Penjelasan Desain Produk Secara Lengkap : Fungsi, Tujuan, & Contoh

5 min read

desain produk

Desain produk merupakan pembahasan mengenai bidang pemasaran yang snagat penting. Di jaman modern ini, produk tidak hanya dilihat dari fungsi saja namun dari estetika desain produk tersebut. Oleh karena itu pada pembahasan Jurnal Manajemen kali ini akan mengupas tuntas mengenai desain produk beserta contohnya. Simak ulasannya berikut ini :

Apa Itu Desain Produk ?

Kata desain sering di artikan sebagai sebuah rancangan, rencana atau gagasan.

Pengertian desain bisa  dilihat dari berbagai sudut pandang dan konteksnya. Desain juga dapat diartikan sebagai suatu kreasi untuk memenuhi kebutuhan dengan cara tertentu. Desain juga dapat merupakan pemecahan suatu masalah dengan target yang jelas.

Jadi jelaslah bahwa desain tidak semata-mata rancangan di atas kertas, tetapi juga proses secara keseluruhan sampai sebuah rancangan, rencana atau gagasan terwujud dan memilki nilai.

Berdasarkan hal tersebut, maka desain adalah suatu hasil apresiasi dan kreasi yang berasal dari gagasan atau ide manusia dalam upaya memberdayakan diri melalui hasil ciptaannya untuk menjalani kehidupan yang lebih baik dan sejahtera.

Dalam kaitannya dengan sebuah produk, pengertian desain produk adalah proses kreasi sebuah produk yang menggabungkan unsur fungsi dan estetika sehingga bermanfaat dan memiliki nilai tambah bagi masyarakat.

Desain produk adalah konseptualisasi ide tentang produk dan transformasi ide menjadi kenyataan. Untuk mengubah ide menjadi kenyataan, sebuah spesifikasi tentang produk disiapkan. Spesifikasi ini disiapkan dengan mempertimbangkan berbagai kendala seperti proses produksi, harapan konsumen, dan sebagainya. Dalam tahap desain produk sampai keputusan akhir mengenai produk, setiap aspek produk dianalisis. Keputusan ini dapat berupa aspek apa pun yang terkait dengan produk, misalnya dimensi dan toleransi, jenis bahan untuk setiap komponen, dan sebagainya.

Urgensi Desain Produk Bagi Perusahaan

Desain produk merupakan salah satu faktor paling penting dan sensitif bagi suatu perusahaan. Keberhasilan atau kegagalan produk menentukan bisnis, pangsa pasar, dan reputasi perusahaan. Jadi selama tahap desain produk, berbagai faktor yang terkait dengan produk perlu ditangani.

Desain produk juga merupakan proses pembentukan dan pengembangan ide yang efisien dan efektif dalam rangka menciptakan produk baru. Desain produk mencakup semua pekerjaan desain teknik dan industri yang digunakan untuk mengembangkan produk, mulai dari konsep awal hingga produksi, dan akhirnya mengubahnya menjadi penemuan nyata sebuah produk.

Produk desainer berperan menggabungkan seni, ilmu pengetahuan, dan teknologi untuk menciptakan produk-produk baru yang lebih baik dan bermanfaat bagi masyarakat.

Desain produk yang baik biasanya didasarkan pada riset pasar.

Dasar pemikiran sebuah produk dibuat adalah bertujuan untuk memberikan solusi dan manfaat bagi kebutuhan manusia. Inovasi dan pengembangan produk dalam desain produk akan menghasilkan sesuatu yang baru dan menjadi keunggulan kompetitif bagi perusahaan. Sehingga membuat perusahaan menjadi pelopor dan bisa memenangkan persaingan di pasar.

Pengertian Desain Produk Menurut Para Ahli

Beberapa ahli di bidangnya telah mendefiniskan tentang definisi desain produk, antara lain :

  1. Yus R Hadjadinata (1995) menyatakan bahwa desain produk berkaitan dengan bentuk dan fungsi. Disain tentang bentuk berkaitan dengan perencanaan dan penampilan dari produk. Sedangkan desain tentang fungsi berkaitan dengan bagaimana produk dapat digunakan.
  2. Suyadi Prawirosentono (1996), desain produk adalah rancang bangun dari suatu produk yang akan diproduksi.
  3. Bagas Prastyowibowo (1999), desain produk adalah salah satu unsur untuk memajukan industri agar produk hasil industri tersebut dapat diterima oleh masyarakat, karena produk tersebut memilikii kualitas baik, harga terjangkau, desain menarik, mendapatkan jaminan dan lain sebagainya.
  4. Franklin G Moore dan Thomas E Hendrick (1999), desain produk merupakan hal yang sangat penting, karena produk baru dapat menaikan dua kali atau tiga kali omset suatu organisasi pada suatu waktu.
  5. Imam Djati Widodo (2005), desain produk adalah suatu pendekatan sistematis untuk mengintegrasikan perencanaan produk dan proses yang berpengaruh, termasuk manufaktur dan pendukungnya.
  6. Brutou & Margaret,(2006) desain produk adalah pengembangan produk (barang) yang dirancang untuk memenuhi kepuasan konsumen.
  7. Kotler dan Armstrong (2008), desain produk adalah konsep yang lebih besar dari sekedar gaya. Gaya bisa menarik perhatian atau membosankan dan juga gaya hanya mendeskripsikan penampilan produk. Gaya yang sensasional selain bisa menarik perhatian juga bisa menghasilkan estetika yang indah, tetapi gaya tersebut belum tentu bisa membuat kinerja produk menjadi lebih baik. Sedangkan desain produk bukan hanya sekedar penampilan luar, desain produk adalah jantungnya sebuah produk.
  8. Kotler dan Keller (2009) berpendapat bahwa desain produk adalah totalitas fitur yang mempengaruhi penampilan, rasa, dan fungsi produk berdasarkan kebutuhan pelanggan.

