Daftar Harga Ikan Koi Lokal & Import Semua Jenis Terbaru

9 min read

harga ikan koi

Di kalangan pecinta ikan hias, ikan koi merupakan salah satu jenis yang paling populer. Ikan yang berasal dari Jepang ini memang mempunyai berbagai macam variasi dengan corak yang unik sehingga dapat memanjakan setiap mata yang melihatnya. Harga ikan koi yang tidak terlalu mahal, terutama untuk jenis lokal juga menjadi alasan mengapa ikan hias ini banyak dipilih untuk menghiasi kolam di rumah-rumah.

Jika Anda termasuk salah satu penggemar ikan hias, tidak ada salahnya untuk membawa pulang beberapa jenis ikan koi dengan corak yang beragam. Ada berbagai alasan mengapa ikan ini layak untuk dijadikan pilihan, salah satunya adalah karena koi tidak membutuhkan terlalu banyak perawatan. Karenanya, Anda tidak perlu menghabiskan banyak waktu untuk merawat ikan yang satu ini.

Saking menariknya ikan koi maka Jurnal Manajemen akan secara khusus membahas mengenai ikan koi khususnya mengenai harga ikan koi import maupun lokal terbaru saat ini. Selengkapnya simak ulasan berikut ini :

Jenis Ikan Koi

Sebelum memilih variasi tertentu, ada baiknya jika Anda mengetahui berbagai macam jenis ikan koi yang tersedia saat ini. Secara garis besar, koi terbagi menjadi dua jenis yaitu lokal dan impor. Harga ikan koi impor jauh lebih mahal daripada ikan koi lokal. Hal ini dikarenakan ikan-ikan tersebut didatangkan langsung dari luar negeri, lebih tepatnya Jepang sebagai negara asalnya.

Pada dasarnya ikan koi lokal dan impor berasal dari nenek moyang yang sama, yaitu dari Jepang. Koi didapatkan dari persilangan ikan karper selama ratusan tahun sehingga menghasilkan koi dengan ciri khas yang berbeda. Namun, berbagai jenis koi tersebut dibawa ke Indonesia kemudian dibudidayakan.

Budidaya ikan koi tersebut menghasilkan berbagai varietas baru, karena beberapa pembudidaya menyilangkan ikan koi dengan ikan jenis lainnya untuk mendapatkan corak yang diinginkan. Karena hal tersebut, kemurnian ikan koi semakin menurun meskipun tidak merubah jenisnya. Hal ini selanjutnya berpengaruh pada harga ikan.

Bagi pecinta ikan koi, terdapat perbedaan yang cukup jelas antara koi lokal dan impor. Dalam hal warna, ikan koi impor mempunyai warna dan corak yang lebih tajam daripada koi lokal. Ketika berukuran di bawah 50 cm, perbedaan ini tidak terlalu nampak. Namun setelah koi berukuran lebih dari 50 cm, maka warna pada koi lokal akan terlihat sedikit memudar, sedangkan koi impor tetap jelas dan cerah.

Perbedaan lain terletak pada ukuran mata dan bentuk tubuh. Koi impor mempunyai ukuran mata yang lebih besar dibandingkan dengan koi lokal, bahkan mata terlihat seperti hampir keluar dari kepala. Sedangkan koi lokal mempunyai ukuran mata yang wajar sebagaimana ikan lainnya. Dari segi bentuk, koi impor terlihat lebih memanjang sedangkan koi lokal berbentuk agak membulat.

 

Baca Juga : 10 Jenis Ikan Koi Termahal di Dunia

 

Faktor yang Mempengaruhi Harga Ikan Koi

Setelah mengetahui perbedaan ikan koi lokal dan impor, Anda juga perlu mengetahui varian harga berbagai jenis ikan koi. Koi anakan tentu saja lebih murah dibandingkan koi dewasa atau yang berukuran besar, sehingga cocok untuk Anda yang ingin menjalankan bisnis pembesaran ikan koi. Namun, harga tersebut juga dipengaruhi oleh jenis koi.

Seperti yang Anda ketahui, harga koi sangat bervariasi. Apa saja faktor yang biasa mempengaruhi harga koi? Berikut ini beberapa faktor yang turut andil dalam penentuan harga ikan koi di pasaran:

  1. Ukuran

Jelas bahwa ukuran menjadi patokan penting dalam menentukan harga koi. Semakin besar ukuran ikan, semakin mahal pula harganya. Sebagai contoh, Kohaku berukuran 8 hingga 12 cm masih dibanderol dengan harga sekitar Rp 40 ribuan. Tapi, harganya melonjak hingga Rp 400 ribu ketika telah berukuran 30 cm atau lebih.

