6 Contoh Surat Pengunduran Diri/Surat Resign Kerja “Pilihan Terbaik”

12 min read

2. surat pengunduran diri

Memiliki pekerjaan yang sesuai dengan cita-cita dan passion pastilah akan sangat menyenangkan. Pekerjaan yang sesuai dengan keinginan membuat semua pekerjaan terselesaikan dalam perasaan tertekan. Masalah-masalah yang munculpun akan diatasi dengan penuh semangat karena pekerjaan itu memang sepenuhnya pilihan sendiri.

Sayangnya tidak semua orang beruntung langsung mendapatkan pekerjaan yang sesuai dengan keinginan. Kondisi di lapangan membuat banyak orang harus menempuh jalan yang cukup berliku sebelum akhirnya mendapatkan pekerjaan yang ideal. Pekerjaan yang terasa kurang ideal bisa karena jenis pekerjaannya yang tidak sesuai minat, lingkungan kerjanya yang kurang supportif, serta hal-hal lain yang tak sepenuhnya bisa dikendalikan.

Tak sedikit orang yang harus menjalani pekerjaan sekalipun tak sesuai dengan keinginan. Ada yang melakoninya karena tuntutan hidup yang mengharuskan menjalani pekerjaan apa saja asal bisa mencukupi kebutuhan. Ada juga yang harus menjalani semuanya karena tuntutan dari keluarga atau orang terdekat lainnya.

Apapun alasannya, menjalani pekerjaan yang tak sesuai keinginan pastilah terasa kurang menyenangkan. Keluhan seringkali menjadi hal yang tak bisa dihindari. Semangat kerja yang hanya setengah-setengah juga kerap menimbulkan perasaan mudah lelah dan mudah menyerah apabila terjadi masalah di lingkungan kerja.

Kondisi seperti yang disebutkan di atas adalah kondisi yang tidak baik, terutama bagi kesehatan mental. Ketika sudah bekerja, maka sebagian besar waktu akan dihabiskan di tempat kerja. Oleh karenanya sangat penting untuk bisa menjalani kehidupan pekerjaan dengan bahagia. Perasaan kurang bahagia yang terlangsung hampir tiap hari dan berlangsung dengan terus menerus bisa membuat orang rentan terkena stress dan depresi.

Demi menghindari stress dan depresi, Anda yang mengalami kondisi-kondisi seperti yang telah disebutkan di atas sebaiknya segera mencari pekerjaan baru yang lebih membahagiakan. Hal ini mungkin tak semudah kedengarannya, tapi percayalah bahwa memaksakan diri di lingkungan kerja yang kurang sesuai akan menimbulkan dampak yang kurang baik bagi diri Anda. Beralih pekerjaan demi mendapatkan sesuatu yang lebih baik juga merupakan hal yang lumrah-lumrah saja di dalam dunia kerja.

Dari latar belakang tersebut maka diperlukan cara penyampaian yang baik dimana salah satunya adalah dengan surat pengunduran diri. Pada kesempatan kali ini Jurnal Manajemen akan membahas secara lengkap mengenai berbagai contoh surat pengunduran diri.

 

Baca Juga : 14 Contoh Surat Kontrak Kerja Karyawan Perusahaan di Berbagai Bidang

 

Manfaat Surat Pengunduran Diri

Keberadaan surat pengunduran diri ternyata bisa memberikan keuntungan bagi Anda dan juga pihak perusahaan. Surat pengunduran diri kerja atau biasa juga disebut surat resign kerja akan membuat Anda terlihat profesional. Pengajuan surat pengunduran diri menjadi tanda bahwa Anda senantiasa mengikuti semua prosedur hingga masa-masa terakhir. Anda tentu akan dipandang sebagai pekerja sebagai pribadi yang baik. Hal seperti ini tak akan Anda dapatkan jika memutuskan untuk meninggalkan pekerjaan begitu saja.

