Ciri Ciri Ikan Mas Koki dan Koi : Morfologi, Jantan/Betina, dan Kesehatan

5 min read

ciri-ciri ikan mas

Komoditas ikan hias masih sangat besar peluangnya untuk dikembangkan, hal itu disebabkan sumber dayanya yang berlimpah dan permintaan pasar yang besar. Diantara jenis ikan hias yang banyak diminati adalah ikan hias mas koki dan ikan koki. Kenali Ciri-Ciri Ikan Mas Koki dan Ikan Koi beserta informasi terkait lainnya melalui uraian Jurnal Manajemen berikut ini :

Artikel Terkait Artikel Terkait
Umpan Ikan Mas Budidaya Ikan Mas
Ikan Mas Hias Harga Ikan Mas

Ikan Mas Koki

Gambar Ikan Mas Koki wakin
Gambar Ikan Mas Koki wakin | sumber : akuariumhias.blogspot.com

Ikan ini awal dibudidayakan di Asia Timur dan sangat populer di kalangan pencinta ikan hias. Tubuh ikan koki memiliki warna dan bentuk badan yang unik. Pada umumnya ikan hias ini memiliki harga yang lebih terjangkau, sehingga banyak diminati siapa saja.

Ciri-Ciri Ikan Koki

1. Morfologi Tubuh

Sirip ikan koki termasuk lengkap karena memiliki sirip punggung, sirip perut, sirip ekor, sirip dada, dan sirip pada duburnya. Sisik ikan ini berderet beraturan, dan bentuk tubuhnya pendek dan membulat.

2. Warna Sisik

Warna sisik ikan koki pada dasarnya yaitu warna merah, hitam, kuning, dan putih. Terkadang ada jenis ikan koki yang memiliki motif totol pada tubuhnya.

3. Bentuk Kepala

Bentuk kepala ikan kuki sangat unik. Misalnya pada jenis ikan koki Ranchu dan Oranda, dimana di kepala hingga pipinya tertutupi jaringan daging yang tebal.

4. Bentuk Mata

Ikan koki tidak bisa membuka dan menutup iris matanya, hal ini disebabkan lensa mata ikan koki tidak terlalu memiliki kemampuan berkontraksi sehingga jarak pandang ikan ini terbatas. Ikan ini lebih mengandalkan penciumannya dalam merespon atau mencari makanan.

5. Telur

Telur ikan koki yang terdapat pada ikan betina akan matang ketika berumur sekitar satu tahun. Sedangkan telur pada ikan jantan lebih cepat lagi waktu proses pematangannya. Telur ikan koki memiliki ukuran kurang dari 1 mm dan maksimal 1,5 mm, telur melekat pada rumput atau benda lain di dalam air.

6. Jenis Omnivora

Ikan Mas Koki termasuk hewan pemakan segala atau omnivora. Jenis ikan ini cenderung tidak pemilih dalam Jenis Pakan. Ikan koki menyukai pakan alami yang terdapat di dalam air contohnya plankton, pelet ikan juga disukai oleh ikan koki.

7. Pertumbuhan

Ikan mas koki bisa mengalami pertumbuhan dengan maksimal panjang 58cm dan beratnya mencapai 4,5 kilogram.

8. Bisa merubah warna tubuh

Ikan koki bisa merubah warna tubuhnya sendiri. Yaitu dengan menyesuaikan diri dengan tempat dimana ikan koki disimpan.

Ciri-Ciri Ikan Mas Koki Jantan dan Betina

Memahami dan dapat membedakakan jenis kelamin ikan sangat penting ketika hendak memulai pemijahan pada ikan. Ini merupakan tahap awal dalam proses pemijahan ikan. Berikut ciri-ciri ikan mas koki jantan dan betina :

1. Bentuk Anus

Anus ikan koki jantan nampak agak lebih rata dibanding anus ikan koki betina. Sedangkan ikan koki betina anusnya lebih menonjol.

2. Bentuk Tubuh

Bentuk tubuh ikan koki jantan lebih ramping. Sedangkan ikan koki betina lebih bulat dan gempal.

3. Sirip

Ikan koki jantan pada siripnya memilki bintik-bintik putih. Sedangkan sirip ikan koki betina tidak memilikinya.