Konsep Desain Produk

Setiap perusahaan yang menghasilkan produk hampir selalu dihadapkan dengan persaingan dari perusahaan lain. Agar dapat bersaing secara jangka panjang maka kualitas produk merupakan konsep penting yang harus dipahami manajemen perusahaan dalam menjalankan aktifitasnya. Keputusan dalam membuat desain produk berarti  juga keputusan dalam menentukan kualitas produk seperti apa yang akan dihasilkan oleh perusahaan.

Konsep desain produk secara singkat adalah sebagai berikut :

  1. Penelitian dan pengembangan (Research & Development) : Penelitian adalah dasar untuk pencarian pengetahuan baru. Meskipun tidak berpengaruh secara langsung, tetapi berdasarkan penelitian, produk baru dapat dikembangkan di masa depan. Penelitian dapat diterapkan untuk mengembangkan produk secara komersial.
  2. Rekayasa terbalik : adalah proses pembongkaran suatu produk, memahami desainnya dan mengembangkan suatu produk yang lebih baik daripada yang sudah ada.
  3. Penggunaan sistem perangkat lunak untuk mengembangkan model terkomputerisasi dari produk baru dan menganalisis parameter desainnya.
  4. Perlu pendekatan secara sistematik untuk mengintegrasikan semua proses desain produk dan proses-proses pendukungnya. Desainer harus memperhatikan dan mempertimbangkan semua aspek siklus hidup produk, termasuk di dalamnya aspek kualitas, biaya, jadwal dan kebutuhan konsumen. Untuk itu perlu adanya pengembangan konsep pasar, desain produk, pengembangan proses pembuatan, pemilihan dan pengaturan bahan untuk desain baru yang dilakukan oleh tim berbeda pada saat yang sama. Sehingga menghemat banyak waktu untuk mengembangkan produk baru. Dalam praktiknya, berbagai konsep digabungkan dan diterapkan bersama untuk merancang produk baru.

Jenis-Jenis Desain Produk

Jenis jenis desain produk ada dua, yaitu :

  1. Membuat desain produk yang benar-benar baru dengan rancangan dan prototype baru yang belum pernah ada sebelumnya. Berdasarkan penelitian dilakukan inovasi untuk menghasilkan desain produk baru yang kreatif.
  2. Memodifikasi atau mengembangkan desain produk yang sudah ada.

Desain baru berfungsi untuk menyelesaikan masalah terhadap desain yang ada. Ini terjadi baik melalui produk baru atau variasi dari produk yang sudah ada.

Tujuan Desain Produk

Desain produk yang baik bertujuan untuk membuat pengguna merasa nyaman, aman  dan mendapatkan manfaat saat menggunakan produk tersebut. Jadi berkaitan dengan aspek bagaimana pengguna akan berinteraksi dengan produk tersebut, apakah merasa nyaman, aman, mudah digunakan, memberikan solusi dan manfaat atas masalah pengguna, sehingga bisa memberi dampak positif secara emosional.

Secara umum tujuan desain produk  adalah :

  • Menghasilkan produk berkualitas yang mempunyai nilai jual yang tinggi.
  • Untuk menghasilkan produk yang tren pada masanya sesuai kebutuhan konsumen.
  • Membuat produk seekonomis mungkin tanpa mengurangi nilai jual, kualitas dan manfaat produk tersebut.
  • Meningkatkan pangsa pasar dan menargetkan segmen pasar baru.

Fungsi Desain Produk

Beerikut fungsi desain produk secara umum :

  • Sebagai identitas produk
  • Menjadi pelindung produk
  • Menambah nilai jual produk

Manfaat Desain Produk

Konsumen seringkali bersedia membayar lebih mahal untuk produk/jasa yang terlihat lebih baik dan menawarkan kegunaan yang lebih besar, fungsionalitas yang lebih baik, dan keberlanjutan. Banyak konsumen membuat keputusan pembelian berdasarkan pada desain produk, karena desain produk yang baik mengindikasikan kualitas, penampilan, kinerja, kemudahan penggunaan, dan keandalannya. Desain produk memungkinkan diferensiasi produk dan mengomunikasikan fungsi produk dengan jelas kepada konsumen.

