Beragam Contoh Surat Undangan Resmi dan Tidak Resmi Lengkap

12 min read

5. contoh surat undangan

Surat menjadi salah satu bentuk media komunikasi yang efektif. Pada zaman dahulu, yang namanya surat ini menjadi satu-satunya media komunikasi yang paling bersahabat dengan kita semua. Namun, saat ini yang namanya surat terkadang menjadi satu hal yang dianggap sulit untuk digunakan.

Namun begitu, yang namanya surat ini akan tetap menjadi idaman dan juga tetap digunakan. Terlebih saat Anda menggunakan surat sebagai surat undangan maka hal tersebut tak akan bisa digantikan dengan media yang lain.

Contoh surat undangan ini menjadi salah satu yang dianggap pasti sebab, banyak orang yang mencarinya setiap saat. Surat undangan ini banyak digunakan dalam segala kebutuhan karena segala acara pasti membutuhkan yang namanya surat undangan.

Terdapat dua jenis surat undangan yang akan dibahas dalam artikel Jurnal Manajemen ini. Pertama adalah contoh undangan resmi dan tidak resmi.

Contoh Surat Undangan Lengkap Dengan Segala Keterangannya

Beberapa Contoh surat undangan ini bisa diperhatikan masing-masing. Pembuatannya pun harus disesuaikan dengan kebutuhan Anda karena berbeda acara, maka akan berbeda pula jenis surat yang harus digunakan.


  • Surat Undangan Rapat

salah satu surat undangan yang paling banyak digunakan adalah surat undangan rapat. Surat ini termasuk ke dalam jenis surat resmi di mana di dalamnya harus tersedia kop dan juga stempel dari perusahaan atau instansi yang bersangkutab.

Fungsi dari surat ini adalah untuk mengundang seseorang agar menghadiri suatu rapat pada agenda tertentu. Bagian-bagian yang termasuk ke dalam surat ini diantaranya adalah kop surat, nomor surat, tanggal pembuatan surat, perihal surat, pembuka, isi, dan juga penutup.

Salah satu contoh pembuatan  surat undangan rapat ini adalah sebagai berikut:

 

Maju Bersama

Jalan jenderal Gatot Subroto nomor 23, Semarang

Telp: 021-456768

Email: [email protected]

Nomor: 010/URP/MB/V/2019

Lampiran:-

Hal: Undangan Rapat Perusahaan

Yth.

Bapak Agung Wicaksono, S.Si

HRD CV. Maju Bersama Cabang Semarang

Di Tempat

Dengan hormat,

Sehubungan dengan diadakannya acara evaluasi kerja tahunan perusahaan CV. Maju Bersama, kami bermaksud untuk megundang Bapak untuk dapat menghadiri eapat yang akan dilaksanakan pada:

Hari/Tanggal : Rabu, 25 Mei 2019

Waktu  : 08.00-09.00

Tempat: Lobi gedung E

Demikian surat undangan ini, mengingat pentingnya acara rapat ini, maka kami mengharapkan kehadiran Anda tepat waktu.

Atas perhatian Bapak, kami ucapkan terima kasih

Jakarta, 10 Me 2019

Hormat kami,

 Aji

(Direktur)

Contoh undangan rapat diatas termasuk ke dalam surat undangan resmi sehingga, bagian kop surat harus selalu ada dan tak boleh ditinggalkan. Jika Anda membuat surat undangan rapat, maka jangan lupa untuk selalu menyertakan bagian kop surat dan stempel surat.


  • Surat Undangan Pernikahan

Pada surat undangan ini tak hanya menyajikan surat undangan bagi rapat saja karena pernikahan ini pasti akan membutuhkan surat undangan. Pernikahan biasanya akan menyatukan keluarga dan juga teman yang jauh sehingga, membutuhkan surat undangan agar nantinya lebih jelas dan juga lebih sopan.

