10 Contoh Surat Somasi di Berbagai Kasus [Referensi]

6 min read

contoh surat somasi

Bagi Anda yang masih sedikit awam dengan istilah-istilah dalam dunia hukum mungkin belum mengetahui apa itu surat somasi. Surat somasi sendiri merupakan surat teguran maupun peringatan yang diberikan kepada pihak tertentu yang dinyatakan melanggar hukum dan peraturan. Contoh Surat Somasi terkadang berkaitan dengan pelanggaran perjanjian, perihal penghinaan, hingga hutang piutang. Berikut contoh surat somasi yang Jurnal Manajemen rangkum untuk anda semua :

 

Baca Juga : Contoh Surat Peringatan/Teguran Karyawan (Perusahaan, Sekolah, Dll)

 

Contoh Surat Somasi untuk Pelanggaran dan Kelalaian Membayar Kontrak Kerja

Sebagai negara hukum, setiap pelanggaran akan kontrak kerja yang telah disepakati bersama harus diberikan teguran dan peringatan. Anda dapat mengeluarkan surat somasi baik diwakilkan melalui firma hukum ataupun mengeluarkannya sebagai lembaga tertentu.

Anda dapat mengeluarkan surat somasi hingga tiga kali. Rentang waktu pengeluaran antara surat somasi adalah minimal tujuh hari atau satu minggu sejak surat somasi sebelumnya. Apabila hingga somasi ketiga belum ada respon dari pihak yang Anda kirimkan surat somasi, maka Anda bisa mengajukan tuntutan hukum kepada pihak berwajib untuk menyelesaikan permasalahan ini baik perdata maupun pidana.

Nomor             : 05/10/Ls/UP2019

Hal                   : Somasi Pertama

Kepada Yth.

Direktur PT. Kusuma Sejahtera Bersama

Bapak. Drs. Farhad Situmorang

Jalan Mawar Delima Nomor 4 Medan

Dengan hormat,

Bersamaan dengan surat ini kami selaku selaku PT Electrical Jaya menyampaikan kewajiban PT Kusuma Sejahtera Bersama untuk memenuhi perjanjian terkait dengan pembangunan gedung pasar Delima Medan. Sebagaimana perjanjian yang telah tertuang dalam kontrak akad perjanjian bernomor 03/KSB/2017 tertanggal 4 Oktober 2017 menyatakan adanya kewajiban kami untuk menyelesaikan pemasangan fasilitas listrik di dalam gedung bangungan serta kewajiban PT Kusuma Sejahtera Bersama untuk melunasi pembayaran Rp 500.0000 (lima ratus juta rupiah). Surat ini disampaikan berkaitan dengan telah tiba masa jatuh tempo perjanjian.

Untuk itu kami menyampaikan somasi kepada saudara agar :

  1. Segera melaksanakan kewajiban PT Kusuma Sejahtera Bersama untuk memberikan pelunasan pembayaran pembangunan fasilitas listrik gedung pasar Delima Medan sebesar Rp 500.000 (lima ratus juta rupiah). Pembayaran dilakukan dalam waktu selambat-lambatnya tujuh hari setelah diterimanya surat somasi ini.
  2. Apabila dalam waktu tujuh hari pelunasan pembayaran belum dilakukan, maka kami selaku PT Electrical Jaya akan mengajukan tuntutan hukum kepada pihak berwajib untuk menyelesaikan permasalahan ini baik perdata maupun pidana.

Demikianlah surat ini disampaikan semoga menjadi perhatian.

Hormat kami,

Direktur PT Electrical Jaya

Ir. Mahardika Subangun


Contoh Surat Somasi Pelanggaran Perjanjian

 

Hal                   : Somasi Pertama

Kepada Yth.

Direktur PT. Kontraktor Sejahtera

Jalan Mawar Belimbing Nomor 4 Semarang

Dengan hormat,

Bersamaan dengan surat ini kami selaku pihak pekerja kontrak PT. Kontraktor Sejahtera melayangkan surat somasi terkait kelalaian perusahaan untuk memenuhi kewajibannya dalam memberikan pembayaran pekerja. Perjanjian tersebut telah tertuang dalam kontrak akad perjanjian bernomor 03/UPT/2018 tertanggal 4 Juli 2018 menyatakan kewajiban kami untuk melaksanakan pembangunan perumahan kompleks Daun Hijau serta kewajiban PT Kontraktor Sejahtera untuk melunasi pembayaran masing-masing pekerja Rp 10.0000 (sepuluh juta rupiah). Surat ini disampaikan berkaitan dengan telah tiba masa jatuh tempo perjanjian.