Desain produk dan jasa merupakan faktor penentu kesuksesan suatu produk/jasa . Menciptakan desain produk/jasa yang baik dapat membawa banyak manfaat dalam bisnis. Manfaat desain produk antara lain bisa meningkatkan kinerja, efisiensi, dan nilai produk/jasa, serta dapat mengurangi biaya dan risiko bagi bisnis Anda.

Dengan desain produk dan jasa yang kreatif dan inovatif.akan membuatnya lebih menarik dan unik bagi konsumen dan meningkatkan jangkauan produk/jasa Anda di pasar, sehingga dapat meningkatkan penjualan dan mempercepat pengembalian investasi Anda. Desain produk dan jasa yang cermat juga dapat membantu Anda mengurangi biaya produksi, mengoptimalkan penggunaan bahan, dan meminimalkan pemborosan. 

Dalam merancang produk yang berupa jasa merupakan tantangan tersendiri karena jasa umumnya mempunyai karakteristik unik.

Desain produk yang berupa jasa merupakan cara perusahaan untuk memberikan pelayanan yang terbaik kepada konsumen, dengan cara meminimalkan tingkat komplain untuk diantisipasi oleh perusahaan secara maksimal.

Desain Produk Kemasan

Dalam persaingan bisnis yang semakin ketat, perusahaan tidak bisa lagi bersaing dengan hanya mengandalkan kualitas produk. Tetapi  perusahaan harus bisa membuat identitas produknya mempunyai ciri khas yang pada akhirnya bisa dikenal luas dan menarik minat konsumen untuk membeli produk tersebut.

Sebagus apapun kualitas dan desain produk jika tanpa didukung  dengan desain kemasan yang baik maka akan sia-sia. Karena desain kemasan produk yang  menarik, unik dan berkualitas dapat mempengaruhi konsumen untuk memberikan respon positif yang akhirnya membeli produk yang dipasarkan. Daya tarik suatu produk tidak bisa terlepas dari kemasannya, karena kemasan langsung berhadapan dengan konsumen. Bahkan kemasan bisa menjadi identitas suatu bisnis. Desain kemasan produk yang menarik, unik dan berkualitas akan menjadi pembeda dari kompetitornya.

Melalui desain kemasan produk, maka perusahaan dapat menyampaikan informasi terkait merek, logo, kualitas, dan lain-lain. Hal ini juga yang akan menarik perhatian konsumen untuk jatuh cinta pada suatu produk.

Desain produk kemasan adalah suatu rancangan atas kemasan pada suatu produk sebagai upaya untuk mendukung pemasaran. Selain berfungsi untuk membungkus, desain kemasan produk mempunya fungsi lain terkait pemasaran, yaitu memberi proteksi, sarana komunikasi visual (kesan elegan, ekslusif, dan berkualitas ), simbol estetika dilihat dari elemen desain (warna, tipografi, dan komposisi), penegasan identitas, aspek ergonomi (terkait kenyamanan dan kemudahan dalam pemakaian), penyampaian informasi dan sebagai wadah pendistribusian.

Contoh Desain Kemasan Produk

Berikut macam-macam desain kemasaran produk yang kekinian dan menarik :

"<yoastmark

"<yoastmark

"<yoastmark

"<yoastmark

"<yoastmark

"<yoastmark

"<yoastmark

Desain Produk Industri

Pengertian desain Produk Industri adalah bidang ilmu dalam merencanakan dan merancang suatu produk untuk memecahkan masalah yang berkaitan dengan kebutuhan manusia, berdasarkan pada perkembangan prinsip-prinsip industri yang melingkupinya untuk meningkatkan kualitas hidup manusia. Desain produk industri merupakan salah satu bidang yang termasuk dalam industri kreatif.

Industri kreatif  saat ini sedang berkembang pesat di berbagai belahan dunia termasuk Indonesia.  Potensi tersebut memberikan  peluang untuk perkembangan desain produk industri. Sehingga masih banyak dibutuhkan desainer  di bidang Desain Produk Industri .

Beberapa universtias di Indonesia sudah yang membuka jurusan Desain Produk Industri.

Makalah desain produk dan jasa serta materi desain produk saat ini juga sudah banyak tersedia.

Berikut ini adalah beberapa gambar desain produk / contoh desain produk  yang menarik :

1. Desain tempat sampah
1. Desain tempat sampah
2. Foldable Footwear
2. Foldable Footwear
3. Felt series Criss adalah seperangkat pen stylus dan tempat tablet
3. Felt series Criss adalah seperangkat pen stylus dan tempat tablet
4. Clever mug
4. Clever mug
5. Innovative Handbags
5. Innovative Handbags