  1. Corak

Corak juga merupakan faktor penting dalam menentukan harga seekor ikan koi. Anda tahu bahwa ikan ini mempunyai banyak sekali corak yang berbeda tergantung jenis dari ikan tersebut. Contohnya ikan koi Tancho mempunyai ciri khas tancho merah pada bagian kepala. Tancho tersebut juga berpengaruh pada harga ikan. Semakin simetris bentuk dan letaknya, maka harga ikan menjadi semakin mahal.

Contoh lain datang dari ikan koi Slayer Platinum yang identik dengan tubuh mulus berwarna platinum. Semakin mulus tubuhnya, semakin mahal harga ikan tersebut. Namun jika ditemukan sedikit corak pada tubuhnya, maka hal ini bisa menurunkan harga koi Slayer Platinum.

  1. Jenis

Sudah tentu jenis ikan koi berpengaruh pada harga yang dibanderol. Ada beberapa jenis ikan koi yang terbilang murah seperti koi Slayer Kumpay. Namun, ada pula jenis ikan koi yang terkenal mahal dan cukup jarang ditemukan di pasaran seperti ikan koi Chagoi yang dihargai ratusan ribu bahkan ketika ukurannya masih 5 cm.

  1. Asal budidaya

Tempat asal budidaya juga berpengaruh pada jenis ikan. Koi yang dibudidayakan di Jepang kemudian diimpor ke Indonesia mempunyai harga yang relatif lebih mahal dibandingkan dengan koi lokal. Meskipun demikian, ada pula koi yang dibudidayakan secara lokal namun memiliki harga yang cukup mahal, yaitu koi Blitar.

Ikan koi jenis ini dikenal masih murni dan belum tercampur dengan ikan jenis lainnya sehingga kualitas dan mutu hasil budidaya masih terjaga. Selain itu, proses pembudidayaan yang ketat juga memungkinkan Anda untuk mendapatkan ikan koi berkelas.

Untuk Anda yang tengah mencari referensi harga koi dari berbagai jenis, tentu saja Anda membutuhkan informasi lengkap mengenai patokan harga yang berlaku di pasaran. Berikut ini daftar harga ikan koi terbaru yang bisa Anda gunakan sebagai referensi. Harga mungkin bervariasi tergantung jenis dan ukuran ikan.

 

Baca Juga : Cara Membuat Kolam Koi Lengkap dengan Filterisasi 

 

Harga Ikan Koi Kohaku

harga ikan koi kohaku
daftar harga ikan koi kohaku | source : jualikankoi.co.id

Ikan koi Kohaku dikenal sebagai jenis koi yang paling tua sekaligus paling terkenal di antara jenis lainnya. Menurut sejarah, Kohaku berasal dari ikan koi berwarna merah dan putih yang ditemukan pada tahun 1804. Dari beberapa tahapan persilangan yang dilakukan, ditemukan koi Kohaku yang mempunyai corak merah dan putih dengan berbagai varietas yang berbeda.

Kohaku mempunyai corak yang khas, yaitu warna dasar putih solid dengan kombinasi warna merah. Jenis koi yang satu ini telah banyak dikembangkan sehingga menghasilkan varietas lain seperti Kohaku Gin Rin, Kohaku Doitsu, Kohaku Tancho, dan Kohaku Maruten. Hingga saat ini, varietas yang paling terkenal berasal persilangan indukan Hachi Hi dengan pejantan Sokura Kana.

Ikan koi Kohaku yang berkualitas biasanya mempunyai warna cerah dan tidak terdapat bercak noda pada warna dasarnya. Lapisan warna merah pada tubuh ikan juga terlihat cerah dan sempurna tanpa bercak noda. Ternyata, warna dan corak tubuh Kohaku juga mempengaruhi harga jualnya. Semakin menarik dan cerah, semakin mahal pula harganya.

Pada dasarnya Kohaku memang dikenal sebagai jenis ikan koi yang cukup mahal. Meskipun demikian, hal ini tidak menyurutkan niat para pecinta ikan hias untuk memiliki jenis koi yang satu ini di rumah. Sebagai gambaran, harga ikan koi kecil dari jenis Kohaku berada pada kisaran Rp 100 ribu per ekor. Untuk yang sudah dewasa, harga bisa melambung hingga Rp 2 juta per ekor.

