Dampak Positif Globalisasi Beserta Sisi Negatifnya di Berbagai Bidang

7 min read

dampak positif globalisasi

Dalam kehidupan globalisasi memberikan dampak bermacam-macam terutama bagi manusia. Salah satunya seperti Dampak Positif Globalisasi. Namun dampak globalisasi tersebut tergantung bagaimana manusia tersebut menyikapinya. Sedangkan globalisasi merupakan fenomena sosial yang dekat dengan kehidupan, baik itu globalisasi alat komunikasi, globalisasi teknologi, maupun globalisasi budaya.

Dampak globalisasi memiliki kaitan yang sangat erat terhadap perubahan gaya hidup para masyarakat. Sedangkan globalisasi teknologi tidak dapat dihindari karena teknologi mengalami perubahan secara terus-menerus sesuai dengan perkembangan ilmu pengetahuan. Oleh sebab itu teknologi yang semakin berkembang juga diikuti oleh para masyarakat yang ingin mengikuti gaya hidup modern dan kekinian.

Secara umum Jurnal Manajemen akan menjabarkan dampak positif dan negatif dari globalisasi di berbagai bidang diantaranya :

  1. Ekonomi
  2. Sosial Budaya
  3. Politik
  4. Pendidikan

Pada setiap bidang tentunya globalisasi memiliki pengaruh tersendiri. Untuk lebih jelasnya simak pembahasan berikut ini :

Dampak Globalisasi di Bidang Ekonomi

Perekonomian menjadi bagian kehidupan sosial yang bersentuhan dengan globalisasi. Seperti perdagangan internasional maupun barang-barang impor yang masuk ke Indonesia. Pengaruh globalisasi ekonomi memberikan dampak positif bagi masyarakat, seperti pemicu Inovasi dan kreativitas masyarakat dalam bertahan maupun bersaing pada perdagangan global. Begitupula pada dampak negatif dari globalisasi itu sendiri yang mulai merubah perilaku masyarakat sebagai konsumen maupun produsen.

Dampak Negatif Globalisasi di Bidang Ekonomi

Secara umum dampak negatif globalisasi di bidang ekonomi yaitu :

1. Pasar nasional dikuasai barang-barang impor

Tanpa disadari globalisasi mampu menjadikan pasar nasional dikuasai oleh barang-barang impor. Seperti yang sudah Anda ketahui bahwa di pasaran sudah banyak sekali produk-produk luar negeri yang beredar di negara Indonesia. Hal ini menjadikan negara Indonesia dikuasai oleh negara asing. terlebih lagi produk luar yang dikirim ke negara Indonesia belum terjamin komposisi produknya.

2. Gaya hidup yang mulai berubah

Gaya hidup masyarakat menjadi berubah, yang mana kehidupan menjadi lebih boros. Tidak hanya itu saja. Globalisasi juga membawa masyarakat Indonesia terbawa dengan gaya ke barat-baratan. Dengan hal ini maka masyarakat Indonesia mulai melupakan suku dan budaya yang dimiliki negaranya sendiri. karena lebih tertarik mengikuti gaya hidup modern masyarakat barat.

3. Tenaga kerja asing yang lebih mendominasi

Banyak tenaga asing yang yang berada di Indonesia. Tanpa disadari hal ini dapat menjadi ancaman bagi negara Indonesia. Karena tenaga kerja asing telah mendominasi lapangan kerja lokal.

Dampak Positif Globalisasi di Bidang Ekonomi

Seperti yang sudah Anda ketahui bahwa saat ini banyak sekali e-commerce toko online yang dapat Anda jumpai. Sedangkan bisnis e-commerce saat ini sedang tumbuh dengan pesat. Para masyarakat sangat dimanjakan karena kemudahan dalam bertransaksi berbagai jenis apapun. Hal ini didukung dengan adanya industri informasi telekomunikasi dan kemajuan teknologi.

Berikut ini dampak positif globalisasi bidang ekonomi

1. Menumbuhkan sikap inovatif dan kreatif

Persaingan yang semakin meningkat, menjadikan para pelaku dagang dituntut untuk memiliki sikap inovatif dan kreatif. Dengan kedua sikap tersebut, maka hal ini menjadikan masyarakat luas bisa mempertahankan diri serta bersaing pada ranah global.

2. Lebih mudah mendapatkan barang dari luar negeri

Globalisasi dalam bidang ekonomi mampu memberikan kemudahan bagi masyarakat untuk mendapatkan barang-barang impor yang berasal dari luar negeri. Selain kemudahan yang didapatkan tersebut, para masyarakat juga bisa mendapatkan harga yang jauh lebih terjangkau. sehingga hal ini memberikan keuntungan bagi para masyarakat Indonesia.