Sementara bagi pihak perusahaan, keberadaan surat pengunduran diri dari perusahaan juga cukup menguntungkan. Surat pengunduran diri membuat perusahaan memiliki waktu untuk mencari pengganti. Hal itu juga bisa menjadi catatan penting bagi Anda. Hindari mengajukan permohonan diri secara mendadak. Waktu yang ideal untuk mengajukan surat permohonan diri setidak-tidaknya adalah 30 hari sebelum waktu yang dikehendaki.

Bagi pemohon tentunya surat pengunduran diri dirasa lebih terhormat dibandingkan menerima surat pemberhentian kerja dari perusahaan atau pemecatan. Asalkan pemohon sudah tidak terikat kontrak yang diberlakukann bersama perusahaan.

Alasan Pengunduran Diri

Berikut adalah beberapa contoh alasan pengunduran diri yang paling banyak ditemukan dan sangat boleh untuk Anda gunakan:

  • Melanjutkan Pendidikan

Alasan ini biasanya cukup bisa diterima oleh perusahaan. Apalagi jika tempat pendidikan yang Anda ambil terletak di luar kota atau luar negeri. Jika memungkinkan, cantumkan dengan jelas di mana Anda akan melanjutkan pendidikan tersebut.

Beberapa perusahaan memang memiliki mekanisme yang memungkinkan karyawannya melanjutkan pendidikan tanpa harus keluar dari pekerjaan. Jika Anda sungguh-sungguh ingin keluar, utarakan bahwa kondisinya memang sangat tidak memungkinkan. Ketika mengantarkan surat pada atasan Anda, katakan juga bahwa Anda sudah memiliki planning usai menempuh pendiidkan yang membuat Anda dengan berat hati tak bisa kembali ke perusahaan tersebut.

  • Masalah Kesehatan

Alasan lain yang membuat perusahaan mau tak mau melepas Anda adalah alasan kesehatan. Alasan ini tentu saja tidak dimaksudkan untuk berbohong. Cantumkan alasan kondisi kesehatan yang kurang stabil untuk melanjutkan pekerjaan hanya jika kondisinya memang demikian. Jika ingin lebih dipercaya, Anda bisa menyertakan hasil pemeriksaan atau surat rekomendasi istirahat dalam waktu yang lama dari dokter.

  • Adanya Kesempatan Berkarir di Tempat Lain

Sekilas menggunakan alasan adanya kesempatan berkarir di tempat lain sebagai alasan pengunduran diri terkesan kurang etis. Namun hal ini sangatlah wajar dalam dunia kerja. Perusahaan yang profesional seharusnya memahami bahwa setiap karyawan berhak mencari pekerjaan yang lebih baik, misalnya yang menjanjikan jenjang karir lebih jelas.

Anda tak perlu ragu untuk menuliskan alasan ini di surat pengunduran diri Anda. Menyembunyikan alasan bahwa Anda harus meninggalkan perusahaan karena ingin bekerja di tempat lain justru akan membuat Anda dicap buruk jika ketahuan di kemudian hari.

  • Ingin Fokus Mengurus Rumah Tangga

Alasan ingin fokus mengurus rumah tangga menjadi alasan yang lumrah digunakan oleh para pekerja perempuan, terutama yang baru menikah atau baru memiliki anak. Alasan ini biasanya cukup sulit untuk ditolak pihak perusahaan sehingga pihak perusahaan akan langsung mengabulkan permohonan pengunduran diri Anda.

Selain alasan, hal lain yang harus Anda perhatikan saat mengajukan pengunduruan diri adalah waktu pengajuan dan tanggung jawab yang Anda miliki. Ajukan 1 atau 2 bulan sebelum Anda berhenti kerja agar perusahaan memiliki waktu untuk merekrut karyawan baru. pastika juga semua pekerjaan yang menjadi tanggung jawab Anda sudah selesai agar perusahaan tidak memiliki alasan untuk mencegah Anda.