Purwokerto, 20 Mei 2019

Bismillahirrahmanirahim

Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Menautkan dan menyatukan 2 buah hati dalam satu ikrar suci, semoga nantinya akan dapat menjadi langkah awal untuk mendapatkan surganya. Dengan mengucapkan syukur yang tak pernah terhingga atas berkat dan karunia Tuhan Yang Maha Esa, kami berdua bermaksud untuk mengucap ikrar dan janji suci dalam pernikahan kami:

Jessika Youri, S.Ked

Putri kedua Bapak H. Muhidin dan Ibu H. Eriana Tanjung

Dengan

Doni Nur Ramdani

Putra Pertama Bapak H. Erwin dan Ibu H. Reisha

Rasa haru serta bahagia akan terukir di hati kami berdua atas segala limpahan rahmat Allah SwT dan juga kami selalu memohon Rahmat dan Ridho-Nya untuk melanangsungkan pernikahan putri kami, yang akan dilaksanakan pada:

Hari/tanggal: minggu, 18 Mei 2019

Pukul :08.00-selesai

Tempat: Masjid Agung, Jl. Perjuangan Bandung

Tak ada kata yang dapat kami sampaikan selain ucapan terimakasih dari hati yang paling tulus, atas kehadiran saudara saudari.

Atas kehadiran dan doa restu saudara saudari, kami mnegucapkan terimakasih.

Wassalamualaikum wr wb

Hormat Kami,

Kedua mempelai

Surat undangan pernikahan ini bisa dibuat sesuai dengan kebutuhan Anda. Kebanyakan orang akan membuat surat undangan dengan berbagai desain dan juga format yang disesuaikan dengan kebutuhan kedua belah mempelai.


  • Surat Undangan Ulang Tahun

surat undangan ini juga tak hanya untuk acara-acara yang terlihat resmi seperti pernikahan dan juga acara rapat namun juga untuk momen-momen kecil layaknya ulang tahun. Ulang tahun ini adalah momen yang paling ditunggu-tunggu oleh setiap orang.

Momen ulang tahun ini menjadi momen yang paling ditunggu karena momen ini terjadi hanya setiap satu tahun sekali sehingga tak heran jika untuk merayakan ulang tahun ini harus mengundang orang-orang yang terdekat dan juga tersayang.

Semarang, 23 april 2019

Assalamualaikum

Dengan bahagia, saya mengharapkan kehadran teman-teman untuk dating dalam pesta ulang tahun saya yang ke 17, adapun pesta ulang tahun ini akan dilaksanakan pada:

Hari/tanggal: senin, 24 April 2019

Jam: 13.00

Tempat: villa Bougenvile

Atas kehadiran dan partisipasinya, saya mengucapkan terimakasih sebanyak-banyaknya.

Wassalamualaikumwarohmatullahi wabarokatuh.

Saat Anda membuat surat undangan ulang tahun , maka Anda bisa menggunakan beragam jenis format sesuai dengan apa yang Anda inginkan karena yang namanya  surat undangan ulang tahun ini bukan merupakan surat resmi sehingga bisa Anda kreasikan sesuai dengan kesukaan dan juga kebutuhan Anda.


  • Surat Undangan Tidak Resmi

Surat undangan ini dapat dibagi menjadi beberapa macam yaitu surat undangan yang resmi dan juga tidak resmi. Perbedaanya hanya terletak pada bagian format di mana surat undangan resmi ini harus berisikan kop surat dan juga nomor surat namun, untuk surat yang tidak resmi Anda tidak perlu membutuhkan kop surat dan juga nomor surat.

Contoh surat undangan ini bisa disesuaikan dengan kebutuhan Anda. Untuk surat tidak resmi ini, Anda bisa menggunakan berbagai macam kata-kata pribadi dan juga tidak resmi seperti adanya penggunaan bahasa gaul dalam surat tersebut.

selain menggunakan bahasa gaul, Anda juga bisa menggunakan berbagai desain sesuka hati. Surat undangan tidak resmi ini bisa diperuntukkan untuk teman sebaya dan juga dalam konteks acara yang tidak resmi tidak sperti rapat dan juga undangan pernikahan.

Pada surat undangan tidak resmi ini bisa digunakan dalam beragam hal seperti adanya pesta ulang tahin, undangan reuni, atau pun undangan-undangan yanglainnya yang sifatnya tak melibatkan instansi atau pun perusahaan.