Jika Anda tertarik dengan koi yang satu ini, berikut daftar harga ikan koi Kohaku dari berbagai ukuran.

Daftar Harga Ikan Koi Kohaku

Ukuran Koi Kohaku

Harga per Ekor

Kohaku 8-12 cm Rp 40.000
Kohaku 12-15 cm Rp 50.000
Kohaku 15-18 cm Rp 100.000
Kohaku 20 cm Rp 150.000
Kohaku 25 cm Rp 320.000
Kohaku 30 cm Rp 400.000

Harga Ikan Koi Slayer

harga ikan koi slayer
daftar harga ikan koi slayer | source : youtube

Salah satu jenis ikan koi yang juga digemari oleh kolektor ikan hias adalah koi Slayer. Ikan ini mempunyai bentuk sirip yang panjang sehingga terlihat indah saat berenang di kolam. Penampakan ikan koi Slayer mempunyai ciri-ciri warna yaitu kombinasi silver keputihan, jingga, atau kuning.

Ikan Slayer sendiri terdiri dari berbagai jenis, namun yang paling terkenal adalah Slayer platinum dan Slayer Kumpay. Koi jenis Slayer Kumpay juga sering disebut sebagai koi butterfly karena siripnya yang panjang seperti sayap kupu-kupu. Slayer kumpay mempunyai beberapa cora seperti hitam, orange, emas, kunign, dan putih. Namun, Slayer Kumpay putih paling banyak ditemukan di Indonesia.

Sesuai dengan namanya, Slayer Platinum hanya memiliki satu warna yaitu platinum dari ujung kepala hingga ekor. Harga ikan ini ditentukan oleh kebersihan corak. Semakin tidak ada corak yang terlihat, maka semakin mahal harga Slayer Platinum tersebut. Di pasaran, koi Slayer platinum memiliki harga yang jauh lebih mahal daripada Slayer Kumpay.

Ikan koi dari jenis Slayer platinum pernah dihargai Rp 5 juta per ekor. Namun harga juga cukup bervariasi tergantung ukuran ikan tersebut. Sedangkan harga ikan koi butterfly masih berada pada kisaran ratusan ribu sehingga cocok untuk Anda yang memiliki budget minim. Jika Anda tertarik dengan ikan Slayer Kumpay dan platinum, berikut daftar harga terbaru.

Daftar Harga Ikan Koi Slayer

Ukuran Koi Slayer Kumpay

Harga per Ekor

Kumpay 5 cm Rp 20.000
Kumpay 10 cm Rp 35.000
Kumpay 15 cm Rp 50.000
Kumpay 20 cm Rp 80.000
Kumpay 25 cm Rp 120.000
Kumpay 30 cm Rp 160.000

Ukuran Koi Slayer Platinum

Harga per Ekor

Platinum 10 cm Rp 50.000
Platinum 15 cm Rp 100.000
Platinum 20 cm Rp 150.000
Platinum 25 cm Rp 200.000
Platinum 30 cm Rp 300.000
Platinum 35 cm Rp 400.000

Harga Ikan Koi Chagoi

harga ikan koi chagoi
daftar harga ikan koi chagoi | source : shuterstock

Ikan koi Chagoi merupakan variasi koi yang juga masuk dalam daftar koi langka. Ikan ini mempunyai ciri yang khas yaitu warna perunggu atau coklat dengan pola berbentuk jaring pada bagian punggung. Pola tersebut mempunyai warna yang sedikit lebih gelap daripada warna dasar ikan, namun pada dasarnya perbedaan warna tersebut tidak terlalu mencolok.

Pola jaring inilah yang menjadi daya tarik tersendiri bagi ikan koi Chagoi. Dari jenis ini, Anda bisa menemukan dua variasi yaitu Gin Rin Chagoi dan Doitsu Chagoi. Dilihat dari segi ketersediaan di pasar, ikan ini cukup jarang ditemukan di pasaran, mungkin karena harganya yang relatif mahal.

Perlu Anda ketahui, koi Chagoi termasuk salah satu jenis koi super yang mendapatkan tempat istimewa di hati para pecinta koi. Dari segi penampilan, Chagoi memang lebih mirip dengan ikan mas biasa. Namun jika diamati dari dekat, ikan ini mempunyai warna yang lebih cantik. Chagoi juga mempunyai kualitas super dibandingkan dengan jenis lainnya.

