadai sesuai kebutuhan

Sebenarnya menggadaikan sertifikat rumah bukanlah hal mudah, karena ada beberapa hal lain yang perlu Anda siapkan. Sebelum memutuskan untuk menggadaikan sertifikat rumah, pastikan kondisi keuangan Anda dalam keadaan sehat sehingga Anda mampu untuk mengangsurnya.

Pihak kreditur akan memberi pinjaman maksimal 70 persen hingga 80 persen dari nilai agunan rumah. Namun apabila pihak kreditur menawarkan nilai pinjaman yang lebih besar dari yang Anda ajukan, sebaiknya dipikir ulang kembali agar bisa disesuaikan dengan kebutuhan maupun kondisi keuangan Anda. Karena semakin besar pinjaman, maka semakin besar pula angsuran yang harus Anda bayar setiap bulannya.

5. Paham risiko dan miliki komitmen membayar

Perhatikan baik-baik semua hal penting sebelum melakukan gadai sertifikat rumah pegadaian. Anda harus paham bahwa terdapat suatu resiko seandainya sistem pembayaran Anda suatu saat bermasalah.

Resiko yang sering terjadi jika Anda bermasalah dengan angsuran adalah berupa denda ketika Anda telat dalam melakukan pembayaran. Selain itu Anda harus membayar bunga sebagai tanda balas jasa kepada kreditur. Untuk itulah Anda harus bisa berkomitmen untuk melakukan pembayaran pinjaman sesuai waktu dan jumlah yang sudah disepakati.

Kelebihan Gadai Sertifikat Rumah Di Pegadaian.

Di atas sudah disebutkan bahwa lembaga keuangan yang sering digunakan masyarakat untuk gadai barang-barang berharga, perhiasan dan sertifikat rumah adalah pegadaian. Berikut ini kelebihan gadai sertifikat rumah di pegadaian :

1. Proses Cepat

Keinginan untuk melakukan gadai sertifikat adalah tentu karena kondisi yang mendesak. Karena bersifat mendesak, Anda pasti ingin sesegera mungkin dan secepatnya mendapatkan dana yang dibutuhkan. Hal ini sangat bisa diandalkan ketika mengajukan gadai dengan jaminan sertifikat rumah di pegadaian. Proses pencairannya terhitung cepat, hanya 1-5 hari kerja. Jika lebih lama, hal itu disebabkan jumlah dana yang lebih besar.

2. Syarat Mudah

Saat berada dalam kondisi kesulitan, tentu Anda ingin melakukan usaha yang lebih mudah. Menggadaikan sertifikat rumah di pegadaian termasuk solusi yang mudah. kemudahannya dibuktikan dengan persyaratan yang tidak terlalu rumit. Selain itu, dokumen pelengkap yang dibutuhkan juga tidak akan sebanyak yang diminta jika mengajukan pinjaman di bank. Inilah sebabnya mengapa pegadaian lebih diminati dari bank dalam hal mengajukan pinjaman.

3. Memiliki Jangka Waktu Lama

Satu lagi keuntungan yang bisa Anda dapatkan saat gadai sertifikat rumah di pegadaian yaitu jangka waktu pelunasan yang relatif lama. Karena lamanya waktu pelunasan, Anda bisa lebih leluasa mengatur keuangan. Selain itu, mengangsur dalam jangka waktu panjang memungkinkan Anda lebih leluasa mengembangkan bisnis yang Anda lakukan. Bahkan ada kesempatan untuk memperpanjang waktu angsuran jika memang tidak mampu melunasi dalam kurun waktu tertentu. Tapi Anda perlu ingat bahwa semakin lama jangka waktunya, tentu semakin besar pula bunga yang harus dibayar.

4. Bunga Lebih Ringan

Keuntungan lain yang paling menarik dari pegadaian adalah dalam hal besar bunga yang harus dibayar lebih murah dibandingkan dengan menggunakan bank. Semakin kecil nilai bunga, semakin menarik pula sebuah program pinjaman. Pegadaian menjadi tempat favorit untuk mengajukan pinjaman karena telah terkenal dengan bunganya yang relatif lebih ringan dibanding bank. Bunga yang lebih ringan ini membuat pinjaman di pegadaian bisa dijangkau semua orang dari semua kalangan.