  • Surat Undangan Seminar

Selain surat resmi, ada juga surat resmi dalam bentuk undangan untuk menghadiri seminar. Seminar ini bisa ditunjukkan untuk berbagai acara baik itu seminar nasional, regional, atau pun berbagai seminar yang berhubungan dengan akademik.

Seminar ini  bisa meminta Anda untuk dating sebagai pembicara, atau pun sebagai peserta sesuai dengan konteks yang ada. Surat undangan ini biasanya berada dalam bentuk surat resmi sehingga akan lebih mudah untuk dibuat karena menyangkut antara satu instansi dengan instansi yang lainnya.

Contoh surat undangan seminar ini bisa Anda temukan dalam 2 buah versi yaitu versi secara resmi dan juga versi yang tidak resmi. Pemilihan jenis ini sesuai dengan apa acara yang akan Anda lakukan dan untuk siapa surat tersebut ditujukan. Jika Anda menghubungi teman atau sahabat sendiri, maka bisa menggunakan surat yang tidak resmi namun, jika yang Anda hubungi adalah pejabat atau pembicara, maka Anda harus emngunakan surat yang memiliki format yang resmi.

 

Bogor, 18 Mei 2019

Kami panitia

“Seminar Kepenulisan dan Keilmiahan”

 

Megundang Bapak./ ibu pada acara : “Seminar Kepenulisian dan Keilmiahan”

Yang akan dilaksanakan pada:

Hari/ Tanggal: Jumat, 27 Juli 2019

Waktu : 09.00-08.00

Tempat : Kampus Bogor

Jalan Pajajaran No 100 Bogor

Merupakan suatu kehormatan dan kebahagiaan bagi kami jika bapak atau Ibu dapat hadir secara tepat waktu untuk memberikan dukungan pada kegiatan seminar ini.

Atas kehadiran dan perhatiannya kami mengucapkan terimakasih


  • Surat Undangan Pengajian

Selain untuk berbagai acara seperti pernikahan dan juga berbagai acara seperti seminar, yang namanya surat undangan ini juga bisa digunakan untuk surat undangan pengajian. Jika selama ini Anda merasakan kebingungan selama ini, maka saatnya Anda bisa menggunakan berbagai macam contoh surat undangan pengajian yang tentunya akan sangat memudahkan Anda dalam penggunaanya.

Jakarta, 21 Januari 2019

No: 123

Hal: undangan

Kepada yth

Bapak/ ibu

Di Tempat

Assalamualaikum wr.wb

Puji syukur kita panjatkan kehadiran Allah SWT, sholawat serta salam semoga selalu tercurahkan kepada Baginda nabi Besar Muhammad SAW, beserta dengan sahabatanya, semoga kita semua selalu berada di lindungan Allah SWT. Aamiin.

Bersama ini kami mengundang Bapak.Ibu dalam acara pembukaan pengajian rutin Majlis taklim, yang insya Allah akan dilaksanakan pada:

Hari/ tanggal : Sabtu, 25 Januari 2019

Jam: 08.00 WIB

Tempat: Majlis taklim Nurul Huda

Penceramah: bapak Agus Kuncoro

Demikian undangan ini kami sampaikan, dimohon kehadiran Bapak atau Ibu secaratepat waktu. Atas kehadiran dan juga kerjasamanya, kami mengucapkan terimakasih yang sebesar-besarnya.

Wabillahitaufiq Wal Hidayah

Wassalamualaikum Wr.WB

Hormat Kami,

MT

Ketua Majlis taklim

Surat undangan pengajian ini bisa menjadi salah satu surat yang wajib Ada karena yang namanya surat undangan ini nyatanya diperlukan dalam sebuah acara pengajian sehingga tak bisa dihilangkan atau tak bisa ditinggalkan.

Surat undangan pengajian  ini nyatanya harus dibuat dengan bentuk yang rapi, dan juga harus menggunakan pilihan bahasa yang formal, ringkas, dan juga tidak bertele-tele sehigga maknanya sampai pada tujuan yang diinginkan.

Salah satu aspek yang paling penting dalam pembuatan undangan surat pengajian ini adalah pilihan bahasa yang sopan dan juga sesuai dengan target atau sasaran yang dibutuhkan oleh Anda karena sasaran pengajian ini biasanya adalah para orang tua sehingga harus menggunakan kata yang sopan dan juga mudah dipahami nantinya.