Untuk itu kami menyampaikan somasi kepada saudara agar :

  1. Segera melaksanakan kewajiban PT Kontraktor Sejahtera untuk memberikan pelunasan pembayaran upah pekerja sebesar Rp 10.000 (sepuluh juta rupiah). Pembayaran dilakukan dalam waktu selambat-lambatnya tujuh hari setelah diterimanya surat somasi ini.
  2. Apabila dalam waktu tujuh hari pelunasan pembayaran belum dilakukan, maka kami akan mengajukan tuntutan hukum kepada pihak berwajib untuk menyelesaikan permasalahan ini baik perdata maupun pidana.

Demikianlah surat ini disampaikan semoga menjadi perhatian.

Hormat kami,

Persatuan pekerja kontrak PT Kontraktor Sejahtera


Surat Somasi Pelanggaran Sewa Bangunan

 

Nomor             : 05/10/Ls/UP2019

Hal                   : Somasi Pertama

Kepada Yth.

Bapak. Ir. Putera Sanjaya

Jalan Agung Rasuna Said Nomor 4 Semarang

Dengan hormat,

Bersamaan dengan surat ini kami menyampaikan surat somasi pertama berupa pelanggaran hak sewa bangunan sesuai dengan yang tertera dalam surat perjanjian bernomor 21/65.37/2019 per tanggal 1 Januari 2019 mengenai sewa ruko tingkat 2 yang ada di area

Kompleks         : Pasar Minggu Semarang

Luas bangunan : 700 meter persegi

Sebagaimana yang telah tertuang dalam perjanjian sewa bahwa bahwa klien kami berkewajiban melunasi pembayaran sewa sebesar Rp 30.000.000 (tiga puluh juta rupiah) untuk sewa selama satu tahun. Dengan demikian klien kami telah melaksanakan kewajiban yang tertuang di dalam akad sewa. Namun, hingga 15 April 2019 saudara belum melakukan kewajiban berupa penyerahan gedung sehingga menyebabkan wanprestasi.

Berkaitan dengan permasalahan tersebut, klien kami mengajukan waktu untuk saudara menyerahkan gedung ruko selambat-lambatnya 7 (tujuh) hari setelah surat somasi pertama diterbitkan. Apabila hingga tujuh hari saudara tidak melaksanakan kewajiban maka kami akan menempuh jalur hukum untuk menyelesaikan persoalan ini. Demikian semoga menjadi perhatian.

Hormat kami,

Kuasa Hukum

Sianta Ruhima, SH, MH


Surat Somasi Pelanggaran Serah Terima

 

Nomor             : 05/10/Ls/UP2019

Hal                   : Somasi Kedua

Kepada Yth.Property Jaya

Bapak. Ir. Putera Sanjaya

Jalan Agung Rasuna Said Nomor 4 Semarang

Dengan hormat,

Sebagaimana yang telah tertuang di dalam surat perjanjian jual beli bernomor 21/65.37/2019 per tanggal 1 Januari 2019 mengenai penjualan gedung ruko tingkat 2 yang ada di area

Kompleks         : Pasar Minggu Semarang

Lokasi              : Jalan Meranti Nomo 5

Luas bangunan : 700 meter persegi

Sebagaimana yang telah tertuang dalam perjanjian jual beli bahwa klien kami berkewajiban melunasi pembayaran bangunan sebesar Rp 500.000.000 (lima ratus juta rupiah). Dengan demikian klien kami telah melaksanakan kewajiban yang tertuang di dalam akad jual beli. Namun, sesuai dengan akad yang tertuang dalam perjanjian saudara belum melakukan kewajiban berupa penyerahan gedung hingga tanggal 15 April 2019 sehingga menyebabkan wanprestasi.

Berkaitan dengan permasalahan tersebut, klien kami mengajukan waktu untuk saudara menyerahkan gedung ruko selambat-lambatnya 7 (tujuh) hari setelah surat somasi kedua ini diterbitkan. Apabila hingga tujuh hari saudara tidak melaksanakan kewajiban maka kami akan menempuh jalur hukum untuk menyelesaikan persoalan ini. Demikian semoga menjadi perhatian.

Hormat kami,

Kuasa Hukum

Sianta Ruhima, SH, MH


Artikel Terkait
8 Contoh Surat Kuasa Berbagai Keperluan (PILIHAN)
10+ Contoh Surat Perjanjian (Kerjasama, Jual Beli, Kerja, Hutang, Kontrak, Dll)

Contoh Surat Somasi untuk Persoalan Hutang Piutang

Hal                   : Somasi Pertama

Kepada Yth.