Syarat Gadai Sertifikat Rumah Di Pegadaian

Saat Anda butuh dana dengan cara gadai sertifikat rumah, cek syarat dan cara pengajuannya kepada lembaga keuangan terkait. Dengan demikian, Anda bisa mempertimbangkan dan menyiapkan dokumen yang diperlukan serta mengisi formulir sesuai dengan data yang Anda miliki. Setelah semua terpenuhi, Anda hanya tinggal menunggu proses pencairan dana pinjaman.

Terdapat beberapa syarat gadai sertifikat rumah di pegadaian dan ketentuan yang harus Anda penuhi agar bisa disetujui, diantaranya adalah sebagai berikut.

1. Lokasi Dan Kondisi Rumah

Pihak pegadaian yang menyediakan dana pinjaman dengan jaminan gadai sertifikat rumah akan melakukan pengecekan secara langsung ke rumah yang akan digadaikan. Ada beberapa hal yang akan menjadi pertimbangan, diantaranya adalah lokasi yang strategis, kondisi rumah dalam keadaan baik dan layak huni serta bebas sengketa dari pihak manapun.

Selain ukuran rumah, ketiga hal tersebut akan berpengaruh kepada nominal pencairan dana yang akan Anda terima. Semakin bagus penilaian dari petugas Pegadaian maka semakin tinggi nominal dana yang akan Anda dapatkan.

2. Berkas Kelengkapan Dokumen Rumah

Syarat kedua yang harus dipenuhi saat ingin gadai sertifikat rumah adalah kelengkapan dokumen yang dibutuhkan untuk mengajukan pinjaman dana. Dokumen utama adalah sertifikat asli atas nama pemilik rumah tersebut yang bisa dibuat sebagai jaminan. Sertifikat rumah yang bisa diajukan sebagai jaminan adalah sertifikat SHM atau SHGB. Selain itu siapkan juga berkas bukti pembayaran PBB selama 2 tahun terakhir.

3. Berkas Pemohon

Dokumen Anda sebagai pemohon juga harus disertakan sebagai syarat pengajuan pinjaman dana, meliputi fotokopi KTP suami istri dan fotokopi Kartu Keluarga. Jangan lupa sertakan juga fotokopi akta nikah, NPWP dan rekening koran atau hasil cetak rekening tabungan yang Anda miliki.

4. Dokumen Pendukung

Sebagai dokumen penunjang saat pengajuan dana pinjaman dengan cara gadai sertifikat rumah, sertakan juga slip gaji karyawan atau surat keterangan penghasilan bagi Anda yang berstatus sebagai karyawan suatu perusahaan. Namun jika Anda adalah seorang pengusaha, maka yang harus disiapkan adalah SKU/SIUP/TDP. Sebagai pelengkap, sertakan juga dokumen penghasilan. Hal ini digunakan sebagai bahan pertimbangan apakah Anda sanggup untuk membayar angsuran atau tidak.

Cara Pengajuan Pinjaman dengan Gadai Sertifikat Rumah Di Pegadaian

Jika Anda akan mengajukan pinjaman dengan cara gadai sertifikat rumah sehingga bisa segera disetujui dan mendapatkan dana yang Anda harapkan maka Anda harus mengetahui prosedurnya. Adapun prosedurnya adalah sebagai berikut :

1. Lengkapi Persyaratan yang Dibutuhkan

Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah melengkapi semua persyaratan yang dibutuhkan untuk mengajukan pinjaman dana. Agar tidak salah, Anda bisa bertanya secara langsung kepada customer service Pegadaian yang sedang bertugas atau bisa melakukan browsing melalui website Pegadaian. Dengan begitu Anda tidak perlu melakukan dua kali kerja dan bisa segera mengajukan pinjaman jika semua persyaratan sudah lengkap.

2. Isi Formulir

Langkah berikutnya untuk proses pengajuan gadai sertifikat rumah adalah mengisi formulir yang diberikan oleh pihak customer service. Isi formulir tersebut dengan sebenar-benarnya. Akan sangat beresiko jika Anda memalsukan data pada formulir tersebut. Jika sudah selesai mengisi, serahkan formulir dan semua dokumen persyaratan kepada petugas terkait.