Membuat surat undangan ini bisa dibilang mudah dan gampang namun sulit dilakukan.  Hal ini dikarenakan, saat Anda membuatnya dengan contoh nantinya akan lebih mudah untuk dibuat begitu juga sebaliknya.

Tips Memilih Surat Undangan

Saat Anda akan membuat surat undangan, maka Anda harus dapat mengerti dan memilih jenis surat yang sesuai dengan kondisi yang ada pada tujuan dan juga sasaran yang akan Anda tuju. Lalu, bagaimana tips untuk memilih surat undangan acara yang sesuai dengan apa yang diinginkan?

  • Lihat sasaran

Salah satu cara yang bisa Anda gunakan pertama kali saat akan mencari format surat adalah dengan cara melihat tujuannya dan jenis acaranya. Tujuan dan juga jenis acara ini akan sangat penting dalam menentukan apakah surat yang digunakan adalah tipe surat formal atau non formal.

Jika acara yang akan Anda buat adalah acara resmi seperti undangan rapat, undangans eminar, undangan acara yang kiranya akan lebih penting, maka bisa menggunakan jenis surat resmi. Namun, jika acara yang Anda gunakan hanyalah acara seperti ulang tahun, maka Anda bisa menggunakan surat biasa tanpa menggunakan format resmi seperti biasanya.

Selain itu, Anda juga harus mencari yang sesuai dengan isinya. Misalkan saja orang yang akan Anda beri surat ini adalah sebagai pembiacara, maka anda harus menggunakan surat formal namun, jika hanya untuk sebatas teman saja, anda bisa menggunakan surat non formal seperti biasa.

  • Desain

Masalah desain nyatanya tak terlalu dibutuhkan dalam pembuatan surat sehingga akan lebih baik jika Anda menyesuaikan saja desain yang akan digunakan. Misalkan saja, Anda membuat surat resmi, maka desain yang digunakan haruslah desain yang simple, sederhana, yang tak membutuhkan banyak coretan warna di dalamnya.

begitu pula saat Anda menginginkan surat yang tak resmi, maka Anda bisa menggunakan berbagai macam jenis desain sesuai dengan apa yang Anda inginkan. Hal ini pastinya akan membuat surat yang akan Anda buat menjadi lebih cantik dan juga lebih menarik.

5. desain surat undangan resmi
5. desain surat undangan resmi
  • Pilihan kata-kata

Membuat surat undangan memang bukan hal yang mudah terutama jika Anda menggunakan pilihan bahasa yang menyulitkan. Namun, jika Anda ingin membuat surat sendiri, maka Anda bisa menggunakan bahasa yang mudah dan juga sesuai dengan apa yang Anda inginkan sehingga Anda sudah tak perlu lagi membuat bahasa yang pusing dan juga harus sesuai dengan aturan karena apa yang Anda inginkan bisa Anda tulis sesuka hati Anda.

Hal yang Harus Diperhatikan dalam Mencari dan Memilih Surat Undangan

Salah satu cara yang  bisa digunakan saat mencari contoh undangan adalah dengan cara mencari contohnya lewat dunia maya atau pun dunia nyata. Berikut perbekalan yang bisa Anda gunakan untuk mencari contoh surat undangan.

  • Mencari Lewat Internet

Salah satu cara yang bisa Anda gunakan saat mencari contoh surat adalah dengan mencarinya lewat internet. Seperti yang kita tahu jika internet ini selalu menyediakan beragam kebutuhan yang kita inginkan tak terkecuali contoh surat yang akan Anda buat dalam bentuk nyata surat.

Internet ini biasanya akan menyediakan banyak sekali contoh undangan dengan b ergaam versi dan juga beragam format sesuai dengan apa yang Anda butuhkan. Versi ini bisa dicari ssesuai dengan kebutuhan Anda misalnya Anda mencari contoh surat undangan seminar, atau pengajian, maka cari sesuai dengan apa yang dibutuhkan.

Di internet sendiri pastinya juga menyediakan beragam contoh seperti yang Anda minta. Carilah yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Pilihlah terlebih dahulu dengan seksama agar nantinya sesuai dengan kebutuhannya.