Tanggung jawab yang masih Anda miliki harus tetap diselesaikan dengan baik walaupun Anda akan segera meninggalkan pekerjaan tersebut. Jangan pernah mengerjakan pekerjaan secara asal-asalan hanya karena Anda akan segera menanggalkan status sebagai karyawan perusahaan. Hal seperti itu dapat mencoreng kredibilitas Anda di mata atasan dan juga rekan kerja yang lain.

Contoh Surat Pengunduran Diri

Apabila Anda ingin keluar dari pekerjaan yang Anda miliki sekarang, apapun alasannya, Anda tentu harus mengundurkan diri baik-baik. Anda perlu mengikuti prosedur pengunduran diri yang  ditentukan oleh kantor. Mengundurkan diri dengan cara yang baik amat penting untuk menjaga nama baik Anda dalam dunia kerja berikutnya. Selain itu jika mengundurkan diri dengan baik Anda juga akan mendapatkan surat pengalaman kerja. Surat pengalaman kerja akan sangat berguna dalam usaha pencarian tempat kerja baru Anda.

Keuntungan lain dari pengunduran diri yang dilakukan sesuai prosedur adalah Anda akan menerima pesangon. Besaran pesangon berbeda-beda sesuai dengan kebijaksanaan perusahaan. Selain itu biasanya besaran pesangon juga akan disesuaikan dengan lamanya Anda bekerja di perusahaan tersebut.

Salah satu prosedur yang pasti diminta saat hendak mengundurkan diri adalah membuat surat pengunduran diri. Ada banyak contoh surat pengunduran diri di internet, atau kantor tempat Ana bekerja juga mungkin menyediakan formatnya sendiri. Contoh surat pengunduran diri ini akan menjadi pengantar resmi yang memberitahukan kepada pihak perusahaan bahwa Anda ingin mengundurkan secara sukarela dari perusahaan tersebut.

Contoh surat pengunduran diri untuk setiap jenis pekerjaan pastinya akan berbeda-beda. Bagi Anda yang masih bingung untuk mencari contoh surat pengunduran diri, berikut kami berikan contoh surat pengunduran diri dan cara membuat surat resign kerja yang sesuai profesi khusus untuk Anda. Berbagai contoh surat pengunduran diri yang baik dan benar adalah sebagai berikut:


  1. Surat Pengunduran Diri Karyawan

Membuat surat pengunduran diri bukan hanya kewajiban yang harus dibuat bila seseorang yang berstatus sebagai ‘karyawan tetap’ ingin mengundurkan diri sekalipun. Anda yang berstatus sebagai karyawan kontrak sekalipun wajib membuat surat ini jika ingin mengundurkan diri. Surat pengunduran diri karyawan bisa ditujukan kepada bagian HRD atau pimpinan perusahaan, semuanya dikembalikan lagi kepada kebijksanaan yang berlaku di perusahaan tersebut.

Contoh surat lamaran kerja untuk karyawan sebenarnya cukup sederhana. Surat ini bisa dibuat dengan cara tulis tangan atau diketik dengan komputer. Agar tidak mungkin, lihatlah contoh surat pengunduran diri karyawan di bawah ini”

Bogor, 17 Maret 2018

Kepada Yang Terhormat,

Bapak Purbadi Agung Santosa

Direktur PT. Communicave Cepat Sukses

Jl. Padjajaran No. 14

Bogor Utara

Dengan hormat,

Melalui surat ini, saya Keenan Anargya Pangestika bermaksud mengundurkan diri dari jabatan saya sebagai editor foto di PT. Communicave Cepat Sukses. Pengunduran diri saya terhitung sejak 17 April 2018.

Melalui surat ini pula saya ingin mengucapkan banyak terimakasih atas kesempatan kerja dan belajar yang diberikan kepada saya selama 2 tahun terakhir. Saya juga memohon maaf kepada pimpinan dan segenap manajemen di PT. Communicave Cepat Sukses atas kesalahan kerja maupun kesalahan dalam berperilaku selama saya bekerja di perusahaan ini.