Mengapa Chagoi disebut sebagai koi super? Hal ini dikarenakan koi Chagoi berasal dari indukan super. Selain itu, proses budidaya juga dilakukan dengan penyortiran yang sangat ketat sehingga menghasilkan ikan yang berkualitas. Ikan yang tidak lolos sortir akan dibuang dan biasanya dimanfaatkan sebagai pakan ternak. Hal ini memastikan ikan Chagoi memang benar-benar bermutu.

Sebagai salah satu ikan super, Chagoi hanya mempunyai satu warna saja. Hal ini juga yang menjadi indikasi kualitas ikan Chagoi. Semakin tidak ada corak, maka semakin mahal harga yang dibanderol untuk seekor Chagoi.

Harga yang mahal dan keberadaan yang cukup langka di pasaran tidak menyurutkan para pecinta ikan koi untuk memiliki jenis yang satu ini. Jika Anda tertarik untuk memiliki ikan koi ini sebagai tambahan koleksi di rumah, maka Anda perlu mengetahui daftar harganya. Berikut daftar harga ikan koi Chagoi dari berbagai ukuran.

Daftar Harga Ikan Koi Chagoi

Ukuran Koi Chagoi

Harga per Ekor

Chagoi 5 cm Rp 150.000
Chagoi 10 cm Rp 200.000
Chagoi 15 cm Rp 260.000
Chagoi 20 cm Rp 320.000
Chagoi 25 cm Rp 400.000
Chagoi 30 cm Rp 500.000

Harga Ikan Koi Tancho

Harga Ikan Koi Tancho
daftar Harga Ikan Koi Tancho | source : shutterstock

Tancho juga dikenal sebagai koi yang paling populer di antara berbagai jenis lainnya. Bahkan, dikatakan bahwa popularitas Tancho mampu mengalahkan Kohaku. Ikan koi Tancho mempunyai ciri khas yaitu warna dasar putih dengan hiasan pola tancho berwarna merah di kepala. Ciri khas inilah yang membuat koi Tancho terlihat unik sebagai ikan hias di rumah.

Harga koi Tancho ditentukan oleh pola tancho yang ada di kepala. Semakin simetris bentuk dan letak pola tersebut, maka harga ikan akan semakin mahal. Pola tersebut juga menentukan kualitas dari ikan yang satu ini. Terdapat beberapa variasi ikan koi Tancho, antara lain Tancho Rin, Doitsu Tancho, dan Tancho Gin Rin.

Untuk Anda yang ingin membeli Tancho, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan, yaitu warna dasar serta bulatan merah. Koi Tancho yang berkualitas memiliki warna dasar yang bersih dan solid serta Tancho yang cerah dan bulat. Bulatan tersebut hanya berada pada bagian atas kepala, tidak sampai ke muka atau mata ikan.

Jenis yang paling terkenal dari Tancho adalah Tancho Kohaku karena mempunyai perpaduan warna yang kontras antara dasar putih dan pola merah. Namun, pola tancho tersebut mungkin pudar atau hilang sebagian yang disebabkan oleh beberapa faktor seperti lingkungan dan stress. Oleh karena itu, pilih ikan dengan tancho berwarna cerah dan tidak terlihat tipis.

Berbicara mengenai harga, Tancho juga termasuk kelompok ikan koi berharga mahal. Harga ikan koi anakan dari jenis Tancho berada pada kisaran Rp 125 ribu per ekor. Untuk koi Tancho dewasa, harga bisa mencapai Rp 500 ribuan per ekor. Berikut ini daftar lengkap harga koi Tancho berdasarkan ukurannya.

Daftar Harga Ikan Koi Tancho

Ukuran Koi Tancho

Harga per Ekor

Tancho 5 cm Rp 125.000
Tancho 10 cm Rp 160.000
Tancho 15 cm Rp 230.000
Tancho 20 cm Rp 300.000
Tancho 25 cm Rp 400.000
Tancho 30 cm Rp 550.000

Harga Ikan Koi Jepang

harga ikan koi jepang
daftar harga ikan koi jepang | source : galena.co.id

Pada dasarnya, ikan koi Jepang merupakan hasil persilangan dari ikan karper yang dilakukan terus menerus selama ratusan tahun hingga menghasilkan varietas baru. Hasil persilangan kemudian terus disilangkan sehingga menghasilkan varietas baru yang belum pernah ditemukan sebelumnya. Tidak heran jika ikan koi Jepang menjadi sangat beragam dalam hal jenis dan varietas.