Asalnya, yang namanya mencari format ini tidak serta merta sesuai dengan apa yang Anda inginkan sehingga harus disesuiakan dengan apa yang Anda butuhkan. Carilah yang tak hanya tampilannya saja yang memukau namun isinya juga bisa Anda pantau.

Saat Anda membuat surat, maka ada beberapa hal yang harus Anda ketahui. Salah satunya adalah bagian-bagian surat yang isinya harus diperhatikan. Isi atau bagian surat ini nyatanya harus bisa Anda pahami agar pada saat Anda membuat surat, nantinya Anda harus bisa mengerti dan bisa membuat sesuai dengan apa yang sesungguhnya.

  • Kop surat

Salah satu bagian surat yang paling penting adalah kepala surat (kop surat). Bagian ini merupakan bagian paling atas dari sebuah surat. Dalam kop ini, akan memuat informasi berupa nama, logo, dan juga identitas serta alamat dari sebuah kantor lembaga yang membuat surat. Kop surat ini juga memiliki banyak fungsi salah satunya adalah dapat dijadikan sebagai media promosi dari sebuah lembaga atau organisasi pengirimannya.

Dalam kop surat ini, juga berisikan alamat dari kantor yang dapat Anda hubungi dan juga berisikan beberapa kontak seperti nomor telepon atau pun fax yang nantinya akan bisa Anda lihat.

5. kop surat undangan kekinian resmi
5. kop surat undangan kekinian resmi
  • Tempat dan tanggal surat

Bagian lain dari suatu surat adalah tempat dan juga tanggal surat. Hal ini bertujuan untuk menunjukkan informasi terkait kapan surat tersebut dibuat dan terkait tempat pembuatan surat tersebut untuk menunjukkan berasal dari mana surat tersebut.

Penulisan tempat surat ini juga akan berbeda formatnya antara yang stau dengan yang lain. Jika sudah dicantumkan dalam kop, maka terkadang tempat ini tak dicantumkan kembali dalam proses pembuatan tanggal.

Cara penulisan kop surat ini juga memiliki format tersendiri yang bisa Anda ikuti. Format yang berlaku untuk pembuatan surat ini adalah Kota, baru tanggal. Seperti Bandung, 26 September 2019.

  • Nomor surat

Setelah mencamtumkan bagian tempat surat, Anda juga harus mencamtumkan bagian nomor surat. Nomor surat ini bisa dibuat oleh suatu lembaga langsung atau instansi. Penomoran surat ini juga harus dilakukan oleh sebuah instansi sehingga nomornya akan sistematis dan juga berurutan.

Penggunaan nomor surat ini meliputi beberapa seperti adanya nomor penulisan surat, tanggal, bulan, kode surat, dan juga tahun pembuatan surat. Nomor surat ini memiliki fungsi yaitu dapat mengetahui jumlah surat yang sudah dibuat dan dikeluarkan oleh sebuah lembaga.

Penempatan nomor surat ini biasanya harus disesuaikan dengan bentuk dan juga sistematika penulisannya. Nomor surat ini bisa diletakkan secara fleksibel baik itu di bagian nkanan, kiri, atau pun tengah dan bawah judul. Contoh pembuatan nomor surat ini meliputi 046/BNS/01/01/2019.

  • Lampiran yang disertakan

Lampiran terkadang juga disertakan dalam beberapa surat yang mana dapat memberikan informasi yang jelas jika terdapat dokumen di bagian belakangnya. Jika nantinya tidak terdapat lampiran, maka bagian lampiran tersebut harus ditiadakan.

Penulisan lampiran yang ditambahkan ini bisa juga disebutkan berapa penjelasannya yaitu jumlah lembar, eksemplar atau pun cukup hanya jumlah berkasnya saja dengan bentuk huruf. Jika lampiran yang dituliskan lebih dari 10, maka dapat dituliskan dalam bentuk angka. Sedangkan jika Anda tidak membubuhkan lampiran, maka bisa ditulis dengan tanda minus atau pun tanda penghubung.