Saya berharap surat pengunduran diri saya ini bisa dimaklumi adanya. Dengan seutulus hati saya berharap perusahaan ini senantiasa berkembang dan bertambah sukses kedepannya.

Hormat Saya,

Keenan Anargya Pangestika

Surat pengunduran diri kerja sebagai karyawan memang sebaiknya tidak diberikan ke perusahaan secara mendadak. Contoh surat pengunduran diri seperti di atas harus sudah diterima pimpinan perusahaan selambat-lambatnya 1 bulan sebelum waktu yang Anda inginkan untuk mengundurkan diri. Sebelum mengundurkan diri, Anda juga harus memastikan sudah menyelasaikan semua tugas yang menjadi tanggung jawab Anda. Perusahaan tentu tak akan meloloskan permintaan pengunduran diri Anda jika masih ada tunggakan pekerjaan yang belum tuntas.


  1. Contoh Surat Pengunduran Diri Dokter

Banyak orang bercita-cita menjadi dokter ketika masih kecil. Pekerjaan ini memang menjadi pekerjaan yang mulia sekaligus bergengsi. Seorang dokter yang baik dan berkualitas pastilah diperebutkan oleh banyak rumah sakit. Karena tak bisa dipungkiri bahwa pekerjaan dokter adalah pekerjaan yang juga bersifat komersil, setiap dokter tentu memiliki hak dipekerjakan bagi rumah sakit yang paling menguntungkan baginya.

Ketika seorang dokter hendak pindah dari satu rumah sakit ke rumah sakit lainnya, dokter tersebut harus membuat surat pengunduran diri. Surat pengunduran dokter biasanya ditujukan kepada manajemen rumah sakit. Contoh surat pengunduran diri dokter yang disetujui oleh manajmene rumah sakit akan membuat dokter tersebut sepenuhnya terbebas dari segala kewajiban terhadap rumah sakit dan pasien yang pernah ditanganinya.

Berikut adalah contoh surat pengunduran diri dokter yang baik dan benar:

Bogor, 17 Maret 2017

Kepada Yang Terhormat

Direktur Rumah Sakit Azra

Jl. Padjajaran Kav 1 – 3

Bogor Utara

Dengan hormat,

Yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama                          : dr. Benedict Ryzaldi Aldric

Tempat, tanggal lahir  : Bogor, 17 Maret 1987

Alamat                         : Vila Indah Padjajaran, Blok CD2 N0.2, Bogor Utara.

Jabatan                                   : Dokter spesialis anak

Melalui surat ini, saya bermaksud mengajukan permohonan untuk mengundurkan diri dari jajaran dokter spesialis anak di Rumah Sakit Azra Bogor. Pengunduran diri terhitung mulai tanggal 17 Mei 2018. Pengunduran diri ini saya ajukan sehubungan dengan adanya kesempatan untuk melanjutkan studi di luar negeri. Adapun segala tugas dan kewajiban saya sebagai dokter di rumah sakit ini akan tetap saya jalankan dengan profesional dan sebaik-baiknya sampai waktu penguunduran diri yang telah ditetapkan tiba.

Melalui surat ini saya juga mengucapkan banyak terimakasih kepada pihak manajemen dan segenap rekan kerja lainnya atas kesempatan kerja dan juga kerja samanya selama ini. Dengan kerendahan hati saya memohon maaf apabila ada perbuatan saya yang kurang berkenan, baik sebagai pegawai maupun sebagai pribadi.

Demikian surat pengunduran diri ini saya buat agar ditindaklanjuti sebagaimana mestinya.

Hormat Saya,

  1. Benedict Ryzaldi Aldric

Satu hal yang tak boleh dilupakan dalam surat lamaran kerja adalah alasan untuk keluar dari tempat kerja tersebut. Meskipun penting, alasan pengunduran diri sebaiknya diutarakan dengan ringkas dan tidak bertela-tele. Alasan paling umum yang diberikan adalah melanjutkan studi dan mengejar peluang karir yang lebih besar.