Ciri Ciri Ikan Mas Koki Sakit

Pada dasarnya ikan koki rentan terserang penyakit, oleh karena itu, kebersihan akuarium  benar-benar harus dijaga kebersihannya. Terkadang perubahan cuaca ekstrim juga dapat mempengaruhi kondisi kesehatan ikan koki, sehingga sangat rentan diserang bakteri, parasit, dan jamur. Berikut cirri-ciri ikan mas koki sakit :

  1. Ikan koki yang tadinya bergerak aktif kemudian menjadi pasif dan lambat. Hal tersebut bisa menjadi indikasi ikan koki sedang tidak sehat.
  2. Tubuh ikan koki mengalami perubahan warna menjadi pucat, dan munculnya bercak-bercak pada tubuhnya.
  3. Sirip dan ekor ikan koki menjadi rusak dan nampak layu. Terkadang di bagian ujung sirip ikan terdapat bercak-bercak kemerahan.

Ikan Koi

gamabr ikan koi

Ikan hias ini berasal dari negeri sakura yaitu Jepang. Di Jepang, ikan ini menjadi lambang persahabatan dan cinta. Ikan koi sendiri memiliki makna kasih sayang atau cinta. Ikan ini banyak diminati karena keindahan dan keunikannya, ikan ini juga begitu jinak dan caranya berenang di air dengan seirama menjadi daya tarik tersendiri.

Berikut Ciri-Ciri Ikan Koi

1. Bentuk Tubuh

Ikan koi memiliki bentuk tubuh dasar menyerupai torpedo. Tubuh ikan ini cenderung gemuk dan memiliki morfologi sirip yang lengkap. Sirip ikan koi meliputi : sirip punggung, sirip dada, sirip perut, sirip ekor, dan sirip anus.

2. Bentuk Sirip

Ikan koi memiliki sirip yang terdiri dari jari-jari lunak dan jari-jari keras. Pada sirip ikan koi juga terdapat jari-jari yang lunak. Pada punggung ikan koi bisa ditemukan 3 jari-jari keras dan 20 jari-jari lunak. Sedangkan pada sirip perut dan sirip anus, jari-jari lunaknya lebih sedikit.

3. Terdapat Gurat Sisi

Pada badan ikan koi terdapat gurat sisi, khususnya di sekitar bagian batang ekor. Gurat sisi berfungsi untuk menerima getaran suara dari luar. Gurat sisi pada ikan koi dibentuk dari jaringan-jaringan di dalam sisik yang nampak keluar.

4. Warna Tunggal

Pada awalnya, pada masing-masing jenis ikan koi hanya memiliki warna tunggal yaitu :

  • Jenis koi karasugoi dan sumigoi berwarna hitam
  • Jenis koi benigoi, higoi dan akagoi berwarna merah
  • Jenis koi shiromuji berwarna putih
  • Jenis koi kingoi berwarna keemasan
  • Jenis koi gingoi berwarna putih keperakan.

5. Pendengaran 

ikan koi pada umumnya memiliki pendengaran dan dapat merespon suara yang didengarnya.

6. Ukuran

Dimensi ikan koi bisa mencapai 50% dari ukuran ikan koi yang sudah dewasa berumur dua tahun. Pertumbuhan ikan koi dapat bergantung dari besarnya media pemeliharaan.

7. Usia

ikan koi bisa hidup mencapai 20 sampai 30 tahun bahkan lebih.

8. Kemampuan Menyesuaikan Diri

ikan koi terbilang mudah untuk menyesuaikan diri dengan lingkungan baru, juga bisa menempati banyak tempat. Namun, untuk memelihara ikan koi tetap harus memperhatikan lingkungan sebagai tempat hidupnya.

 

Baca Juga : 20+ Jenis Ikan Koi Beserta Gambar dan Harganya Terlengkap

 

Perbedaan Ikan Koi Jantan dan Betina

gambar ikan koi jantan dan betina

1. Permukaan Pipi

Pipi ikan koi jantan cenderung lebih kasar. Sedangkan pipi ikan koi betina terasa lebih halus. Namun tidak semua pipi ikan koi jantan kasar, melainkan hanya mayoritasnya saja.

2. Bentuk Kelamin

cara yang mudah untuk membedakan ikan koi jantan dan betina adalah dengan melihat kelaminnya. Ikan koi jantan bentuk kelaminnya cenderung runcing dan lebih menonjol. Sedangkan ikan koi betina bentuk kelaminnya cenderung bulat.

3. Ukuran Tubuh

Ukuran KepalaPada umumnya ukuran tubuh ikan koi jantan lebih langsing. Ikan koi jantan terlihat lebih langsing terutama saat sudah berukuran 30 cm. Sedangkan bentuk tubuh ikan koi betina cenderung bulat dan gempal.