  • Hal/perihal

Bagian lain yang harus dibubuhkan adalah masalah hal atau pun perihal. Fungsi hal ini adalah untuk memberikan petunjuk pada pembaca terkait kepentingan dan juga isi pokok dalam surat yang ada. Secara lebih ringkas, hal atau perihal ini dapat dikatakan sebagai judul sehingag disebut surat yang berjudul.

Penulisan hal atau perihal ini tidak ditulis dengan menggunakan huruf kaoital secara keseluruhannya, tetapi hanya untuk pada bagian huruf pertamanya saja. Di bagian akhir hal juga tidak perlu diberikan tanda titik.

  • Alamat Tujuan

Penggunaan alamat tujuan juga bisa menjadi salah satu dari bagian surat., yaitu terkait alamat yang akan dituju untuk pengiriman surat. Dalam penulisan alamat ini, ada 2 buah alamat yang harus dibuat yaitu alamat luar yang ditulis di bagian luar sampul dan juga alamat dalam yang nantinya dituliskan di dalam kertas.

Alamat yang ditulis di bagian sampul ini harus ditulis dengan lengkap sedangkan utnuk bagian dalamnya boleh ditulis sebagian saja. Biasanya pada bagian dalamnya, ditujukkan untuk orang atau instansi seperti bapak/Ibu atau Yth.

Saat Anda menuliskan alamat surat ini, ada beberapa hal yang harus diketahui seperti adanya penggunaan kata Yth yaitu singkatkan dari yang terhormat yang mana ditujukan untuk menghormati pihak yang diberikan baik itu kepada alamat yang ditujukan.

Selain dapat menggunakan Yth, dapat juga menggunakan sebutan seperti Bapak atau pun Ibu atau pun Sdr yang diikuti dengan nama orang yang diberikan surat. Setelah itu, nantinya akan diberikan juga tanda titik di akhir barisan kecuali untuk singkatan.

Selanjutnya, Anda juga bisa mencamtumkan kode pos yang digunakan untuk memudahkan pengiriman kepada alamat yang dituju. Berikut merupakan contoh penulisan alamat surat:

Yth. Direktur PT Maju Bersama

Jalan Airlangga no 26

Surabaya

  • Salam Pembuka

Setelah mencamtumkan alamat surat, Anda juga selanjutnya harus mencamtumkan salam pembuka surat. Salam pembuka ini memiliki fungsi untuk membuka suatu pembicaraan dalam surat. Tentunya, harus sesuai dengan adab dan juga sopan santun. Berikut, merupakan contoh salam pembuka:

Dengan hormat,

Assalamualaikum wr.wb

Selamat pagi

  • Isi Surat

Bagian isi surat ini merupakan bagian isi dalam surat. Hal ini bisa Anda lihat seperti pada contoh undangan ulang tahun atau pun berbagai macam contoh yang lainnya. Isi surat ini baiknya dibuat dengan ringkas, mudah dibaca, dan juga dapat memberikan penjelasan dengan seksama.

Isi surat ini berisikan apa saja yang akan disampaikan dari pengirim ke orang yang dituju.

Seperti bentuk karangan pada umunya, isi surat ini terdiri dari 3 bagian yakni pembuka, inti, dan juga bagian penutup.

Bagian pembuka ini berisikan srat pengantar yang diberikan untuk pembaca untuk dapat mengetahui isi dan juga berita yang nantinya akan disampaikan oleh si pengirim. Pada bagian inti, berisi kan maksud dan juga tujuan dari setiap pengiriman surat. Maksud ini harus ditulis secara jelas dan juga singkat, serta padat yang terdapat pada bagian inti agar nantinya pesan akan tersampaikan secara jelas ke pembacanya.

Setelah itu, terdapat juga bagian penutup yang mana berisikan dengan penegasan dan juga kesimpulan dari segala isi surat secara keseluruhan. Penutup ini juga berisikan harapan dan juga ucapan terimakasih pada semua pembaca atas segala penyampaian pesannya.

Bagian penutup ini juga berisikan penegasan, kesimpulan, harapan, atau pun ucapan. Sehingga, bagian penutup ini berisikan tanda jika uraian pokok dari sebuah surat sudah selsai disampaikan. Penutup ini juga harus dibuat dengan singkat, ringkas, dan juga tidak perlu berbasa-basi.