3. Lapangan pekerjaan yang semakin luas

Lapangan pekerjaan semakin luas karena bertambahnya berbagai jenis bidang. Hal ini disebabkan karena adanya investasi asing yang berasal dari luar negeri. Semakin lapangan pekerjaan meluas maka akan meminimalisir adanya pengangguran. Dengan begitu maka para masyarakat miskin akan menjadi berkurang.

4. kesempatan bekerja ke luar negeri

Banyak masyarakat Indonesia yang berkeinginan untuk bekerja ke luar negeri. Selain gajinya yang lebih besar, para masyarakat Indonesia juga ingin mendapatkan pengalaman yang lebih luas. Berkat dari dampak positif globalisasi dalam bidang perekonomian, maka para masyarakat Indonesia memilih kesempatan negeri.

Dampak Globalisasi di Bidang Sosial Budaya        

Globalisasi memberikan dampak pada kehidupan sosial budaya bagi masyarakat. Hal ini terbukti dari perubahan pola pikir para masyarakat yang sebelumnya tradisional sekarang berubah menjadi berkembang dan modern. Selain itu globalisasi juga menuntun para masyarakat supaya lebih mengenal berbagai budaya yang berasal dari negara luar. Sehingga akan menambah pengetahuan perihal budaya.

Budaya luar yang mulai masuk ke Indonesia sebaiknya dijadikan sebagai bahan pertimbangan yang harus diperhatikan. Karena banyak anak muda yang sudah mulai menghilangkan budaya asli Indonesia. Sehingga sangat disayangkan jika hal ini terjadi seiring dengan adanya globalisasi. Oleh sebab itu ketika menerima perkembangan dari budaya luar, sebaiknya kita tidak melupakan budaya sendiri.

Dampak Negatif Globalisasi di Bidang Sosial Budaya

Dampak negatif yang ditimbulkan dari globalisasi di bidang sosial budaya yaitu:

1. Perilaku yang menyimpang

Banyak diantara anak muda negara Indonesia yang berperilaku menyimpang seperti penggunaan obat-obatan Terlarang, kenakalan remaja yang disebabkan karena tayangan televisi maupun media massa yang tidak mendidik serta kegagalan memahami modernitas.

2. Mudah terpengaruh

Perkembangan globalisasi membuat para masyarakat Indonesia lebih mudah terpengaruh. Khususnya pada budaya barat maupun budaya luar yang menjadikan masyarakat Indonesia melupakan budaya lokal. Hal ini harus dijadikan pelajaran supaya warga tidak mudah terpengaruh denga budaya luar.

3. Persepsi mengenai budaya

Banyak masyarakat masa kini yang menganggap bahwa budaya lokal termasuk sebagai budaya tradisional yang sudah ketinggalan zaman. Hal ini menjadikan para masyarakat berpikir untuk meninggalkan budaya yang sudah tidak modern. Padahal meskipun globalisasi telah berpengaruh pada bidang sosial budaya, namun budaya tradisional tetaplah menjadi budaya yang tidak boleh dilupakan.

Dampak Positif Globalisasi di Bidang Sosial Budaya

Berikut ini dampak positif yang ditimbulkan dari globalisasi dalam bidang sosial budaya:

1. Membawa masyarakat menuju kehidupan modern

Globalisasi telah membawa perubahan menuju kehidupan yang modern. Mengingat bahwa perkembangan zaman yang semakin canggih maka menjadikan masyarakat setempat juga berkeinginan untuk mengikuti perkembangan tersebut. Dengan begitu Anda bisa membandingkan pola pikir dan gaya hidup masyarakat zaman dulu dengan masyarakat zaman sekarang.

2. Terjadinya multikulturalisme dunia

Dampak positif globalisasi di bidang sosial budaya telah menuntun masyarakat untuk memahami berbagai ragam budaya yang ada di dunia. Secara tidak langsung hal ini menjadikan dunia mengalami multikulturalisme. Mengingat bahwa tidak hanya Indonesia saja yang memiliki keragaman budaya. Akan tetapi negara di seluruh dunia pun juga memiliki keragaman budaya yang harus diketahui oleh masyarakat Indonesia.

3. Sikap toleransi yang semakin tumbuh

Adanya rasa saling ketergantungan hal ini menjadikan sikap toleransi para masyarakat semakin tumbuh dengan baik. Baik itu ketergantungan dari segi pendidikan maupun dari segi pekerjaan.