Ibu. Dwi Farhad Mahardika

Jalan Mawar Delima Nomor 5, Kecamatan Grogol Serang

Dengan hormat bahwasanya saya advokat yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama               : Lily Mawartuti Hastini

Alamat              : Jalan Mataram Serang

Bahwa atas surat kuasa khusus tertanggal 5 Maret 2019 atas nama klien kami Mafisah Hadiyaningrum dengan alamat Jalan Puranti Nomor 6 Kecamatan Grogol Serang ingin menyampaikan surat somasi pertama kepada saudara yakni.

Berkenaan dengan hutang piutang per tanggal 1 Januari 2018 sebesar Rp 100.000.000 (serratus juta rupiah). Sesuai dengan perjanian yang tertulis bahwa saudara akan melakukan pembayaran dengan cara mencicil Rp 10.000.000 setiap bulan selama 10 bulan. Namun tanpa alasan saudara tidak lagi memberikan pembayaran tersebut selama tiga bulan berturut-turut.

Atas dasar hal tersebut klien kami mengajukan kepada saudara untuk memberikan pembayaran paling lambat 7 hari setelah diterbitkannya surat somasi ini.

Apabila dalam waktu yang telah ditentukan saudara tidak melunasi pembayaran maka klien kami akan mengajukan gugatan hukum.

Demikian surat somasi ini dilayangkan agar menjadi perhatian.

Hormat kami,

Kuasa Hukum

Sianta Ruhima, SH, MH


Surat Somasi untuk Lembaga Pemerintah

Nomor             : 12/675321/LK/UP2019

Hal                   : Somasi Pertama

Kepada Yth.

Dinas Sosial Pemerintah Kota Semarang

Bapak. Ir. Putera Sanjaya

Jalan Agung Rasuna Said Nomor 4 Semarang

Dengan hormat,

Tanpa mengurangi rasa hormat, saya selaku wakil dari pihak PT Kontraktor Sejahtera menyampaikan surat somasi terkait dengan pelanggaran perjanjian kerja sebagaimana yang telah disepakati sebelumnya seperti yang terlampir dalam surat ini.

Bahwasanya dalam perjanjian tersebut PT Kontraktor Sejahtera berkewajiban untuk melaksanakan pembangunan proyek rumah DP Rp 0 di daearh Desa Pawangdadi sementara pihak Dinas Sosial Pemerintah Kota Semarang berkewajiban untuk memberikan pembayaran sebesar Rp 2.000.000.000 (dua miliar rupiah).

Terhitung sejak tanggal 10 Desember 2018 pihak klien kami PT Kontraktor Sejahtera telah menyelesaikan pembangunan sebagaimana yang diminta dalam kontrak kerja. Namun hingga tanggal 30 Agustus 2019 pembayaran belum diterima oleh klien kami dan kini sudah memasuki masa tempo.

Berdasarkan hal tersebut, melalui surat somasi ini kami meminta agar:

  1. Saudara selaku Kepala Dinas Sosial Pemerintah Kota Semarang untuk melakukan pelunasan pembayaran dengan besaran Rp 2.000.000.000 (dua miliar rupiah) sebagaimana yang terlampir dalam akad kontrak kerja. Selambat-lambatnya pembayaran diterima tujuh hari sejak penerbitan surat somasi ini.
  2. Apabila sampai batas waktu yang ditentukan pihak Dinas Sosial belum melakukan pelunasan maka kami akan menempuh jalur hukum dengan mengajukan gugatan perdata dan pidana.

Demikian surat somasi ini kami layangkan agar menjadi perhatian.

Hormat Kami,

Semarang 5 September 2019

Kuasa Hukum

Sianta Ruhima, SH, MH


Surat Somasi Penyerobotan Hak Tanah

Hal                   : Somasi Pertama

Kepada Yth.

Ibu. Dwi Farhad Mahardika

Jalan Rambutan Nomor 5, Kecamatan Sinduadi Yogyakarta

Dengan hormat bahwasanya saya yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama               : Lily Mawartuti Hastini

Alamat              : Jalan Mataram Hulu Nomor 5 Sleman, Yogyakarta

Sebagai advokat dan konsultan hukum bertindak atas nama klien kami Mafisah Hadiyaningrum dengan alamat Jalan Puranti Nomor 10 Kecamatan Sinduadi Yogyakarta ingin menyampaikan surat somasi pertama kepada saudara berdasarkan Surat Kuasa tertanggal 10 Desember 2018 (terlampir).