 Perbedaan Mendasar Surat Resmi Dengan Surat Pribadi

Saat Anda membuat surat, entah itu terkait contoh kartu undangan atau pun contoh undangan nikah, Anda harus memperhatikan beberapa hal yang perlu Anda pikirkan. Salah satunya adalah jenis surat entah itu tergolong ke dalam surat resmi atau pun surat pribadi. Lalu, kira-kira apa saja perbedaan antara surat pribadi dan surat resmi?

Sebagai ilustrasi pada saat membuat contoh undangan nikah pastinya akan berbeda dengan contoh undangan pengajian. Perbedaan ini terletak pada jenis surat karena pada dasarnya surat dapat dibedakan menjadi 2 bagian yaitu surat resmi dan juga surat pribadi.

  • Kelengkapan Bagian Surat

Perbedaan pertama yang sangat menonjol dalam surat resmi dan surat pribadi adalah dari kelengkapan usnur-unsur surat itu sendiri. Surat resmi ini mengandung beberapa bagian yang lebih lengkap jika dibandingkan dengan surat pribadi.

Unsur-unsur yang ada di bagian surat resmi ini ada beberapa macam seperti kepala atau kop surat yang memberikan informasi mengenai pembuat surat dari sebuah instansi atau perusahaan, nomor surat, tanggal surat, pembuka, isi, penutup, dan juga biasanya diberikan tembusan surat yang berisikan pemberitahuan kepada pihak yang bersangkutan.

Sementara ketika brbicara surat pribadi, maka akan berisikan bagian-bagian yang lebih sederhana seperti hanya terisi tanggal, alamat, pembuka, penutup, dan juga tanda tangan pembuat surat. Dalam suart pribadi, tak disediakan yang namanya kop surat dan juga nomor surat. Selain itu, bagia formatnya juga lebih bebas dalam mengkreasikannya.

  • Pihak yang Dihubungkan

Selain dilihat dari bagian atau unsurnya, surat pribadi dan surat resmi ini juga akan berbeda dalam urusan pihak yang bersangkutan. Surat pribadi hanya sebatas menghubungkan 2 buah insan yang masih berada dalam urusan pertemanan atau pun persahabatan.

Surat resmi ini nyatanya tak hanya berurusan dengan 2 buah individu saja namun, sudah menghubungkan yang namanya antar llembaga atau instansi dalam lingkup yang lebih luas. Isi dari masing-masing ini juga akan berbeda satu sama lain.

  • Bahasa yang digunakan

Salah satu hal yang paling terlihat dari kedua belah surat ini adalah bahasa yang digunakan. Surat resmi biasanya menggunakan bahasa yang jelas, yang ringkas, dengan ejaan yang disempurnakan, dan juga bahasa baku.

Akan tetapi, yang namanya surat pribadi memiliki tata bahsa yang lebih bebas dan juga dengan ruang gerak yang tiada batas. Bahasa yang digunakan juga bisa menggunakan bahasa gaul yang tentunya akan memberikan kemudahan dan juga kebebasan.

  • Gaya Bahasa

Gaya bahasa juga menjadi salah satu hal yang membedakan antara surat resmi dan juga surat pribadi. Surat resmi ini menggunakan gaya bahasa yang lebih kaku dan juga simple gaya bahasa yang digunakan juga tidak berbelit-belit saat penulisannya.

Hal ini nyatanya akan sangat berbeda dengan gaya bahasa surat pribadi yang tentunya akan lebih bebas dan juga bisa diekspresikan dengan bebas dan juga tak ada batasan.

Surat resmi ini memiliki format yang lebih pasti dan juga lebih jelas. Hal ini berbeda dengan surat biasa atau pribadi yang tak memiliki format yang lebih pasti dan juga lebih rapi. Sehingga, akan lebih mudah saat membuat surat pribadi ini jika dibandingkan dengan surat resmi.

Saat akan membuat surat, maka Anda harus memgang prinsip dan juga aturan yang telah ditetapkan. Jangan sampai aturan yang digunakan tak diterapkan karena jika surat resmi yang dibuat, maka hal ini menjadi pedoman penting yang tak boleh dilepaskan.