Ketika seorang dokter sudah mengundurkan diri dari rumah sakit maka ia tak memiliki kewajiban apa-apa lagi terhadap rumah sakit tersebut. Namun sang dokter masih bisa menerima konsultasi apabila pasien yang ia dapat selama bekerja di rumah sakit masih berkenan untuk ditangani olehnya, tentunya di tempat praktek yang baru.


  1. Contoh surat pengunduran diri Guru

Pada zaman dahulu guru pernah menjadi pekerjaan yang dipandang sebelah mata. Dipandang sebelah mata dalam artian tak banyak orang yang menginginkannya. Hal itu disebabkan karena penghasilan guru yang terbilang rendah.

Kini kondisinya sudah jauh berbeda. Guru menjadi pekerjaan yang dicita-citakan banyak orang. Salah satu alasannya adalah pekerjaan guru mendidik generasi penerus bangsa adalah pekerjaan yang mulia. Namun tak bisa dipungkiri kesejahteraan guru yang semakin diperhatikan juga turut berpengaruh, apalagi bagi guru-guru yang telah diangkat menjadi pegawai negeri.

Guru yang sudah menjadi pegawai negeri hampir tak bisa membuat surat pengunduran diri. Mulai dari penempatan hingga pemberhentiannya kelak sudah diatur oleh pemerintah. Profesinya sebagai guru baru bisa berhenti sepenuhnya kelak ketika masa pensiun sudah tiba.

Kesempatan mengajukan surat pengunduran diri dari jabatan guru yang lebih leluasa bagi mereka yang masih berstatus sebagai guru kontrak atau guru honorer. Surat pengunduran diri guru honorer cukup diajukan kepada kepala sekolah saja. Berikut adalah contoh surat pengunduran diri dari sekolah yang dapat diajukan guru. Surat ini tentunya harus memerhatikan tata bahasa dan unsur sopan santun:

Bogor, 17 Maret 2017

Kepada Yang Terhormat

Bapak Guntara Wiramanggala

Kepala Sekolah SD Negeri Bantarjati 6 Kota Bogor

Bogor Utara

Dengan hormat,

Yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama                          : Derliana Pakpahan

Tempat, tanggal lahir  : Bogor, 17 Maret 1990

Alamat                         : Perumnas Bantarjati, RT 04 RW 1, Kecamatan Bogor Utara

Jabatan                                   : Guru matematika honorer

Melalui surat ini, saya bermaksud mengajukan permohonan untuk mengundurkan diri dari jajaran tenaga pengajar di SD Negeri Bantarjati 6 Bogor. Pengunduran diri terhitung mulai tanggal 17 Juni 2018. Pengunduran diri ini saya ajukan sehubungan dengan telah diterimanya saya sebagai pegawai negeri sipil dan akan segara ditugaskan di sekolah yang baru. Adapun segala tugas dan kewajiban saya sebagai guru di sekolah ini akan tetap saya jalankan sebagaimana mestinya sampai waktu penguunduran diri yang telah ditetapkan tiba.

Melalui surat ini saya juga mengucapkan banyak terimakasih kepada kepala sekolah, jajaran guru, dan segenap rekan kerja lainnya atas kesempatan kerja dan juga kerja samanya selama ini. Dengan kerendahan hati saya memohon maaf apabila ada perbuatan saya yang kurang berkenan, baik sebagai pegawai maupun sebagai pribadi.

Demikian surat pengunduran diri ini saya buat agar ditindaklanjuti sebagaimana mestinya.