Dampak Positif Globalisasi di Bidang Politik         

Politik adalah salah satu bidang dalam kehidupan yang tidak akan pernah terlepas dari pengaruh globalisasi yang semakin pesat. Dampak positif globalisasi bidang politik mampu memberikan manfaat untuk menjalankan politik negara. Berikut ini dampak positif dari globalisasi politik:

1. Membentuk sistem politik negara

Melalui globalisasi bidang politik maka negara bebas menentukan pada sistem politik yang dijalankan. Seperti negara ini mempunyai bebas politik dan demokrasi. Sedangkan politik bebas aktif adalah sistem politik tanpa memihak suatu blok maupun pihak di dunia. Untuk politik aktif menunjukkan Indonesia ikut aktif pada kegiatan internasional, misalnya bergabung pada organisasi PBB.

2. Sistem pemerintahan terbuka dan demokratis semakin tercipta

Melalui globalisasi dalam bidang politik, hal ini menjadikan pemerintah menjadi demokrasi. Sedangkan untuk pemerintah maupun rakyat menjadi bagian dari negara yang saling bersinergi. Sebab itu pemerintah akan mendapatkan kesan positif dari rakyat apabila pemerintah menjalankan kewajibannya secara bersih, jujur dan terbuka.

3. Hubungan diplomatik antar negara semakin meningkat

Dampak positif globalisasi meningkatkan keterkaitan antara diplomatik antar negara biasanya berupa kerjasama antar negara atau hal-hal lain yang bersangkutan dengan sektor ekonomi, politik, aspek kenegaraan dan yang lainnya. Seiring dengan derasnya globalisasi pada bidang politik, maka hubungan diplomatik antar negara akan semakin meningkat.

4. Partisipasi rakyat dalam pemerintahan yang semakin meningkat

Apabila sistem pemerintahan terbuka dan demokratis maka dapat memberikan manfaat untuk rakyat yang ada di negara. Pemerintahan demokrasi menekankan kekuasaan yang tinggi pada tangan rakyat, maka secara otomatis akan melibatkan rakyat untuk menjalankan roda pemerintahan.

Dampak positif globalisasi dalam bidang politik menjadikan sistem demokrasi rakyat memberikan kesempatan untuk bisa berpartisipasi dalam hal menjalankan pemerintahan. Misalnya memilih pada tingkat kota daerah bahkan hingga presiden. Rakyat juga harus diberikan kebebasan dalam menyuarakan aspirasi dan pendapatnya kepada pemerintah.

5. Partisipasi negara untuk menciptakan perdamaian dunia

Salah satu masalah global yang harus diperhatikan yaitu masalah perdamaian dunia. Adanya konflik yang terus terjadi dapat menimbulkan kerugian dari segi material dan memakan banyak korban jiwa. Banyak masyarakat tidak berdosa yang mendapatkan dampak buruk dari konflik tersebut. Berkat globalisasi politik, maka negara dapat menciptakan perdamaian dunia.

Dampak Positif Globalisasi di Bidang Pendidikan

Globalisasi yang saat ini terjadi lebih memungkinkan para cendekiawan negara Indonesia dapat memperoleh gelar sarjana maupun hanya sekedar pengalaman magang yang ada di negeri orang. Hal ini berpengaruh pada ilmu pengetahuan atau pendidikan. Dengan adanya globalisasi ini, maka diharapkan bisa mengembangkan masyarakat Indonesia dalam mengaplikasikan ilmunya untuk kepentingan bangsa dan negara Indonesia.

Pendidikan untuk anak-anak dalam mengembangkan potensi diri baik itu untuk keahlian teknis maupun untuk mengembangkan kecerdasan secara emosional. Kunci dari perkembangan suatu negara terletak pada pendidikan penerus bangsa. Sehingga pendidikan untuk generasi harus terlatih dan terdidik dengan baik. Berikut ini dampak positif globalisasi bagi pendidikan:

1. Tidak harus bertatap muka langsung

Dalam bidang pendidikan, dampak positif globalisasi bidang pendidikan yaitu pembelajaran tidak harus dilakukan dengan bertatap muka secara langsung. Akan tetapi pembelajaran dapat dilakukan secara online atau e-learning. Hal ini dapat dijadikan pilihan bagi peserta didik yang mempunyai banyak kesibukan.

Sedangkan sistem pembelajaran e-learning bisa diakses kapanpun dan sifatnya lebih fleksibel. Selain itu sistem pembelajaran juga lebih menghemat terutama biaya transportasi. Elemen penting dari pembelajaran e-learning yaitu perangkat keras seperti komputer atau laptop dan jaringan internet.

2. Informasi pendidikan yang mudah diakses

Informasi pendidikan dapat di akses lebih mudah karena perkembangan globalisasi. Dengan demikian para peserta didik akan menemukan cara yang lebih mudah ketika mengakses materi belajar. Terlebih lagi dengan hadirnya situs-situs yang telah menyediakan buku digital untuk dijadikan referensi dalam belajar. Selain itu buku digital dapat memudahkan siswa untuk belajar kapan dan dimana saja.