4. Ukuran Kepala

Pada umumnya ukuran kepala ikan koi jantan lebih besar. Sedangkan ikan koi betina meskipun bentuk tubuhnya lebih gemuk, namun ukuran kepalanya lebih kecil.

Selain itu untuk membedakan jenis kelamin ikan koi, bisa dilihat dari lubang pelvic pada ikan koi yang sudah dewasa/matang. Lubang pelvic ikan koi betina lebih lebar. Sedangkan pelvic ikan koi jantan sempit dan agak cekung.

5. Cairan Perut Ikan Koi

Ikan koi dapat mengeluarkan semacam cairan jika bagian anusnya dipijat. Jika cairan tersebut berwarna putih dan kental, maka cairan tersebut adalah sperma yang dimiliki ikan koi jantan. Sedangkan jika cairan yang dikeluarkan berwarna kuning (berupa kotoran) maka ikan koi tersebut adalah betina.

6. Bentuk Sirip

Hal yang menonjol yang dapat membedakan ikan koi jantan dan betina adalah bentuk siripnya. Ikan koi jantan yang sudah matang/dewasa nampak lebih runcing. Sedangkan bentuk sirip ikan koi betina cenderung bulat atau oval.

Ciri Ciri Ikan Koi Sakit

1. Munculnya Bercak dan Serangan Binatang Asing

Munculnya bercak-bercak kemerahan pada tubuh ikan koi. Selain itu, terdapat lender yang dikeluarkan yang berjumlah banyak. Lebih parah lagi, jika ditemukan binatang asing di tubuh ikan koi yang menandakan buruknya kondisi kesehatan ikan koi.

Jika terdapat binatang seperti cacing pada tubuh ikan koi, artinyai ikan koi terserang Lernaea. Jika pada tubuhnya muncul binatang berwarna putih dan bulat, artinya ikan koi terserang kutu atau disebut juga Argulus.

2. Bernapas di Permukaan Air

Pada umumnya ikan koi yang sehat akan bernapas dengan teratur dan seirama dengan gerakannya di dalam air. Jika ikan koi dalam kondisi sakit, ia akan bernapas terengah-engah dan tidak beraturan di permukaan air. Selain itu gerakan ikan koi juga menjadi tidak seirama di dalam air.

3. Menyendiri

Jika terdapat ikan koi yang tidak mau bergabung dengan kelompok ikan koi lainnya, dan cenderung menyendiri di sudut kolam, bisa jadi pertanda bahwa ikan koi tersebut sedang sakit. Lebih parahnya, ikan koi akan mengambang jika penyakitnya sudah parah. Ikan tersebut akan berenang sampai menabrak dinding kolam.

4. Perubahan Warna Insang

Jika ikan pernapasannya terganggu, pada insangnya akan mengalami perubahan. Insang ikan koi yang sakit akan berubah menjadi putih kehitaman. Insang ikan koi bisa berubah karena serangan binatang asing seperti cacing atau kutu yang menempel pada tubuhnya.

5. Tidak Nafsu Makan

Jika ikan koi dalam kondisi yang sehat, ia akan sangat responsif terhadap pakan yang diberikan. Ikan koi akan berebut dengan sigap bersama kawannya untuk mendapatkan makanan. Namun, jika ikan koi sedang sakit ia akan mengeluarkan cairan yang keluar dari dubunya.

Selain itu, pola makan ikan koi menjadi tidak teratur sehingga berpengaruh terhadap kotoran yang dikeluarkan. Kotoran ikan koi akan menjadi encer, jika sudah begitu, artinya penyakit ikan koi sudah parah.

6. Melakukan Gerakan Salto

Jika menemukan ikan koi melakukan gerakan bergulingan/salto saat berenang, bisa menjadi indikasi bagian tubuh ikan koi tidak berfungsi dengan baik. Jika ikan koi berguling/salto baik ke arah samping atau bawah, kemungkinan gelembung renang ikan koi tidak berfungsi dengan baik.

7. Berenang dengan Menyentak

Ikan koi yang sehat akan berenang dengan mulus dan teratur, kadang berenang dengan cepat dan lambat, seirama dengan air. Jika ikan koi nampak berenang dengan menyentak secara terus menerus, bisa menjadi indikasi bahwa ikan koi sedang sakit. Bahkan tak jarang ia akan berenang tidak teratur hingga menabrak kawannya.