Berkenaan dengan persoalan perebutan hak guna atas tanah dengan rincian:

Kompleks         : Perumahan Asri Hijau

Lokasi              : Jalan Rambutan Nomor 6 Kecamatan Sinduadi Yogyakarta

Luas tanah        : 700 meter persegi

Bahwa tanah tersebut merupakan milik dari klien kami Mafisah Hadiyaningrum berdasarkan sertifikat kepemilikan tanah bernomor 23/SK/0238928/TNH. Namun, saudara ditemukan secara sengaja telah membangun sebuah bangunan hingga mengambil tanah klien kami seluas 100 meter persegi di bagian utara tanah.

Atas dasar hal tersebut klien kami mengajukan kepada saudara untuk melakukan perobohan bangunan dan ganti rugi atas penggunaan secara sengaja dan tanpa izin atas hak guna tanah Klien kami memberikan waktu bagi saudara untuk melakukan perobohan bangunan yang menyerobot tanah sekurang-kurangnya dalam waktu 14 hari setelah surat somasi diterbitkan.

Apabila dalam waktu yang telah ditentukan saudara tidak melakukan sesuai dengan yang diminta maka klien kami akan mengajukan gugatan hukum perdata maupun pidana kepada pihak berwajib.

Demikian surat somasi ini dilayangkan agar menjadi perhatian.

Hormat kami,

Yogyakarta 5 April 2019

Kuasa Hukum

Sianta Ruhima, SH, MH


Contoh Surat Somasi Kosong

Nomor             :

Lampiran         :

Kepada Yth.

Di

Perihal              : SOMASI

Dengan hormat,

Perkenalkan kami,……, adalah Konsultan Hukum dan Advokat pada ….. berkedudukan di jalan….. Kami bertindah atas nama kepentingan hukum klien kami …. Hal ini didasarkan suat kuasa tertanggal …. (terlampir).

Bersama surat somasi ini mohon perhatian …. akan hal sebagai berikut ini:

  1. Bahwasanya (terkait hukum) dan pelaksana hubungan hukum
  2. Bahwa (terkait pelanggaran yang terjadi)
  3. Berdasarkan hal tersebut kami meminta untuk dilakukan ….

Apabila hingga waktu yang ditentukan, pihak tergugat tidak melakukan …. Maka kami akan menempuh jalur hukum.

Demikian surat somasi ini kami layangkan agar menjadi perhatian.

Hormat kami


Surat Somasi kepada PLN

Nomor             : 12/675321/LK/UP2019

Hal                   : Somasi Pertama

Kepada Yth.

General Manager PT. PLN (Persero) wilayah Kalimantan Barat

Bapak. Ir. Putera Sanjaya

Kami selaku advokat dan konsultan hukum mengajukan somasi atas:

  1. Adanya fakta carut-marut pengelolaan fasilitas kelistrikan di wilayah Kalimantan Barat yang terus terjadi sejak tahun 2015 hingga 2019. Hal ini menjadi bukti tidak adanya keseriusan pihak PT PLN wilayah Kalimantan Barat.
  2. Berdasarkan janji neral Manager PT. PLN (Persero) wilayah Kalimantan Barat yang dimuat di koran Tribun Pontianak bahwa di tahun 2019 Kalimantan Barat akan terbebas dari mati lampu. Namun hingga saat ini kasus mati lampu terus-menerus terjadi. Hal tersebut merupakan pembohongan terhadap masyarakat.

Berdasarkan hal tersebut, kami memperingatkan dengan keras agar pihak PT PLN segera mengatasi permasalahan ini. Apabila surat somasi ini diabaikan maka kami akan menempuh jalur hukum baik pidana maupun gugatan perdata atas kerugian yang ditimbulkan.

Hormat kami,

Kuasa Hukum


Surat Somasi kepada PDAM

 

Hal                   : Somasi Pertama

Kepada Yth.

Direktur PDAM kota Semarang

Kami selaku advokat dan konsultan hukum mengajukan somasi atas:

  1. Adanya fakta carut-marut pengelolaan fasilitas air minum daerah di wilayah kota Semarang yang terus terjadi sejak tahun 2017 hingga 2019. Hal ini menjadi bukti tidak adanya keseriusan pihak PDAM wilayah Semarang yang telah merugikan kesehatan hingga material para konsumen.

Berdasarkan hal tersebut, kami memperingatkan dengan keras agar pihak PDAM segera mengatasi permasalahan ini. Apabila surat somasi ini diabaikan maka kami akan menempuh jalur hukum baik pidana maupun gugatan perdata atas kerugian yang ditimbulkan.

Hormat kami,

Kuasa Hukum