Hormat Saya,

Derliana Pakpahan

Sebagaimana pada pekerjaan lainnya, sebelum mengundurkan diri seorang guru kontrak harus sudah menyelesaikan semua tanggung jawabnya yang masih tersisa. Akan lebih bijak jika ia bersedia berdisukusi dulu dengan calon guru pemgganti. Hal itu dimaksudkan agar para siswa tidak menjadi korban ketidakjelasan proses pengajaran setelah guru mereka berganti. Guru kontrak yang hendak berhenti juga tak boleh lupa memberikan catatan nilai dan perkembangan siswa-siswanya selama ini kepada si guru pengganti.

Guru kontrak biasanya sudah memiliki masa kerja yang disepakati bersama dengan pihak sekolah. Pengunduran diri hanya bisa dilakukan ketika memang ada hal-hal mendesak dan kondisi yang di luar kendali. Oleh karena itu jangan lupa menyebutkan alasan pengunduran diri secara ringkas seperti yang sudah dituliskan dalam contoh surat pengunduran diri di atas.


  1. Contoh Surat Pengunduran Diri Staff Hotel

Bekerja di bidang hospitality seperti hotel memiliki tantangan tersendiri. Apalagi jika jabatan yang Anda tempati adalah jabatan yang bersinggungan langsung dengan konusmen. Jabatan-jabatan tersebut misalnya resepsionis, cleaning servis, cheff restoran hotel, dan lain-lain.

Nyatanya tidak semua orang sanggup bekerja dalam jangka waktu lama di bidang pekerjaan tersebut. Selama tidak menyalahi aturan yang ada, tentunya tak masalah untuk mengajukan surat pengunduran diri doc dan mencoba kesempatan kerja lain. Pengunduran diri tentunya harus sesuai dengan prosedur yang berlaku.

Bagi Anda yang tengah bekerja sebagai staff hotel dan ingin mengundurkan diri, berikut contoh surat pengunduran diri staff hotel yang bisa Anda pelajari:

 

Bogor, 17 Maret 2017

Kepada Yang Terhormat,

Bapak Tito Priyo Pratomo

Kepala HRD Hotel Pangrango 2

Jl. Padjajaran No. 90

Bogor Utara

Dengan hormat,

Melalui surat ini, saya Desylva Fahma Sakina bermaksud mengundurkan diri dari jabatan saya sebagai staff resepsionis di Hotel Pangrango 2. Pengunduran diri saya terhitung sejak 17 April 2018 dikarenakan adanya kesempatan karir baru yang terbuka bagi saya.

Melalui surat ini pula saya bermaksud mengucapkan banyak terimakasih atas kesempatan kerja dan belajar yang diberikan kepada saya selama 3 tahun terakhir. Saya juga memohon maaf kepada pimpinan dan segenap manajemen di Hotel Pangrango atas kesalahan kerja maupun kesalahan dalam berperilaku selama saya bekerja di perusahaan ini.

Saya berharap surat pengunduran diri saya ini bisa dimaklumi adanya. Dengan seutulus hati saya berharap hotel ini senantiasa berkembang dan bertambah sukses kedepannya.

Hormat Saya,

Desylva Fahma Sakina

Contoh surat pengunduran diri di atas diberikan kepada HRD yang bertanggung jawab terhadap pengelolaan karyawan. Surat pengunduran diri harus memuat dengan jelas kapan Anda ingin mulai berhenti dari perusahaan tersebut. Format surat resign yang tepat akan diproses oleh pihak HRD. Biasanya akan ada negosiasi terkait waktu untuk mulai berhenti kerja. Jika tak ada hal-hal yang mendesak, sebaiknya Anda memenuhi permintaan perusahaan jika meminta Anda bekerja 1 atau 2 bulan lebih lama.


  1. Surat Pengunduran Diri Dari Organisasi

Surat pengunduran diri ternyata bukan hanya dibutuhkan di dunia kerja formal saja. Apabila Anda menempati jabatan tertentu di dalam sebuah organisasi dan ingin berhenti, Anda juga pelru membuat surat pengunduran diri yang baik dan benar. Hal itu berlaku karena jabatan di organisasi diberikan secara resmi dan berdasarkan keputusan seluruh anggota organisasi. Pengunduran diri Anda haruslah dibuat dengan sebenar-benarnya agar seluruh anggota organisasi mengetahui.