3. Survey Lokasi

Pihak Pegadaian akan mengadakan survey terkait data yang sudah Anda berikan. Petugas yang berwenang akan mendatangi lokasi sesuai dengan alamat yang terdapat pada sertifikat rumah Anda. Selain itu, dari pihak Pegadaian juga akan bertanya tentang pekerjaan atau jenis usaha apa yang Anda jalankan.

4. Proses Verifikasi

Langkah selanjutnya adalah pihak Pegadaian akan melakukan verifikasi dan pengecekan terhadap dokumen terkait dengan proses gadai sertifikat rumah yang Anda serahkan serta menelaahnya. Hasil dari proses ini akan diinformasikan kepada Anda dalam waktu 3 sampai 7 jam kerja, tentu saja hal ini tergantung pada jumlah antrian yang harus dikerjakan pada hari itu oleh pihak terkait.

5. Menunggu Konfirmasi

Jika pengajuan pinjaman dana Anda disetujui oleh pihak Pegadaian, Anda akan dihubungi dan membawa materai yang digunakan untuk proses penandatanganan perjanjian hutang piutang. Penting bagi Anda untuk membaca akad perjanjian sebelum menandatanganinya. Segera bertanya jika ada yang kurang jelas atau tidak Anda pahami sehingga terhindar dari masalah dikemudian hari.

6. Pencairan Dana

Langkah terakhir jika sudah melakukan penandatanganan akad perjanjian, Anda tinggal menunggu proses pencairan dana pinjaman. Karena besarnya nominal pinjaman, biasanya dana tersebut akan diberikan dengan cara transfer melalui rekening bank yang Anda miliki.

Dengan dana yang didapatkan dari pegadaian gadai sertifikat rumah tersebut, Anda bisa gunakan untuk berbagai keperluan mendesak atau juga bisa Anda gunakan sebagai modal usaha.

Dengan syarat dan prosedur yang terbilang lebih mudah, maka mendapatkan pinjaman untuk keperluan mendesak dengan cara gadai sertifikat rumah di pegadaian banyak dipilih sebagian besar masyarakat. Tetapi mengingat sertifikat rumah merupakan aset yang sangat penting dengan nilai besar, maka Anda tidak bisa sembarangan menggadaikannya. Anda harus memperhitungkan dengan cermat untuk meminimalisir segala risiko yang mungkin akan terjadi.

Gadai Sertifikat Rumah Di Pegadaian Syariah

Jika Anda ingin mendapatkan pinjaman dana dengan cara gadai tetapi yang sesuai dengan syariat dan ketentuan Islam, maka Anda bisa menggunakan produk yang disediakan oleh pegadaian syariah.

Saat ini memang tempat gadai yang memakai sistem syariah baru tersedia di pegadaian syariah. Dengan gadai di pegadaian syariah selain untuk mendapatkan pinjaman dana secara cepat juga mempunyai keuntungan lain, yaitu tidak adanya unsur riba atau bunga yang diberikan.

Jika Anda mempunyai tanah, maka bisa juga dijadikan sebagai agunan untuk gadai. Salah satu contoh pemanfaatannya adalah melalui produk yang dikeluarkan oleh Pegadaian Syariah, yaitu Rahn Tasjily Tanah. Rahn Tasjily Tanah merupakan produk layanan gadai syariah (Rahn) yang jaminannya berupa sertifikat tanah atau bukti kepemilikan tanah yang ditujukan kepada para petani dan pengusaha mikro untuk mengembangkan usahanya.

Adapun ketentuan tanah yang akan dijadikan sebagai agunan adalah tanah produktif yang ditanami tanaman pertanian (tumbuh-tumbuhan) atau kandang ternak yang dibangun permanen sehingga memberikan hasil yang dapat diperjualbelikan.

Dengan gadai sertifikat tanah di pegadaian syariah bisa diperoleh pinjaman dana mulai 1 juta hingga 200 juta rupiah, dengan skema angsuran yang diberikan hingga 5 tahun, tergantung pilihan nasabah pada metode pengembalian pinjaman.

Anda bisa memilih dan mencari outlet pegadaian syariah terdekat di wilayah Anda. Seperti biasa, saat akan mengajukan gadai sertifikat rumah di pegadaian syariah, Anda harus melengkapi  syarat dan prosesnya dengan benar. Untuk persayaratan dokumen pengajuan hampir sama dengan persyaratan yang umum dilakukan di lembaga keuangan lainnya.