Pemakaian kertas juga akan lebih menghemat karena buku elektronik atau seringkali disebut dapat diunduh secara langsung dan bisa dibaca tanpa mencetaknya. Hal ini akan memberikan kemudahan bagi siswa dan lebih menghemat biaya pengeluaran.

3. kualitas pendidik yang semakin meningkat

para guru dapat memanfaatkan globalisasi untuk memaksimalkan tren pembelajaran Sesuai dengan perkembangan. Hal ini berguna untuk mencari celah supaya para peserta didik tidak merasa bosan selama pelajaran berlangsung. Para pendidik juga bisa memaksimalkan informasi maupun teknologi di era globalisasi ini, sehingga kualitas pengajar terus meningkat.

4. Kualitas pendidikan yang semakin maju

Jika sebelumnya pembelajaran dilakukan dengan cara yang sederhana, namun setelah terjadinya globalisasi maka Metode Pembelajaran bisa dilakukan dengan berbagai cara. Misalnya pembelajaran dengan berbasis teknologi yang mana seorang guru tidak perlu menulis materi pada papan tulis menggunakan kapur. Karena masih ada cara modern yang dapat dilakukan.

Guru bisa memanfaatkan jaringan internet maupun komputer dengan cara menggabungkan gambar, tulis, video, suara bahkan hingga film. Hal ini memiliki tujuan selain untuk memudahkan penyampaian materi, hal ini pun juga membantu peserta didik supaya tidak mudah bosan. Globalisasi dapat menciptakan suasana baru di kelas supaya siswa lebih tertarik untuk belajar.

5. Menambah jumlah siswa inovatif

Melalui perkembangan Iptek yang ada pada instansi pendidikan, maka dapat mendorong para siswa supaya dapat menciptakan karya yang lebih inovatif. Sedangkan metode pembelajaran yang dibutuhkan untuk mendorong siswa inovatif yaitu metode student oriented. Melalui metode inilah para siswa dapat dirangsang daya pikirnya dan bisa meningkatkan kearifan dalam belajar.

Sebab itu sistem pembelajaran secara tradisional sudah mulai ditinggalkan. Karena sistem pembelajaran ini hanya bersifat pada satu arah saja. Selain itu dapat menghambat perkembangan siswa. Dengan demikian pembelajaran sudah bisa dilakukan dengan cara yang lebih modern dan lebih menyenangkan. Hal ini dapat menambah jumlah siswa yang lebih inovatif.

Dampak Positif Globalisasi Bagi Indonesia

Globalisasi akan memungkinkan adanya pertukaran budaya, informasi, perdagangan maupun yang lainnya. Globalisasi mampu memberikan banyak dampak positif bagi negara Indonesia. Namun dampak negatif pun juga dimunculkan akibat adanya globalisasi seperti saat ini. Saat ini arus globalisasi sudah melanda pada berbagai penjuru dunia termasuk dampak yang terjadi pada negara Indonesia itu sendiri.

Globalisasi yang terjadi di awal hanya bisa dirasakan pada beberapa kota besar yang ada di Indonesia saja. Akan tetapi seiring dengan berjalannya waktu, globalisasi tersebut bisa dirasakan dengan nyata melalui dampak yang diberikan globalisasi terhadap masyarakat. Berikut ini dampak positif globalisasi terhadap Indonesia:

1. Industri pariwisata yang semakin berkembang

Globalisasi telah membawa turis dan industri pariwisata semakin berkembang dengan baik. Hal ini dibuktikan dari banyaknya turis yang datang ke negara Indonesia. Dengan demikian maka hal ini mampu meningkatkan pendapatan nasional negara Indonesia.

2. Teknologi yang semakin modern

Teknologi yang semakin modern menjadikan negara Indonesia semakin maju. Secara tidak langsung hal ini dapat menciptakan kehidupan masyarakat yang semakin cepat dan mudah. Terutama pada perusahaan besar yang memanfaatkan mesin-mesin canggih supaya produksi menjadi lebih efisien dan produktif. Dengan demikian maka hal ini dapat meningkatkan taraf kehidupan masyarakat yang semakin baik.

3. Pasar produk yang semakin meluas

Berkat adanya globalisasi, dapat menjadikan pasar produk dalam negeri semakin luas hingga penjuru dunia. Masyarakat dapat berubah menjadi lebih maju dan pintar berkat adanya ilmu pengetahuan maupun arus informasi semakin mengalir deras. Hal ini menjadikan Indonesia semakin maju.

4. Kemajuan di berbagai bidang

Kemajuan dalam berbagai bidang dapat dirasakan masyarakat karena dampak positif globalisasi yang terjadi saat ini. Terutama kemajuan dalam bidang komunikasi, teknologi, transport, informasi maupun dalam bidang lain yang bisa memudahkan kehidupan manusia.