Pada dasarnya surat pengunduran diri yang ditujukan kepada pimpinan organisasi tak jauh beda dengan yang ditujukan pada pimpinan perusahaan. Surat tersebut harus memuat identitas Anda dengan jelas. Identitas yang dimaksud adalah nama, tempat tanggal lahir, alamat dan juga jabatan Anda di dalam organisasi.

Sekalipun organisasi yang Anda tempati adalah organisasi non profit, Anda tetap harus mencantumkan alasan pengunduran diri Anda di dalam surat, Alasan pengunduran diri tersebut hendaknya diikuti pula oleh ucapan terimakasih dan harapan-harapan yang baik bagi organisasi kedeannya. Berikut adalah contoh surat pengunduran diri yang ditujukan pada pimpinan organisasi:

Purwokerto, 1 Januari 2019

Kepada Yth,

Presiden Badan Eksekutih Mahasiswa

Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik

Universitas Jenderal Soedirman

Purwokerto

Selaku anggota Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Jenderal Soedirman, saya yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama                          : Gabriella Violetin Nadia

Tempat, tanggal lahir  : Jakarta, 9 Septemper 1998

Alamat                         : Sumampir, Purwokerto.

Jurusan                                   : Ilmu Hubungan Internasional

NIM                             : 19077823

Melalui surat ini bermaksud untuk mengajukan permohonan pengunduran diri dari Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik. Adapun jabatan saya di dalam organisasi ini adalah sebagai staff Kementerian Pemberdayaan Mahasiswa. Pengunduran diri ini saya ajukan karena alasan perbaikan nilai akademik yang sangat mendesak. Demi menjaga stabilitas organisasi, saya mengundurkan diri dari jabatan tersebut dan mempersilakan Ketua Badan Eksekutif Mahasiswa untuk merekrut pengganti saya.

Melalui surat ini pula saya tak lupa menghaturkan banyak terimakasih atas kesempatan yang diberikan kepada saya untuk berproses di dalam organisasi. Permohonan maaf yang sebesar-besarnya saya tujukan bagi ketua dan seluruh anggota karena ketidakmampuan saya untuk menjalankan tugas ini hingga akhir masa jabatan.

Demikian surat pengunduran diri ini saya buat. Terimakasih atas perhatian dan pemaklumannya. Semoga Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Unsoed tetap bisa menjalankan amanah-amanah sebaik-baiknya hingga akhir.

Hormat Saya,

Gabriella Violetin Nadya

19077823

Dalam kasus pengunduran diri seperti di atas, sebaiknya dibuat juga surat pengunduran diri yang ditujukan pada menteri yang dari kementerian badan eksekutif mahasiswa yang bersangkutan. Hal itu bertujuan untuk tetap menjaga koordinasi dan kestabilan kerja di dalam organisasi. Akan lebih baik lagi jika Anda turut memberikan rekomendasi nama pengganti kepada sang presiden badan eksekutif mahasiswa.


  1. Contoh Surat Resign yang Baik

Tak beda jauh dengan surat-surat lainnya, surat resign atau contoh surat pengunduran diri terdiri dari 3 bagian utama yakni pembuka, isi, dan penutup. Bagian pembuka pada surat pengunduran diri berisi salam dan juga menjelaskan tujuan dibuatnya surat tersebut.

Isi dari surat pengunduran diri adalah identitas Anda seperti nama, tempat tanggal lahir dan juga jabatan Anda di perusahaan. Pada bagian isi Anda juga harus menyebutkan alasan pengunduran diri. Alasan pengunduran diri di dalam surat cukup dibuat ringkas saja dan tidak perlu bertele-tele.