Meskipun demikian, ada beberapa jenis yang lebih terkenal dibandingkan jenis lainnya. Beberapa jenis koi yang terkenal antara lain Gosanke, Utsurimono, Bekko, Asagi, dan Tancho. Dari kelima jenis tersebut, masih terdapat turunan varietas lain dengan ciri khas tersendiri sehingga membuat Anda tidak pernah bosan melihatnya.

Di Indonesia, ikan koi Jepang biasa juga disebut sebagai ikan koi impor. Ini dikarenakan ikan koi tersebut didatangkan langsung dari negeri asalnya, yaitu Jepang. Karena biaya pengiriman yang mahal, tidak heran jika harga ikan koi ini juga terbilang sangat mahal jika di bandingkan dengan koi lokal. Selain itu, koi Jepang juga mempunyai beberapa perbedaan dengan koi lokal dari segi fisik maupun sifat.

Sebelumnya telah dibahas beberapa perbedaan antara koi lokal dengan impor sehingga memungkinkan Anda untuk mengidentifikasi jenis koi sebelum membelinya. Jangan sampai Anda membeli koi dengan harga impor namun mendapatkan koi dari jenis lokal.

Untuk Anda yang tertarik dengan ikan koi asli Jepang, berikut ini daftar harga yang perlu Anda ketahui. Nama yang dicantumkan belum mencakup semua jenis ikan koi Jepang karena jumlahnya yang terlalu banyak.

Daftar Harga Ikan Koi Jepang

Jenis Ikan Koi Jepang

Harga per Ekor

Kohaku Rp 200.000
Taisho Sanke Rp 300.000
Goromo Rp 400.000
Kawarimono Rp 200.000
Showasansoku Rp 1.000.000
Ogon Rp 1.500.000
Shiro Bekko Rp 800.000
Hikarimoyomono Rp 700.000
Utsurimono Rp 800.000
Hikari-Utsurimono Rp 900.000
Asagi Rp 1.100.000
Kinginrin Rp 900.000
Shusui Rp 400.000
Tancho Rp 800.000
Shiro Utsuri Rp 700.000

Harga Ikan Koi Blitar

harga ikan koi blitar
daftar harga ikan koi blitar | source : youtube

Ikan koi Blitar cukup terkenal di kalangan pecinta ikan hias, terutama koi. Meskipun dinamakan dengan koi Blitar, bukan berarti ikan tersebut asli berasal dari kabupaten di Indonesia itu. Koi Blitar merupakan hasil budidaya ikan koi melalui persilangan yang dilakukan oleh pecinta koi dari Blitar. Yang menarik, koi Blitar terbilang masih murni sebagaimana ikan koi Jepang serta memiliki kualitas tinggi.

Hal tersebut yang membedakan koi Blitar dengan koi lainnya yang dibudidayakan di berbagai daerah lain di Indonesia. Pembudidaya koi Blitar masih mempertahankan kualitas serta menjaga keturunan ikan koi mereka. Tidak heran jika koi Blitar dibanderol dengan harga yang relatif mahal dibandingkan harga ikan koi lokal yang dibudidayakan di daerah lain. Meskipun demikian, banyak pecinta koi yang memburunya.

Yang membuat koi Blitar berkualitas adalah karena para pembudidaya sangat selektif dalam persilangan ikan koi. Dengan cara tersebut, mereka berhasil mempertahankan kualitas serta menjaga kemurnian koi tersebut. Selain itu, proses penyortiran yang dilakukan berulang kali, antara 5 hingga 6 kali juga membuat ikan ini sangat berkelas. Ikan yang tidak lolos proses sortir akan dijadikan pakan lele sehingga mutu hasil koi yang dibudidayakan tetap terjamin.

Anda tertarik untuk memelihara ikan koi berkelas dan berkualitas dari Blitar tersebut? Tentunya Anda perlu mengetahui kisaran harga yang dibanderol untuk berbagai jenis koi yang berbeda. berikut ini daftar harga ikan koi yang dibudidayakan di Blitar sebagai referensi Anda.

Daftar Harga Ikan Koi Blitar

Jenis Ikan Koi Blitar

Harga per Ekor

Tancho Anakan Rp 35.000
Tancho Dewasa Rp 400.000
Kohaku Anakan Rp 100.000
Kohaku Dewasa Rp 4.000.000
Orgon Anakan Rp 25.000
Orgon Dewasa Rp 350.000
Shusui Anakan Rp 50.000
Shusui Dewasa Rp 600.000
Asagi Anakan Rp 45.000
Asagi Dewasa Rp 500.000