Bagian penutup surat resign berisi ucapan terimakasih dan permintaan maaf Anda kepada pimpinan atau manajemen perusahaan. Ucapkan terimakasih untuk kesempatan kerja yang telah diberikan kepada Anda selama ini. Sampaikan juga permohonan maaf karena Anda tidak lagi bisa berkontribusi di dalam perusahaan. Lalu akhiri dengan tanda tangan dan nama jelas di bagian kanan bawah surat.

Berikut adalah contoh surat pengunduran diri:

 

Purwokerto, 1 Januari 2019

Kepada Yth,

Kepala Bagian HRD

  1. Mediterania Putra Angkasa

Jakarta Selatan

Bersama dengan surat ini, saya yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama                                      : Adhitya Rahmawan Utama

Tempat, tanggal lahir              : Jakarta, 9 Septemper 1993

Alamat                                     : Ciracas, Jakarta Timur

Jabatan di Perusahaan           : Asisten Manajer bagian Quality Control

Melalui surat ini bermaksud untuk mengajukan permohonan pengunduran diri dari jabatan saa di PT. Mediterania Putra Angkasa. Adapun jabatan saya di dalam perusahaan ini adalah sebagai asisten manajer bagian quality control. Pengunduran diri ini saya ajukan karena alasan kondisi kesehatan yang kurang memungkinkan untuk melanjutkan pekerjaan. Demi menjaga stabilitas perusahaan, saya mengundurkan diri dari jabatan tersebut dan mempersilakan pimpinan PT. Mediterania Putra Angkasa untuk merekrut pengganti saya.

Melalui surat ini pula saya tak lupa menghaturkan banyak terimakasih atas kesempatan yang diberikan kepada saya untuk berkarir dan berkembang di bawah bimbingan manajemen perusahaan. Permohonan maaf yang sebesar-besarnya saya tujukan bagi pimpinan dan seluruh rekan kerja karena saya tak lagi bisa menjadi bagia dari tumbuh kembang perusahaan ini.

Demikian surat pengunduran diri ini saya buat. Terimakasih atas perhatian dan pemaklumannya. Semoga PT. Mediterania Putra Angkasasemakin berkembang dan menjadi yang terbaik serta terdepan di bidangnya.

Hormat Saya,

Adhitya Rahmawan Utama


Kesimpulan

Setelah surat seperti pada contoh surat pengunduran diri di atas disetujui oleh perusahaan, maka Anda masih berkewajiban menjalankan pekerjaan seperti biasa hingga waktu yang telah disepakati. Setelah waktunya tiba dan tidak ada lagi tanggung jawab yang tersisa, Anda bisa segera angkat kaki dari perusahaan.

Jika alasan Anda mengundurkan diri bukan karena masalah kesehatan atau ingin fokus mengurus rumah tangga, maka sebaiknya Anda sudah membidik pekerjaan pengganti sebelum mempelajari berbagai contoh surat pengunduran diri hengkang dari pekerjaan yang lama. Cara itu adalah cara yang banyak dilakukan para karyawan agar tidak menyandang status sebagai pengangguran terlalu lama pasca keluar dari pekerjaan yang lama.

Tidak ada salahnya untuk memasukkan lamaran ke beberapa perusahaan lain sebelum Anda benar-benar resmi keluar dari perusahaan yang lama. Hanya saja pastikan jadwal interview kerja dan lain-lain tidak menggangguproduktivitas Anda di perusahaan yang lama. Anda harus tetap bertindak profesional dengan mendahulukan perusahaan yang masih menjadi tempat Anda bekerja.

Jika Anda masih belum mendapat pekerjaan hingga telah resmi keluar dari perusahaan pertama, maka Anda perlu segera mencari pekerjaan baru. surat pengalaman kerja dari perusahaan sebelumnya bisa Anda gunakan. Surat tersebut menjadi bukti bahwa Anda sudah memiliki pengalaman yang memadai sehingga sangat layak untuk dipekerjakan di tempat lain.